Surat Penawaran Barang

Contoh Surat Penawaran Barang dan Penulisannya yang Benar

Total
0
Shares

Surat Penawaran Barang – Dewasa ini manusia hidup pada lingkungan kerja dimana bisnis menjadi salah satu jenis usaha yang paling banyak diminati.

Jenis bisnis ini juga tidak kenal usia dimana dari anak muda hingga orang tua bisa melaksanakannya.

Nah, dalam dunia bisnis, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya surat penawaran barang.

Terlebih jika bisnis yang Anda geluti adalah jual beli yang melibatkan distributor, supplier maupun perorangan.

Fungsi surat penawaran barang biasanya digunakan sebagai ajang promosi dari produk barang yang dimiliki untuk para konsumen.

Surat ini juga memiliki fungsi sebagai surat kerjasama antar perusahaan. Bagi Anda yang masih bingung dengan surat ini, maka Anda memerlukan contoh surat penawaran barang yang akan dibahas di bawah ini.

Bagaimana Isi Surat Penawaran Barang?

Contoh Surat Penawaran Barang

Perlu Anda tahu bahwa dalam penulisan surat penawaran barang tidak boleh ditulis sembarangan.

Ada beberapa hal yang harus diketahui agar surat ini dapat menarik perhatian konsumen tanpa membuatnya bingung saat membelinya.

Apa saja isinya? Suk simak selengkapnya di sini.

1. Nama Perusahaan

Dalam menulis surat penawaran barang, wajib hukumnya untuk menuliskan nama perusahaan atau instansi penawar.

Tujuannya adalah agar konsumen tahu dan kenal dengan distributor yang akan dituju. Jangan lupa pula untuk cantumkan alamat agar konsumen lebih paham.

2. Jenis Barang

Setelah nama perusahaan, Anda juga harus mencantumkan jenis barang. Tujuannya adalah untuk memperjelas konsumen bahwa ada barang apa saja yang akan ditawarkan.

Dengan demikian konsumen tidak bingung dan tidak terlalu banyak tanya.

3. Merek Produk

Kebanyakan konsumen saat ini dalam membeli barang selalu memperhatikan merek. Sebuah merek yang terkenal tentunya akan lebih menarik dibandingkan dengan merek baru meskipun kualitasnya sama.

Oleh sebab itu, dalam surat penawaran barang Anda jangan lupa untuk mencantumkan merek agar konsumen tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

4. Kualitas Produk

Dalam jual beli barang, kualitas dari produk yang ditawarkan juga sangat penting. Kualitas ini akan menentukan seberapa bagus produk yang Anda tawarkan.

Oleh sebab itu, dalam contoh surat penawaran barang harus dicantumkan mengenai kualitas produk guna meyakinkan konsumen.

5. Jumlah Kebutuhan

Dalam surat penawaran barang ini, Anda juga harus mencantumkan jumlah kebutuhan. Jumlah kebutuhan ini untuk memberitahu berapa stok barang yang Anda miliki.

Dengan demikian konsumen dapat mengira-ngira kebutuhannya untuk memutuskan apakah pihak penawar dapat memenuhi kebutuhan tersebut atau tidak.

6. Harga Khusus atau Diskon

Apa yang paling menarik dalam jual beli barang? Hal ini adalah diskon. Bahkan sekecil apapun diskon yang ditawarkan tetap membuat konsumen akan tertarik dengan barang tersebut.

Apalagi setiap konsumen pasti dan selalu ingin mendapatkan harga terbaik yang sesuai dengan kantong yang dimiliki.

Nah, jika Anda sebagai pihak penawar memiliki harga khusus seperti diskon, maka jangan sampai lupa untuk mencantumkan diskon tersebut demi menarik perhatian si konsumen.

7. Syarat Pembayaran

Setelah si konsumen fix untuk membeli produk yang ditawarkan, maka jangan sampai lupa untuk mencantumkan syarat pembayaran pada surat penawaran barang.

Dalam syarat ini sertakan pula jumlah DP yang harus dibayarkan, berapa jumlah angsuran yang harus dikeluarkan setiap bulan, serta lamanya angsuran akan berlaku.

Adanya syarat ini sering kali dijadikan pertimbangan oleh para konsumen. Pasalnya, tidak semua konsumen yang Anda tawari barang dapat membayar lunas setiap produk yang dibelinya.

8. Pengiriman

Dalam jual beli, seorang konsumen tentunya ingin mendapatkan kepastian tentang setiap barang yang sudah dibeli. Mereka menginginkan barang yang dibeli sampai dengan cepat dan dalam kondisi yang aman.

Nah, dalam surat ini Anda juga harus mencantumkan metode pengiriman barang yang digunakan. Dengan demikian konsumen akan merasa lebih yakin.

9. Administrasi

Beberapa konsumen sangat memperhatikan detail administrasi dari barang yang ditawarkan. Nah, untuk mendukung surat penawaran ini, jangan lupa untuk melampirkan dokumen pendukung seperti katalog produk, NPWP, Surat Izin Perdagangan dan lainnya.

Bagaimana cara Menulis Surat Penawaran Barang yang Benar?

Dalam menulis surat penawaran barang, ada beberapa kaidah yang perlu diperhatikan. Hal ini bertujuan agar surat ini lebih mudah diterima oleh konsumen.

Untuk itu, Anda membutuhkan contoh surat penawaran barang yang benar. Dari pada Anda penasaran bagaimana cara menulisnya, berikut ini adalah beberapa hal yang harus ada dalam penulisan surat penawaran barang.

Beberapa Hal yang Harus Ada Dalam Penulisan Surat Penawaran Barang

Yang perlu diperhatikan dalam surat penawaran barang

1. Kop Surat

Kop surat merupakan bagian terpenting dari surat resmi. Letak kop ini berada di atas dan berisi nama perusahaan, logo, alamat serta kontak perusahaan yang bisa dihubungi.

2. Kepala Surat

Setelah kop surat, ada juga yang disebut dengan kepala surat. Nah, dalam kepala surat ini juga ada beberapa hal yang wajib ada seperti nomor surat, perihal, lampiran surat, serta tujuan surat tersebut.

3. Pembuka Surat

Dalam pembuka dijelaskan secara singkat bahwa surat ini adalah surat pemberitahuan atau balasan dari surat permintaan yang berkaitan dengan barang yang ditawarkan.

Dalam hal ini juga dicantumkan secara singkat mengenai perusahaan penawar.

4. Isi Surat

Bagian terpenting dari surat penawaran barang adalah isi surat. Bagian ini harus dijelaskan secara nyata dan sesuai dengan keadaan, jangan sampai merekayasa isi karena hal ini akan sangat merugikan konsumen.

Nah, dalam isi ini ada beberapa hal yang harus ada seperti harga produk, merek produk, jenis produk, pembayaran, pengiriman dan lain sebagainya.

Ada baiknya jika setiap komponen tersebut dijelaskan lebih detail.

5. Penutup Surat

Dalam bagian penutup biasanya berisi harapan dan himbauan penawar kepada konsumen. Jika perlu Anda juga mencantumkan administrasi agar lebih meyakinkan.

Seperti itulah kaidah penulisan surat penawaran barang. Agar lebih jelas, ada baiknya jika Anda melihat contoh surat penawaran barang di bawah ini.

Contoh Surat Penawaran Barang

Contoh Surat penawaran barang

Contoh surat penawaran barang di atas bisa Anda jadikan referensi bagaimana cara menulis surat penawaran yang benar.

Semoga informasi seputar surat penawaran barang ini dapat bermanfaat untuk semua.

Baca Juga:

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Metamorfosis Kupu-kupu

Proses Metamorfosis Kupu-kupu

Metamorfosis Kupu-kupu – Hal apa yang ada di benak Anda ketika melihat kupu-kupu terbang di sekitar Anda? Tentunya Anda akan mengatakan wahhh cantiknya, atau wahhh bagus sekali, atau wah indah…
View Post