sejarah sepak bola

Sejarah Sepak Bola Indonesia dan Dunia

Total
0
Shares

Sejarah Sepak Bola – Siapa sih yang tak suka menonton sepakbola?

Yaps, salah satu cabang olahraga yang telah mendunia menjadi favorit baik itu bagi kaum pria ataupun wanita ini memang asyik untuk ditonton bersama teman, keluarga, atau bahkan kekasih.

Namun tahukah Anda bagaimana sejarah sepakbola baik di Indonesia ataupun di dunia?

Sebelumnya, sepakbola adalah sebuah permainan yang menggunakan bola biasanya berbahan dasar kulit, serta dimainkan oleh 2 tim.

Dimana masing-masing tim terdiri atas 11 orang pemain, yang meliputi 10 pemain penyerang dan 1 pemain sebagai penjaga gawang.

Sedangkan untuk pengaturan penskoran dalam sepakbola sendiri, dimana setiap tim bertujuan mencetak gol sebanyak mungkin ke gawang lawan.

Dan yang paling banyak mencetak gol adalah yang menang. Selain itu, untuk tempat permainannya, dilakukan di stadion atau di lapangan secara terbuka yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran tertentu.

Pada umumnya, yang berhak untuk menyentuh bola dengan lengan atau tangan hanyalah seorang kiper atau penjaga gawang. Ini pun hanya bisa dilakukan jika bola sedang berada di daerah gawangnya.

Sejarah Sepak Bola di Dunia

Sejarah Singkat Sepak Bola di Dunia

Dari mana sepakbola berasal? Jarang diketahui, bahwa sejarah sepakbola dimulai di Tiongkok, sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi.

Yakni terjadi ketika masa Dinasti Han. Dimana pada awalnya para warga hanya memainkannya cara menggiring bola yang dibuat dari kulit, untuk digiring ke jaring kecil dengan cara ditendang.

Hal yang sama juga dilakukan di Jepang yang disebut dengan ‘Kemari’. Selain itu, di negara Italia juga melakukan permainan yang sama yakni dengan menggiring dan menendang bola yang dimulai sejak abad ke-16.

Meski demikian, banyak juga yang mengatakan bahwa sejarah sepakbola dimulai sejak peradaban kuno Romawi, Yunani dan Cina.

Dimana cara permainannya adalah dengan menggiring bola ke suatu sasaran oleh pemainnya. Sedangkan pada abad pertengahan, permainan sepak bola kemudian dimainkan oleh sejumlah pemain yang tak terbatas.

Baru selanjutnya, sejak abad ke-20, sepakbola memiliki aturan-aturan resmi dan lebih disukai oleh masyarakat luas.

Nah, sejak ditetapkannya hal inilah, kemudian Inggris menetapkan peraturan dasar permainan sepak bola secara modern, dan mulai menyebar ke berbagai wilayah di dunia.

Namun sayangnya, pada awal-awal peresmian sepakbola ini, menimbulkan banyak kekerasan ketika kompetisi.

Hingga pada akhirnya di tahun 1365, Raja Edward III, memutuskan agar melarang permainan sepak bola untuk dimainkan. Dan Hal ini ternyata juga mendapat dukungan dari Raja James, Skotlandia.

Lama tak dimainkan, kemudian pada tahun 1815, terjadi perkembangan sepakbola yang sangat besar, bahkan sepakbola dijadikan sebagai olahraga wajib di sekolah dan universitas.

Dimana, kelahiran sepak bola modern ini, terjadi sejak tahun 1863 oleh Freemasons Tavern ketika sekolah serta klub berkumpul.

Ia membuat perumusan peraturan baku dalam menetapkan bagaimana permainan sepak bola.

Bersamaan dengan hal tersebut, juga terjadi pemisahan permainan secara jelas antara sepakbola atau soccer dengan olahraga rugby.

Sehingga, sejak tahun 1869, sepakbola tidak menggunakan tangan dalam menggiring bola.

Dengan suksesnya penyebaran sepakbola selama tahun 1800-an, yang dibawa oleh para pedagang, pelaut, serta tentara Inggris ke berbagai pelosok dunia.

Maka di tahun 1904, asosiasi tertinggi sepakbola dunia, yakni FIFA berhasil dibentuk. Sehingga mulai tahun 1900-an, mulai diselenggarakan pertandingan bola di beberapa negara.

Sejarah Sepak Bola di Indonesia

Sejarah Sepak Bola di Indonesia

Tahukah Anda negara mana yang memperkenalkan sepakbola pertama kali ke Indonesia? Melalui penjajahan serta perdagangan yang ada di wilayah Indonesia, kemudian sepakbola masuk dan dimainkan oleh masyarakat secara luas.

Dan negara yang membawa sepakbola ke Indonesia ialah negara Cina.

Hal tersebut sebagai bukti bahwa Cina tak kalah superior dibandingkan dengan negara yang ada di Eropa seperti Belanda.

Dan tercatat, pada tahun 1915, warga Tionghoa memiliki banyak klub sepakbola, bahkan pada tahun 1920 mendirikan sebuah klub sepakbola seperti UMS Surabaya dan Jakarta.

Dan klub tersebut tentunya menjadi klub yang paling hebat di persepakbolaan Hindia Belanda.

Bahkan, ketika masa itu, yakni tepatnya tahun 1938 di Perancis, ternyata Indonesia pernah ikut dalam kancah piala dunia.

Berkaitan dengan hal tersebut, sebelum Indonesia masuk ke Piala Dunia di pada 19 April 1930 berdiri sebuah organisasi sepakbola yang menaungi klub-klub Indonesia, bernama PSSI atau Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia di Yogyakarta.

Hal lain yang perlu Anda ketahui, ketika Indonesia akan masuk ke Piala Dunia, ternyata terjadi perselisihan antara PSSI dengan NIVU. Dimana keduanya bersikeras berhak mengikuti pertandingan Piala Dunia.

Hingga akhirnya Soeratin Sosrosoegondo mengajukan agar PSSI dan NIVU melakukan pertandingan dan menentukan siapa yang akan ikut.

Namun pihak FIFA ternyata mengakui kerjasama keduanya, hingga akhirnya nama yang dibawa ke Piala Dunia Perancis bukan Indonesia, namun Hindia Belanda.

Mengapa diakui sebagai Hindia Belanda? Sebab NIVU merupakan klub sepak bola yang berasal dari Belanda.

Karena hal tersebutlah, akhirnya Soeratin Sosrosoegondo memutuskan hubungan PSSI dengan NIVU secara sepihak ketika dilaksanakan kongres di Solo pada tahun 1938.

Hal ini karena, setiap pelaksanaan pertandingan sepakbola, pasti menggunakan bendera NIVU dan Belanda, sehingga menyebabkan PSSI pasif dalam setiap kompetisi.

Namun, pasca wafatnya Soeratin Sosrosoegondo, kemudian tim nasional sepakbola Indonesia mengalami penurunan prestasi, sebab tak ada pembina tim yang mampu mengembangkan kompetisi dan organisasi.

Terlepas dari hal tersebut, sekarang tentu PSSI telah memperluas jaringan kompetisinya, bahkan mampu menyelenggarakan beberapa kompetisi seperti Liga Super Indonesia, Divisi Utama, Divisi Satu, dan Divisi Dua, dan Divisi Tiga untuk pemain amatir.

Selain demikian, PSSI pun aktif mengembangkan beberapa kompetisi sepakbola dalam beberapa jenjang umur seperti U-15, U-17, U-19,U21, serta U-23. Namun sampai sekarang, Indonesia belum berhasil lagi masuk ke Piala Dunia.

Ternyata sejarah sepakbola di Indonesia sangat panjang dan penuh rintangan. Nah, bagi Anda generasi penerus bangsa, tentu perlu menorehkan prestasi yang pernah diraih oleh Indonesia pada tahun 1938 lalu, yakni masuk ke Piala Dunia. Sanggupkah Anda?

Sejarah Sepak Bola Modern

Sejarah Sepak Bola Modern

Setelah mengetahui sejarah sepakbola kuno tersebut, lalu bagaimana dengan sepakbola modern? Apakah sepakbola modern telah terbentuk seperti sekarang ini? Tentu saja tidak. Pastikan simak ulasannya hingga selesai!

Sejarah sepak bola modern sendiri dimulai di Inggris, yakni ditandai dengan terbentuknya organisasi atau asosiasi tertinggi sepak bola di dunia.

Yang dihadiri oleh 11 wakil dari perkumpulan sepak bola dari Football Association Freemason’s Tavern (London-Inggris). Dimana dalam pertemuan ini, menetapkan seri peraturan tunggal permainan.

Selanjutnya, peraturan ini diikuti oleh asosiasi sepak bola Irlandia, Skotlandia, dan Wales. Hingga akhirnya, keempat asosiasi tersebut terbentuk menjadi International Football Association Board atau IFAB agar memperoleh koordinasi peraturan sepak bola dari dunia.

Nah, dengan kemajuan dan perkembangan sepakbola dunia tersebut, kemudian pada 21 Mei 1904, berdirilah Federation International de Football Association atau yang disingkat dengan FIFA di Paris, Prancis.

Pertemuan yang digagas oleh 2 tokoh bola ternama, yakni Jules Rimet dan Henry Delaunay ini, juga dihadiri oleh 7 negara besar, seperti Spanyol, Denmark, Belgia, Swedia, Belanda, dan Swiss.

Sedangkan yang mengetuainya anggota FIFA tersebut ialah Robert Guerin dari Prancis.

Dengan terbentuknya asosiasi sepakbola tingkat dunia ini, kemudian banyak negara lainnya yang ikut bergabung. Adapun rangkuman perjalanan sejarah sepakbola modern yakni:

  1. Tahun 1863, mulai berdirinya Asosiasi Sepak Bola Inggris
  2. Tahun 1885, awal penyelenggaraan pertandingan di luar wilayah Inggris, yakni di Kanada yang melawan Amerika
  3. Tahun 1886, diadakan rapat pertama kali, yang agendanya membahas tentang pembentukan organisasi yakni Asosiasi Sepak Bola Dunia
  4. Tahun 1888, mulai ditetapkan peraturan bahwa wasit memegang secara penuh kendali dalam pertandingan
  5. Tahun 1904, akhirnya FIFA yang merupakan asosiasi sepakbola sedunia terbentuk di Prancis yang beranggotakan Swiss, Swedia, Spanyol, Belgia, Prancis, dan Belanda.

Tujuan dari berdirinya FIFA sendiri dengan slogannya “For The Game, For The World” yang artinya pemersatu antara bangsa sesudah perang dunia, yakni untuk memajukan bola di dunia.

Pada awal berdirinya, FIFA berkantor pusat di Zurich, Swiss. Adapun, fungsi dari kantor ini ialah untuk merundingkan berbagai kegiatan yang akan diselenggarakan FIFA, seperti pemberian gelar pemain terbaik, perundingan liga champions, serta lainnya.

Sedangkan tugas dari FIFA sendiri ialah untuk mengatur transfer pemain dari satu tim ke tim lainnya, mempromosikan sepakbola, memutuskan gelar untuk pemain terbaik di dunia, serta untuk mempublikasikan daftar peringkat sepakbola dunia setiap bulannya.

Sejarah sepakbola dunia ini mengalami perkembangan berlanjut, yakni pada tahun 1908 sepakbola kemudian dimasukan ke dalam Olimpiade.

Hingga pada akhirnya diselenggarakannya Piala Dunia pertama kali di Uruguay pada tahun 1930-an.

Tahukah Anda televisi mana yang pertama kali menyiarkan secara langsung pertandingan sepakbola?

Perlu dicatat dan menjadi sejarah sepakbola yang jarang diketahui, BBC merupakan stasiun televisi pertama yang menayangkan pertandingan sepakbola, yakni pada tahun 1938.

Bahkan kemudian di tahun 1966, televisi ini telah menggunakan fitur replay dalam tiap gol yang terjadi pada siaran televisi.

FIFA memang berjasa atas sepakbola di dunia. Hal ini terbukti beberapa asosiasi regional yang berada di negara tertentu ikut bergabung di dalamnya.

Adapun beberapa organisasi dalam lingkup negara yang ikut bergabung di FIFA seperti:

  • UEFA atau Union of European Football Associations, ialah asosiasi sepakbola yang menaungi berbagai negara di Eropa.
  • CONCACAF atau The Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football, ialah asosiasi sepakbola yang menaungi berbagai negara di Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia.
  • CONMEBO atau Confederacion Sudamericana de Futbol, ialah asosiasi sepakbola yang menaungi berbagai negara di Asia.
  • CAF atau Confederation of African Football ialah asosiasi sepakbola yang menaungi berbagai negara di Benua Afrika.
  • OFC atau Oceania Football Confederation, ialah asosiasi sepakbola yang menaungi Negara Oceania.

Ternyata sangat panjang bukan sejarah sepakbola di dunia? Lalu bagaimana sejarah sepakbola di Indonesia?

Peraturan Sepak Bola

Peraturan Dalam Sepak Bola

Sebelum Anda mengetahui lebih lanjut bagaimana sejarah sepakbola di dunia dan di Indonesia, tentu harus mengetahui bagaimana peraturan permainannya.

Nah, dengan jumlah 11 pemain tersebut, dimana 10 pemain ini boleh menggunakan seluruh badannya untuk menyentuh/menendang bola kecuali tangan.

Berbeda dengan sang kiper, ia boleh menangkap/memegang bola dengan seluruh tubuhnya termasuk dengan tangan.

Nah, di akhir permainan nantinya siapa yang berhasil memperoleh gol terbanyak, ialah yang akan menjadi pemenang.

Lalu bagaimana jika skor yang diperoleh sama? Maka selain memperpanjang waktu permainan, juga mengadakan adu pinalti.

Namun, meski demikian, apabila terjadi skandal atau tindakan kriminal yang terbukti di kemudian hari, meski tim itu menang, bisa dibatalkan sewaktu-waktu.

Selain itu, jika dalam permainan laga sepakbola terdapat salah satu tim yang dengan sengaja memundurkan diri dari tengah pertandingan.

Maka akan disebut dengan walk out. Artinya tim lawanlah yang memenangkan pertandingan.

Selain hal demikian, peraturan pertandingan juga diperbaharui tiap tahunnya oleh induk organisasi sepak bola internasional yakni FIFA.

Dimana FIFA sendiri merupakan organisasi penyelenggara Piala Dunia, yang diadakan setiap 4 tahun sekali.

Penasaran bagaimana awal mula sepakbola mulai dari awal pembentukan hingga tersebar ke Indonesia? Simak sejarah sepakbola berikut ini hingga selesai!

Baca Juga:

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
pidato persuasif

Kumpulan Contoh Pidato Persuasif

Contoh pidato persuasif merupakan salah satu dari jenis pidato yang ada di kehidupan sehari-hari. Pidato sendiri merupakan kegiatan berbicara di depan khalayak ramai. Pidato biasanya disampaikandalam event tertentu. Sebagai salah…
View Post