sejarah renang

Sejarah Renang, Pengertian, Gaya dan Manfaatnya

Total
0
Shares

Sejarah Renang – Renang adalah salah satu jenis olahraga yang sangat digemari. Masyarakat sangat menyukai salah satu jenis olahraga ini karena memberikan cukup banyak manfaat, terutama untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain itu, renang juga akan memberikan kesegaran pada tubuh karena mereka yang berenang secara langsung senantiasa bersentuhan dengan air.

Nah, guna memahami hal lebih lanjut terkait renang, menyimak tentang sejarah renang merupakan salah satu hal yang menarik.

Ya, dengan membahas sejarah mengenai renang, Anda akan mengerti bagaimana kemunculan dari olahraga yang satu ini dan perkembangannya hingga dikenal luas saat ini.

Selain itu, pembahasan sejarah renang juga menjadi penting untuk mengetahui seluk beluk terkait renang, termasuk siapa saja tokoh yang pernah berjaya dalam olahraga ini.

Dengan informasi tersebut, Anda yang ingin belajar renang dan menguasai olahraga ini akan mendapatkan motivasi tambahan dan lecutan semangat yang lebih besar.

Lantas, bagaimana detail terkait sejarah renang dan beberapa hal penting di sekelilingnya yang harus dipahami? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Pengertian Renang Menurut Beberapa Sumber

sejarang renangSebelum membahas tentang sejarah renang, ada beberapa pengertian terkait renang yang harus dipahami dengan baik.

Beberapa pengertian dari renang menurut berbagai sumber adalah sebagai berikut:

# Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, renang adalah merupakan gerakan badan, mengapung, menyelam dan melintas di air menggunakan kaki, tangan, sirip, ekor dan lainnya.

# Kasiyo Dwijowinto

Menurut Kasiyo, renang adalah salah satu cabang olahraga yang dapat diajarkan kepada seluruh umat manusia dengan range usia yang berbeda.

Range usia yang dimaksud adalah anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan, bayi dalam usia tertentu juga bisa diajarkan untuk berenang.

# Muhajir

Menurut Muhajir, renang merupakan salah satu olahraga yang memberikan dampak kesehatan paling baik untuk tubuh.

Hal ini dikarenakan hampir seluruh anggota tubuh akan digunakan dalam melakukan olahraga tersebut.

Selain itu, setiap otot dalam tubuh juga akan berkembang pesat sehingga menambah kekuatan tubuh secara umum.

# Budiningsih

Menurut Budiningsih, renang merupakan sebuah olahraga yang menggunakan air sebagai media.

Olahraga ini juga masuk dalam kategori permainan air di mana seluruh anggota tubuh akan bergerak saat bersentuhan dengan air.

Dalam olahraga ini, kaki dan tangan digunakan untuk menyeimbangkan tubuh agar bisa mengapung.

# Abdullah

Menurut Abdullah, renang merupakan sebuah permainan yang dilakukan di air. Tidak penting untuk membahas air jenis apa yang digunakan.

Entah air tersebut adalah air laut atau air tawar, keduanya tetap menjadi media untuk melakukan olahraga yang satu ini.

Dari beberapa poin di atas bisa dilihat bahwa ada beberapa pengertian dari renang. Secara sekilas, renang memang termasuk salah satu olahraga air yang sangat menyehatkan.

Namun, dalam pengertian yang lain, renang juga disematkan untuk hewan air yang beraktivitas dengan menggerakkan seluruh atau sebagian anggota tubuhnya.

Sejarah Renang dan Kemunculan

sejarah renang
Terkait sejarah renang, ada beberapa catatan yang cukup berbeda di mana membahas tentang salah satu jenis olahraga yang satu ini.

Salah satu catatan menjelaskan bahwa olahraga ini merupakan salah satu olahraga tertua yang muncul sejak zaman pra-sejarah.

Pendapat ini didukung dengan banyaknya lukisan-lukisan terkait renang yang ada di gua.

Gambar lukisan renang tersebut cukup banyak ditemukan di sebelah barat daya Mesir.

Salah satu bukti sejarah yang menjadi poin awal dari sejarah renang tersebut adalah adanya stempel lilin yang ditemukan di Mesir yang diperkirakan berusia 4.000 hingga 90.000 SM.

Dalam stempel tersebut terlihat gambar empat perenang dengan gaya bebas.

Bukti lain yang ditemukan terkait dari sejarah renang adalah lukisan dinding yang ditemukan di Babylonia.

Dalam lukisan ini terdapat gambar seorang perenang yang menggunakan teknik gaya dada.

Lukisan tersebut merupakan gambar yang sangat terkenal di mana ditemukan di padang pasir Kebir. Usia dari gambar tersebut diperkirakan sekitar 4.000 SM.

Cerita lain terkait kemunculan dan sejarah renang ada di Jepang. Konon, renang adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh para samurai.

Sejarah mencatat bahwa pertandingan renang di Jepang pertama kali dilakukan pada tahun 36SM oleh seorang kaisar bernama Kaisar Suingui.

Lalu, bagaimana sejarah renang dalam zaman yang lebih modern ? Catatan mengenai perkembangan renang di zaman yang lebih modern dibuat oleh seorang professor Jerman yang bernama Nicholas Wymann.

Ia menuliskan sebuah catatan yang mengatakan bahwa olahraga renang modern pertama kali lahir sekitar tahun 1953.

Dalam catatan tersebut dijelaskan bahwa ada cukup banyak hikayat tentang renang di berbagai daerah yang berbeda.

Daerah yang diceritakan terkait hikayat renang yang menjadi awal perkembangan renang adalah hikayat Gigamesh, Beowulf, Odyssey dan Iliad.

Selain itu, pada tahun 1800-an, di Jerman dibuat kolam renang pertama kali secara resmi. Kolam renang tersebut di tahun yang sama juga dibangun di Australia.

Setelah itu, renang menjadi salah satu bahan pelajaran yang diajarkan di berbagai jenis sekolah keprajuritan.

Sejak saat itu, renang menjadi salah satu olahraga yang cukup terkenal dan mulai dilakukan oleh masyarakat secara luas.

Bahkan, pada pertengahan 1800, renang mulai masuk dalam area perlombaan. Lomba renang pertama kali diadakan dengan menggunakan gaya dada sebagai patokan.

Setelah itu, banyak perkembangan lain yang mewarnai cerita tentang sejarah renang. Di akhir tahun 1800an, ditemukan beberapa gaya renang yang berbeda.

Kemunculan gaya renang ini membuat adanya lebih banyak variasi gaya renang untuk diaplikasikan.

Kemunculan ini dipelopori oleh Arthur Trugen di mana ia mendapatkan inspirasi dari Suku Indian.

Macam-Macam Gaya Renang

 

Adanya beberapa gaya renang tersebut secara tidak langsung turut menyambut animo masyarakat yang lebih tinggi.

Nah, adapun beberapa gaya renang yang kini mulai banyak dikenal secara luas adalah sebagai berikut:

  • Renang Gaya Bebas

gaya RENANG

Gaya bebas adalah salah satu gaya renang yang banyak dilakukan oleh mereka yang melakukan olahraga ini.

Sama seperti namanya, gaya bebas pada renang merupakan gaya berenang yang tidak terikat oleh jenis teknik dasar tertentu.

Pada gaya ini, posisi dada akan ditempatkan menghadap ke permukaan air.

Selain itu, kedua belah tangan bergerak secara bergantian sebagaimana gerakan mengayuh sepeda. Sementara kedua kaki akan dicambukkan naik dan turun secara bergantian.

Dalam renang gaya bebas. Wajah akan mendongak dan menghadap ke permukaan air.

Untuk mengambil napas saat berenang dalam kecepatan tinggi, seorang perenang bisa menoleh ke kanan dan ke kiri.

  • Renang Gaya Dada

renang gaya dadaDalam sejarah renang, gaya dada merupakan salah satu gaya renang yang sangat terkenal. Gaya ini menjadi gaya tertua dan pertama kali ditemukan dalam sejarah perkembangan renang.

Nah, pada gaya dada, perenang akan mengambil posisi tubuh yang stabil dengan kepala bisa berada diluar air dalam waktu yang cukup lama.

Gaya dada ini juga disebut dengan gaya katak karena memang secara umum posisi badan perenang akan menyerupai katak.

Ya, secara detail, posisi tubuh perenang akan berada dalam keadaan yang tetap sementara kedua belah tangan akan bergerak untuk membelah air.

Gerakan tubuh menirukan gerakan katak yang sedang berenang secara umum.

  • Renang Gaya Punggung

Renang Gaya punggungJenis gaya renang selanjutnya yang juga cukup terkenal adalah gaya punggung. Gaya renang satu ini memiliki tumpuan pada punggung.

Untuk berenang dengan gaya ini, maka posisi punggung perenang akan menghadap ke permukaan air sedangkan posisi wajahnya berada di atas air sehingga akan mudah untuk mengambil napas.

Pada saat berenang dengan menggunakan gaya ini, maka seorang perenang hanya bisa melihat ke atas saja tanpa melihat ke depan.

Untuk memperkirakan panjang dari kolam renang, maka biasanya seorang perenang akan menghitungnya dengan menyamakan jumlah gerakan.

Perlu latihan khusus untuk menguasai gaya berenang satu ini.

  • Renang Gaya Kupu-Kupu

Renang Gaya kupu-kupuGaya kupu-kupu adalah salah satu jenis gaya berenang yang sangat terkenal dan sering pula menjadi bagian dari perlombaan.

Gaya kupu-kupu ini juga terkadang disebut dengan renang gaya lumba-lumba.

Nah, untuk gaya ini, posisi dada saat berenang menghadap ke permukaan air dengan kedua lengan ditekan ke bagian bawah secara bersamaan.

Selain itu, kedua kaki secara bersamaan akan menendang ke atas dan ke bawah yang secara tidak langsung mirip dengan gerakan sirip ikan lumba-lumba.

Manfaat Renang Untuk Tubuh

manfaat renang
Dalam beberapa poin sebelum penjelasan terkait sejarah renang, telah dijelaskan bahwa renang merupakan salah satu olahraga yang baik untuk tubuh karena banyak memberikan manfaat.

Lantas, apa saja manfaat renang yang akan didapatkan oleh tubuh yang secara periodik melakukannya?

Nah, adapun beberapa manfaat berenang secara umum yang akan dirasakan adalah sebagai berikut:

  • Meredakan Stress

Jika Anda sedang merasa stress, maka salah satu cara untuk meredakannya adalah dengan berenang.

Gerakan renang yang dilakukan di dalam air akan menyebabkan peningkatan hormon endorfin di dalam otak.

Hormon tersebut secara langsung akan membuat suasana hati menjadi lebih rileks dan tenang.

Kondisi ini tentu akan membantu untuk menurunkan stress yang Anda rasakan.

Meskipun hanya bersentuhan dengan air, sebenarnya hal tersebut sudah mampu memberikan sebuah kesejukan yang baru untuk Anda.

  • Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Manfaat lain yang akan didapatkan setelah melakukan olahraga renang adalah kebugaran tubuh yang meningkat dengan lebih baik.

Memang, pada umumnya olahraga berperan besar untuk meningkatkan kebugaran tubuh.

Namun, renang merupakan salah satu opsi terbaik karena saat berenang, semua anggota tubuh akan bekerja dengan maksimal.

Nah, untuk mendapatkan manfaat ini secara maksimal, maka Anda perlu berenang dengan rutin pula.

Tidak perlu lama, berenang sekitar 20 menit dengan teratur sudah mampu memberikan kebugaran yang maksimal untuk tubuh Anda.

  • Meredakan Radang Sendi

Radang sendi adalah salah satu gangguan kesehatan yang sangat mengganggu.

Saat radang ini menyerang, maka Anda akan merasakan nyeri yang sangat terasa dan tentu saja bisa membuat tubuh kurang nyaman.

Nah, berenang dapat digunakan sebagai salah satu terapi untuk meredakan radang sendi yang mengganggu tersebut.

Demikian beberapa ulasan mengenai sejarah renang, pengertian, beragam gaya dan beberapa manfaatnya.

Dari ulasan di atas, renang memang merupakan salah satu jenis olahraga terbaik untuk dilakukan.

Oleh karena itu, biasakan berenang dan dapatkan banyak manfaatnya. Semoga bermanfaat !

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Metamorfosis Kupu-kupu

Proses Metamorfosis Kupu-kupu

Metamorfosis Kupu-kupu – Hal apa yang ada di benak Anda ketika melihat kupu-kupu terbang di sekitar Anda? Tentunya Anda akan mengatakan wahhh cantiknya, atau wahhh bagus sekali, atau wah indah…
View Post