contoh teks eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Total
0
Shares

Teks eksplanasi menjadi istilah yang asing bagi sebagian orang. Ya, memang wajar, sebab jenis teks ini memang terbilang baru, dan banyak muncul di kurikulum 13 yang notabene merupakan jenis kurikulum baru di dunia pendidikan.

Selain itu, teks ini juga biasanya dipelajari pada pelajaran bahasa Indonesia jenjang pendidikan SMP kelas 7. Namun, untuk sumber referensinya, masih sangat langka buku yang memaparkan tentang teks eksplanasi.

Nah, untuk memudahkan Anda memahami teks eksplanasi, maka simak ulasan dibawah ini tentang pengertian, ciri-ciri, struktur, hingga contoh teks eksplanasi lengkap!

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

teks eksplanasi

Setelah mengetahui pengertian, ciri-ciri, struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi, maka untuk mempermudah pengetahuan, Anda tentu harus memahami bagaimana contoh teks eksplanasi.

Nah, untuk memahami lebih lanjut, berikut ini contoh teks eksplanasi yang baik dan benar:

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana Alam

 

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana Alam

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Gempa Bumi

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Gempa Bumi

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Sosial

Contoh teks eksplanasi judul sampah

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Budaya

Contoh teks eksplanasi judul perubahan budaya

Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian teks eksplanasi

Sebelum Anda memahami contoh teks eksplanasi tentu harus mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Nah, secara etimologi eksplanasi berasal dari bahasa Inggris dari kata explanation yang berarti keterangan atau penjelasan.

Sedangkan secara istilah, teks eksplanasi merupakan suatu paragraf yang berisi informasi tentang suatu tahapan bagaimana dan mengapa. Selain itu, teks ini juga berisi tentang beberapa peristiwa baik itu berupa peristiwa alam, sosial, budaya ataupun ilmu pengetahuan.

Berkaitan dengan hal tersebut, setiap peristiwa yang terjadi tentu memiliki hubungan sebab akibat serta proses, sehingga untuk membuat teks eksplanasi ini harus melalui tahapan pengamatan. Nah, untuk mengetahui proses yang terjadi, tentu perlu menggunakan dua aspek penting, yakni menjawab tentang “Mengapa” dan “Bagaimana”.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Ciri-ciri teks eksplanasi

Lalu bagaimana suatu teks disebut dengan teks eksplanasi? Berbeda dengan jenis teks lainnya, adapun ciri-ciri teks eksplanasi ialah:

  • Teks eksplanasi merupakan salah jenis teks yang berisi tentang informasi, namun didasarkan oleh fakta dan kenyataan. Dengan kata lain, jenis teks ini bukan sebuah karangan fiktif belaka.
  • Fakta dari informasi yang terdapat pada teks eksplanasi bersifat sangat ilmiah atau sejalan dengan ilmu pengetahuan.
  • Memiliki 3 struktur pembangun, yang meliputi pernyataan umum, sebab akibat serta interpretasi.
  • Menggunakan sequencemarkers, yang meliputi pertama, kedua, ketiga atau menggunakan kata pertama, selanjutnya serta berakhir.

Selain ciri-ciri demikian, teks eksplanasi juga harus memenuhi syarat yakni tidak berusaha mempengaruhi pembaca agar mempercayai ulasan atau isi teks. Sebab jenis teks ini merupakan teks yang lebih ke sifat informatif.

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur teks eksplanasi

Dalam membuat contoh teks eksplanasi juga tak hanya harus memenuhi ciri-cirinya saja, namun juga harus memenuhi strukturnya. Hal ini karena, struktur akan mempengaruhi isi teks yang disajikan. Adapun struktur teks eksplanasi yang harus terpenuhi meliputi:

  • Pernyataan Umum

Pada bagian ini ialah pernyataan umum. Dimana di bagian ini meliputi penjelasan mengenai topik yang dibahas, juga memaparkan proses dari terbentuknya peristiwa yang dibahas.

  • Sebab dan Akibat

Untuk bagian selanjutnya, yakni berisi tentang sebab akibat. Dimana sebab akibat ini berisi mengenai penjelasan atau tahapan peristiwa yang terjadi, dengan menyusunnya dari awal hingga akhir.

  • Interpretasi

Sedangkan pada bagian ini merupakan interpretasi atau bagian pernyataan tentang topi yang sedang dibahas. Atau dengan kata lain, bagian ini merupakan kesimpulan dari seluruh isi teks.

Bagian-Bagian Teks Eksplanasi

Bagian-bagian teks eksplanasi

Nah berkaitan dengan strukturnya, teks eksplanasi juga memiliki bagian-bagian tersendiri. Bagian-bagian ini sendiri memiliki tujuan sebagai pendukung fungsi dari teks tersebut. Adapan bagian-bagian teks eksplanasi yakni:

  • Pembuka

Untuk bagian pembuka ata pertama ini memuat tentang gambaran umum topik yang sedang dibahas.

  • Isi

Sedangkan bagian isi yakni memaparkan tentang urutan atau rentetan peristiwa yang sedang dibahas. Dimana penjelasan ini dipaparkan secara terperinci mulai dari awal hingga akhir.

  • Penutup

Dan bagian terakhir yakni penutup, yang berisi tentang penjelasan atau inti dari teks tersebut. Dalam bagian ini juga bisa berisi kesimpulan mengenai topik yang sedang dibahas.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Seperti halnya jenis teks lainnya, teks eksplanasi juga memiliki kaidah kebahasaan. Adapun unsur kebahasaan teks eksplanasi yang harus dipenuhi ialah:

  • Dalam teks eksplanasi memuat tentang istilah atau bahasa ilmiah.
  • Pembahasan di dalamnya mempunyai sifat umum, serta tak mencakup partisipasi tentang manusia.
  • Teks eksplanasi membahas tentang peristiwa yang sesuai dengan kenyataan serta benar-benar terjadi.
  • Umumnya menggunakan jenis kalimat pasif.
  • Juga mengandung makna konjungsi kausal serta waktu.
  • Menggunakan kata kerja yang bersifat relasional dan material.

Nah, dengan penjelasan tentang ciri-ciri, struktur, kaidah kebahasaan dan contoh yang dipaparkan di atas, maka kini Anda bisa membuat teks eksplanasi sendiri bukan?

Baca Juga: Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Metamorfosis Kupu-kupu

Proses Metamorfosis Kupu-kupu

Metamorfosis Kupu-kupu – Hal apa yang ada di benak Anda ketika melihat kupu-kupu terbang di sekitar Anda? Tentunya Anda akan mengatakan wahhh cantiknya, atau wahhh bagus sekali, atau wah indah…
View Post