puisi

Pengertian Puisi Menurut Para Ahli

Total
0
Shares

Pengertian Puisi – Puisi merupakan salah bentuk karya sastra yang hingga saat ini banyak digemari oleh sebagian besar orang. Tak sedikit juga orang yang menggunakan puisi untuk menggambarkan apa yang sedang dirasakan saat ini. Namun, tahukan Anda? Apa yang disebut dengan puisi itu sendiri?

Di bawah ini akan diberikan pengertian puisi secara umum, akan tetapi juga akan diberikan pengertian puis menurut para ahli yang membuat pengertian dari puisi itu sendiri menjadi semakin luas. Nah, untuk lebih jelasnya berikut pengertian puisi yang bisa Anda pahami.

Pengertian Puisi

Pengertian Puisi

Pengertian Puisi secara Umum: Secara umum, puisi adalah sebuah karya sastra yang di dalamnya terkandung unsur irama, ritma. Diksi, lirik serta menggunakan berbagai macam kata kiasan di dalam setiap baitnya agar tercipta keindahan bahasa yang padu dan saling menyatu.

Tak hanya itu saja, puisi juga merupakan sebuah karya sastra yang berasal dari perasaan serta ekspresi yang diungkapkan oleh penyairnya. Ada dua macam puisi yang bisa Anda ketahui, pertama yaitu puisi lama dan puisi modern.

Kedua jenis puisi tersebut tentu saja berbeda. Dimana, puisi lama masih terikat dengan adanya jumlah garis, bait serta rima ataupun sajak. Sementar itu, untuk puisi modern itu sendiri adalah sebuah puisi yang tidak terikat dengan jumlah garis, bait ataupun sajak dalam penulisan puisi. Hal inilah yang membuat puisi modern juga disebut sebagai puisi bebas.

Sedangkan menurut Wikipedia, puisi merupakan suatu seni tertulis yang mana penyair memakai bahasa untuk bisa menambah kualitas keindahan pada maknsa semantik.

Puisi Menurut Balai Pustaka: Pengertian puisi menurut Balai Pustakan ialah sebuah gubahan bahasan yang bentuknya telah dipilih serta ditata dengan cermat sehingga dapat mempertajam kesadaran akan pengalaman untuk membangkitkan sebuah tanggapan khusus melalui penataan bunyi, irama serta makna khusus.

Puisi Menurut Bahasa: Menurut bahasa, puisi itu sendiri berasal dari Bahasa Yunani kuno yakni poieo atau pocima. Yang mana, jika diubah ke dalam bahasa inggris kata tersebut memiliki arti I create atau dalam Bahasa Indonesia artinya adalah aku membuat. Singkatnya, arti dari puisi ini sendiri adalah sebuah seni tertulis yang diciptakan oleh manusia.

Puisi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI): Berdasarkan penjelasan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian puisi ini sendiri ialah sebuah ragam sastra yang mana bahasanya sudah terikat dengan irama, matra rima dan penyusunan larik serta bait.

Puisi juga bisa diartikan sebagai sebuah sajak ataupun gubahan di dalam bahasa yang mana bentuknya dipilih serta ditata dengan cermat sehingga dapat mempertajam kesadaran orang akan pengalaman serta untuk membangkitkan sebuah tanggapan khususu melalui penataan bunyi, irama,serta makna yang khusus.

Pengertian Puisi Menurut Para Ahli

puisi menurut ahli

– Aminudin

Pengertian puis menurut Aminudin adalah, puisi berasal dari Bahasa Yunani yakni “pocima” yang mana memiliki makna “membuat” atau “poeisis” yang memiliki makna “pembuatan”.

Hal tersebut diartikan bahwa proses untuk membuat puisi serta pembuatan karena melalui puisi, membuat seseorang pada dasarnya telah menciptakan dunia tersendiri. Yang mana di dalamnya berisi tentang sebuah pesan ataupun suatu gambaran suasana, baik itu secara fisik ataupun secara batin.

– Hudson

Hudson menjelaskan bahwa puisi ialah salah satu cabang karya sastra yang mana memanfaatkan beberapa kata untuk media penyampaian agar bisa menghasilkan ilusi serta imajinasi sama halnya sebuah lukisan yang memakai garis serta warna di dalam menggambarkan gagasan dari pelukisnya.

– Aristoteles

Menurut Aristoteles, Puisi merupakan sebuah fragmen yang terdapat seorang penyair serta menggambarkan tiga genre puisi yang ada, yakni epic, komik serta tragis.

Aturan yang ada dikembangkan untuk bisa membedakan puisi dengan kulitas yang tertinggi pada setiap genrenya, berdasarkan dari tujuan yang mendasari genre tersebut.

– William Shakespeare

Menurut William Shakespeare, Puisi merupakan suatu puisi lirik karena membingungkan berbagai macam bentuk, seperti halnya perbuatan rumit dengan emosi sendiri serta pandangan dari si penulis.

William Shakespeare adalah seorang sastrawan legenda dunia. Karyanya yang sangat terkenal hingga kini adalah tulisannya yang berjudul “Romeo n Juliet”. Romeo n Juliet adalah Novel cinta karya yang fenomenal, terlepas dari tuduhan bahwa karya itu merupakan jiplakan dari kisah nyata Laila Majnun.

– Parrine

Pengertian puisi yang dijelaskan oleh Parrine ialah sebuah bentuk karya sastra yang paling padat serta terkonsentrasi. Kepadatan dari kompisisi tersebut ditandai dengan adanya pemakaian kata yang lebih sedikit akan tetapi mengungkapkan lebih banyak hal lainnya.

– Sumardi

Sumardi memberikan pengertian tentang puisi, dimana beliau menjelaskan bahwa puisi merupakan sebuah karya sastra yang menggunakan bahasa dan dipersingkat, dipadatkan bahasanya serta diberi irama yang sesuai dengan bunyi padu dengan pemilihan kata kiasan serta bersifat imajinatif.

– Herman J. Waluyo

Selain beberapa pengertian puisi yang telah diungkapkan di atas, Herman Waluyo juga memberikan pengertian dari puisi itu sendiri. Beliau menjelaskan bahwa puisi adalah suatu karya sastra yang ditulis paling wala oleh manusia dalam sejarah.

Puisi juga merupakan suatu bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran serta perasaan penyair secara lebih imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan semua kekuatan bahasa yang dimiliki ke dalam sebuah struktur fisik serta batinnya.

– Daniel Ward

pengertian puis menurut para ahli lainnya dijelaskan oleh Daniel Ward. Dimana, Daniel Ward menjelaskan bahwa puisi adalah sebuah kenikmatan seperti halnya dalam menonton teater dengan sebuah aksi panggung yang spektakuler.

– Shahno Ahmad

Banyak ahli yang memberikan penjelasan tentang puisi yang satu ini. Tak ketinggalan Shahno Ahmad juga memberikan penjelasan dengan apa yang disebut puisi. Berdasarkan pendapat dari Shahno Ahmad, puisi adalah mengandung berbagai macam unsur di dalamnya seperti emosi, imajinasi, pemikiran, ide, nada, irama, kesan, panca indera, susunan kata, kata kiasan, kepadatan serta perasaan yang bercampur baur satu dengan yang lainnya.

– Thomas Carlye

Thomas Carlye berpendapat bahwa puisi adalah sebuah ungkapan pikiran yang disampaikan dengan cara musikalisasi.

– Pradopo

Pengertian puisi selanjutnya yaitu dijelaskan oleh Pradopo. Dimana, beliau memberikan pengertian bahwa puisi adalah sebuah rekaman serta interpretasi pengalaman manusia yang sangat penting dan diubah dalam wujud yang paling berkesan.

– Herbert Spencer

Herbert Spencer memberikan sebuah pengertian bahwa puisi ialah sebuah bentuk pengucapan gagasan yang memiliki sifat emosional dengan mempertimbangkan keindangan yang dimilikinya.

– Harold Bloom

Beliau menjelaskan bahwa puisi adalah sebuah bahasa kiasan yang terkonsentrasi sehingga dapat menjadi sebuah bentuk yang ekspresif dan menggugah.

– Shelley

Shelley menjelaskan bahwa puisi merupakan rekaman detik-detik yang paling indah di dalam hidup seperti halnya berbagai macam peristiwa yang sangat mengesankan serta menimbulkan keharuan yang cukup kuat seperti kebahagiaan, kegembiraab yang memuncak, hingga kesedihan karena kematian dari orang yang sangat dicintai.

Itulah berbagai macam pengertian dari puisi itu sendiri. Dengan adanya penjelaskan puisi dari beberapa ahli, tentu saja hal tersebut membuat puisi memiliki arti yang sangat luas.

Puisi Rakyat

puisi rakyat

Nah, seperti yang sudah ada dalam pengertian puisi secara umum, bahwa puisi dibagi menjadi dua jenis yakni puisi lama dan puisi modern. Akan tetapi pernahkah Anda mendengar puisi rakyat? Sebenarnya, jenis puisi yang satu ini bisa Anda temukan dengan mudah karena puisi rakyat merupakan wujud dari penggambaran kehidupan yang ada di lingkungan sekitar.

Lalu, apa yang disebut dengan puisi rakyat itu sendiri? Puisi rakyat merupakan sebuah kasustraan rakyat yang mana sudah memiliki bentuk tertentu. Puisi rakyat ini sendiri mengandung berbagai macam nilai yang dikembangkan dalam sebuah kehidupan masyarakat.

Puisi yang satu ini juga terdiri dari berbagai macam jenis. Berikut adalah beberapa jenis puisi rakyat berserta ciri-cirinya.

1. Gurindam

Gurindam merupakan puisi lama yang asalnya dari India. Gurindam ini sendiri berasal dari bahasa India yakni “kirindam’ yang berarti “mula-mula” atau “perumpamaan”.

Di dalamnya sarat akan nilai agama serta moral. Tak dipungkiri, jika orang zaman dahulu menjadikan gurindam sebagai norma dalam kehidupan. Lalu, apa ciri-ciri yang dimiliki oleh gurindam itu sendiri?

  • Dalam satu bai terdiri dari dua baris
  • Setiap barisnya mempunyai jumlah kata 10 hingga 14 kata
  • Setiap baris mempunyai rima yang sama atau bersajak AA, BB, CC dan seterusnya
  • Gurindam adalah satu kesatuan yang utuh
  • Baris kedua adalah jawaban dari masalah atau perjanjian yang ada di baris pertama
  • Isinya berupa nasihat, filosofi hidup ataupun kata-kata mutiara.

2. Pantun

Pantun merupakan bahasa Melayu yang mengakar serta membudaya di dalam masyarakat. Pantun ini sudah tersebar hampir di seluruh Indonesia. Berikut adalah ciri-ciri pantun:

  • Setiap umpan terdiri atas empat baris (larik)
  • Setiap barisnya terdiri atas 8 sampai 12 suku kata
  • Akhir dari setiap barisnya yakni ABAB
  • Baris pertama serta baris kedua yang adalam sebuah pantun disebut dengan sampiran
  • Baris ketiga dan keempat dari sebuah panting disebut dengan isi.

3. Syair

Syair merupakan salah satu puisi lama yang mana dikirm dari Persia serta dibawa ke Nusantara bersamaan dengan masuknya Agama Islam ke Indoenesia. Nah, sayir ini berasal dari bahasa Arab yakni “syi’ir” atau “syu’ur” yang memiliki arti “perasaan yang memahami”. Namun kemudian kata syu’ur tersebut berkembang menjadi syi’ru yang memiliki arti membaca dalam pengetahuan umum.

Ciri-ciri Syair

  • Setiap umpan yang ada di dalam syair terdiri atas empat baris.
  • Setiap barisnya terdiri atas 8 hingga 14 suku kata.
  • Sajak yang ada di dalam syair adalah AAAA.
  • Semua baris yang terdapat di dalam syair adalah isi.
  • Bahas yang digunakan di dalam syair biasanya terdiri atas bahasa kiasan.

Nah, apakah Anda sudah paham dengan berbagai macam penjelasan tentang puisi di atas? Puisi menjadi salah satu karya sastra yang hingga saat ini masih digemari oleh banyak orang. tal ayal, jika puisi yang ada saat ini semakin beragam terutama puisi modern.

Puisi juga masih menjadi pilih bagi sebagian besar orang untuk mengungkapkan apa yang sedang dirasakannya dengan menggunakan susun kata yang indah. Nah, semoga pembahasan mengenai pengertian puis menurut para ahli dapat memberikan manfaat bagi Anda.

Baca Juga:

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
pidato persuasif

Kumpulan Contoh Pidato Persuasif

Contoh pidato persuasif merupakan salah satu dari jenis pidato yang ada di kehidupan sehari-hari. Pidato sendiri merupakan kegiatan berbicara di depan khalayak ramai. Pidato biasanya disampaikandalam event tertentu. Sebagai salah…
View Post