Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis dan Penjelasannya

Total
0
Shares

Dalam permainan bulu tangkis, mengetahui ukuran lapangan bulu tangkis merupakan salah satu hal yang sangat penting.

Ya, setiap pemain bulu tangkis diharapkan mengetahui ukuran dari lapangan tersebut karena akan cukup berpengaruh dengan aturan yang digunakan dalam sebuah pertandingan bulu tangkis tersebut.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa perbedaan mengenai ukuran lapangan pada permainan badminton, terutama untuk pertandingan dengan partai yang berbeda.

Tanpa mengetahui bagaimana detail ukuran lapangan olahraga bulu tangkis ini, tentu Anda akan mendapatkan kerugian bahkan kekalahan dari lawan main Anda.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai beberapa detail terkait ukuran dari lapangan bulu tangkis.

Ada beberapa detail terkait lapangan bulu tangkis yang perlu diketahui. Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Lengkap

Ukuran lpangan bulu tangkis

Untuk poin pertama, ukuran yang akan dibahas adalah ukuran lapangan secara lengkap.

Ukuran ini mencakup seluruh lapangan bulu tangkis secara umum. Adapun beberapa detail mengenai jenis lapangan bulu tangkis ini adalah sebagai berikut:

  • Ukuran panjang lapangan bulu tangkis adalah 13,40 meter
  • Ukuran lebar lapangan bulu tangkis adalah 6,10 meter
  • Ukuran jarak antara garis net hingga ke garis servis adalah 1,98 meter
  • Ukuran jarak antara garis servis tengah dengan garis samping lapangan adalah sekitar 3,05 meter
  • Ukuran jarak garis servis bagian belakang untuk pertandingan ganda dengan garis belakang lapangan adalah 0,76 meter
  • Ukuran lebar antara garis di bagian samping untuk partai bulu tangkis tunggal dengan garis bagian pinggir lapangan adalah 0,46 meter
  • Ukuran tinggi tiang net adalah 1,55 meter
  • Ukuran tinggi net adalah 1,55 meter.

Dari detail ukuran lapangan bulu tangkis tersebut setidaknya ada poin penting yang harus diketahui.

Salah satu yang paling penting adalah ada perbedaan ukuran untuk partai bulu tangkis ganda dan tunggal.

Meskipun menggunakan lapangan yang sama, hitungan ukuran lapangan untuk partai ganda dan tunggal dibedakan. Inilah yang harus dipahami dengan baik.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Mini

Ukuran lapangan bulu tangkis mini

Jenis ukuran lapangan selanjutnya adalah lapangan bulu tangkis mini. Berbeda dengan penjelasan sebelumnya, lapangan bulu tangkis mini adalah lapangan bulu tangkis yang digunakan untuk anak-anak.

Selain itu, ukuran lapangan ini juga cukup sering menjadi patokan dari bulu tangkis kampung yang diadakan.

Nah, mengenai detail dari ukuran lapangan olahraga bulu tangkis ini, ada beberapa pembedaan yang dilandaskan pada usia dari anak-anak tersebut.

Untuk anak-anak dengan usia di bawah 9 tahun, maka ukuran lapangan yang digunakan adalah sebagai berikut:

  • Ukuran panjang lapangan bulu tangkis adalah 10,05 meter
  • Ukuran lebar lapangan bulu tangkis adalah 4,40 meter.

Selain itu, ada pula lapangan bulu tangkis untuk anak-anak usia 9 hingga 12 tahun. Adapun detail ukuran lapangan tersebut untuk range usia tersebut adalah sebagai berikut:

  • Ukuran panjang lapangan bulu tangkis adalah 11,88 meter
  • Ukuran lebar lapangan bulu tangkis adalah 5,18 meter.

Beberapa detail dari ukuran lapangan olahraga bulu tangkis harus dipahami dengan benar. Hal ini penting terutama dalam penyelenggaraan kompetisi bulu tangkis khusus untuk anak-anak.

Nah, untuk usia di atas 12 tahun, maka ukuran lapangan yang digunakan adalah sama dengan ukuran lapangan bulu tangkis untuk dewasa sebagaimana dibahas di poin pertama.

Perlengkapan yang Digunakan Dalam Permainan Bulu Tangkis

Perlengkapan bulu tangkis

Di samping memahami tentang detail dari ukuran lapangan bulu tangkis, pemahaman mengenai perlengkapan yang diperlukan untuk permainan bulu tangkis juga merupakan hal penting untuk diketahui.

Dalam hal ini, ada beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan untuk memainkan bulu tangkis.

Dengan perlengkapan yang digunakan secara lengkap, maka performa Anda dalam bermain bulu tangkis tentu akan lebih maksimal dan permainan bisa dinikmati dengan lebih menyenangkan.

Adapun beberapa perlengkapan dari permainan bulu tangkis adalah sebagai berikut:

1. Raket

Raket bulu tangkis

Secara tradisional, raket awalnya dibuat dengan bahan kayu. Namun, dalam perkembangannya, raket mulai dibuat dengan bahan pilihan yang lebih ringan dan kuat.

Bahan yang digunakan tersebut adalah aluminum dan juga logam ringan. Saat ini, raket bulu tangkis kebanyakan dibuat dengan menggunakan komposit serat karbon.

Raket dengan serat karbon secara umum digunakan oleh para atlet bulu tangkis professional. Raket dengan bahan ini memiliki kekuatan yang sangat bagus.

Selain ringan dari segi berat, raket juga cenderung akan lebih stabil saat digunakan untuk memukul.

Namun, selain melihat bahan yang digunakan untuk membuat frame raket, hal lain yang perlu diperhatikan terkait raket adalah senar.

Senar raket akan berpengaruh pada pukulan Anda. Dalam hal ini, berusahalah memilih raket dengan senar yang baik dan kencang.

2. Shuttlecock

Shuttlecock

Perlengkapan kedua yang dibutuhkan adalah shuttlecock atau seringkali disebut dengan kok. Dalam hal ini, kok dibuat dengan bahan dasar rangkaian bulu angsa.

Bulu angsa tersebut disusun dengan bentuk menyerupai kerucut terbuka. Selain itu, shuttlecock memiliki pangkal berbentuk setengah bola.

Pangkal inilah yang menjadi objek pukul dalam permainan bulu tangkis yang dilakukan. Saat ini, dengan alasan untuk mencegah eksploitasi bulu angsa, beberapa kalangan mengembangkan shuttlecock yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar plastik.

3. Sepatu

Sepatu bulu tangkis

Perlengkapan lain yang diperlukan untuk bermain bulu tangkis adalah sepatu. Ini adalah salah satu perlengkapan yang sangat penting untuk menunjang performa Anda dalam bermain bulu tangkis.

Ya, dengan sepatu yang tepat, maka percepatan gerakan saat bermain bulu tangkis juga akan terkontrol dengan lebih baik.

Dalam pemilihan terkait sepatu untuk bulu tangkis, usahakan Anda memiliki sepatu dengan cengkraman yang baik.

Hal ini penting agar Anda tidak terpeleset saat sedang bermain bulu tangkis. Selain itu, saat hendak memilih sepatu bulu tangkis, usahakan Anda memilih sepatu dengan bahan yang ringan.

Bahan sepatu bulu tangkis yang ringan selain akan berpengaruh pada akselerasi, juga tidak akan menyebabkan stress dan ketegangan yang berlebihan dari lutut dan pergelangan kaki.

3. Kaos Olahraga

Kaos bulu tangkis

Perlengkapan lain yang juga diperlukan dalam permainan bulu tangkis adalah kaos olahraga. Ini adalah salah satu perlengkapan mendasar yang harus diperhatikan guna memberikan kenyamanan saat bermain bulu tangkis.

Ya, kaos olahraga yang tepat tidak akan mengganggu gerakan memukul kok sehingga permainan bulu tangkis akan lebih bisa dinikmati.

Untuk memilih kaos olahraga guna bermain bulu tangkis, pastikan Anda memilih kaos dengan bahan yang nyaman. Drift adalah salah satu bahan yang bisa dipilih.

Selain itu, pastikan Anda tidak mengenakan kaus yang terlalu ketat. Ya, kaus yang terlalu ketat hanya akan menghambat ruang gerak sehingga kelincahan dan akselerasi dalam bermain bulu tangkis akan berkurang.

Demikian beberapa hal terkait detail ukuran pada lapangan bulu tangkis dan juga beberapa perlengkapan yang diperlukan untuk bermain bulu tangkis.

Pahami detail ukuran lapangan agar Anda lebih bisa menikmati permainan bulu tangkis dan siapkan perlengkapan untuk bermain bulu tangkis tersebut. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Metamorfosis Kupu-kupu

Proses Metamorfosis Kupu-kupu

Metamorfosis Kupu-kupu – Hal apa yang ada di benak Anda ketika melihat kupu-kupu terbang di sekitar Anda? Tentunya Anda akan mengatakan wahhh cantiknya, atau wahhh bagus sekali, atau wah indah…
View Post