contoh penutup makalah

Contoh Penutup Makalah dengan Susunan yang Baik

Total
0
Shares

Pada proses pembuatan makalah, penutup adalah bagian penting yang tak boleh terlewat. Dalam penutup makalah Anda harus membuat dua bagian utama yaitu kesimpulan dan saran penulis.

Meskipun tidak begitu panjang, akan tetapi bagian isi bisa menjadi tolok ukur bagaimana isi keseluruhan makalah yang Anda buat. Dimana pada bagian kesimpulan harus tertulis lengkap namun tidak bertele-tele. Sedangkan pada bagian saran Anda bisa menuliskan pesan singkat atau rekomendasi dari tema maupun persoalan yang dibahas.

Cara Membuat Penutup Makalah

contoh penutup makalah

Nah berikut ini adalah tips untuk membuat penutup makalah beserta contoh penutup makalah yang benar.

1. Tidak Bertele-Tele

Untuk mendapatkan hasil yang to the point, pastikan Anda menulis kata penutup makalah tanpa bertele-tele. Idealnya penutup makalah tidak lebih dari dua halaman, dan dalam dua lembar ini Anda sudah harus bisa menyampaikan kesimpulan secara lengkap beserta saran.

Mengapa bagian isi penutup tak boleh dibuat secara panjang lebar? Karena di bagian inilah simpulan akhir dari seluruh pembahasan disampaikan. Jadi hanya dengan membaca penutup saja diharapkan pembaca sudah bisa memahami apa yang Anda sampaikan di bagian pembuka hingga isi.

2. Fokus Merangkum Isi Makalah

Kesalahan yang begitu sering dilakukan adalah menulis kesimpulan yang tidak sesuai. Biasanya hal ini disebabkan karena penulis tidak paham dengan apa yang ia sampaikan di bagian isi. Al hasil bagian penutup pun tidak memiliki inti atau bobot yang menjadi pertanyaan pembaca dari makalah tersebut.

Jadi cobalah untuk lebih fokus pada apa yang Anda tulis di bagian pembuka hingga isi, dengan begitu bagian penutup pun akan menjadi bagian kecil yang berbobot.

3. Memberi Saran Sesuai Tema

Meskipun sifatnya berupa opini, akan tetapi apa yang Anda sampaikan sebagai bentuk saran haruslah sesuai dengan tema atau permasalahan yang dibahas di makalah tersebut. Kembali fokus pada isi makalah maka Anda bisa mengoreksi isi dari makalah tersebut.

Setelah ditemukan koreksi dari temuan Anda, cukup bahas apa yang berkaitan langsung dengan temuan tersebut tanpa melebar kemana-mana. Nah apabila isi makalah berisi tentang temuan berbasis pustaka atau berdasarkan buku referensi, maka Anda cukup memberikan saran terhadap wacana yang diangkat pada sumber literasi tersebut.

Dengan memperhatikan tips di atas, semoga kata penutup dalam makalah yang Anda buat bisa menjadi bagian penting yang memberikan secercah jawaban dari pertanyaan pembaca. Untuk lebih jelasnya, Anda juga bisa belajar dari beberapa contoh penutup makalah berikut.

Pelajari juga

contoh penutup makalah

Contoh Penutup Makalah Ekonomi #1

Contoh Kata Penutup Makalah #2

Contoh Penutup dalam Makalah #3

Contoh Kalimat Penutup Makalah #4

Mudah bukan untuk membuat penutup makalah yang baik dan benar? Poin penting yang perlu Anda sampaikan disini ialah dengan membuat bagian penutup yang menarik dengan kalimat sesimple dan sesingkat mungkin.

Bagian saran pun sebaiknya dibuat menurut pandangan secara umum. Panjang sub bagian saran pun sebaiknya tidak lebih panjang dibanding bagian kesimpulan.

5 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Metamorfosis Kupu-kupu

Proses Metamorfosis Kupu-kupu

Metamorfosis Kupu-kupu – Hal apa yang ada di benak Anda ketika melihat kupu-kupu terbang di sekitar Anda? Tentunya Anda akan mengatakan wahhh cantiknya, atau wahhh bagus sekali, atau wah indah…
View Post