suku di indonesia

15 Suku Terbesar yang Ada di Indonesia

Total
0
Shares

Suku di Indonesia – Indonesia adalah salah satu negara yang terkenal memiliki jumlah suku yang banyak. Hal ini juga yang menjadikan Indonesia memiliki lambang Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Ya, suku di Indonesia ini memang berjumlah banyak dan tersebar luas di seluruh penjuru pelosok negeri. Dengan adanya suku ini membuat keberagaman di Indonesia menjadi lebih kuat. Setiap suku juga memiliki tradisi masing-masing yang berbeda dengan suku lainnya.

Berdasarkan data yang dihasilkan oleh BPS pada tahun 2010, Indonesia sendiri memiliki lebih dari 300 ras etis suku yang tersebar. Adapun untuk jumlah sukunya terdapat kurang lebih 1300 suku bangsa.

Pulau Jawalah yang menduduki peringkat pertama dengan jumlah suku terbanyak di Indonesia. Bahkan kurang lebih 40% suku tersebut berasal dari Suku Jawa.

Karena jumlah suku ini sangat banyak, maka berikut ini akan dibahas beberapa suku yang terkenal di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

1. Suku Batak, Sumatera Utara

Suku Batak

Provinsi Sumatera Utara memiliki salah satu suku yang terkenal yakni suku Batak. Suku Batak sendiri adalah sebutan untuk suku kolektif yang berada di Wilayah Tapanuli, Sumatera Utara.

Adapun suku ini juga dibagi menjadi beberapa suku lagi, seperti Suku Batak Toba, Suku Mandailing, Suku Batak Pakpak dan juga Suku Batak Karo. Adapun suku ini sendiri terkenal dengan pribadinya yang tegas dan juga pekerja keras.

2. Suku Melayu, Bangka Belitung

Suku Melayu

Nama Melayu pada suku ini sendiri diambil dari nama sebuah kerajaan melayu yang pernah ada di Sungai Batang Hari. Adapun jumlah penduduk suku ini sendiri sangat banyak bahkan tersebar sampai ke luar pulau Sumatera. Bahkan, beberapa masyarakat dari suku ini juga tersebar di wilayah Jawa.

3. Suku Serawai, Bengkulu

Suku Serawai

Kepulauan Bengkulu juga memiliki suku yang terkenal, nama suku ini adalah suku Serawai. Adapun suku ini sendiri tersebar di wilayah Bengkulu Selatan tepatnya berada di Kecamatan Talo, Sukaraja, Seginim hingga Kelutum.

4. Suku Betawi, DKI Jakarta

Suku Betawi

DKI Jakarta adalah Ibu Kota Indonesia dimana tempat ini menjadi salah satu provinsi yang memiliki penduduk terpadat. Adapun kebanyakan masyarakat Jakarta sendiri adalah para pendatang yang mengadu nasib.

Namun, di provinsi ini ternyata ada suku asli yang disebut dengan Suku Betawi. Salah satu ciri khas yang menonjol pada suku ini adalah pakaian adatnya yang terbuat dari sarung dan kebaya. Selain pakaian adat, suku ini juga memiliki boneka yang terkenal dengan nama ondel-ondel.

5. Suku Lampung, Lampung

Suku Lampung

Lampung merupakan salah satu provinsi yang dahulunya merupakan bagian dari kerajaan Sriwijaya. Nah, provinsi ini juga memiliki suku yang disebut dengan suku Lampung.

Adapun suku Lampung sendiri dibagi menjadi dua jenis yakni suku Perpaduan dan juga Suku Sebatin. Sebenarnya, di Lampung sendiri masih ada banyak suku lain yang tersebar di seluruh penjuru Lampung. Misalnya saja seperti Suku Pesisir, Tulang Bawang, dan juga Krui Abung.

6. Suku Sunda, Jawa Barat

suku sunda

Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu provinsi yang mayoritas penduduknya bersuku sunda. sebenarnya, suku sunda sendiri tidak hanya ada di Jawa Barat saja, namun tersebar di wilayah yang lain.

Suku ini sendiri menjadi etnis terbesar kedua yang ada di Indonesia. Sudah banyak yang mengenal suku ini karena memang budayanya yang menarik.

Salah satu hasil budaya dari suku ini yang terkenal adalah angklung dan calung. Adapun untuk pakaian adatnya sendiri, suku Sunda menggunakan pakaian adat berupa kebaya.

7. Suku Baduy, Banten

suku baduy

Suku baduy merupakan suku asli yang berasal dari Banten. Suku ini terkenal dengan adatnya yang suka menyendiri dan jauh dari kehidupan kota. Selain itu, suku ini juga terkenal dengan cara sosialisasi dengan kehidupan liar. Adapun populasi dari suku ini sendiri saat ini berjumlah 5000 sampai 8000 jiwa.

8. Suku Jawa

Asal-Usul Suku Jawa

Salah satu suku yang terkenal di pulau Jawa dengan jumlah suku tersebarnya adalah suku Jawa. Nah, suku ini berada di wilayah DI Yogyakarta. Bisa dikatakan bahwa suku Jawa merupakan suku terbesar pertama yang ada di Indonesia.

Bahkan, jumlahnya sendiri hampir setengah dari presentasi dari jumlah keseluruhan suku yang ada di Indonesia. Adapun suku Jawa yang ada di DI Yogyakarta ini sangat terkenal terutama dalam hal kearifan lokalnya.

Mereka juga masih mempercayai hal-hal yang mistis dan penuh dengan kesakralan dan budaya. Suku ini juga memiliki banyak sekali jenis kuliner yang lezat yang bisa cicipi.

Tidak hanya itu, suku Jawa juga memiliki adat istiadat yang kental baik dalam acara pernikahan, lahirnya bayi, hingga kematian semuanya dilakukan dengan menggunakan adat.

Karena hal inilah suku jawa sangat menarik, selain itu orang jawa juga terkenal ramah dan lembut dalam berbicara. Selain Yogyakarta, suku ini juga berada di Wilayah Jawa tengah seperti Semarang, Magelang, Wonosobo dan masih banyak lainnya.

9. Suku Madura, Jawa Timur

Suku Madura

Anda tentunya sudah tidak asing dengan sate Madura. Ya, sate ini merupakan salah satu makanan khas suku Madura. Adapun suku ini sendiri berada di wilayah Jawa Timur. Untuk populasinya sendiri, suku Madura memiliki jumlah populasi kurang lebih 20 juta jiwa. Hal ini berdasarkan sebuah sensus yang dilakukan oleh BPS pada tahun 2014.

10. Suku Dayak, Kalimantan Barat

sejarah suku dayak

Pulau Kalimantan terdiri atas beberapa wilayah, salah satunya adalah wilayah Kalimantan Barat. Nah, di wilayah ini terdapat salah satu suku yang sangat terkenal dengan nama suku dayak.

Suku dayak termasuk salah satu suku di Indonesia yang cukup disegani. Suku ini sendiri terkenal dengan keberaniannya dalam berburu dan juga melawan musuh. Adapun suku dayak sendiri sebenarnya tidak hanya di Kalimantan Barat saja, melainkan mendiami hampir seluruh wilayah dari Kalimantan.

11. Suku Bima, NTT

suku bima

Jika Anda tahu kerajaan Majapahit, maka suku Bima ini menjadi salah satu suku peninggalan Kerajaan Majapahit. Adapun suku ini sendiri mendiami hampir keseluruhan dari kepulauan Nusa Tenggara Barat. Adapun hal yang terkenal dari suku ini adalah mereka memiliki cadar khas yang terbuat dari sarung yang disebut dengan Rimpu.

12. Suku Minahasa, Sulawesi Utara

Suku Minahasa

Pulau Sulawesi adalah salah satu pulau yang besar di Indonesia. Nah, di Sulawesi terdapat salah satu provinsi yang disebut dengan Sulawesi Utara. Adapun di provinsi ini terkenal dengan sukunya yang besar.

Nama suku ini disebut dengan suku Minahasa. Adapun suku minahasa sendiri persebarannya hampir berada di seluruh wilayah Sulawesi mulai dari Ternate, Gorontalo, Mangondow hingga talaud.

Adapun hal yang sangat terkenal dari suku ini adalah pakaian adatnya. pakaian adat yang dimiliki oleh suku ini berwarna merah dimana disertai dengan sabuk.

13. Suku Gorontalo, Gorontalo

Suku Gorontalo

Meskipun Gorontalo adalah wilayah dari pulau Sulawesi, namun ia juga memiliki suku sendiri. Nama suku ini disebut dengan Suku Gorontalo atau suku Holondalo. Adapun suku ini sendiri tersebar di hampir seluruh wilayah Gorontalo.

Adapun mayoritas masyarakat dari suku ini sendiri belum mengenal adanya budaya luar. Adapun selain suku Gorontalo, ada beberapa suku lain yang mendiami provinsi Gorontalo seperti suku Suwawa, Manado, Antinggola, dan Polahi.

14. Suku Asmat, Papua

suku asmat

Pulau Papua adalah salah satu pulau yang terkenal paling ujung di Indonesia. Pulau ini terkenal pula dengan penduduknya yang masih sangat primitif. Penduduk-penduduk di pulau Papua juga masih menggunakan alam dan biasanya lebih suka tinggal di wilayah hutan-hutan.

Nah, Papua sendiri sebenarnya memiliki banyak sekali suku di dalamnya. Namun, salah satu suku yang paling terkenal dan memiliki jumlah populasi yang banyak adalah suku Asmat.

Suku Asmat adalah salah satu suku yang ada di Papua dimana mereka terkenal dengan keahliannya dalam berburu di hutan. Bahkan, karena lokasinya yang berada di tengah-tengah hutan membuat suku ini masih sangat jauh dari jangkauan budaya luar.

Bahkan, sebagian besar dari mereka banyak yang belum pernah ke kota Papua. Karena hal inilah, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, suku asmat melakukan berburu sebagai salah satu sumber pangan setiap harinya.

Tidak hanya keberaniannya dalam berburu saja yang terkenal. Namun, suku ini juga terkenal dengan hasil kerajinannya yang berupa kayu ukir yang unik.

Adapun untuk populasi dari suku ini sendiri terbagi menjadi dua bagian besar yakni yang berada di bagian pesisir pantai dan juga yang tinggal di wilayah pedalaman. Meskipun kedua suku ini hampir sama, namun sejatinya mereka ini berbeda, terutama dalam dialek, cara hidup dan juga struktur sosialnya.

Adapun untuk populasi suku ini yang berada di wilayah pesisir juga dibagi menjadi dua bagian lagi. kedua bagian ini adalah suku Simai dan suku Bisman.

Kedua suku ini berada di wilayah sungai Sinesti dan sungai Nin. Meskipun suku ini dibagi menjadi dua bagian, namun kedua suku ini memiliki adat dan juga budaya yang masih sama.

15. Suku Buru, Maluku

Suku Buru

Maluku menjadi salah satu provinsi yang besar, nah, di provinsi ini terdapat beberapa pulau kecil di dalamnya, salah satu pulau yang terkenal dengan jumlah sukunya yang banyak adalah pulau Buru.

Di Pulau Buru terdapat suku asli yang disebut dengan Suku Buru. Namun, masyarakat suku Buru sendiri sering menyebut dirinya dengan nama Gebfuka, atau dikenal dengan nama lain Gebemiliar.

Adapun julukan ini ternyata memiliki arti yang sangat dalam. Artinya sendiri adalah orang dua atau orang tanah.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa suku di Indonesia ini ada banyak sekali. Ke-15 suku di atas merupakan suku terbesar yang ada di Indonesia yang aman mereka tersebar di wilayah yang sudah disebutkan.

Nah, setiap suku ini memiliki kebudayaan yang berbeda, cara bicara yang berbeda, adat istiadat yang berbeda, kerajinan tangan yang berbeda, tarian yang berbeda, pakaian adat yang berbeda, makanan yang berbeda, dan masih banyak lainnya yang berbeda.

Namun, meskipun suku di Indonesia ini berbeda-beda dengan setiap karakteristik yang dimiliki. Namun suku-suku ini terkenal dalam hal menjaga perdamaian. Ini karena bunyi dari Bhineka Tunggal Ika yang menyebutkan bahwa berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Artinya, meskipun masyarakat Indonesia terdiri atas beberapa suku, ras dan golongan yang berbeda, namun bangsa mereka tetap satu yakni bangsa Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Metamorfosis Kupu-kupu

Proses Metamorfosis Kupu-kupu

Metamorfosis Kupu-kupu – Hal apa yang ada di benak Anda ketika melihat kupu-kupu terbang di sekitar Anda? Tentunya Anda akan mengatakan wahhh cantiknya, atau wahhh bagus sekali, atau wah indah…
View Post