Pidato tentang pendidikan

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan

Total
0
Shares

Pidato Tentang Pendidikan – Pidato merupakan salah satu hal yang cukup sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam sebuah kondisi tertentu, terkadang mengharuskan Anda untuk membawakan sebuah pidato. Misalnya dalam pertemuan PKK, di sekolah, di masyarakat dan lain sebagainya.

Kegiatan ini menuntut Anda untuk bisa memiliki mental yang berani karena harus berbicara di depan banyak orang. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa tidak semua orang berani untuk berpidato di muka umum. Karena tidak semua orang memiliki mental yang berani seperti yang diharapkan. Ada beberapa orang yang akan merasa gugup pada saat mendapat kesempatan untuk berpidato.

Nah, bagi Anda yang mengalami masalah demikian, tidak ada salahnya jika Anda menyimak tips lancar berpidato berikut ini! Disini akan dijelaskan berbagai cara untuk mengurangi rasa gugup Anda pada saat menyampaikan pidato tentang pendidikan ini. BACA JUGA: Contoh Artikel Pendidikan

Tips Lancar Berpidato

Lancar berpidato

1. Lihat dan pelajari

Berpidato di depan umum memang bukanlah hal yang mudah, banyak orang merasa gugup olehnya. Bahkan rasanya lidah ini sangat kaku untuk bisa digerakkan. Padahal jika berbicara dengan teman biasanya lancar-lancar saja.

Salah satu cara untuk bisa lancar berpidato di muka umum adalah dengan sering menonton acara talkshow atau video-video pidato lainnya. Dari video tersebut, Anda bisa mempelajari bagaimana cara berpidato di muka umum yang baik dan benar. Kemudian cobalah untuk menirukannya. Misalnya praktik pidato tentang pendidikan di kamar sendiri atau di tengah keluarga Anda.

2. Membuat Catatan Kecil

Langkah kedua agar bisa lancar berpidato di depan umum adalah dengan membuat catatan kecil tentang poin apa saja yang hendak disampaikan. Rasa gugup yang menyerbu pada saat di depan umum seringkali membuat Anda akan merasa lupa atau blank untuk menyampaikan beberapa hal penting yang seharusnya disampaikan.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut. Anda bisa mencontek catatan kecil Anda pada saat berpidato. Hal ini akan sangat membantu. Selain membantu untuk mengingatkan apa saja yang ingin disampaikan, catatan juga akan membuat Anda lancar dan berurutan dalam menyampaikan isi pidato.

3. Sering Berlatih

Rasa gugup yang menyerbu pada saat berbicara di depan umum terjadi biasanya karena Anda tidak terbiasa berbicara di depan umum. Sehingga Anda akan merasa kurang percaya diri atau minder.

Salah satu cara melatih mental Anda untuk bisa berbicara di depan umum adalah sering berlatih berpidato. Anda bisa mencoba berlatih di depan cermin, di depan teman Anda atau di tengah keluarga.

Selain meminta orang-orang terdekat Anda untuk mendengarkan Anda. Cobalah minta koreksi kritik dan saran atas pidato yang Anda sampaikan. Dengan begitu, sedikit demi sedikit tembok yang menghalangi Anda untuk berbicara di depan umum akan segera runtuh. Hal-hal yang dianggap masih kurang bisa diperbaiki secepatnya.

4. Sering Bertegur Sapa dengan Orang Lain

Cara melatih mental agar bisa berbicara dengan banyak orang, salah satunya adalah dengan sering bertegur sapa dengan orang lain. Jika biasanya selama ini Anda adalah orang yang cuek dan tidak perhatian terhadap lingkungan, maka mulai hari ini cobalah perhatikan lingkungan sekitar dan cobalah sedikit ramah.

Hal ini akan membuat Anda terbiasa berbicara dengan orang lain sekalipun hanya bertegur sapa. Perhatikan orang-orang di sekeliling Anda. Dengan begitu, Anda akan merasa terbiasa untuk bisa menguasai situasi dan kondisi di depan banyak orang.

5. Menguasai Materi

Selain beberapa cara di atas, cara agar lancar berpidato di depan umum adalah apabila Anda menguasai materi yang ingin disampaikan. Misalnya pidato tentang pendidikan. Dimana didalamnya akan mengupas berbagai alasan yang menjelaskan betapa pentingnya sebuah pendidikan, masalah-masalah yang terjadi dalam dunia pendidikan dan lain sebagainya.

Dengan menguasai materi, akan membuat Anda semakin percaya diri untuk berbicara di depan umum. Tahu bagaimana untuk mengondisikan audience yang ada di depan Anda sehingga pada saat berpidato, Anda bisa mendapatkan perhatian penuh dari audience. Angkatlah topik-topik yang menarik dan sedang hits saat ini karena dengan begitu audien akan lebih tertarik.

6. Hangatkan Suasana dengan Jokes-Jokes Ringan

Untuk menghangatkan suasana pada saat Anda berpidato, cobalah gunakan jokes-jokes ringan. Hal ini akan mencairkan suasana tegang saat berpidato. Baik diri Anda maupun audience akan sedikit merasa lebih rileks dan santai dalam mendengarkan pidato yang Anda sampaikan.

Nah itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melatih mental Anda untuk berbicara di depan umum. Dengan beberapa hal tersebut diharapkan Anda tidak merasa gugup lagi dan bisa lancar berpidato. Dan tentunya bisa memukau audiens dengan pidato Anda tersebut. Menarik bukan?

Pengertian Pendidikan Karakter, Fungsi, Tujuan & Penguatan Karakter

Contoh Pidato Tentang Pendidikan

pidato pendidikan

Sebelumnya, ketahui terlebih dahulu bagaimana susunan pidato itu. Secara sederhana, susunan pidato adalah terdiri dari:

  1. Pembukaan Pidato dan Penghormatan
  2. Isi pidato (inti)
  3. Penutup

Berikut adalah contoh lengkapnya:

1. Pembukaan Pidato (Mukadimah)

Assalamu’alaikum wr wb

Yang terhormat…..

Yang saya hormati…..

Alhamdulillah wa syukurillah dengan segala puji bagi Allah SWT, Tuhan semesta alam yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua sehingga pada kesempatan ini, kita masih bisa berkumpul dalam acara peringatan hari pendidikan nasional dalam keadaan sehat wal’afiyat tanpa kekurangan suatu apapun.

Kedua kalinya, sholawat dan salam senantiasa Kita haturkan ke junjungan nabi Agung Muhammad SAW yang telah memberikan bimbingan dan tuntunan kepada kita semua dari jalan yang gelap menuju jalan yang terang dan diridloi oleh Allah SWT. Dan juga yang kita nanti-nantikan syafaatnya besok di yaumil akhir kelak.

2. Inti Pidato

Inti 1

Bapak dan Ibu para hadirin semua yang berbahagia,

Di peringatan hari pendidikan nasional ini, izinkanlah saya untuk menyampaikan beberapa kata tentang masalah yang kini dihadapi bangsa ini. Khususnya dalam bidang pendidikan. Apalagi di zaman yang modern seperti sekarang ini, dimana semua kebutuhan menjadi lebih mudah dengan kemajuan teknologi yang berkembang sangat pesat.

Hal ini tentunya memberikan dampak yang positif bagi kemajuan zaman. Namun di sisi lain, perkembangan dunia informasi dan juga teknologi juga memberikan dampak yang buruk bagi moral bangsa. Banyak sekali para generasi bangsa yang merusak moralnya akibat mudahnya mengakses tontonan-tontonan yang tidak bermoral yang banyak beredar di internet.

Aksi pem-bully-an, tindakan seks bebas dan bentuk-bentuk kenakalan remaja lainnya inilah sebagai akibat buruk dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Untuk itu, jangan sampai kita terlena dengan adanya semua fasilitas yang semakin memanjakan hidup tanpa memperhatikan sisi buruk dari kemajuan teknologi tersebut.

Oleh karena itu, menjaga moralitas sangatlah penting agar bisa terhindar dari pengaruh-pengaruh buruk yang bisa merusak nilai moral yangs elama ini sudah kita jalani bersama dengan baik. Sebuah bangsa akan dianggap lemah apabila masyarakatnya sudah tidak memiliki moral.

Inti 2

Bapak Ibu, para hadirin sekalian…

Sebagai orang tua dari putra putri kita tercinta, tentunya kita tidak menginginkan sesuatu yang buruk terjadi kepada mereka bukan? oleh karena itu peranan orang tua dalam memantau perkembangan anaknya sangatlah penting. Hal ini wajib dilakukan untuk menghindari terjadinya berbagai pengaruh buruk yang mencoba masuk dalam dunia anak-anak Kita.

Jangan sampai hal-hal yang dianggap sepele ternyata dapat merusak moral dan akhlaq dari anak-anak kita. Sebagai orang tua harus selalu memberikan contoh yang baik kepada anak-anaknya, memberikan nasehat dan juga pengajaran tentang bagaimana harus bersikap baik. Hal ini menjadi pondasi yang harus terus dipegang oleh anak-anak dalam menjalani kehidupan nantinya.

Berawal dari kebiasaan yang baik, moral yang baik dalam keluarga niscaya akan menjadi pedoman hidup anak-anak kelak. Keluarga menjadi pondasi utama dalam menjalani kehidupan, oleh karena itu ciptakan suasana keluarga yang hangat sehingga nantinya akan memberikan pengaruh yang positif terhadap perkembangan anak.

Dengan mencoba mendengar keluh kesah, curhatan-curhatan dari anak, setidaknya kita bisa mengerti apa yang sedang dihadapinya saat ini. Saat ini mereka sedang menghadapi zaman milenial dimana tantangannya lebih besar dari apa yang kita hadapi pada zaman dahulu.

Salah satu cara untuk membentengi anak-anak dari pengaruh perilaku dan moral yang buruk adalah dengan membekali anak-anak dengan pendidikan agama sejak dini. Agama menjadi jawaban atas segala masalah yang terjadi di dunia ini. Agama menjadi tongkat yang akan digunakan untuk berpegang teguh dan tidak akan tergoyahkan oleh perkembangan zaman.

Inti 3

Bapak dan Ibu para hadirin sekalian,

Sebuah moral sangatlah penting bagi kehidupan bangsa yang berkarakter. Apalagi Kita tinggal di Indonesia yang dikenal memiliki moral yang sangat santun dan baik. Bahkan moral sudah menjadi bagian salah satu adat yang harus terus dilestarikan. Jangan sampai karakter bangsa ini tergerus karena perkembangan zaman.

Oleh sebab itu, marilah kita senantiasa menjunjung tinggi nilai moral, menghargai adanya perbedaan satu sama lain serta menjaga etika di tengah masyarakat. Jaga dan awasi putra putri kita dari pengaruh buruk zaman yang mengancam mereka. Jika bukan mulai dari kita, lalu siapa lagi?

3. Penutup

Itulah yang dapat saya sampaikan. Jika ada kelebihan itu senantiasa dari Allah SWT dan jika ada kekurangan itu datangnya dari saya sendiri. Jika terdapat salah-salah kata, Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum wr wb.


Kesimpulan

Itulah contoh teks pidato tentang pendidikan yang bisa Anda gunakan pada saat peringatan hari pendidikan nasional. Dalam menyampaikan sebuah pidato terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan selain dari isi yang akan Anda sampaikan. Isi pidato sendiri meliputi perkenalan, topik utama dan ditutup dengan kesimpulan yang biasanya berisi ajakan.

Selain itu, Beberapa hal penting lainnya dalam berpidato adalah kontak mata dengan audiens. Yakinkan diri Anda agar bisa meyakinkan orang lain terhadap apa yang sedang Anda sampaikan. Berikan postur dan gerakan tangan yang mendukung isi pidato Anda, agar audiens semakin tertarik dan memperhatikan isi pidato Anda. Hal ini menunjukkan adanya hubungan timbal balik yang terjadi antara Anda dan audiens.

Terakhir adalah pastikan suara Anda pas. Enak didengar. Maksudnya disini adalah tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu lembut. Dengan suara yang pas dan juga kualitas vokal serta penekanan yang sesuai tentunya pidato Anda akan mudah untuk didengar dan dipahami juga diresapi.

Sehingga pesan yang ingin Anda sampaikan akan tersampaikan. Terakhir jangan lupa berdoa agar semuanya lancar. Itulah tips lancar berpidato dan contoh pidato tentang pendidikan yang mudah dihafal.semoga bermanfaat.

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

4 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
pidato persuasif

Kumpulan Contoh Pidato Persuasif

Contoh pidato persuasif merupakan salah satu dari jenis pidato yang ada di kehidupan sehari-hari. Pidato sendiri merupakan kegiatan berbicara di depan khalayak ramai. Pidato biasanya disampaikandalam event tertentu. Sebagai salah…
View Post