Pengertian Komputer

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Total
0
Shares

Sebagian besar dari Anda mungkin termasuk orang-orang yang aktif menggunakan komputer setiap harinya. Akan tetapi sudah tahukan Anda apa pengertian komputer?

Komputer sendiri merupakan suatu perangkat elektronik yang bisa digunakan untuk mengolah data sesuai dengan prosedur yang sudah dirumuskan sebelumnya sehingga menghasilkan informasi bermanfaat untuk penggunanya.

Secara etimologis kata “komputer” berasal dari bahasa latin yaitu “Computare” yang memiliki arti menghitungan. Jadi dapat disimpulkan secara singkat jika pengertian komputer ialah alat yang digunakan untuk menghitung aritmatika.

Sedangkan definisi komputer sendiri adalah alat elektronik yang terdiri dari rangkaian beragam komponen yang saling berhubungan sehingga membentuk sistem kerja.

Sistem kerja pada komputer inilah yang bisa melakukan pekerjaan secara otomatis berdasarkan program yang sudah diperintahkan padanya, sehingga dapat menghasilkan informasi berdasarkan data dan program yang tersedia.

Pada komputer setidaknya ada 3 elemen utama, yaitu:

  • Hardware atau perangkat keras yang terdiri dari RAM, Processor, Harddisk, CPu dan Motherboard.
  • Software atau perangkat lunak yaitu sistem operasi dan berbagai aplikasi yang dimasukkan pada hardware serta bekerja sesuai perintah dari pengguna.
  • Brainware atau pengguna komputer yaitu operator komputer atau pemakai itu sendiri.

Dengan 3 elemen tersebut komputer mampu melakukan tugasnya dengan baik. Mengingat satu sama lain komponen sama-sama memiliki peranan yang penting dan tak bisa saling dipisahkan agar komputer bisa dioperasikan dengan baik.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

pengertian komputer

Beberapa ahli di bawah ini juga mengungkapkan pendapatnya tentang pengertian komputer. Berikut beberapa diantaranya.

1. Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, pengertian komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

2. Donald H. Sanders

Menurut Sanders, pengertian komputer adalah sistem elektronik yang digunakan untuk memanipulasi data yang cepat serta tepat, dirancang dan diorganisasikan agar dapat secara otomatis menerima dan menyimpan data, memproses data hingga menghasilkan output berdasarkan perintah yang sudah tersimpan di dalam memori.

3. V. C. Hamacher

Menurut V. C. Hamacher, definisi komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

4. Williams & Sawyer

Menurut Williams & Sawyer, definisi komputer adalah mesin serbaguna yang dapat diprogram, bisa menerima data (fakta-fakta serta gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasi data tersebut ke dalam informasi yang dapat digunakan.

Pengertian Sistem Komputer

sistem komputer

Ketika beberapa komponen komputer saling berhubungan dengan lainnya maka akan membentuk sebuah sistem komputer.

Dengan kata lain, sistem komputer ialah kumpulan perangkat-perangkat komputer yang saling berhubungan serta berinteraksi satu sama lain untuk bisa melakukan proses pengolahan data. Dimana perangkat yang dimaksud disini ialah hardware, software dan brainware.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika masing-masing komponen atau elemen tersebut memiliki fungsi tersendiri pada sistem komputer. Akan tetapi jika salah satu komponen tidak bekerja dengan baik maka seluruh sistem komputer tidak akan berjalan.

Sebagai contoh mudah ketika ada kerusakan pada hardware maka software dan brainware tentu tidak akan bisa menggunakan komputer, begitu juga sebaliknya.

Komponen Sistem Komputer

Dalam pembagiannya sendiri, masing-masing komponen masih memiliki bagian tersendiri yang juga memiliki tugas tersendiri, seperti.

1. Hardware

Pada komponen ini setidaknya bisa dibagi menjadi 4 bagian yaitu

  • Input Device, yaitu perangkat yang fungsinya sebagai alat untuk memasukan data atau perintah pada komputer.
  • Output Device, yaitu perangkat pada komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil pemrosesan data, semisal printer, monitor, projector dan sebagainya.
  • Storage Device atau perangkat penyimpanan, yang terbagi menjadi dua yaitu eksternal dan internal. Penyimpanan internal sendiri biasanya terdapat pada CPU.
  • Processing Device, yaitu perangkat pada komputer yang berfungsi sebagai pusat pengelolaan data.

2. Software

Sesuai namanya, perangkat lunak tentunya perangkat ini tidak memiliki bentuk fisik. Akan tetapi juga memiliki fungsi yang sangat besar pada komputer, seperti:

3. Operating Sistem

Sistem operasi pada komputer ini berfungsi sebagai penghubung antara pengguna dengan hardware. Jadi bisa dikatakan juga jika operating sistem merupakan bagian yang akan mengontrol serta memenej perangkat keras serta operasi yang dilakukan.

4. Program Aplikasi

Masuk pada program aplikasi, yaitu perangkat lunak yang bisa langsung digunakan atau siap pakai. Fungsinya untuk membantu pengguna dalam mengolah berbagai data.

5. Utility Program

Perangkat ini berfungsi untuk menjalankan tugas-tugas tambahan yang diberikan oleh pengguna komputer.

6. Programing Language

Yaitu bahasa yang bisa digunakan pengguna komputer untuk berkomunikasi dengan komputer tersebut atau dengan kata lain merupakan standar bahasa instruksi komputer.

7. Brainware

Brainware atau pengguna komputer juga terbagi menjadi dua bagian yang masing-masing mempunyai tugas, yaitu:

8. Programer

Yaitu orang yang memiliki keahlian menguasai salah satu atau banyak bahasa pemrograman.

9. Sistem Analis

Yaitu orang yang mempunyai tanggung jawab pada perencanaan, penelitian, penkoordinasian serta merekomendasikan pilihan software, hardware, dan kebutuhan pengguna lainnya.

Pengertian Jaringan Komputer

jaringan komputer

Setelah membentuk sebuah sistem komputer, selanjutnya ada juga penggabungan beberapa sistem komputer yang biasa disebut dengan jaringan komputer.

Ya jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri atas dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media komunikasi atau media transmisi, sehingga bisa saling berbagi aplikasi, data ataupun perangkat kerasnya.

Jaringan komputer juga bisa diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung.

Tujuan dibentuknya jaringan komputer yaitu supaya data/informasi yang dibawa oleh pengirim (transmitter) bisa sampai pada penerima receiver) dengan akurat dan tepat.

Penggunaan jaringan komputer juga bertujuan untuk bisa mendapatkan data yang relevan dari data komputer client, dimana server mampu mengintegrasi komputer-komputer client dengan mudah.

Jenis Jaringan Komputer

Jaringan Komputer sendiri terbagi menjadi dua jenis, pembagian ini dilakukan berdasarkan dengan fungsi jaringan tersebut.

1. Client-Server

Jaringan ini merupakan jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus menjadi server. Sebuah service dapat diberikan oleh sebuah atau beberapa komputer lain.

2. Peer-to-Peer

Yaitu sebuah jaringan dimana setiap host bisa menjadi server dan juga bisa menjadi client dalam waktu bersamaan.

Pemilihan jenis jaringan komputer ini biasanya akan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Sebagai contoh jaringan client-server yang digunakan oleh server jtk.polban.ac.id dimana ini adalah satu komputer multi server untuk web server, mail server, file server, database server dan sebagainya.

Kemudian pada jaringan peer-to-peer penggunanya sendiri bisa lebih leluasa mengakses file/data, dimana komputer A, B, C bisa mengakses data dari setiap komputer tanpa harus melalui server utama terlebih dahulu.

Bagaimana sudah paham dengan pengertian komputer, sistem komputer, dan jaringan komputer? Semoga dengan penjelasan di atas Anda bisa menjadi pengguna yang lebih bijak dan cerdas dalam memanfaatkan setiap komponen komputer.

Baca Juga:

4 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like