Zulaikhah Sebelum Bertemu Yusuf Alaihis Salam

Total
0
Shares

Kisah tentang Zulaikhah sebelum bertemu Yusuf ini mengungkap bahwa Zulaikhah bukanlah wanita sembarangan. Ia adalah seorang puteri Raja dengan berbagai kelebihan. Berparas cantik dan menarik. Cerdas dan tangkas. Ia menjadi pujaan dan rebutan bagi banyak putera Raja.

Maulana Abdullah Yusuf Ali dalam Terjemahan Al Qur’an nya memetik sebuah tulisan karya sastra antara Zulaikha dan Yusuf yang ditulis oleh Jami r.h ( 817 H – 898 H ):

Zulaikha adalah seorang puteri raja dari sebuah kerajaan Maghrib negeri Mesir. Zulaikha merupakan seorang puteri yang cantik dan menarik. Suatu ketika, ia bermimpi bertemu dengan seorang pemuda yang begitu menarik rupa dan parasnya. Dengan pribadi yang begitu amanah dan mulia.

Zulaikha berulang kali bermimpi bertemu dengan pemuda itu. Hingga ia pun jatuh hati pada padanya. Tanpa tahu siapa namanya dan dari mana asal-usulnya. Kemudian pada mimpi berikutnya. pemuda itu memperkenalkan dirinya. Ia adalah seorang Wazir dari kerajaan Mesir.

Kecintaan dan kasih sayang Zulaikha terhadap pemuda itu kian memuncak. Menjadi rindu dan candu. Sehingga ia pun menolak semua lamaran dari putera raja yang lain. Setelah Ayahnya mengetahui isi hati puterinya itu. Ia pun mengatur siasat dan strategi untuk bisa mempertemukan Zulaikha dengan Wazir Mesir tersebut.

Terjadilah kesepakatan untuk bertemu. Waktu, hari dan tanggal telah ditentukan. Zulaikha pun semakin tidak sabar ingin bertemu dengan kekasihnya yang selama ini membuatnya candu.

Tibalah saatnya mereka bertemu. Zulaikha menatap wajah Wazir dengan seksama. Namun bukan rasa senang yang ia rasa. Melainkan sebuah kekecewaan yang mendalam. Bukan karena Wazir jelek atau buruk rupa. Tetapi apa yang ia lihat saat ini tidak sama dengan yang ia lihat dalam mimpi. Ya, jauh berbeda.

Saat ia merasa begitu kecewa. Tiba-tiba ada suara ghaib yang berbisik padanya: “Memang benar ini bukanlah pujaan hatimu. Namun hasrat dan kerinduanmu bertemu dengan kekasihmu yang sebenarnya akan tercapai melaluinya. Jangan takut! Mahkota kehormatanmu sebagai perawan akan selamat dan terjaga bersamanya”.

Demikianlah awal pertemuan antara Zulaikha dan Al-Aziz. Hingga suatu hari nanti Al-Aziz membawa pulang Yusuf A.S yang dibelinya di pasar. Dan Zulaikha pun terkejut. Sepertinya ia mengenali anak yang dibawa pulang Al-Aziz itu.

Kisah Selanjutnya

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like