jenis komunikasi

Pengertian Komunikasi & Teori Ilmu Komunikasi

Total
0
Shares

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya Anda sudah sering mendengar istilah komunikasi. Bahkan komunikasi digadang-gadang menjadi salah satu cara yang digunakan untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman. Namun tahukah Anda apa yang dimaksud dengan pengertian komunikasi?

Apa maksud dan tujuan dari ilmu komunikasi? Serta apa saja macam-macamnya? Nah untuk menjawab semua pertanyaan Anda tersebut, berikut ini akan dikupas secara tuntas tentang ilmu komunikasi mulai dari pengertian hingga berbagai macam teori yang menjelaskannya.

Pengertian Komunikasi

pengertian komunikasi

 

Secara umum pengertian komunikasi adalah sebuah aktivitas yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Baik berupa pesan, gagasan ataupun ide dari satu pihak ke pihak yang lainnya.

Komunikasi ini bisa dilakukan baik secara verbal maupun melalui tulisan asalkan kedua belah pihak bisa saling mengerti satu sama lain.

Ada pengertian komunikasi lainnya menyebutkan bahwa komunikasi merupakan sebuah interaksi yang terjadi antara dua orang atau lebih.

Interaksi itu untuk menyampaikan sebuah gagasan, ide atau pesan dengan tujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada orang lain. Sebuah komunikasi yang baik adalah komunikasi yang dapat mudah dimengerti dan dipahami oleh orang lain.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Komunikasi menjadi salah satu bagian terpenting bagi kehidupan manusia. Ada banyak teori yang dikemukakan oleh para ahli mengenai komunikasi ini.

Teori komunikasi merupakan sebuah bentuk pemikiran mengenai berbagai pengertian komunikasi, atau sistem yang digunakan dalam berkomunikasi.

Beberapa teori komunikasi yang dikemukakan oleh para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Redi Panuju

Menurut Redi Panuju, pengertian Komunikasi adalah arus sistem yang melekat serta kinerja antar bagian-bagian organisasi yang mengeluarkan suatu keharmonisan.

2. Murphy & Mendelson

Menurut Murphy & Mendelson, pengertian komunikasi adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk mempertahankan dan menjalin hubungan interpersonal.

2. Rogers dan D. Lawrence Kincaid

Menurut Rogers & D. Lawrence Kincaid, definisi komunikasi adalah sebuah tahapan dimana dua orang atau lebih saling bertukar informasi satu sama lain, yang pada pokoknya akan muncul saling pengertian yang bersifat mendalam.

3. Djenamar SH

Menurut Djenamar SH, pengertian komunikasi adalah seni dalam menyampaikan gagasan, informasi, yang dilakukan seseorang terhadap orang lain.

4. Everett M. Rogers

Menurut Everett M. Rogers, pengertian komunikasi adalah proses pengalihan ide dari satu sumber ke satu penerima atau lebih dengan tujuan agar mengubah tingkah laku.

5. James A. F. Stoner

Menurut James A. F. Stoner, pengertian komunikasi adalah suatu proses pada seseorang yang berusaha untuk memberikan pengertian dan informasi dengan cara menyampaikan pesan kepada orang lain.

6. Prof. Drs. H. A. W. Widjaya

Menurut Prof. Drs. H. A. W. Widjaya, arti Komunikasi adalah hubungan kontak antar dan antara individu maupun kelompok.

7. Anderson

Menurut Anderson, pengertian Komunikasi adalah rangkaian langkah serah terima maksud yang terjadi dengan dinamis serta konstan berubah sesuai dengan kondisi yang berlaku.

8. Lexicographer

Menurut Lexicographer, definisi komunikasi adalah upaya yang bertujuan untuk memberi dan meraih kebersamaan. Tujuan yang ingin diinginkan kedua belah pihak akan tercapai bila mereka berkomunikasi dan memiliki pemahaman yang selaras tentang informasi yang saling ditransfer.

9. Aristoteles

Menurut Aristoteles, definisi komunikasi adalah usaha yang berfungsi sebagai alat warga masyarakat dalam berperan serta dalam demokrasi.

10. Hoben

Menurut Hoben, definisi komunikasi adalah suatu proses transfer pemikiran maupun ide dan gagasan yang diutarakan secara lisan.

11. William F. Glueck

Menurut William F. Glueck, definisi komunikasi dapat dibagi menjadi dengan dua bentuk, diantaranya:

12. Komunikasi Antar Pribadi

Komunikasi Antar Pribadi (Interpersonal communications) adalah proses saling bertukar informasi serta pemindahan pengertian antara dua individu atau lebih di dalam suatu kelompok kecil manusia.

13. Komunikasi Dalam Organisasi

Komunikasi Dalam Organisasi (Organization Communications) adalah proses dimana pembicara memberikan informasi secara sistematis dan memindahkan pengertian kepada orang-orang di dalam organisasi dan juga kepada orang-orang dan lembaga-lembaga di luar organisasi namun masih terkait dengan organisasi tersebut.

14. Shannon dan Weaver

Menurut Shannon dan Weaver, pengertian Komunikasi adalah wujud interaksi manusia yang keduanya ada ikatan dan saling mempengaruhi satu sama lain, baik sengaja atau tidak sengaja. Komunikasi tidak hanya dalam bentuk verbal saja, namun termasuk ekspresi muka, teknologi dan lukisan seni.

15. Raymond S. Ross

Menurut Raymond S. Ross, pengertian Komunikasi adalah sebuah proses menyaring, memilah, dan memberikan berbagai simbol dalam bentuk sedemikian rupa yang mana dapat memudahkan penyimak membangkitkan arti maupun respon dari pikiran yang sama dengan yang dikehendaki komunikator.

16. William Albig

Menurut William Albig, pengertian komunikasi adalah rangkaian tahapan transfer kata yang memiliki makna yang dilakukan oleh antar individu ataupun lebih.

17. William I. Gordon

Menurut William I. Gordon, pengertian komunikasi adalah sebuah pertukaran dinamis yang meliputi perasaan serta gagasan.

Nah itulah berbagai teori yang menjelaskan tentang definisi dari komunikasi yang dikemukakan oleh para ahli di dunia. Tentunya dengan berbagai teori tersebut akan menambah pemahaman Anda tentang pengertian dari komunikasi bukan.

Tujuan, Fungsi & Syarat

Melakukan sebuah aktivitas yang disebut dengan berkomunikasi, tentunya memiliki maksud, fungsi dan tujuan tertentu. Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai tujuan dan fungsi dari sebuah komunikasi dan syarat-syarat yang dibutuhkan:

Tujuan Komunikasi

Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai tujuan dari sebuah komunikasi:

1. Agar Mengenal Satu Sama Lain

Adanya komunikasi akan mendorong interaksi sesama manusia satu dengan yang lainnya sehingga satu sama lain saling mengenal dan saling memahami. Kemampuan membaca, mendengar dan memahami pesan dari orang lain menjadi bagian terpenting dalam berkomunikasi.

2. Menggerakkan Orang Lain

Salah satu tujuan dilakukannya sebuah komunikasi adalah untuk menggerakkan orang lain sesuai yang pesan yang tersampaikan. Apalagi komunikasi dengan cara persuasif atau mempengaruhi dapat mendorong orang lain bergerak sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya pemimpin demonstran banyak menggerakkan masa melalui apa yang dibicarakannya. Ibu memerintah anak, dan lain sebagainya.

3. Agar Pendapat Anda Diterima Oleh Orang Lain

Dalam menghadapi berbagai polemik yang terjadi di masyarakat, tentunya Anda memiliki gagasan atau ide dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi tersebut. Nah agar pendapat Anda didengar dan bisa diterima oleh orang lain, salah satunya adalah dengan cara berkomunikasi.

4. Agar Bisa Dimengerti Oleh Orang Lain

Selain beberapa tujuan di atas, tujuan dilakukannya sebuah komunikasi adalah agar bisa dimengerti oleh orang lain. Melalui komunikasi yang baik, Anda bisa menjelaskan maksud dan tujuan Anda, perasaan Anda dan keinginan Anda.

Sehingga dengan pesan yang tersampaikan tersebut, orang lain bisa mengerti Anda. Termasuk kekasih Anda. Kekasih Anda tidak akan mengerti jika Anda hanya diam saja tanpa berkomunikasi.

Fungsi Komunikasi

Selain memiliki pengertian komunikasi dan tujuannya, komunikasi juga memiliki fungsi dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi komunikasi antara lain adalah sebagai berikut.

1. Sebagai Ungkapan Emosional

Seperti yang sudah dijelaskan di atas melalui komunikasi, Anda bisa menjelaskan perasaan yang Anda rasakan. Misalnya sedang merasakan sakit. Orang lain tidak akan tahu kalau Anda sakit jika Anda tidak bicara bahwa Anda kesakitan.

2. Sebagai Alat menerima dan Menyampaikan Informasi

Fungsi utama dari komunikasi adalah sebagai alat untuk menyampaikan dan menerima sebuah informasi. Melalui komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih maka tentunya akan terjadi pertukaran informasi. Dengan informasi yang disampaikan nantinya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

3. Sebagai Alat Motivasi

Berkomunikasi juga bisa berfungsi sebagai alat motivasi. Komunikasi yang persuasif dan juga secara baik tentunya dapat meningkatkan motivasi dalam diri seseorang untuk bisa meraih sesuatu. Misalnya seorang motivator yang memberikan motivasi kepada audiens yang mendengarkan.

4. Sebagai Alat Kendali

Komunikasi juga memiliki fungsi sebagai alat kontrol atau alat kendali. Dalam hal ini adalah mengontrol perilaku individu melalui beberapa aturan yang telah disampaikan dan harus dipatuhi baik secara verbal maupun tulisan.

Syarat-Syarat Komunikasi

Meskipun dalam memahami komunikasi ini serasa cukup mudah, akan tetapi dalam pelaksanaannya sebuah komunikasi harus memiliki syarat-syarat yang harus dipenuhi, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Sumber atau Source

Sumber atau disebut juga dengan istilah source adalah dasar dalam penyampaian sebuah informasi atau pesan. Beberapa sumber komunikasi diantaranya adalah seorang ahli, Google, buku, lembaga dan lain sebagainya.

2. Komunikator

Komunikator adalah orang yang bertugas untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada orang lain. Biasanya berupa seorang pembicara, penulis, vlogger dan lain sebagainya. dan bisa juga dalam bentuk televisi, radio, majalah, koran dan lain sebagainya.

3. Komunikan

Komunikan adalah orang yang bertugas menerima sebuah informasi yang disampaikan oleh komunikator. Misalnya jamaah yang mendengarkan ceramah Pak Kyai.

4. Pesan

Dalam sebuah komunikasi tentunya harus memiliki pesan yang ingin disampaikan. Pesan ini adalah berupa informasi yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan. Dan bisa meliputi dalam bidang apapun.

5. Saluran

Sebuah komunikasi tidak akan terjadi tanpa adanya saluran atau media yang digunakan dalam menyampaikan pesan. Media ini bisa tertulis maupun tidak. Misalnya bicara melalui lisan, atau majalah merupakan sarana komunikasi antara penulis dan juga pembaca.

6. Hasil atau Effect

Hasil akhir dari sebuah komunikasi adalah adanya bentuk perubahan yang terjadi. Perubahan tersebut bisa sesuai yang diharapkan atau kadang bisa bertolak belakang dari yang diharapkan.

Misalnya, seorang ibu yang menyuruh anaknya untuk membelikan penyedap rasa di warung sebelah. Kemudian pesan tersebut tersampaikan kepada si anak. Dan hasil dari komunikasi tersebut adalah anak tersebut berangkat ke warung sebelah untuk melakukan perintah yang diberikan oleh ibunya. Dan masih banyak contoh yang lainnya.

Baca Juga:

Nah itulah berbagai hal mengenai komunikasi, mulai dari pengertian komunikasi, beberapa teori yang dikemukakan oleh para ahli tentang komunikasi, tujuan komunikasi dan juga fungsi komunikasi.

Semoga dari informasi di atas, Anda bisa mengambil sebuah hikmah bahwasanya melalui komunikasi Anda bisa melakukan perubahan besar pada dunia di sekitar Anda.

Komunikasi yang paling mudah dilakukan pada saat ini adalah melalui lisan maupun tulisan termasuk status dalam media sosial.

Yang perlu Anda ingat adalah bahwa setiap ucapan atau tulisan yang Anda sampaikan harus dipertanggung jawabkan. Sehingga Anda tidak bisa berbicara seenaknya sendiri apalagi yang sudah melanggar norma atau mencemarkan nama baik orang lain.

Ingatlah pepatah yang menyebutkan bahwa mulutmu harimaumu. Oleh sebab itu berhati-hati dalam berbicara atau berkomunikasi. Sebelum melontarkan kata-kata sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu. Karena melalui kata-kata yang dikeluarkan, Anda bisa dipuja maupun dihina. Jadi semua itu tergantung mana pilihan Anda. Manakah yang terbaik bagi Anda.

2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Metamorfosis Kupu-kupu

Proses Metamorfosis Kupu-kupu

Metamorfosis Kupu-kupu – Hal apa yang ada di benak Anda ketika melihat kupu-kupu terbang di sekitar Anda? Tentunya Anda akan mengatakan wahhh cantiknya, atau wahhh bagus sekali, atau wah indah…
View Post