surat izin tidak masuk sekolah

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Baik dan Benar

Total
0
Shares

Semakin majunya perkembangan teknologi ternyata tidak membuat semua hal bisa dilakukan dengan teknologi.

Misalnya saat izin tidak masuk sekolah, Anda masih diharuskan untuk menggunakan surat izin yang nyata dan tidak diperbolehkan meminta izin via e-mail, chatting atau lainnya.

Ya, hal ini menunjukkan bahwa surat izin adalah hal yang penting dan bersifat formal.

Fungsinya adalah untuk memberikan informasi kepada pihak sekolah bahwa terdapat seorang siswa yang tidak masuk sekolah dengan berbagai alasan.

Menggunakan surat izin secara langsung juga menunjukkan rasa hormat dan sopan santun kepada guru.

Pasalnya, akan terlihat kurang etis jika Anda meminta izin namun via chatting atau e-mail meskipun sebenarnya sama-sama memberikan informasi.

Karena pentingnya surat ini bagi sekolah dan siswa, oleh sebab itu adanya contoh surat izin masuk sekolah yang benar sangat diperlukan.

Mengapa? Pasalnya, surat izin tidak masuk sekolah tidak bisa ditulis sembarangan dengan bahasa yang sembarangan pula.

Pentingnya Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Bagi Siswa

4 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Baik dan Benar

Seperti yang diketahui bahwa setiap sekolah menerapkan peraturan sendiri dalam sekolahnya. Baik peraturan untuk guru, siswa, karyawan maupun untuk kepala sekolahnya.

Salah satu peraturan yang diwajibkan kepada siswa adalah adanya surat izin ketika tidak memasuki sekolah.

Selain itu, keterangan dari izin tersebut juga harus jelas dan masuk akal. Bahkan dalam surat tersebut juga harus membubuhkan tanda tangan orang tua/wali sebagai bukti bahwa surat tersebut benar-benar asli.

Mengapa? Sebab izin tidak masuk sekolah masuk dalam kategori kehadiran. Selain itu, kehadiran menjadi hal yang sangat penting bagi siswa dimana saat izinnya jelas maka pointnya akan berbeda dengan siswa yang izinnya tidak jelas.

Kehadiran ini juga akan memengaruhi kenaikan kelas pada saat akhir semester. Saat seorang siswa memiliki tingkat kehadiran yang rendah, maka pihak sekolah akan memberikan sanksi dan hukuman kepada siswa tersebut.

Hukuman ini biasanya akan diberikan kepada siswa yang sering izin tidak masuk sekolah tanpa keterangan hingga berkali-kali.

Sanksi yang diterapkan pada setiap sekolah juga berbeda-beda. Ada sekolah yang menerapkan skors pada siswanya, memanggil orang tua siswa, hingga yang paling fatal adalah mengeluarkan siswa.

Jika sudah begini, bukanlah lebih baik menggunakan surat izin agar lebih aman ketika Anda tidak berangkat sekolah karena suatu alasan.

Tapi, bagaimana sih cara membuat surat izin tidak masuk sekolah yang benar.

Untuk Anda yang masih bingung bagaimana caranya, kali ini akan dibahas banyak sekali contoh surat izin tidak masuk sekolah yang lengkap dengan berbagai keterangan.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir saat tidak masuk sekolah dan harus membuat surat izin. Toh, izinnya juga jelas dan tentunya surat ini harus digunakan sebagaimana mestinya.

Bagaimana, sudah tidak sabar untuk mengetahui bagaimana contoh surat izin tidak masuk sekolah? Untuk lebih jelasnya, langsung saja cari tahu informasi selengkapnya di bawah ini.

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Dari Orang Tua

4 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah dari orangtua

Tidak memasuki sekolah karena izin adalah hal biasa bagi siswa. Namun, akan lebih meyakinkan jika dalam pembuatan surat izin disertakan tanda tangan dari orang tua.

Dengan demikian, guru dan pihak sekolah akan lebih percaya akan izin yang disampaikan. Adapun contoh surat izin tidak masuk sekolah ini adalah sebagai berikut.

Contoh Surat Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit

Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit

Jika Anda sedang sakit dan membutuhkan istirahat yang lama untuk waktu pemulihan, maka surat izin yang diberikan kepada pihak sekolah juga berbeda.

Surat izin ini harus membubuhkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk istirahat. Dengan demikian, pihak sekolah akan lebih memahami dan mengisi kehadiran dengan keterangan yang jelas.

Adapun contoh surat izin ini adalah sebagai berikut.

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Hajatan Pernikahan Keluarga

4 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Acara Pernikahan

Sudah menjadi hal yang wajar ketika saudara atau keluarga mengadakan hajatan pernikahan dan Anda harus menghadirinya.

Namun, untuk izin surat izin yang satu ini dikhususkan untuk keluarga yang masih dalam satu rumah dalam artian saudara kandung.

Jika saudara kandung menikah, maka Anda harus menghadiri pernikahannya dan meminta izin kepada pihak sekolah dengan contoh surat izin tidak masuk sekolah seperti di bawah ini.

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Dengan Menggunakan Surat Keterangan Dokter

Contoh Surat Tidak Masuk Sekolah dengan Keterangan Dokter

Saat Sakit dan harus rawat inap di rumah sakit, maka untuk meminta izin kepada pihak sekolah Anda harus membubuhkan surat keterangan dokter di sana.

Hal ini bertujuan agar pihak sekolah merasa yakin serta memberikan keringanan atas kehadiran yang tidak terpenuhi.

Adapun contoh surat izin tidak masuk sekolah ini adalah sebagai berikut:

Dari beberapa contoh surat izin tidak masuk sekolah di atas bisa Anda jadikan referensi ketika harus membuat surat izin. Nah, pastikan bahwa surat izin yang dibuat digunakan sebagaimana mestinya.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Metamorfosis Kupu-kupu

Proses Metamorfosis Kupu-kupu

Metamorfosis Kupu-kupu – Hal apa yang ada di benak Anda ketika melihat kupu-kupu terbang di sekitar Anda? Tentunya Anda akan mengatakan wahhh cantiknya, atau wahhh bagus sekali, atau wah indah…
View Post