salam pramuka

Salam Pramuka, Pengertian, Makna, Tujuan, dan Macam-macamnya

Total
0
Shares

Salam Pramuka memang dikenal dalam kegiatan Pramuka. Dimana biasanya salam ini diucapkan ketika sang pembina menginginkan anggotanya untuk semangat menjalankan Pramuka. Namun apakah hanya itu maksud dan tujuannya? Tentu tidak.

Salam Pramuka dalam kegiatan Pramuka sendiri memiliki arti dan makna yang sangat penting. Tak hanya sebatan teriakan penyemangat, namun juga memiliki kaidah dan fungsi lainnya.

Apa fungsi Salam Pramuka tersebut? Simak ulasan di bawah ini hingga selesai agar mengetahui makna menyeluruh tentang Salam Pramuka!

Pengertian Salam Pramuka

Pengertian salam pramuka

Salam Pramuka adalah sebuah perwujudan dari penghargaan seorang anggota Pramuka pada anggota Pramuka lainnya.

Dimana umumnya, Salam Pramuka ini diberikan dengan memberikan hormat sembari meneriakkan “Salam Pramuka!”, bahkan disertai dengan kepalan tangan ke depan.

Selain itu, ucapan Salam Pramuka ini, akan dijawab juga dengan teriakan kata “Salam!” sebagai bentuk penghormatan juga.

Fungsi Salam Pramuka

Fungsi salam pramuka

Apa sih fungsi Salam Pramuka? Tak hanya membangkitkan semangat untuk seluruh anggota Pramuka saja, namun juga untuk melahirkan atau menciptakan kedisiplinan, serta tata tertib sebagai perwujudan suatu ikatan jiwa yang sangat kuat, baik itu ke dalam ataupun keluar.

Sebab, perwujudan tersebut memang hanya bisa dicapai apabila terjadi saling melakukan penghormatan yang dilaksanakan secara tertib, sempurna serta penuh dengan keikhlasan.

Macam Salam Pramuka

Macam salam pramuka

Salam Pramuka sendiri digolongkan menjadi 3 macam, diantaranya yakni:

1. Salam Biasa

Yakni Salam Pramuka yang ditujukan untuk sesama anggota Pramuka. Artinya, siapa yang melihat terlebih dahulu anggota lainnya, maka ialah yang memberi salam terlebih dahulu tanpa menggunakan aba-aba, bahkan tak memandang pangkat, tua ataupun muda.

Dimana, salam ini biasanya diberikan ketika sambil berjalan, sedang duduk, atau bahkan ketika naik sepeda ataupun kendaraan. Jadi intinya dilakukan kapan saja tak harus berdiri.

2. Salam Hormat

Sedangkan salam hormat, yakni salam yang ditujukan oleh anggota Pramuka kepada anggota lainnya yang memiliki kedudukan lebih tinggi. Dimana salam ini biasanya diberikan untuk:

  • Bendera kebangsaan saat pengibaran atau penurunan dalam suatu upacara
  • Jenazah yang sedang lewat ataupun ketika dimakamkan
  • Kepala Negara beserta wakilnya, duta besar, Panglima tinggi, para menteri serta pejabat lainnya
  • Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

3. Salam Janji

Dan salam janji yakni Salam Pramuka yang dilakukan saat terdapat anggota Pramuka yang sedang dilantik.

Dimana pemberian Salam Pramuka ini dilakukan saat dilaksanakannya pengucapan janji yaitu Tri Satya atau Dwi Satya.

Selain itu, salam janji ini juga diberikan ketika melaksanakan pengucapan janji Trisatya dalam acara Ulang Janji.

Cara Memberikan dan Membalas Salam Pramuka

Cara memberikan dan membalas salam pramuka

Mungkin sebagian Anda menganggap bahwa Salam Pramuka adalah hal yang sepele. Namun meski demikian, dalam memberikan atau membalas Pramuka harus dengan ketentuan khusus. Adapun ketentuan tersebut ialah:

1. Sikap Salam Pramuka Ketika Berdiri

Secara umum, sikap saat memberikan Salam Pramuka ialah dengan berdiri, kemudian mengambil posisi sikap sempurna atau siap.

Dimana tangan kiri lurus serta mengepal tepat di samping badan, sementara tangan kanan diangkat dan diletakkan pada pelipis.

Selain itu, posisi telapak tangan kanan ini miring, terbuka, serta punggung tangan tepat berada di atas serta kelima jari rapat.

2. Sikap Salam Pramuka Jika Membawa Tongkat

Sedangkan jika membawa tongkat, maka adalah sebagai berikut:

  • Ketika memberikan atau membalas salam biasa: maka tongkat diangkat menggunakan tangan kanan, sementara tangan kiri diangkat tepat di bawah dada yakni posisi telapak tangan kiri terbuka, punggung tangan ada di atas, serta kelima jari rapat.
  • Ketika memberikan atau membalas salam penghormatan dan janji: maka tongkat dimiringkan menggunakan tangan kiri, namun pangkal tongkat berada dalam posisi semula. Sementara itu, tangan kanan diangkat tepat di pelipis, dengan posisi telapak tangan miring, terbuka, serta punggung tangan berada di bagian atas dan kelima jari rapat.

3. Sikap Salam Pramuka Ketika Duduk

Jika dalam keadaan duduk, maka Salam Pramuka diberikan atau dibalas dengan cara merapatkan kedua kaki, dengan lutut ditekuk dan badan ditegakkan.

Sementara itu, tangan kiri rapat berada di sisi kiri tubuh yakni sebatas siku sedangkan lengan bawah diletakkan tepat di atas paha.

Sementara itu, tangan kanan diangkat tepat pada bagian pelipis, yakni dengan posisi telapak tangan miring, terbuka, dan punggung tangan berada di bagian atas serta kelima jari rapat.

4. Sikap Salam Pramuka Ketika dalam Keadaan Tak Siap

Bagaimana jika Anda sedang sibuk melakukan sesuatu atau bahkan sedang membawa sesuatu? Maka dalam keadaan yang tak memungkinkan, apalagi ketika memberi atau membalas Salam Pramuka biasa, maka dapat dilakukan tanpa harus mengambil sikap sempurna.

Yakni cukup dengan mengangkat tangan kanan tepat berada di pelipis, kemudian posisi telapak tangan miring, terbuka serta punggung tangan berada diatas, dan kelima jari dirapatkan.

5. Sikap Saat Memberikan atau Membalas Salam Biasa

Ketika Anda hendak memberikan Salam Pramuka yakni sebagai salam biasa saja, maka sikap-sikap di atas harus disertai dengan ucapan “Salam Pramuka” secara lantang atau diteriakkan dengan penuh semangat.

6. Sikap Saat Memberikan atau Membalas Salam Biasa

Sedangkan ketika memberikan atau membalas Salam Pramuka yakni sebagai salam penghormatan atau salam janji saja, maka tak perlu meneriakkan “Salam Pramuka”. Cukup diucapkan biasa saja.

Berkaitan dengan hal tersebut, diwajibkan membalas Salam Pramuka bagi setiap anggota Gerakan Pramuka jika menerima Salam Pramuka.

Sedangkan cara menjawab Salam Pramuka, juga seperti dalam kentutan di atas.

Motto Gerakan Pramuka

Moto gerakan pramuka

Mengapa dalam Pramuka harus menggunakan gerakan tertentu, bahkan hanya mengucapkan salam saja? Hal tersebut karena Motto Gerakan Pramuka ialah bagian proses dalam pendidikan guna mengingatkan pada tiap anggota Gerakan Pramuka, yakni bahwa setiap mengikuti kegiatan itu artinya harus mempersiapkan diri dalam mengamalkan kode kehormatan Pramuka.

Sebagai pengetahuan Motto Gerakan Pramuka ialah “SATYAKU KUDARMAKAN DARMAKU KUBAKTIKAN “

Manfaat Motto Gerakan Pramuka

Manfaat motto gerakan pramuka

Gerakan yang dilakukan dalam Pramuka tentu memiliki manfaat tertentu untuk setiap anggotanya.

Adapun manfaat Motto Gerakan Pramuka terhadap jiwa setiap anggota Pramuka, ialah sebagai berikut lain:

  1. Sebagai bentuk untuk menumbuhkan dan menanamkan rasa percaya diri
  2. Untuk menambah semangat dalam mengabdi pada masyarakat, bangsa serta negara
  3. Sebagai wujud bahwa dirinya siap untuk mengamalkan Satya dan Darma Pramuka
  4. Wujud rasa bangga sebagai Pramuka
  5. Sebagai bukti bahwa dirinya mempunyai budaya kerja yang dilandasi pengabdiannya.

Dalam Pramuka, Motto Gerakan Pramuka ini wajib dihayati serta selalu diingat bagi setiap anggota Pramuka guna merealisasikan pengamalan Satya dan Darma Pramuka pada kehidupan sehari hari.

Selain itu, Motto Gerakan Pramuka juga digunakan untuk meningkatkan kebanggaan serta kekompakan dalam satuan Gerakan Pramuka.

Apakah Anda seorang Pramuka sejati? Jika Anda ingin dikatakan sebagai Pramuka sejati, tentu harus melaksanakan segala aturan yang ditetapkan, termasuk aturan dalam memberi atau membalas Salam Pramuka.

Selain itu, bentuk ketaatan pada aturan ini juga tak semata dilaksanakan hanya karena aturan, namun juga dihayati menggunakan hati, agar darah Pramuka benar-benar mengalir ke tubuh Anda.

Baca Juga: Contoh Yel-yel Pramuka

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Metamorfosis Kupu-kupu

Proses Metamorfosis Kupu-kupu

Metamorfosis Kupu-kupu – Hal apa yang ada di benak Anda ketika melihat kupu-kupu terbang di sekitar Anda? Tentunya Anda akan mengatakan wahhh cantiknya, atau wahhh bagus sekali, atau wah indah…
View Post