Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

  • Whatsapp
contoh teks eksplanasi

Teks eksplanasi menjadi istilah yang asing bagi sebagian orang. Ya, memang wajar, sebab jenis teks ini memang terbilang baru, dan banyak muncul di kurikulum 13 yang notabene merupakan jenis kurikulum baru di dunia pendidikan.

Selain itu, teks ini juga biasanya dipelajari pada pelajaran bahasa Indonesia jenjang pendidikan SMP kelas 7. Namun, untuk sumber referensinya, masih sangat langka buku yang memaparkan tentang teks eksplanasi.

Nah, untuk memudahkan Anda memahami teks eksplanasi, maka simak ulasan dibawah ini tentang pengertian, ciri-ciri, struktur, hingga contoh teks eksplanasi lengkap!

Pengertian Teks Eksplanasi

Sebelum Anda memahami contoh teks eksplanasi tentu harus mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Nah, secara etimologi eksplanasi berasal dari bahasa Inggris dari kata explanation yang berarti keterangan atau penjelasan.

Sedangkan secara istilah, teks eksplanasi merupakan suatu paragraf yang berisi informasi tentang suatu tahapan bagaimana dan mengapa. Selain itu, teks ini juga berisi tentang beberapa peristiwa baik itu berupa peristiwa alam, sosial, budaya ataupun ilmu pengetahuan.

Berkaitan dengan hal tersebut, setiap peristiwa yang terjadi tentu memiliki hubungan sebab akibat serta proses, sehingga untuk membuat teks eksplanasi ini harus melalui tahapan pengamatan. Nah, untuk mengetahui proses yang terjadi, tentu perlu menggunakan dua aspek penting, yakni menjawab tentang “Mengapa” dan “Bagaimana”.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Lalu bagaimana suatu teks disebut dengan teks eksplanasi? Berbeda dengan jenis teks lainnya, adapun ciri-ciri teks eksplanasi ialah:

  • Teks eksplanasi merupakan salah jenis teks yang berisi tentang informasi, namun didasarkan oleh fakta dan kenyataan. Dengan kata lain, jenis teks ini bukan sebuah karangan fiktif belaka.
  • Fakta dari informasi yang terdapat pada teks eksplanasi bersifat sangat ilmiah atau sejalan dengan ilmu pengetahuan.
  • Memiliki 3 struktur pembangun, yang meliputi pernyataan umum, sebab akibat serta interpretasi.
  • Menggunakan sequencemarkers, yang meliputi pertama, kedua, ketiga atau menggunakan kata pertama, selanjutnya serta berakhir.

Selain ciri-ciri demikian, teks eksplanasi juga harus memenuhi syarat yakni tidak berusaha mempengaruhi pembaca agar mempercayai ulasan atau isi teks. Sebab jenis teks ini merupakan teks yang lebih ke sifat informatif.

Struktur Teks Eksplanasi

Dalam membuat contoh teks eksplanasi juga tak hanya harus memenuhi ciri-cirinya saja, namun juga harus memenuhi strukturnya. Hal ini karena, struktur akan mempengaruhi isi teks yang disajikan. Adapun struktur teks eksplanasi yang harus terpenuhi meliputi:

  • Pernyataan Umum

Pada bagian ini ialah pernyataan umum. Dimana di bagian ini meliputi penjelasan mengenai topik yang dibahas, juga memaparkan proses dari terbentuknya peristiwa yang dibahas.

  • Sebab dan Akibat

Untuk bagian selanjutnya, yakni berisi tentang sebab akibat. Dimana sebab akibat ini berisi mengenai penjelasan atau tahapan peristiwa yang terjadi, dengan menyusunnya dari awal hingga akhir.

  • Interpretasi

Sedangkan pada bagian ini merupakan interpretasi atau bagian pernyataan tentang topi yang sedang dibahas. Atau dengan kata lain, bagian ini merupakan kesimpulan dari seluruh isi teks.

Baca Juga: Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

Bagian-Bagian Teks Eksplanasi

Nah berkaitan dengan strukturnya, teks eksplanasi juga memiliki bagian-bagian tersendiri. Bagian-bagian ini sendiri memiliki tujuan sebagai pendukung fungsi dari teks tersebut. Adapan bagian-bagian teks eksplanasi yakni:

  • Pembuka

Untuk bagian pembuka ata pertama ini memuat tentang gambaran umum topik yang sedang dibahas.

  • Isi

Sedangkan bagian isi yakni memaparkan tentang urutan atau rentetan peristiwa yang sedang dibahas. Dimana penjelasan ini dipaparkan secara terperinci mulai dari awal hingga akhir.

  • Penutup

Dan bagian terakhir yakni penutup, yang berisi tentang penjelasan atau inti dari teks tersebut. Dalam bagian ini juga bisa berisi kesimpulan mengenai topik yang sedang dibahas.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Seperti halnya jenis teks lainnya, teks eksplanasi juga memiliki kaidah kebahasaan. Adapun unsur kebahasaan teks eksplanasi yang harus dipenuhi ialah:

  • Dalam teks eksplanasi memuat tentang istilah atau bahasa ilmiah.
  • Pembahasan di dalamnya mempunyai sifat umum, serta tak mencakup partisipasi tentang manusia.
  • Teks eksplanasi membahas tentang peristiwa yang sesuai dengan kenyataan serta benar-benar terjadi.
  • Umumnya menggunakan jenis kalimat pasif.
  • Juga mengandung makna konjungsi kausal serta waktu.
  • Menggunakan kata kerja yang bersifat relasional dan material.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Setelah mengetahui pengertian, ciri-ciri, struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi, maka untuk mempermudah pengetahuan, Anda tentu harus memahami bagaimana contoh teks eksplanasi.

Nah, untuk memahami lebih lanjut, berikut ini contoh teks eksplanasi yang baik dan benar:

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana Alam

Gunung Meletus

Pernyataan Umum: Gunung meletus adalah fenomena alam yang disebabkan oleh adanya endapan magma di bagian perut bumi, dimana gas di dalamnya akan disemburkan dengan kekuatan yang cukup besar.

Terlepas dari hal tersebut, di Indonesia sendiri masih terdapat banyak gunung berapi yang masih aktif, seperti Gunung Krakatau, Gunung Toba, Gunung Tambota, Gunung Merapi serta gunung berapi lainnya yang tersebar di seluruh daerah Indonesia.

Runtutan Penjelasan Sebab Akibat: Lalu bagaimana terjadinya gunung meletus? Karena terdapat hubungan antara batasan lempeng bumi secara langsung, sehingga sebagian aktivitas gunung saling berkaitan dengan zona kegempaan yang cukup aktif.

Nah, sebelum terjadi letusan, biasanya akan memunculkan beberapa tanda vulkanik seperti berubahnya tekanan dan suhu yang sangat tinggi di atas lempeng bumi pada zona tersebut.

Dengan aktivitas vulkanik tersebut, maka akan menyebabkan material di dalam perut bumi akan meleleh atau yang dikenal dengan cairan pijar atau magma. Dimana material ini akan diinstruksikan atau diarahkan ke bagian perut bumi, sehingga lama kelamaan akan ditumpahkan ke atas permukaan bumi.

Di samping hal tersebut, pembentukan magma sendiri biasanya terjadi di kedalaman sekitar 60 hingga 120 km tepat di bawah permukaan bumi. Dan ketika magma meledak ke permukaan bumi maka akan menimbulkan lubang utama di puncak gunung yang membentuk seperti kawah besar.

Selain itu, sebenarnya letusan gunung berapi ini memberikan dampak negatif dan positif. Adapun dampak negatifnya adalah merusak alam, menghancurkan pemukiman warga, debunya membuat napas menjadi sesak, dan masih banyak lainnya.

Sedangkan untuk dampak positifnya salah satunya bagian abu, dimana abu vulkanik yang menyebar ini akan menyuburkan tanah. Interpretasi: Dengan demikian, gunung merapi menjadi fenomena yang mengerikan bagi masyarakat.

Sebab letusannya mampu mengguncangkan bumi, bahkan parahnya mampu memecah pulau atau danau, seperti letusan Gunung Krakatau yang terjadi di tahun 1883.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Gempa Bumi

Gempa Bumi

Pernyataan Umum: Salah satu fenomena alam yang sangat ditakuti masyarakat adalah gempa bumi. Dimana guncangan yang diakibatkan karena adanya pergerakan lapisan batu di lempeng bumi ini, mampu merobohkan rumah penduduk, bahkan parahnya membuat tanah terbelah. Selain itu, umumnya gempa bumi ini terjadi di wilayah sekitar gunung berapi atau daerah sekitar lautan luas.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat: Karena terjadi pergerakan atau geseran yang disebabkan letusan gunung berapi atau benturan antar lempeng yang sangat keras, maka akan membuat guncangan di permukaan bumi.

Disamping hal tersebut, gempa sendiri dibagi menjadi beberapa macam, seperti gempa tektonik dan vulkanik. Untuk gempa tektonik merupakan gempa yang disebabkan adanya pergeseran lempeng bumi, sedangkan gempa vulkanik disebabkan karena adanya letusan gunung merapi.

Interpretasi: Seperti yang terlihat pada fenomena alam yang terjadi, bahwa gempa bumi tak mengenal musim, sehingga bisa kapan saja terjadi. Karena umumnya gempa terjadi di area perbatasan plat pasifik serta area yang dikelilingi gunung berapi, maka waspadalah Anda.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Sosial

Tema “Sampah”

Pernyataan Umum: Sampah tampaknya menjadi masalah besar untuk setiap negara. Dimana setiap harinya jutaan terbentuk karena adanya aktivitas kehidupan. Nah, sampah sendiri dibagi menjadi dua macam, yakni sampah organik yang dapat terurai seperti dari sayuran dan buah-buahan, serta sampah non organik yang tak dapat terurai, seperti dari plastik.

Runtutan Penjelasan Sebab Akibat: Yang menjadi masalah besar dari keberadaan sampah ini adalah, jika terjadi penumpukan maka menyebabkan pencemaran udara, bahkan parahnya akan menjadi sumber penyakit seperti muntaber dan DBD. Tak hanya itu saja, penumpukan sampah yang terjadi di aliran sungai, juga akan menimbulkan banjir.

Interpretasi: Itu hanya sebagian kecil dari masalah penumpukan sampah, karena masih banyak dampak lainnya yang akan terjadi.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Budaya

Tema “Perubahan Budaya”

Pernyataan Umum: Jika membahas tentang budaya, pasti akan dikaitkan dengan kata tradisional, yang meliputi segi bahasa, kesenian, pakaian, makanan, tarian, dan masih banyak lainnya. Selain itu, budaya juga kerap dikaitkan sebagai simbol budaya suatu negara, adat istiadat, dan daerah.

Uraian Penjelasan: Budaya sendiri sebenarnya merupakan cara hidup yang diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya secara turun temurun dari nenek moyang. budaya sendiri diklarifikasikan menjadi 3 macam, yakni kepercayaan, estetika dan pengetahuan.

Dimana ketiga aspek ini memiliki keterkaitan satu dengan lainnya yang akan menciptakan suatu produk berupa adat, bahasa, pakaian, teknologi, dan lainnya.

Disamping hal tersebut, dengan berkembangnya zaman, maka dari masa ke masa budaya pun juga mengalami perubahan sesuai dengan generasinya. Misalnya beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya perkembangan budaya seperti teknologi yang semakin maju, pengaruh budaya dari luar, serta perubahan lingkungan di berbagai belahan dunia yang sangat ekstrem.

Dengan demikian, perubahan budaya ini tentu tak bisa dihindari. Bahkan tak heran banyak pergerakan tentang pelestarian budaya yang kian dikembangkan sekarang ini. Namun agaknya, pelestarian budaya kerap kali hanya menjadi slogan, sebab pada kenyataannya manusia tak bisa bertahan hidup dengan cara yang lama, melainkan harus sesuai dengan perkembangan zaman.

Penutup: Sebenarnya, perubahan zaman tak selalu buruk, meskipun perubahan tersebut benar-benar menghilangkan budaya lama. Hal ini tentunya harus didasari dengan kesadaran apakah budaya itu baik atau buruk. Selain itu, budaya yang berkembang pun harus beriringan dengan nilai luhur budaya lama yang baik untuk dilestarikan.

Dengan berbagai contoh teks eksplanasi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa bagian pertama memuat tentang gambaran umum topik, sedangkan bagian kedua berisi dengan sebab akibat yang disertai fakta, serta bagian akhir yang berisi kesimpulan.

Nah, dengan penjelasan tentang ciri-ciri, struktur, kaidah kebahasaan dan contoh yang dipaparkan di atas, maka kini Anda bisa membuat teks eksplanasi sendiri bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *