Contoh Teks Pidato Singkat

  • Whatsapp
pidato singkat

Contoh teks pidato singkat bisa menjadi acuan saat anda ingin berbicara di depan khalayak ramai dalam waktu singkat. Pidato jenis ini langsung menyasar pada poin-poin penting dan mengena di hati masyarakat.

Pidato singkat sama seperti pidato lainnya yang disampaikan di berbagai event dan acara. Pidato singkat hanya memangkas waktu dan jumlah teksnya agar tidak terlalu panjang dan bertele-tele.

Sehingga audiens dapat meresapi secara langsung poin-poin penting yang disampaikan pembicara.

[powerkit_toc title=”Daftar Isi” depth=”2″ min_count=”4″ min_characters=”1000″]

Tujuan Pidato Singkat

pidato singkat

Pidato Singkat merupakan sebuah kegiatan berbicara di depan khalayak ramai dalam durasi yang pendek dan singkat. Pidato singkat biasanya berisi berbagai informasi penting yang disampaikan oleh seorang pemimpin atau pembicara dalam waktu yang terhitung singkat.

Jenis pidato ini biasanya tak terlalu bertele-tele dan langsung menyasar pada poin yang ingin disampaikan pembicara. Hal itu dilakukan agar audiens tak bosan mendengarkan terlalu lama dan bisa menangkap dengan cepat sisi positif dalam pidato tersebut.

Meski begitu, pidato singkat tetap memuat bagian penting seperti salam, pembukaan, isi dan penutup.

Contoh Teks Pidato Singkat

1. Pidato Tentang Pendidikan

pidato pendidikan

Pendidikan menjadi salah satu tema penting yang kerap diangkat di berbagai acara. Tak heran beberapa pembicara akan menyampaikan pidato bertemakan pendidikan. Berikut contoh teks pidato singkat tentang pendidikan.

[powerkit_alert type=”info” dismissible=”false” multiline=”false”]

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat seluruh hadirin sekalian di tempat ini.

Pada hari ini marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, yang telah memberikan berkah dan rahmat-Nya sehingga kita bisa berada disini untuk memahami tentang betapa pentingnya memilihkan program pendidikan yang tepat bagi seorang anak.

Seperti yang kita ketahui, pendidikan adalah salah satu aspek yang sangat penting bagi kehidupan. Dengan pendidikan masa depan yang lebih cerah sudah menanti. Karena pendidikan membebaskan kita dari kebodohan dan membuat kesejahteraan lebih meningkat.

Karena pentingnya pendidikan maka sampai ada program wajib belajar 9 tahun hingga jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Namun kadang beberapa anak terlihat kurang memiliki minat dalam menjalani pendidikannya. Hal tersebut mungkin terjadi karena sang anak kurang tepat terjun di bidang pendidikan tersebut.

Setiap anak itu unik dan memiliki kemampuannya masing-masing, sayang kadang orang tua hanya mengukur prestasi anak dari pendidikan formal. Padahal, kadang ada anak yang memiliki bakat besar di bidang pendidikan lain seperti dalam hal seni atau musik.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui program pendidikan apa yang pas untuk anak anda. Tanyakan padanya apa mimpi dan minat terbesarnya. Jangan memaksakan anak untuk mengambil program tertentu. Hal itu akan membantu seorang anak menemukan masa depannya dengan program pendidikan yang tepat.

Sekian pidato yang saya sampaikan dan semoga bermanfaat. Apabila ada kesalahan baik di sengaja maupun tidak dalam perkataan, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

[/powerkit_alert]

2. Teks Pidato Singkat Tentang Kebersihan

pidato kebersihan

Kebersihan adalah salah satu aspek penting dalam kesehatan sehari-hari. Maka dari itu tema kebersihan kerap diangkat oleh pembicara dalam pidato-pidato di berbagai acara. Berikut contoh pidato singkat tentang kebersihan.

[powerkit_alert type=”info” dismissible=”false” multiline=”false”]

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat seluruh hadirin sekalian di tempat ini.

Pada hari ini marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, yang telah memberikan berkah dan rahmat-Nya sehingga kita bisa berkumpul di tempat ini tanpa halangan apapun. Pada hari ini saya akan berpidato mengenai pentingnya menjaga kebersihan.

Kebersihan merupakan salah satu kunci kesehatan tubuh manusia. Jika kita menjaga kebersihan lingkungan maka tubuh kita dan keluarga akan selalu sehat. Salah satu cara menjaga kebersihan adalah dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Seperti yang sudah diketahui, sampah merupakan sarang dari kuman dan bakteri. Sehingga, jika anda membuang sampah sembarangan maka berarti akan banyak kuman dan bakteri menyebar di mana-mana.

Selain itu, jika sudah menumpuk sampah akan menimbulkan bau menyengat yang akan membuat hidung manusia tidak nyaman dan menyebabkan polusi udara. Sampah juga bisa menyebabkan banjir jika dibuang ke sungai.

Sampah-sampah yang dibuang ke sungai itu akan mengotori sungai dan menyumbat saluran air dan berakhir dengan banjir. Ikan-ikan yang ada di sungai juga bisa tercemar akibat sampah yang menumpuk dan memenuhi sungai.

Selain sungai, membuang sampah ke laut juga tidak diperbolehkan. tahukah anda jika laut kini telah terkontaminasi oleh sampah yang dibuang sembarangan. Masalahnya, sampah-sampah tersebut terutama yang berbahan plastik sangat sulit terurai oleh bumi. Butuh waktu bertahun-tahun untuk mengolah sampah-sampah tersebut.

Maka dari itu, lebih baik sampah-sampah tersebut di buang ke tempatnya sehingga bisa diolah sesuai dengan proses yang seharusnya. Selain membantu bumi, membuang sampah pada tempatnya juga membuat lingkungan lebih sehat dan tubuh pun akan ikut sehat.

Sekian pidato dari saya, semoga bermanfaat. Apabila ada kesalahan baik yang disengaja maupun tidak dalam pidato saya harap dimaklumi dan dimaafkan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

[/powerkit_alert]

3. Teks Pidato Singkat Berbakti Kepada Orang Tua

pidato bakti kepada orang tua

Berbakti kepada orang tua adalah salah satu sifat yang diharapkan dimiliki oleh anak-anak. Pasalnya orang tua akan sangat bahagia memiliki anak yang berbakti kepadanya. Tema itu pun menjadi salah satu yang kerap diangkat dalam sebuah pidato.

Terutama jika sasaran pidato tersebut adalah anak-anak dan para pelajar. Berikut contoh teks pidato singkat tentang berbakti kepada orang tua.

[powerkit_alert type=”info” dismissible=”false” multiline=”false”]

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat seluruh hadirin sekalian di tempat ini.

Pada hari ini marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, yang telah memberikan berkah dan rahmat-Nya sehingga kita bisa berkumpul di tempat ini tanpa halangan apapun. Pada hari ini saya akan berpidato tentang berbakti kepada orang tua.

Kita tentu tidak lupa jika kita bisa hadir ke dunia dan besar hingga saat ini karena orang tua kita dan kehendak tuhan. Ibu berperan dalam mengandung kita selama 9 bulan dan mendidik kita di rumah serta merawat dan membesarkan kita. Ayah juga berperan dalam memenuhi kebutuhan dan turut merawat kita.

Orang tua kita tak pernah menghitung seberapa lelah tenaga mereka berapa banyak uang yang dikeluarkan demi membesarkan kita. Jasa kedua orang tua dalam membesarkan anak seolah tak dapat dihitung. Karena tidak cuma mencurahkan materi namun juga kasih sayang serta cinta yang tulus pada anak.

Dengan segala jasanya yang tak terhitung orang tua tentu pantas mendapatkan balasan berupa bakti dari sang anak. Anak harus berbakti kepada orang tua dengan menghormati dan membahagiakan setiap langkah kedua orang tuanya.

Berbakti kepada orang tua juga dianjurkan oleh agama. Bahkan meski kedua orang tua meninggal, Rasulullah SAW menganjurkan untuk berbakti dengan cara lain. Yakni dengan mendoakan, memintakan ampunan kepada Allah SWT, memenuhi janji kedua orang tua yang belum terpenuhi dan menyambung sanak saudara kedua orang tua kita yang telah meninggal.

Bagi anak-anak yang orang tuanya masih hidup berkatilah dengan tidak berkata kasar dan membentak mereka meskipun anda dalam keadaan marah. Turuti apa yang mereka perintahkan selagi dalam hal kebaikan.

Demikian pidato saya hari ini jika ada salah kata saya mohon maaf.

Wassalamualikum warahmatullah wabarakatuh.

[/powerkit_alert]

4. Teks Pidato Singkat Tentang Ekonomi

sistem ekonomi

Ekonomi adalah sebuah bidang yang selalu menarik untuk dibicarakan. Ekonomi selalu bersentuhan dengan masyarakat secara langsung. Maka dari itu, beberapa acara kerap meminta pembicara berpidato dengan tema ekonomi. Berikut contoh pidato singkat tentang ekonomi.

[powerkit_alert type=”info” dismissible=”false” multiline=”false”]

Assalamualaikum Warahmatullah wabaraktuh

Selamat siang dan salam sejahtera bagi kita semua, pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena berkat rahmat dan karunia-Nya kita bisa hadir dalam acara ini tanpa kurang suatu apapun. Hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang potensi wisata di Indonesia untuk mendukung perekonomian.

Seperti yang banyak kita ketahui, Indonesia adalah negara yang indah dengan segudang tempat wisata. Beberapa tempat wisata bahkan berhasil terdengar ke mancanegara. Sementara wisata indah lainnya belum tejamah dan siap dieksplorasi.

Banyaknya tempat wisata di Indonesia itu bisa menjadi aset bidang perekonomian yang menguntungkan selain industri barang dan sebagainya. Namun, agar tidak menjadi boomerang bagi alam dan lingkungan Indonesia, pengelolaan tempat wisata harus dilakukan dengan benar.

Harus ada pihak yang mengelola dan mengawasi serta mendisiplinkan para wisatawan saat berkunjung. Seperti aturan membuang sampah pada tempatnya, dilarang merusak fasilitas dan tak boleh sembarangan melakukan tindakan yang dilarang di tempat wisata.

Dengan paduan pengelolaan yang baik dan promosi yang gencar, berbagai tempat wisata bisa menjadi penopang perekonomian lain bagi Indonesia. Sehingga jika satu industri terkena kerugian, negara masih memiliki bidang lain yang memberi keuntungan.

Demikian pidato saya hari ini, jika ada kesalahan kata-kata mohon dimaklumi dan dimaafkan.

Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

[/powerkit_alert]

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *