teks deskripsi

Contoh Teks Deskripsi Beserta Pembahasannya

Total
0
Shares

Sebagian besar orang pastinya pernah membaca teks deskripsi. Salah satu ciri yang paling menonjol dari teks deskripsi itu sendiri adalah isinya yang berupa informasi lengkap tentang topik yang sedang dibahas oleh teks tersebut. Nah, agar lebih paham mengenai apa itu teks deskripsi, berikut akan dijelaskan mengenai pengertian, contoh teks deskripsi dan lain sebagainya.

Pengertian Teks Deskripsi

Pengertian teks deskripsi

Apa itu teks deskripsi? Teks deskripsi merupakan sebuah paragraf yang mana gagasan utama menggambarkan secara jelas objek, tempat ataupun peristiwa yang sedang menjadi topic kepada para pembaca. Hal inilah yang akan membuat para pembaca seolah-olah merasakan secara langsung apa yang sedang dijelaskan dalam teks tersebut.

Tujuan Teks Deskripsi

Tujuan teks deskripsi

Sama halnya dengan beberapa jenis teks lain, teks deskripsi yang satu ini juga memiliki tujuan yang wajib untuk Anda ketahui. Cukup berbeda dengan beberapa jenis teks yang lainnya, tujuan dari teks yang satu ini ialah membuat orang yang sedang membaca teks deskripsi bisa merasakan secara langsung apa yang sedang dijelaskan dalam teks tersebut.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Ciri-ciri teks deskripsi

Untuk bisa membedakan teks deskripsi dengan teks yang lainnya, ada beberapa ciri dari teks deskripsi yang bisa Anda perhatikan dengan baik. Apa sajakah ciri-ciri yang dimiliki oleh teks deskripsi yang satu ini? Berikut penjelasannya untuk Anda:

  1. Paragraf yang terdapat dalam sebuah teks deskripsi menggambarkan tentang sesuatu.
  2. Setiap paragraf yang ada di dalam teks deskripsi dijelaskan secara jelas serta terperinci, tak hanya itu bahkan beberapa paragraf tersebut juga mengikut sertakan kesan indera.
  3. Pada saat pembaca sedang membaca sebuah teks deskripsi, maka pembaca tersebut seolah-olah merasakan secara langsung apa yang dibahas dalam teks tersebut.
  4. Di dalam teks deskripsi menjelaskan tentang ciri-ciri dari fisik objek, seperti ukuran, bentuk, warna, ataupun ciri-ciri psikis/keadaan suatu objek dengan rinci.

Tentu saja, tanpa adanya berbagai macam ciri-ciri yang terdapat pada teks deskripsi tersebut, mungkin Anda tidak bisa membedakannya dengan beberapa jenis teks lainnya. Meski ciri-cirinya sangat jelas dan mudah dipahami, namun bisa Anda belum paham dengan jenis teks yang satu ini, maka akan mempersulit Anda dalam mempelajarinya.

Struktur Teks Deskripsi

teks deskripsi

Sebelum melangkah lebih jauh tentang contoh teks deskripsi itu sendiri, penting juga bagi Anda untuk mengetahui struktur dari teks deskripsi. Mengenal dan mengetahui struktur teks deskripsi pastinya sangat baik bagi Anda untuk bisa membuat sebuah teks deskripsi yang sesuai kaidah.

Berikut adalah struktur teks deskripsi yang harus Anda pahami:

1. Identifikasi

Bagian utama dalam sebuah teks deskripsi adalah identifikasi. Nah, apa yang dimaksud dengan bagian identifikasi yang satu ini? Identifikasi merupakan bagian penentu bagi identitas seseorang, suatu benda dan yang lain sebagainya.

2. Klasifikasi

Di bagian kedua yakni ada klasifikasi. Yang dimaksud dengan klasifikasi ini adalah bagian yang menyusun dengan sebuah sistem dalam suatu kelompok berdasarkan kaidah ataupun standar yang telah ditetapkan.

3. Deskripsi Bagian

Terakhir, ada deskripsi bagian. Pada bagian inilah gambaran-gambaran tentang bagian teks itu sendiri dijelaskan.

Dengan mengenal berbagai macam struktur dari teks deskripsi yang satu ini, diharapkan Anda bisa membuat sebuah teks deskripsi yang baik. Selain itu, struktur yang satu ini juga bertujuan untuk membantu Anda mengenal lebih dalam tentang teks deskripsi.

Jenis-Jenis Teks Deskripsi

Jenis teks deskripsi

Ternyata, teks deskripsi itu sendiri terdiri atas berbagai macam jenis. Teks yang satu ini dibagi kedalam 3 macam jenis, nah apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

1. Teks Paragraf Objektif

Teks paragraf objektif adalah sebuah teks yang digambarkan secara apa adanya berdasarkan keadaan sebenarnya dari objek tersebut. Teks yang satu ini tidak disertai dengan opini dari si penulis itu sendiri.

2. Teks Paragraf Deskripsi Subjektif

Jenis yang satu ini merupakan sebuah paragraf subjektif yang mana penggambaran dari objeknya berdasarkan kesan dari si penulis teks tersebut.

3. Teks Paragraf Spatial

Nah, berbeda dengan kedua jenis teks yang sudah disebutkan diatas, untuk jenis teks yang satu ini objek yang digambarkan oleh penulis hanya benda, ruang, tempat dan yang lain sebagainya.

Ciri/Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Kebahasaan teks deskripsi

Untuk membuat sebuah teks deskripsi yang baik dan benar, Anda juga harus memahami kaidah bahasa yang digunakannya. Berikut adalah kaidah kebahasaan yang digunakan dalam sebuah teks deskripsi:

  1. Di dalamnya terkandung bahasa kiasan seperti perumpamaan atau metafora. Contohnya yaitu, kulitnya lembut layaknya benang sutera.
  2. Di dalam teks deskripsi terkandung kata keterangan yang bertujuan untuk memberikan informasi tambahan tentang suatu objek. Contohnya yakni: di rumah, dengan cepat, di taman dan masih banyak lagi.
  3. Teks deskripsi mengandung kata kerja (perasaan, pendapat) yang mana bertujuan untuk mengungkapkan pandangan pribadi si penulis tentang suatu objek. Contohnya adalah saya pikir bahwa hewan tersebut adalah hewan yang cerdas, saya yakin bahwa rumah tersebut cukup murah, dan lain sebagainya.
  4. Di dalam teks deskripsi juga terkandung kata kerja transitif yang mana berfungsi untuk memberikan informasi secara jelas tentang suatu objek. Contohnya yakni, siswa itu mengenakan seragam berwarna putih merah, dan lain sebagainya.
  5. Di dalamnya juga terkandung kata sifat yang berguna untuk menggambarkan. Contohnya yaitu, dua buah kaos kaki hitam, satu orang siswa yang rajin dan masih banyak lagi.
  6. Memakai frasa yang mengandung kata benda. Contohnya, beliau merupakan seorang kepala desa yang rendah hati, dan lain sebagainya.
  7. Memakai kata benda sesuai dengan topik yang sedang dideskripsikan. Contohnya yaitu, rumah, sekolah, guruku, sahabatku, teman saya dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, setelah Anda mengetahui berbagai macam hal tentang teks deskripsi yang satu ini, Anda agar lebih paham Anda juga harus memahami contoh teks deskripsi itu sendiri. Ada banyak sekali contoh teks deskripsi yang bisa Anda perhatikan dengan baik untuk membantu Anda dalam mempelajari sebuah teks deskripsi.

Berikut Beberapa Contoh Teks Deskripsi yang Bisa Anda amati:

contoh teks deskripsi

Contoh Teks Deskripsi tentang Alam

Saat ini, ada banyak sekali desa di Indonesia yang telah kehilangan nuansa pedesaannya. Akan tetapi, tidak begitu dengan desa tempatku lahir. Desa X, masih memiliki hamparan sawah yang sangat luas membentang dan menyejukkan mata. Desa kelahiranku ini adalah desa wisata sehingga kelestarian alamnya masih sangat terjaga dengan baik.

Selain bentang sawah yang masih hijau, ada pula sungai yang mengalir dengan derasnya. Membuat mata air serta kolam pribadi untuk anak-anak desa agar bisa bermain bersama. Selain bermanfaat untuk fasilitas warga desa, air sungai tersebut juga digunakan sebagai salah satu daya tarik wisata bagi para pengunjung.

Terkait dengan lingkungan sekitar, sungai tersebut selalu dijaga dengan sangat baik. udara di desaku juga masih sangat segar dan terhindar dari polusi. Suara desiran angin yang mengenai dedaunan pun membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan

Bento adalah nama kucingku yang baru. Bento merupakan kucing kampung yang waktu lalu aku temukan di depan rumah saat akan berangkat sekolah. Bulu bento berwarna coklat dengan bercak putih disekujur tubuhnya. Saat ini, ia berumur sekitar lima bulan. Saat aku menemukan Bento, ia berada di depan rumahku dengan tubuh yang kotor. Pada saat itu juga aku langsung mengadopsi Bento sebagai hewan peliharaanku.

Setelah seminggu aku merawat kucing yang malang tersebut, kini Bento menjadi kucing yang sehat dan periang. Ternyata, Bento adalah seekor kucing yang sangat suka bermain dan berjalan-jalan. Pada pagi hari ia akan pergi dari rumah dan pada sore hari ia akan kembali.

Sementara itu, pada saat aku pulang sekolah Bento akan menungguku di depan rumah, meminta makan kemudian pergi bermain lagi. Kini, Bento menjadi hewan peliharaan yang amat aku sayangi.

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Inggris dan Artinya

My best friend is Ernesto and he is my classmate. We go to school together. Ernesto comes from an educated family. His father is a school principal and his mother is also a teacher. He is punctual, well-educated and has good manners. He is really hard working. He always does his homework. He is also well-dressed and well behaved. All teachers have a high opinion of him.

Ernesto has a well built body. He is gentle but fearless. He takes part in all sports, scout, trekking, and mountaineering activities. He has a good heart. He is truthful, honest and obedient.

He also plays the guitar, and he makes his parents very proud of him.he secures good marks and is usually top of his class in examinations. He inspires me to work harder. He keeps me away from bad company. I am happy to have such a friend.

Arti dari Teks Deskripsi Bahasa Inggris:

Sahabat terbaikku adalah Ernesto dan dia adalah teman sekelasku. Kami pergi ke sekolah bersama-sama. Ernesto berasal dari keluarga yang berpendidikan. Ayahnya adalah seorang kepala sekolah dan ibunya juga seorang guru.

Dia adalah orang yang selalu tepat waktu, terdidik dan memiliki sikap yang baik. Dia benar-benar orang yang bekerja keras. Dia selalu mengerjakan PRnya. Dia juga berpakaian dengan rapi dan berperilaku baik. Semua guru memiliki pendapat yang baik tentang dirinya.

Ernesto memiliki tubuh yang tegap. Dia lembut tetapi tak kenal takut. Dia ikut dalam semua kegiatan olahraga, pramuka, jelajah dan kegiatan mendaki gunung. Dia memiliki hati yang baik. Dia itu orangnya bisa dipercaya, jujur dan taat.

Dia bisa bermain gitar dan membuat orang tuanya sangat bangga padanya. Dia berusaha untuk mendapatkan nilai yang baik pada saat ujian. Dia menginspirasiku untuk bekerja lebih keras. Dia membuatku untuk menghindari orang-orang yang tidak baik. Aku sangat senang memiliki teman seperti dia.

Nah, itu adalah berbagai macam contoh teks deskripsi yang bisa Anda baca dan dijadikan sebagai referensi. Untuk membuat sebuah teks deskripsi sebenarnya bukan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Terlebih lagi, di atas sudah dijelaskan secara jelas mengenai pengertian ciri, jenis, struktur dan kaidah kebahasaan.

Apabila Anda masih butuh banyak referensi dan contoh teks deskripsi, saat ini Anda bisa menemukannya dengan mudah di beberapa sumber. Semoga pembahasan mengenai teks deskripsi ini bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga:

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
pidato persuasif

Kumpulan Contoh Pidato Persuasif

Contoh pidato persuasif merupakan salah satu dari jenis pidato yang ada di kehidupan sehari-hari. Pidato sendiri merupakan kegiatan berbicara di depan khalayak ramai. Pidato biasanya disampaikandalam event tertentu. Sebagai salah…
View Post