penulisan tanggal dalam bahasa inggirs

Cara Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Total
0
Shares

Menuliskan tanggal dalam Bahasa Indonesia bagi Anda akan sangat mudah. Tinggal mencantumkan hari, bulan, dan tahun saja. Akan tetapi, penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris tentu masih asing. Untuk itu, mari belajar mengenai penulisan tanggal Bahasa Inggris pada ulasan berikut ini.

Cara Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Penulisan tanggal dalam Bahasa inggris

Penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris dibagi dalam beberapa kategori yang didasarkan pada aspek formalitas, kebiasaan, hingga aspek penggunaan. Pada negara tertentu seperti Indonesia, penulisan tanggal dimulai tanggal/bulan/tahun atau DD/MM/YYYY. Sedangkan di negara lainnya seperti Amerika Serikat, penulisan tanggal dimulai dari bulan/tanggal/tahun atau MM/DD/YYYY.

Terdapat dua format utama penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris yaitu American dan British. Perbedaan diantara keduanya tidak terlalu signifikan. Akan tetapi, cara menuliskan tanggal akan merefleksikan kesopanan seseorang.

Perbedaan Penulisan Format Tanggal American dan British

Amerika dan Inggris

British

Day-Month-Year

American

Month-Day-Year

14th March 2019 March 14th, 2019
14 March 2019 March 14, 2019
14/3/2019 3/14/2019
14/3/19 3/14/19
14/03/16 03/14/16

Semakin singkat penulisan tanggal, maka akan dianggap semakin santai. Bisa disimpulkan dari tabel di atas semakin ke bawah, tingkat formalitas penulisan tanggal menjadi semakin kecil. Selain itu, dalam menulis bulan, Anda bisa menyingkatnya dalam tiga huruf saja. Misalnya January menjadi Jan, serta February menjadi Feb, dan seterusnya.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah saat menulis bulan, Anda harus selalu mengawalinya dengan huruf kapital. Nah, dari dua garis besar pembagian penulisan tanggal Bahasa Inggris, dibagi lagi dalam 6 format.

Dari kelima format ini bisa Anda pilih dan gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Berikut penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris dalam 6 format:

1. Penulisan Menurut Standar Internasional

Berdasar pada beragamnya cara untuk menuliskan tanggal di setiap negara, maka ISO 8601 dibuat sebagai standar dalam penulisan tanggal berbahasa Inggris yang menjadi patokan bagi seluruh dunia. Nah, formatnya sendiri adalah YYYY-MM-DD. Contohnya adalah:

  • 2019/04/14
  • 2010/08/03

2. Penulisan Formal

Untuk format yang satu ini, Anda bisa menuliskannya pada situasi formal. Biasanya terdapat pada undangan pernikahan, surat pemerintah, surat resmi perusahaan, dan sebagainya.

Nah, formatnya adalah sebagai berikut:

British American
Day-Month-Year Month-Day-Year
The thirteen of September, 2019 September the thirteen, 2019

3. Penulisan Semi Formal

Format semi formal dalam penulisan tanggal Bahasa Inggris adalah yang paling sering digunakan. Penggunaannya bisa dilakukan pada situasi yang tidak terlalu formal tetapi perlu menunjukkan rasa hormat. Format ini biasanya digunakan dalam penulisan surat lamaran kerja.

Berikut contoh penulisan format semi formal pada tanggal berbahasa Inggris:

British American
Day-Month-Year Month-Day-Year
13th September 2019 September 13th, 2019
13 September 2019 September 13, 2019

4. Penulisan Kurang Formal

Pada format ini, penulisan tanggal Bahasa Inggris tidak jauh beda dengan poin sebelumnya. Anda bisa menggunakannya ketika ingin menulis memo, surat bisnis, surat antar teman yang akrab, dan surat yang bersifat personal lainnya.

Contoh penulisannya adalah sebagai berikut:

British American
Day-Month-Year Month-Day-Year
15/4/2019 4/15/2019
15/4/19 4/15/19

5. Penulisan Untuk Dokumen Khusus

Selanjutnya, format ini digunakan untuk situasi khusus. Biasanya digunakan pada surat undangan pernikahan, rapat, dan sebagainya. Meskipun merupakan format pelengkap, tapi cukup jarang digunakan.

Contoh penulisannya adalah sebagai berikut:

British American
Monday, Sep 10th 2018 Monday, September 10th 2018

6. Penulisan Khusus

Penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris yang satu ini digunakan pada moment tertentu. Pada setiap tahun, ada beberapa tanggal penting dan juga hari yang khusus. Contohnya pada saat momen Natal, Lebaran, atau Tahun Baru.

Nah, pada format ini, Anda hanya tinggal menyebutkan nama harinya secara langsung seperti Christmas Day, Valentine Day, Eid Mubarak Day dan sebagainya.

Cara Membaca Tahun dalam Bahasa Inggris

Selain penulisan tanggal Bahasa Inggris, Anda juga perlu memperhatikan cara membaca tahun dalam Bahasa Inggris. Sebab, cara membaca tahun dalam Bahasa Inggris pun tidak semua dipukul rata. Untuk membaca tahun sebelum dan sesudah 200 mempunyai cara yang berbeda. Agar lebih jelas, sila simak contoh berikut ini:

  • 1828 : eighteen twenty eight
  • 1995 : Nineteen ninety five
  • 1956 : Nineteen fivety six.

Cara Membaca Tahun Sebelum 2000

Jadi, untuk membaca tahun sebelum 2000, Anda bisa memenggalnya dua angka-dua angka. Pada contoh pertama, 1828, pisahkan dua angka pertama yaitu 18 untuk dibaca eighteen, lalu dua angka selanjutnya yaitu 28 dibaca twenty eight. Begitu juga dua contoh lainnya.

  • 2002 : Two thousand and two
  • 2017 : Two thousand and seventeen
  • 2019 : Two thousand and nineteen.

Cara Membaca Tahun Setelah 2000

Nah, berbeda dengan tahun sebelum 2000, setelah 2000 anda bisa membacanya seperti membaca bilangan ribuan pada umumnya. Untuk itu, 2002 dibaca two thousand and two.

Sekarang, Anda bisa mencoba membaca penulisan tanggal Bahasa Inggris secara menyeluruh. Berikut contohnya:

  • 13th September 2019 bisa Anda baca dengan “The thirteenth of September, two thousand and nineteen”.
  • 12/5/2019 : dalam aturan British English, Anda dapat membacanya dengan “the twelfth of May, two thousand and nineteen.” Sedangkan dalam aturan American English, cara membacanya menjadi “December the fifth, two thousand and nineteen.”

Penulisan Sebelum Masehi dan Satu Dekade

Selain penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris, Anda juga pasti pernah menemukan kata sebelum masehi atau satu dekade. Tahukah Anda bagaimana cara menuliskannya dalam Bahasa Inggris?

Nah, untuk menuliskannya, Anda dapat menggunakan kata Before Common Era (BCE) atau juga bisa dengan kata Before Christ (BC). Jika Anda ingin menuliskan setelah masehi dalam Bahasa Inggris, sila menggunakan kata Common Era (CE) dan juga Anno Domini (AD). Keduanya dapat digunakan karena memiliki arti yang sama.

Untuk kata 1 dekade atau decade dalam English, mempunyai arti 10 tahun. Apabila Anda mendapatkan pernyataan “The typhoon come in every 1 decade” maka artinya adalah “Badai itu datang setiap 1 dekade atau 10 tahun sekali.”

Selain itu, ada juga istilah Century yang berarti abad atau 100 tahun. Sedangkan Millenium berarti 1000 tahun. Jadi, pastikan Anda tidak tertukar dalam mengartikannya.

Dalam penulisan tanggal Bahasa Inggris, Anda perlu menggunakan preposition secara tepat. Beberapa contoh bisa Anda simak di bawah ini:

  • My sister getting married on the 3th of the February.
  • My journal was published on April 18th.
  • I was born in March.
  • She will come in December.

Apakah Anda bisa membedakannya? Nah, preposition ‘on’ dipakai saat Anda menuliskan tanggal beserta bulan di dalam satu kalimat. Sedangkan preposition ‘in’ dapat Anda gunakan saat menulis nama bulan dalam satu kalimat.

Sudah paham? Ternyata, mempelajari Bahasa Inggris tidak sesulit itu kan? Salah satunya terbukti dari materi penulisan tanggal Bahasa Inggris yang benar dan mudah dipahami ini. Demikian, semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Metamorfosis Kupu-kupu

Proses Metamorfosis Kupu-kupu

Metamorfosis Kupu-kupu – Hal apa yang ada di benak Anda ketika melihat kupu-kupu terbang di sekitar Anda? Tentunya Anda akan mengatakan wahhh cantiknya, atau wahhh bagus sekali, atau wah indah…
View Post