seni musik

Mengenal Seni Musik : Aliran, Unsur dan Fungsinya

Total
0
Shares

SENI MUSIK – Musik adalah seni yang menggunakan suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan. Jadi seni musik ialah sarana ekspresi seorang seniman yang memakai suara yang dirangkai sedemikian rupa baik dengan menggunakan alat musik ataupun suara vokal.

Secara etimologi, kata seni berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya adalah penyembahan/pemberian. Sedangkan musik berasal dari bahasa Inggris “Music” dan bahasa Yunani “mousike”. Pengambilan kata musik ini merajuk pada semua karya seni yang dihasillkan/dipimpin oleh Muses.

Pengertian Seni Musik

seni musik

Nah untuk lebih jelasnya, berikut beberapa pengertian seni musik menurut para ahli:

Jamalus (1998:1)

Definisi seni musik adalah suatu yang menghasilkan sebuah hasil karya seni yang berupa bunyi. Dari bunyi menjadi bentuk lagu atau komposisi yang menunjukan pikiran beserta perasaan penciptanya melalui unsur-unsur seni seperti melalui irama, harmoni, melodi, bentuk maupun susunan lagu dan ekspresi sebagai satu kesatuan.

Aristoteles

Karya seni musik adalah sebuah tuangan kemampuan serta tenaga penggambaran yang berawal dari sebuah gerakan rasa yang dalam satu deretan melodi (nada) yang memiliki irama.

David Ewen

Pengertian seni musik adalah ilmu pengetahuan serta seni mengenai pengkombinasian ritmik serta beberapa nada. Baik vokal ataupun bentuk instrumen yang mencakup sebuah melodi serta harmoni sebagai ekspresi segala sesuatu hal yang menginginkan diungkapkan lebih dalam dari segi emosional.

Sylando

Menurut Sylando seni musik adalah suatu wujud yang hidup dari sebuah kumpulan ilusi dan lantunan suara. Yang lebih jelasnya Sylando juga menyatakan bahwa sebuah alunan musik serta nada yang memiliki jiwa dapat menggerakan isi hati sang pendengar atau penikmatnya.

Suhastjarja

Suhastjarja berpendapat bahwa seni musik adalah suatu ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk konsep pemikiran yang bulat. Tentang bentuk wujud nada atau suara lainnya yang mengandung sebuah ritme dan harmoni.

Selain itu juga memiliki suatu bentuk dalam ruang dan waktu yang dikenal oleh diri sendiri dan manusia lain dalam suatu lingkungan hidupnya sehingga dapat dimengerti dan dinikmatinya.

Jenis Musik

jenis seni musik

Seni musik mempunyai beberapa jenis, dimana beberapa jenis musik antara lain adalah musik tradisional, musik modern dan juga musik kontemporer. Berikut adalah penjelasannya untuk Anda.

1. Musik Tradisional

Musik tradisional ini biasanya merupakan warisan dari nenek moyang yang turun-temurun dari generasi ke generasi. Musik tradisional juga masuk menggunakan lirik bahasa daerah, tidak mempunyai notasi, serta alat musik yang digunakan juga masih tradisional. Contohnya seperti angklung, gamelan dan karawitan.

2. Musik Modern

Seperti yang Anda ketahui, jika musik modern sangat beragam dan mengalami perkembangan yang begitu pesat secara universal. Seni musik modern ialah seni musik yang telah terakulturasi dengan teknologi serta budaya yang modern baik instrument musik maupun cara penyajiannya.

3. Musik Kontemporer

Musik yang berkembang pada tahun 1990an ini merupakan salah satu jenis musik yang mempunyai ciri variasi nada yang kompleks. Juga memiliki warna atau jenis bunyi, ritme dan tempo yang bervariasi. Bahkan untuk sumber bunyinya pun cukup bervariasi dan bukan hanya dari musik instrumental saja.

Unsur Seni Musik

unsur seni musik

Sebuah karya seni musik tidak akan tercipta dengan sempurna apabila tak memiliki unsur-unsur yang membentuknya. Apa sajakah unsur-unsur pembentuk seni musik? Berikut beberapa diantaranya.

1. Irama

Beberapa diantara Anda mungkin lebih mengenal irama sebagai ritme, dimana unsur seni musik ini merupakan panjang pendek serta tinggi rendahnya nada.Irama juga sangat penting dalam seni musik, sebab irama akan menentukan ketukan pada saat bermusik.

2. Melodi

Melodi ialah susunan bunyi yang berurutan dari tinggi ke rendah atau sebaliknya, rendah ke tinggi. Melodi yang merupakan salah satu daya tarik pada seni musik.

3. Harmoni

Unsur seni berikutnya ialah harmoni yang merupakan kumpulan perpaduan antara melodi dan nada yang memiliki keteraturan sehingga nyaman ketika didengarkan. Harmoni juga sering dikenal sebagai kord untuk mengiringi musik.

4. Birama

Meski namanya hampir sama dengan irama, namun definisi keduanya jauh berbeda. Birama ialah unsur ketukan pada musik dengan waktu serta tempo yang teratur. Ketukan birama sendiri bisa dituliskan dengan 2/4. 2/3, ¾ dana in sebagainya. Pada penulisan tersebut tanda “/” memiliki arti jumlah ketukan.

5. Tangga Nada

Berikutnya adalah tangga nada, yaitu unsur seni musik yang digunakan untuk mengatur para pemain musik pada orchestra. Tangga nada juga merupakan unsur seni musik yang terdiri dari beberapa nada yang tersusun berjenjang mulai dari nada dasar hingga nada tinggi yang merupakan unsur penting pada sebuah pertunjukan musik.

6. Tempo

Tempo merupakan ukuran kecepatan birama pada lagu. Contohnya ketika sebuah lagu semakin cepat dimainkan, maka biramanya juga akan semakin cepat. Tempo sendiri dibagi menjadi beberapa bagian yaitu Lento, Lago, Adagio, Andate, Allegro, Moderato, Vivace dan juga Presto.

7. Dinamika

Dinamika ialah suatu tanda untuk memainkan nada yang berkaitan langsung dengan volume sehingga mengeluarkan suara yang nyari serta merdu untuk didengarkan. Unsur musik satu ini menjadi unsur yang paling utama untuk mengungkapkan ekspresi musik yang emosional seperti senang, sedih dan sebagainya.

8. Timbre

Yang terakhir ialah timbre atau warna bunyi yang merupakan kualitas dari bunyi musik itu sendiri. Contohnya alat musik gitar yang mempunyai timbre yang berbeda dengan alat musik drum meskipun alat musik tersebut dimainkan dengan tangga nada sama.

Hal ini bisa terjadi karena setiap alat musik mempunyai timbre berbeda, sehingga mempengaruhi bunyi yang dihasilkan dari alat musik tersebut.

Aliran Seni Musik

Aliran Seni Musik

Bukan hanya unsurnya saja yang beragam, seni musik juga terdiri dari genre yang beragam. DI bawah ini adalah beberapa diantaranya.

1. Klasik

Bagi Anda yang suka mengalami gangguan tidur, seperti insomnia pasti sudah tidak asing dengan genre musik satu ini. Ya genre musik yang banyak digunakan sebagai pengantar tidur ini memiliki ciri nada dan harmonisasi yang menarik jika dibandingkan genre musik lain. Pembawaannya pun begitu lembut, sehingga mampu membuat pendengarnya merasa rileks.

2. Blues

Genre musik yang berkembang di Amerika ini awalnya tercipta dari sebuah konotasi perasaan melankolis serta frustasi. Hingga saat ini musik blues banyak digunakan untuk musik spiritual atau musik pujian.

3. Jazz

Meskipun bukan genre baru, akan tetapi penggemar musik jazz dari waktu ke waktu tampaknya tak pernah berkurang. Ya musik yang sudah lahir sejak abad ke 60 ini bahkan sangat populer di Indonesia sampai sekarang. Musik jazz sendiri didominasi dengan alat musik piano, biola, bass, saksofon, gitar serta terompet yang dipadukan dengan lirik yang dalam.

4. Funk

Funk ialah genre musik yang merupakan gabungan dari beberapa genre sekaligus, seperti jazz, blues, dan rhythm. Sejak awal perkembangannya di tahun 1996-an di Amerika, musik ini mengalami perkembangan yang pesat.

Musik funk mempunyai nada gitar yang mendominasi diselingi dengan musik yang berpotong dan drum, sehingga menghasilkan musik dengan alunan yang gembira dan cocok untuk dansa.

5. Reggae

Saat pertama kali mendengarnya saja mungkin Anda sudah langsung paham genre musik satu ini, yaitu ritem yang backbeat dan progresi kord yang bisa dikatakan mudah.

Di Amerika musik reggae kerap dinikmati dengan jogetan sehingga sukses menarik minat penggemarnya yang ingin menikmati musik dengan gambaran kebebasan jiwa.

6. Hip Hop

Musik hip hop adalah musik yang mempunyai paduan nada dan ritme yang unik, sehingga cocok jika dipadukan dengan musik rapp. Hip hop sendiri sudah mulai dikenal dan berkembang pada tahun 70an.

7. Pop

Pengambilan kata pop disini berasal dari kata “populer” yang merupakan jenis musik yang paling mudah untuk didengar dan memiliki jumlah peminat terbanyak.

Di tahun 1920-an, musik pop hanya dipakai sebagai musik pengiring tarian. Akan tetapi pada tahun 1980-an genre musik ini mulai banyak diminati dan sudah mendunia.

8. Rock

Rock ialah genre musik yang merupakan hasil perpaduan dari jazz, rhythm, blues dan country. Dengan alat musik bass, drum, serta gitar yang mendominasi pada musik ini, hasil bunyi yang bisa didengar terkesan cukup keras. Rock sendiri memiliki beberapa submusik, seperti soft rock, hardrock dan funk rock.

9. Dangdut

Berasal dari Indonesia, genre musik satu ii memang sangat popular di tanah air. Pada dasarnya, dangdut ialah perpaduan antara musik Melayu dan musik India dengan sentuhan campursari. Seiring perkembangan jaman, musik dangdut pun sudah mendunia dan bukan lagi menjadi musik yang dinikmati oleh masyarakat kalangan bawah.

Fungsi Seni Musik

Fungsi Seni Musik

Seni musik pun mempunyai fungsi bagi penikmat maupun pemainnya, yaitu:

1. Sarana Ekspresi Diri

Musik bisa menjadi wadah bagi pemusik untuk mengungkapkan perasaannya, baik bahagia, sedih, haru dan lain sebagainya. Biasanya perasaan ini akan tergambarkan elas dari irama musik.

2. Sarana Komersial

Di era sekarang ini bisa dikatakan jika musik ialah ladang mencari uang terbaik. Dimana musik memiliki potensi komersial yang begitu bagus.

3. Sarana Kreativitas

Setiap pemusik wajib memiliki kreativitas tinggi untuk menghasilkan musik yang menawan. Dari sinilah kreativitas pemusik juga terus diasah dan disini pula kreatifitas tersebut akan ditampung.

4. Sarana Komunikasi

Bukan hanya penyampaian perasaan semata, akan tetapi musik juga sering kali memiliki polar item yang mempunyai maksud tertentu. Contohnya pada sebuah upacara, ketika alat musik dimainkan maka itu bisa menandakan suatu perintah atau pemberitahuan.

5. Sarana Terapi

Belakangan ini musik juga banyak digunakan sebagai media untuk pengobatan bagi penderita gangguan mental bahkan kelumpuhan organ tubuh.

6. Sarana Upacara

Musik selalu berkaitan dengan upacara, baik upacara kenegaraan, perkawinan, kematian, spiritual, dan lain sebagainya.

7. Sarana Pendidikan

Fungsi musik untuk pendidikan ialah untuk sarana pembelajaran bagi para siswa, khususnya melalui lagu-lagu kebangsaan.

8. Sarana Tari

Musik dan tari juga merupakan dua hal yang tak dapat dipisahkan. Keduanya mempunyai pola serta ritem yang sama, sehingga suatu tarian tanpa adanya iringan irama musik akan terasa begitu hampa dan pastinya menyulitkan gerakan penari.

9. Sarana Hiburan

Sejak pertama kali dilahirkan, musik sudah memiliki fungsi sebagai penghibur atau untuk hiburan. Paduan pertunjukan musik dengan pertunjukan lain akan memberikan hiburan yang lebih menarik, semisal musik dengan pertunjukan wayang.

Itulah ulasan lengkap tentang pengertian seni musik, unsur, genre dan dan juga fungsinya. Semoga pengetahuan Anda tentang seni musik bertambah dengan ulasan di atas.

Baca Juga:

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Metamorfosis Kupu-kupu

Proses Metamorfosis Kupu-kupu

Metamorfosis Kupu-kupu – Hal apa yang ada di benak Anda ketika melihat kupu-kupu terbang di sekitar Anda? Tentunya Anda akan mengatakan wahhh cantiknya, atau wahhh bagus sekali, atau wah indah…
View Post