teks editorial

Contoh Teks Editorial Singkat dan Jelas

Total
0
Shares

Apa yang dimaksud dengan teks editorial? Teks editorial (opini) merupakan sebuah teks tentang artikel yang mempresentasikan pendapat dari sebuah surat kabar suatu isu tertentu. Nah, untuk pendapat yang disampaikan tersebut merupakan suara mayoritas dari tim editorial yakni para pemimpin beserta editor pada surat kabar tersebut.

Untuk menemukan contoh teks editorial yang satu ini bukanlah sebuah perkara yang sulit. Terlebih lagi, untuk menemukan surat kabar merupakan hal yang mudah untuk Anda lakukan. Tak hanya itu saja, bahkan berkembangnya teknologi ke arah yang lebih canggih dan modern membuat semua orang lebih mudah untuk mengakses suatu isu melalui internet.

Adanya teks editorial yang satu ini tentu sangat membantu untuk membangun argumentasi agar pikiran para pembaca dapat dipengaruhi dengan mudah. Teks editorial juga merupakan berita yang mempunyai keberpihakan terhadap suatu opini tertentu.

Tak ayal jika teks tersebut dibuat untuk mempengaruhi pendapat orang banyak, menyebarkan suatu pemahaman tertentu dan bahkan bisa menggerakkan beberapa orang terhadap suatu masalah.

Sama halnya dengan beberapa jenis teks yang lainnya. Untuk teks editorial yang satu ini juga memiliki tujuan bagi para pembacanya. Lalu, apakah tujuan yang dimiliki oleh teks editorial yang satu ini?

Tujuan Teks Editorial

tujuan teks editorial
Adanya teks editorial ialah bermaksud untuk mengajak para pembaca agar turut serta memikirkan tentang suatu isu ataupun kejadian yang sedang hangat di tengah masyarakat.

Tak hanya itu, teks tersebut juga bertujuan untuk memberikan pandangan kepada para pembacanya tentang masalah yang sedang terjadi. Adanya teks yang satu ini akan sangat membantu masyarakat untuk berpikir secara kritis.

Tak hanya harus mengetahui tujuan dari teks editorial saja. Bagi Anda yang ingin membuat sebuah teks editorial yang baik dan benar, tentu saja Anda juga harus mengetahui struktur penulisannya.

Berikut beberapa struktur penulisan teks editorial yang harus Anda perhatikan dengan baik dan benar.

Struktur Teks Editorial

struktur teks editorial

  • Pernyataan Pendapat (Tesis)

Pada struktur yang satu ini berisi tentang sudut pandang dari penulis tentang suatu permasalahan yang diangkat. Struktur yang satu ini berisi tentang pernyataan ataupun teori yang kemudian akan diperkuat dengan argumen.

  • Argumentasi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, argumen merupakan bentuk alasan atau bukti yang dibuat untuk memperkuat pernyataan dari suatu tesis. Argumen yang satu ini bisa berupa pernyataan umum, pernyataan para ahli, fakta-fakta yang bisa dipercaya, ataupun data yang diperoleh dari hasil penelitian.

  • Penegasan Ulang Pendapat/Reiteration

Pada bagian terakhir ada penegasan ulang pendapat atau yang juga disebut dengan reiteration. Pada bagian tersebut berisi tentang penguatan kembali dari pendapat yang telah ditunjang oleh beberapa fakta pada bagian argumentasi.

Adanya ketiga struktur yang telah dijelaskan di atas tentu saja tidak boleh Anda abaikan begitu saja. Untuk membuat sebuah teks editorial yang baik dan benar pastinya ketiga struktur tersebut harus Anda gunakan.

Agar Anda lebih jelas dan paham mengenai ketiga bagian struktur tersebut, di bawah ini akan diberikan contoh teks editorial dari masing-masing struktur.

Contoh yang akan dijelaskan merupakan sudut pandang dari penulis terhadap isu atau masalah yang sedang terjadi. Teks editorial di bawah ini berjudul “Perlukah Ujian Nasional Online Dadakan?”

Contoh Struktur Pernyataan Pendapat atau Tesis

Beberapa bulan lagi ujian nasional akan dilaksanakan di tingkat SD hingga SMA. Kemendikbud menambahkan aturan baru yaitu pelaksanaan ujian nasional secara online di beberapa sekolah.

Dilihat dari keadaan dan situasi lapangan saat ini, rencana ini belum tepat dan perlu dipertimbangkan kembali karena permasalahan seperti infrastruktur yang belum merata dan kurangnya pengetahuan dari tenaga ahli di beberapa sekolah.

Contoh Struktur Argumentasi

Padahal hal ini sangatlah baik. Jika pelaksanaan ujian nasional online tetap dilaksanakan, maka beberapa sekolah akan kesulitan karena tidak adanya infrastruktur yang memadai seperti komputer, akses internet, dan listrik.

Coba bayangkan ketika ada sebuah sekolah yang mempunyai 250 siswa yang akan mengikuti ujian nasional, maka berapa jumlah komputer yang dibutuhkan oleh pihak sekolah untuk melaksanakan ujian nasional ini?

Tentunya membutuhkan komputer yang banyak. Apabila tetap dipaksakan, maka salah satu caranya yaitu dengan menggunakan komputer secara bergiliran. Tetapi hal ini rentan akan timbulnya kecurangan dalam ujian nasional.

Selain itu, kurangnya tenaga ahli di beberapa sekolah juga menjadi masalah, karena pasti beberapa sekolah akan bingung dalam pelaksanaan karena tidak mengerti bagaimana melaksanakannya.

Contoh Struktur Penegasan Ulang Pendapat (Reiteration)

Sudah semestinya jika pemerintah ingin melaksanakan ujian nasional secara online, pemerintah harus menjamin ketersediaan infrastruktur yang mendukung serta tidak terburu-buru dalam melaksanakannya.

Pemerintah juga harus melakukan sosialisasi langsung ke sekolah-sekolah yang jauh sebelum ujian nasional agar tidak menimbulkan masalah seperti yang telah diuraikan di atas.

Nah, itulah contoh teks editorial berdasarkan strukturnya agar bisa Anda pahami untuk membuat sebuah teks yang baik dan benar.

Untuk membedakan teks yang satu ini dengan teks yang lainnya, ternyata ada beberapa ciri-ciri dari teks tersebut. Apa sajakah ciri-ciri yang dimiliki oleh teks yang satu ini.

Ciri-Ciri Teks Editorial

  1. Menggunakan kaidah kebahasaan tertentu di dalam suatu persoalan yang dibahas
  2. Mempunyai sifat analisis yakni memilah serta mengurai
  3. Teks editorial yabg yang dibuat harus menyampaikan fakta umum terlebih dahulu lalu dilengkapi dengan pendapat dari si penulis
  4. Biasanya, pendapat yang ditulis menggunakan kalimat logis
  5. Teks yang ada di dalamnya berbentuk essai yang juga bisa disebut dengan teks argumen, dimana teks tersebut menjelaskan suatu ide atau gagasan
  6. Terdapat pernyataan pendapat umum
  7. Adanya pendapat khusus ataupun pendapat pribadi dari si penulis.

Dengan adanya ciri-ciri tersebut, diharapkan Anda bisa membedakan teks editorial dengan beberapa jenis teks yang lainnya.

Untuk memberikan pemahaman yang lebih tentang teks editorial yang satu, di bawah ini akan diberikan lagi beberapa contoh teks editorial yang bisa Anda pahami. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

Contoh Teks Editorial Singkat dan Jelas

contoh teks editorial

1. Teks Editorial Tentang Politik

Mendekati pemilihan calon presiden tahun 2019 pada bulan April, Bapak Prabowo dan Bapak Jokowi telah menyiapkan strategi. Menjelangnya pemilihan, mulai banyak kampanye di sana-sini, saling memamerkan visi dan misi untuk membuktikan bahwa mereka pantas menjadi Presiden Indonesia untuk lima tahun mendatang.

Benar memang, dengan adanya kampanye ini memang sedikit berkontribusi dan mampu meyakinkan masyarakat bahwa orang tersebut benar-benar layak untuk menjadi pemimpin.

Selain itu, kedua paslon harus tetap memiliki komitmen dan bertanggung jawab terhadap janji-janji yang sudah disampaikan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat tak merasa dikhianati dan dikecewakan.

Apabila mereka telah dikecewakan, maka masyarakat akan menganggap semua itu sebagai prioritas dan pencitraan saja. Menurut pendapat saya, jangan memilih pemimpin karena perihal politik.

Sebab mayoritas orang membicarakan tentang Presiden yang harus memilih ini-itu dengan alasan praktik mereka politiknya seperti ini.

Sebaiknya jauhkan kata politik dari rumus memilih Presiden. Yang paling penting adalah orang yang memilih seorang pemimpin yang berpegang teguh kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki komitmen, bertanggung jawab, serta dapat dipercaya, tidak janji sana-sini.

Bagi saya, politik tak akan mempengaruhi, semua murni kehendak Yang Maha Kuasa, apa yang sudah dilakukan dan sudah dijanjikan akan dicatat oleh Yang Maha Segala, dan akan dimintai pertanggungjawaban atas jabatannya.

Ketika kita memilih tentu harus sepenuhnya percaya dan senantiasa mendoakan pemimpin yang dipilih ini agar amanah.

Oleh sebab itu, mari hindari memilih dengan kata “politik”. Pilih pemimpin yang menurut Anda benar-benar Amanah dan dapat dipercaya dengan janjinya. Tak lupa pasangan calon yang berpegang teguh pada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Teks Editorial Tentang Pendidikan

– Deskripsi Masalah

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang wajib dipenuhi dan merupakan kunci dari kemajuan suatu bangsa. Setiap orang tentunya telah menyadari bahwa pendidikan yang berkualitas mampu meningkatkan taraf hidup dan menjadikan bangsa ini sejajar dengan negara-negara maju.

Namun, nyatanya kualitas pendidikan di Indonesia belum begitu bagus jika dibandingkan dengan negara lain. Lembaga pendidikan telah mengupayakan banyak cara guna mencetak lulusan yang berkualitas untuk mengantisipasi perubahan dan tantangan yang makin sulit. Tetapi, keberhasilannya pun dipengaruhi oleh berbagai situasi dan kondisi.

Agar mencapai keberhasilan tersebut, dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, perlu dilakukan secara sungguh-sungguh. Juga mencari solusi dari permasalahan yang mungkin akan dihadapi nantinya.

– Argumen 1

Guna meningkatkan mutu pendidikan, penting untuk bagi kita untuk menjawab tantangan globalisasi, kemajuan IPTEK, dan pergerakan masif dari para tenaga ahli. Lembaga pendidikan dituntut pula untuk mampu mencetak SDM terdidik yang berkualitas sebab persaingan yang sengit antar-bangsa. Punya keahlian di bidang kompetensi profesional serta siap dalam menghadapi kompetisi global.

– Argumen 2

Di era teknologi saat ini, guru memang bukan satu-satunya sumber ilmu pengetahuan dan informasi. Peran guru kini sudah bergeser menjadi, fasilitator, motivator dan juga dinamisator. Keberadaan teknologi informasi dan internet ini memungkinkan banyak sumber yang dapat dijadikan sebagai materi.

– Simpulan

Pada kondisi seperti inilah, peran serta guru sebagai pendidik terasa besar dan tidak tergantikan. Sebab perlu melakukan peran secara efektif, sehingga sangat diperlukan peningkatan langkah dan usaha yang tepat sasaran. Dari beberapa usaha dalam peningkatan kualitas pendidikan ini menjadi tantangan besar yang dapat menjadi pekerjaan rumah untuk pemerintah dan harus cepat diselesaikan.

3. Teks Editorial Krisis

Beberapa bulan lagi ujian nasional akan dilaksanakan di tingkat SD hingga SMA. Nah Kemendikbud menambahkan aturan baru yaitu pelaksanaan ujian nasional secara online di beberapa sekolah.

Dilihat dari keadaan dan situasi lapangan saat ini, rencana ini belum tepat dan perlu dipertimbangkan kembali karena permasalahan seperti infrastruktur yang belum merata dan kurangnya pengetahuan dari tenaga ahli di beberapa sekolah.

Padahal hal ini sangatlah baik. Jika pelaksanaan ujian nasional online tetap dilaksanakan, maka beberapa sekolah akan kesulitan karena tidak adanya infrastruktur yang memadai seperti komputer, akses internet, dan listrik.

Coba bayangkan ketika ada sebuah sekolah yang mempunyai 250 siswa yang akan mengikuti ujian nasional, maka berapa jumlah komputer yang dibutuhkan oleh pihak sekolah untuk melaksanakan ujian nasional ini.

Tentunya membutuhkan komputer yang banyak. Dan apabila tetap dipaksakan maka salah satunya yaitu dengan menggunakan komputer secara bergiliran. Tetapi hal ini rentan akan timbulnya kecurangan dalam ujian nasional.

Selain itu kurangnya tenaga ahli di beberapa sekolah juga menjadi masalah, karena pasti beberapa sekolah akan bingung dalam pelaksanaan karena tidak mengerti bagaimana melaksanakannya.

Sudah semestinya jika pemerintah ingin melaksanakan ujian nasional secara online, pemerintah harus menjamin ketersediaan infrastruktur yang mendukung serta tidak terburu-buru dalam melaksanakannya.

Pemerintah juga harus melakukan sosialisasi langsung ke sekolah-sekolah yang jauh sebelum ujian nasional agar tidak menimbulkan masalah seperti yang telah diuraikan diatas.

Nah, semoga contoh teks editorial di atas dapat memberikan gambaran bagi Anda untuk lebih memahami tentang jenis teks yang satu ini. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Metamorfosis Kupu-kupu

Proses Metamorfosis Kupu-kupu

Metamorfosis Kupu-kupu – Hal apa yang ada di benak Anda ketika melihat kupu-kupu terbang di sekitar Anda? Tentunya Anda akan mengatakan wahhh cantiknya, atau wahhh bagus sekali, atau wah indah…
View Post