pengertian budaya

45+ Pengertian Budaya Menurut Para Ahli [LENGKAP]

Total
0
Shares

Selama ini mungkin Anda sudah sangat sering mengucapkan kata budaya. Tapi apa sih sebenarnya arti harfiah dari kata budaya? Kata budaya sendiri berasal dari bahasa sansekerta “Buddhayah” yang artinya adalah “jika segala sesuatu yang ada hubungannya dengan akal dan budi manusia”.

Sedangkan definisi sejarah secara harfiah adalah cara hidup yang dimiliki sekelompok masyarakat yang diwariskan secara turun menurun pada generasi berikutnya.

Sedangkan perbedaan antara agama, politik, suku, pakaian, bahasa, lagu, bangunan ataupun karya seni ini akan membuat terbentuknya suatu budaya.

Pengertian budaya menurut para ahli

Selain definisi budaya secara umum, beberapa ahli ini juga mengemukakan pendapat mereka tentang apa itu budaya. Berikut adalah pengertian budaya menurut para ahli.

1. Kluckhohn dan Kelly

Menurut Kluckhohn dan Kelly, Budaya merupakan segala konsep hidup yang tercipta secara historis, baik yang implisit maupun yang eksplisit, irasional, rasional, yang ada di suatu waktu, sebagai acuan yang potensial untuk tingkah laku manusia.

2. Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat, Budaya merupakan sebuah sistem gagasan & rasa, sebuah tindakan serta karya yang dihasilkan oleh manusia didalam kehidupannya yang bermasyarakat, yang dijadikan kepunyaannya dengan belajar.

3. E.B Taylor

Menurut E.B. Taylor, Budaya ialah suatu keseluruhan yang kompleks meliputi kepercayaan, kesusilaan, seni, adat istiadat, hukum, kesanggupan dan kebiasaan lainnya yang sering dipelajari oleh manusia sebagai bagian dari masyarakat.

pengertian budaya

4. R. Soekomo

Menurut R. Soekomo Budaya merupakan hasil kerja dan usaha manusia berupa benda maupun hasil buah pemikiran manusia di masa hidupnya

5. Linton

Menurut Linton, Budaya merupakan keseluruhan dari sikap & pola perilaku serta pengetahuan yang merupakan suatu kebiasaan yang diwariskan & dimiliki oleh suatu anggota masyarakat tertentu.

6. Edward T Hall

Menurut Edward T Hall budaya adalah komunikasi dan komunikasi adalah budaya.

7. Jensen dan Trenholm

Menurut Jensen dan Trenholm Budaya merupakan seperangkat norma, nilai, kepercayaan, adat istiadat, aturan dan juga kode.

8. Geert Hofstede

Menurut Geert Hofstede Budaya merupakan pemrograman bersama atas pikiran yang membedakan anggota-anggota satu kelompok orang dengan kelompok lainnya.

9. Fizee

Menurut Fizee pengertian kebudayaan adalah:

  • Kebudayaan artinya tingkat kecerdasan akal setinggi-tingginya yang dihasilkan dalam suatu tempo sejarah bangsa di puncak perkembangannya.
  • Kebudayaan adalah hasil yang dicapai suatu bangsa dalam lapangan kesastraan, falsafah, ilmu pengetahuan dan kesenian.
  • Kebudayaan sebagai way of life bangsa, terutama hubungannya dengan adat istiadat, upacara keagamaan, penggunaan bahasa dan kebiasaan hidup masyarakat.

10. Francis Merill

Menurut Francis Merill Kebudayaan adalah semua perilaku dan semua produk yang dihasilkan oleh seseorang sebagai anggota suatu masyarakat yang ditemukan melalui interaksi simbolis. Kebudayaan berarti pola-pola perilaku yang dihasilkan oleh interaksi sosial.

11. Bounded et.al

Menurut Bounded et.al kebudayaan adalah sesuatu yang terbentuk oleh pengembangan dari kepercayaan manusia melalui simbol-simbol tertentu.

12. Al. Krueber

Menurut Al. Krueber kebudayaan adalah suatu sistem dari ide-ide dan konsep-konsep. Kebudayaan dari wujud sebagai rangkaian tindakan berpola suatu aktivitas dan manusia yang.

13. Dr. K. Kupper

Menurut Dr. K. Kupper Kebudayaan adalah sistem gagasan yang menjadi pedoman dan pengarah bagi manusia dalam bersikap dan berperilaku, baik secara individu maupun kelompok.

14. Croydon

Menurut Croydon Budaya adalah suatu sistem pola terpadu, yang sebagian besar berada di bawah ambang batas kesadaran, namun semua yang mengatur perilaku manusia sepasti senar dimanipulasi dari kontrol boneka gerakannya.

15. Dawson

Menurut Dawson Dalam bukunya yang berjudul Age of the Gods kebudayaan merupakan cara hidup bersama.

pengertian budaya

16. Djojodigono

Menurut Djojodigono Kebudayaan adalah daya dari budi, yang berupa cipta, karsa dan rasa.

17. Drs. Mohammad Hatta

Menurut Drs. Mohammad Hatta pengertian kebudayaan adalah ciptaan hidup dari suatu bangsa.

18. Drs. Sidi Gazalba

Menurut Drs. Sidi Gazalba kebudayaan adalah cara berfikir dan merasa yang menyatakan diri dalam seluruh segi kehidupan dari segolongan manusia yang membentuk kesatuan sosial dengan suatu ruang dan suatu waktu.

19. Larson dan Smalley

Menurut Larson dan Smalley memandang kebudayaan sebagai “blue print” yang memandu perilaku orang dalam suatu komunitas dan diinkubasi dalam kehidupan keluarga.

Ini mengatur perilaku kita dalam kelompok, membuat kita peka terhadap masalah status, dan membantu kita mengetahui apa tanggung jawab kita adalah untuk grup.

budaya yang berbeda struktur yang mendasari yang membuat bulat bulat masyarakat dan komunitas persegi persegi.

20. Herskovits

Menurut Herskovits Kebudayaan adalah sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganik.

21. EB. Taylor

Menurut EB. Tylor Dalam bukunya, Primitif Culture disebutkan Kebudayaan adalah keseluruhan yang kompleks didalamnya terkandung ilmu pengetahuan serta kebiasaan yang didapat manusia sebagai anggota masyarakat.

22. Edward Spranger

Menurut Edward Spranger Kebudayaan adalah segala bentuk atau ekspresi dari kehidupan batin masyarakat. Sedangkan peradaban ialah perwujudan kemajuan teknologi dan pola material kehidupannya.

23. Mangunsarkoro

Menurut Mangunsarkoro Kebudayaan adalah segala yang merupakan hasil kerja jiwa manusia dalam arti yang seluas-luasnya.

24. Mitchell (Dictionary of Soriblogy)

Menurut Mitchel kebudayaan adalah sebagian perulangan keseluruhan tindakan atau aktivitas manusia dan produk yang dihasilkan manusia yang telah memasyarakat secara sosial dan bukan sekedar dialihkan secara genetikal.

25. Robert H Lowie

Menurut Robert H Lowie Kebudayaan adalah segala sesuatu yang diperoleh individu dari masyarakat, mencakup kepercayaan, adat istiadat, norma-norma artistik, kebiasaan makan, keahlian yang diperoleh bukan dari kreatifitasnya sendiri melainkan merupakan warisan masa lampau yang di dapat melalui pendidikan formal atau informal.

pengertian budaya

26. Nostrand

Menurut Nostrand kebudayaan adalah sebagai sikap dan kepercayaan, cara berpikir, berperilaku, dan mengingat bersama oleh anggota komunitas tersebut.

27. Ralph Linton

Menurut Ralph Linton, Kebudayaan adalah seluruh cara kehidupan Dari Masyarakat Yang manapun dan regular tidak Hanya mengenai sebagian Dari cara Hidup Name of ITU yaitu Masyarakat Yang dianggap lebih diinginkan Dibuat Tinggi atau lebih.

28. Sir Edwards B Tylor

Menurut Sir Edwards B Tylor kebudayaan adalah keseluruhan kompleks dari ide da segala sesuatu yang dihasilkan manusia kesamaan pengalaman historis.

29. Raymond Williams

Menurut Raymond Williams budaya adalah seluruh kehidupan, materi, intelektual, dan spiritual.

30. Sutan Takdir Alisyahbana

Menurut Sutan Takdir Alisyahbana kebudayaan merupakan manifestasi dari cara berpikir.

31. William H. Haviland

Menurut William H. Haviland Kebudayaan adalah seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh para anggota masyarakat, yang jika dilaksanakan oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat diterima oleh semua masyarakat.

32. Effat Al-Syarawi

Definisi kebudayaan sebagai khazanah sejarah suatu bangsa/masyarakat yang tercermin dalam pengakuan/kesaksiannya dan nilai-nilainya, yaitu kesaksian dan nilai-nilai yang menggariskan bagi kehidupan suatu tujuan ideal dan makna rohaniah yang dalam, bebas dari kontradiksi ruang dan waktu.

33. Haji Agus Salim

Kebudayaan adalah merupakan persatuan istilah budi dan daya menjadi makna sejiwa dan tidak dapat dipisah-pisahkan.

34. Levo-Henriksson

Kebudayaan meliputi semua aspek kehidupan kita setiap hari, terutama pandangan hidup, apapun bentuknya, baik itu mitos maupun sistem nilai dalam masyarakat.

35. M. Slamet Riyadi

Budaya adalah suatu bentuk rasa cinta dari nenek moyang kita yang di wariskan kepada seluruh keturunannya.

36. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soenardi

Merumuskan kebudayaan sebagai semua hasil karya, cipta, dan rasa masyarakat. Karya masyarakat menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan atau kebudayaan jasmaniah (material culture) yang diperlukan oleh manusia untuk menguasai alam sekitarnya agar kekuatan serta hasilnya dapat diabdikan untuk keperluan masyarakat.

37. Andreas Eppink

Kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

38. Sukidin, Agus Wijaka dan Basrowi

Mendefenisikan kebudayaan sebagai “keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia untuk memenuhi kehidupannya dengan cara belajar.

pengertian budaya

39. Fuad Hassan

Kebudayaan adalah suatu kerangka acuan bagi perikehidupan suatu masyarakat yang sekaligus untuk mengukuhkan jati diri sebagai kebersamaan yang berciri khas.

40. Harjoso

Mengemukakan arti kebudayaan adalah sebagai berikut, Kebudayaan yang terdapat didalam masyarakat berbeda antara satu dengan yang lain.

Kebudayaan itu dapat diteruskan dan dapat diajarkan. Kebudayaan itu terjabarkan dari komponen-komponen biologis, psikologis, dan sosiologis dari eksistensi/keberadaan manusia.

41. Bakker

Kebudayaan terdiri atas berbagai pola, bertingkah laku mantap, pikiran, perasaan dan reaksi yang diperoleh dan terutama diturunkan oleh symbol-simbol yang menyusun pencapaiannya secara tersendiri dari kelompok-kelompok manusia.

Termasuk di dalamnya perwujudan benda-benda materi, pusat esensi kebudayaan terdiri atas tradisi cita-cita atau paham, dan terutama keterikatan terhadap nilai-nilai.

Ketentuan-ketentuan ahli kebudayaan itu sudah bersifat universal, dapat diterima oleh pendapat umum meskipun dalam praktek, arti kebudayaan menurut pendapat umum ialah suatu yang berharga atau baik.

42. A.L. Kroeber dan C. Kluckhohn

Dalam bukunya Culture, a critical review of concepts and definitions mengatakan bahwa kebudayaan adalah manifestasi atau penjelmaan kerja jiwa manusia dalam arti seluas-luasnya.

43. Roucek dan Warren

Kebudayaan itu terwujud bukan hanya seni tetapi juga terwujud dalam benda-benda yang terdapat di sekeliling maupun yang dibuat oleh manusia.

Jadi menurut Roucek dan Warren Kebudayaan adalah ”cara hidup yang dikembangkan oleh sebuah masyarakat guna memenuhi keperluan dasarnya untuk dapat bertahan hidup, meneruskan keturunannya dan mengatur pengalaman sosialnya”.

44. Francis Merill

Kebudayaan adalah pola-pola perilaku yang dihasilkan oleh interaksi sosial, semua perilaku dan semua produk yang dihasilkan oleh seseorang sebagai anggota suatu masyarakat yang ditemukan melalui interaksi simbolis.

45. Malinowski

Malinowski menyebutkan bahwa kebudayaan pada prinsipnya berdasarkan atas berbagai sistem kebutuhan manusia.

Tiap tingkat kebutuhan itu menghadirkan corak budaya yang khas. Misalnya, guna memenuhi kebutuhan manusia akan keselamatannya maka timbul kebudayaan yang berupa perlindungan, yakni seperangkat budaya dalam bentuk tertentu, seperti lembaga kemasyarakatan.

pengertian budaya

46. Bounded et. Al

Pengertian kebudayaan ialah hal hal yang terbentuk oleh pengembangan dan transmisi dari kepercayaan manusia melalui simbol-simbol tertentu, misalnya simbol bahasa sebagai rangkaian simbol yang digunakan untuk mengalihkan keyakinan budaya di antara para anggota suatu masyarakat.

47. Elwood

Menyatakan bahwa kebudayaan itu mencakup benda-benda material dan spiritual, yang pada kedua-duanya diperoleh dalam interaksi kelompok atau dipelajari dalam kelompok, kebudayaan mencakup kekuatan untuk menguasai alam dan dirinya sendiri.

Semoga dengan memahami pengertian budaya menurut para ahli di atas, Anda bisa lebih menghargai dan mencintai budaya Indonesia, khususnya daerah masing-masing.

BACA JUGA:

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
pidato persuasif

Kumpulan Contoh Pidato Persuasif

Contoh pidato persuasif merupakan salah satu dari jenis pidato yang ada di kehidupan sehari-hari. Pidato sendiri merupakan kegiatan berbicara di depan khalayak ramai. Pidato biasanya disampaikandalam event tertentu. Sebagai salah…
View Post