pencemaran udara

Pencemaran Udara: Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Total
0
Shares

Pencemaran Udara – Tidak bisa di pungkiri udara pada dasarnya memang menjadi komponen penting dan harus selalu dijaga. Pasalnya semua makhluk hidup akan membutuhkan udara untuk kelangsungan hidup. Namun, seiring berjalannya waktu udara kini tidak seperti yang dulu.

Berbagai macam polusi telah membuat udara ini tercemar dan dikenal dengan istilah pencemaran udara. Meskipun semua makhluk membutuhkan udara, namun udara sudah tercemar tidak baik untuk digunakan.

Bahaya apa yang mungkin saja timbul dari udara yang tercemar? Ada banyak dampak yang akan timbul. Nah sebelum Anda tau lebih dalam tentang dampaknya sebaiknya Anda mengerti dulu betapa pentingnya udara sehingga bisa senantiasa untuk selalu menjaganya agar tetap dalam keadaan yang sehat.

Di bawah ini ada beberapa penjelas terkait dengan pengertian udara yang tercemar, dampak yang akan ditimbulkan, solusi dan cara penanganan yang harus dilakukan dan lainnya. Langsung saja simak ulasannya!

Pengertian Pencemaran Udara

pencemaran udara

Pencemaran udara pada dasarnya merupakan sebuah istilah yang asalnya dari dua kata yaitu gabungan dari kata pencemaran dengan udara.

Nah, agar Anda mengenal serta tau secara dalam mengenai maksud maupun pengertian dari istilah tersebut, maka wajib tau pengertian dari masing-masing kata dahulu. Jika sudah tau masing-masing kata, baru Anda bisa menyimpulkan maksud atau arti istilah gabungan tersebut.

Berbicara tentang pengertian dari kata pencemaran yang mana merujuk ke arti beberapa zat maupun unsur yang tercampur pada seharusnya zat tersebut tidak boleh bercampur. Percampuran ini dapat mengakibatkan suatu keadaan yang buruk.

Sedangkan arti dari kata udara sendiri adalah komponen atau elemen dari alam yang mana fungsinya sangat dibutuhkan untuk kelangsungan kehidupan makhluk yang ada di bumi seperti manusia, hewan serta tumbuhan.

Berdasarkan pengertian di atas, Anda pun bisa menangkap jika pencemaran udara tidak lain merupakan suatu keadaan atau situasi yang mana udara telah bercampur dengan beberapa zat lain sehingga bisa berakibat pada kondisi buruk.

Bahkan, udara yang tercemar bisa jadi akan membahayakan kehidupan dari penghuni bumi itu sendiri. Hal ini bisa saja terjadi sebab apabila udara merupakan komponen penting dan inti untuk menunjang kehidupan semua makhluk hidup.

Tanpa adanya udara, bagaimana jadinya kelangsungan kehidupan yang ada di bumi. Saat ini udara yang tercemar jumlahnya sudah sangat banyak. Bahkan kekurangan udara yang bersih juga akan menjadi masalah penting dan harus dihadapi.

Penyebab adanya udara yang tercemar sendiri cukup beragam. Bisa jadi karena adanya faktor alam atau juga perbuatan manusia sendiri. Namun, apabila membicarakan masala terbanyak, tentu penyebabnya bisa karena ulah dari manusia sendiri.

Sedangkan untuk dampak masalah yang akan dirasakan juga tidak sepele. Jaringan udara yang sudah rusak, hendaknya untuk segera mungkin diperbaiki. Hal ini menjadi salah satu antisipasi sebelum adanya kata terlambat datang.

Bahkan beberapa negara juga ada yang telah masuk pada daftar kerusakan jaringan dari udara panas. Saat ini, pada beberapa negara itu, yakni salah satunya Cina, udara bersih kerap dijual dengan bentuk kantong plastik. Baca Pencemaran Tanah

Sumber Pencemaran Udara

sumber pencemaran udara

Secara umum, terdapat dua sumber dari pencemaran udara. Pertama merupakan sumber alamiah sedangkan yang kedua merupakan sumber yang dibuat oleh manusia sendiri. Keduanya sumber ini sama-sama sulit diatasi. Berikut penjelasan sumber penyebab dari udara yang tercemar.

– Sumber Alamiah

Alamiah yang dimaksud di sini tentu saja bukan menjadi kewenangan manusia dalam mencegahnya. Pencemaran sendiri terjadi dengan alami serta terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkannya.

Dari beberapa faktor yang ada misalnya letusan gunung berapi, adanya gas beracun yang muncul ke permukaan bumi, dan lainnya.

– Sumber Buatan Manusia

Sumber alamiah sendiri terjadi dengan cara alami serta tidak dapat dielakkan keberadaannya. Namun, selain itu juga ada sumber yang penyebabnya dilakukan oleh perbuatan manusia itu sendiri.

Kaitannya dengan ini sumber buatan dari manusia ada banyak contohnya bahkan juga sudah jadi kebiasaan yang mana dianggap biasa dan sepele. Oleh sebab itu sumber ini semakin sulit diatasi.

Penyebab Pencemaran Udara

pencemaran udara

Dari dua sumber di atas tentu saja dapat ditarik beberapa macam penyebab yang menjadikan adanya pencemaran udara di atmosfer udara. Agar lebih mengenal penyebab tersebut, di bawah ini ada beberapa ulasan lengkapnya.

– Asap dari Kendaraan Bermotor

Melihat perkembangan dari teknologi yang mana semakin pesat, hal ini tentu saja tidak mengherankan lagi apabila sekarang kendaraan bermotor menjadi barang wajib dimiliki oleh setiap orang.

Di jalanan saja misalnya, kendaraan bermotor pasti bisa dengan mudah Anda temui dengan berbagai bentuk dan versinya.

Namun, satu hal yang perlu untuk Anda ketahui asap dari kendaraan bermotor ternyata dapat menjadi penyebab dari polusi. Bahkan jika jumlahnya banyak maka kemungkinan besar udara akan tercemar.

– Pembangkit Listrik

Tidak bisa dipungkiri, walaupun sudah masuk pada era modern, ternyata sekarang masih ada banyak pembangkit listrik dengan bentuk konvensional yang mana memakai bahan kurang ramah pada lingkungan.

Contoh sederhananya seperti gas, minyak dan juga batubara. Pada saat bahan bakar berubah menjadi gas ini dengan proses pembakaran yang tidak sempurna, maka jika menyebar ke udara, dapat menyebabkan efek yang berbahaya.

– Abu Gunung Berapi

Di Indonesia sendiri gunung berapi aktif jumlahnya ada banyak. Kaitannya dengan hal ini pada saat terjadi letusan dari gunung berapi, stabilitas di udara pada kawasan bersangkutan juga akan terganggu.

Udara di sekitar kawasan tersebut juga jadi tidak sehat dihirup. Namun faktor penyebab satu ini menjadi faktor alami mana tidak bisa untuk dihindari.

– Limbah Asap Pabrik

Penyebab dari pencemaran udara paling besar tidak lain yakni penyebab satu ini, apalagi kalau bukan limbah asap pabrik. Di beberapa negara, tentu ada cukup banyak pabrik yang berdiri.

Sedangkan untuk limbah asap pabrik semakin bertambah jumlah seiring dengan bertambahnya pabrik dan industri. Padahal, limbah asap ini bukan menjadi udara baik.

– Limbah Pertanian

Bukan hanya sekadar, sebenarnya limbah dari sektor pertanian juga dapat berdampak buruk pada pencemaran udara. Pasalnya ada banyak sekali petani yang menggunakan pupuk serta bahan kimia lainnya agar bisa menunjang hasil dari panen

Selain berakibat tidak baik bagi kesuburan tanah, sebenarnya hal ini juga tidak baik bagi udara karena bisa menjadi salah satu penyebab udara tercemar. Ditambah lagi jika pemakaiannya juga berlebihan.

– Aktivitas Rumah Tangga

Penyebab ini mungkin saja bisa dibilang cukup meragukan. Namun tidak bisa dipungkiri jika berbagai macam aktivitas rumah tangga juga menyebabkan pencemaran pada udara.

Mungkin intensitasnya yang diberikan memang banyak, namun tetap saja akan berpengaruh. Misalnya pembakaran sampah secara sembarangan dan lainnya. Baca Pencemaran Air

Dampak Pencemaran Udara

dampak pencemaran udara

Karena saat ini sudah ada banyak sekali penyebab yang dapat menimbulkan pencemaran udara, tentu saja dalam hal ini ada banyak dampak juga hal yang mungkin akan ditimbulkan.

Dari dampak-dampak yang ada pun tidak boleh Anda sepelekan. Di bawah ini ada beberapa dampak dari adanya pencemaran udara yang mana sangat perlu untuk Anda ketahui!

– Gangguan Kesehatan

Sebagaimana yang sudah dikatakan pada ulasan sebelumnya, udara merupakan komponen paling bagi kelangsungan hidup makhluk hidup. Agar dapat bertahan hidup makhluk pun akan menghirup udara.

Namun, bagaimana jadinya jika udara yang dihirup tidak layak, pastinya akan berujung ke berbagai macam gangguan pada kesehatan. Banyak orang juga sering menghirup udara kotor dan juga mengidap berbagai penyakit yang parah.

– Dampak Ekonomi

Mungkin permasalahan dalam bidang kesehatan jadi dampak mudah untuk Anda perkirakan. Namun, siapa sangka ternyata pencemaran udara juga akan berakibat pada masalah ekonomi.

Hal ini ke depannya akan berpengaruh pada produktivitas dari orang sendiri. Pada saat semuanya merasa kurang nyaman karena adanya kondisi udara maka produktivitas akan berkurang, kemudian menimbulkan beberapa masalah ekonomi dari pribadi atau negara.

– Kerusakan Lapisan Ozon

Apabila pencemaran udara ini terjadi secara terus menerus, maka tidak dapat Anda pungkiri bila pada akhirnya akan berdampak ke lapisan ozon.

Apalagi saat ini ada banyak zat kimia berbahaya yang mana ikut mencemari. Padahal pada dasarnya lapisan ozon sangat berguna sebagai pelindung dari ganasnya paparan sinar matahari, jadi jika rusak akan disayangkan.

– Efek rumah kaca

Sekarang efek rumah kaca efek rumah kaca bisa dirasakan hampir setiap manusia. Pasalnya Hal saat ini jumlahnya juga sudah sangat menumpuk pada berbagai permukaan yang ada atmosfer.

Padahal efek rumah kaca sendiri bukanlah hal yang baik. Akhirnya, efek rumah kaca dapat mengakibatkan sinar UV serta radiasi yang dipantulkan dalam jumlah besar kembali pada permukaan bumi.

Cara Mengatasi Pencemaran Udara

cara mengatasi pencemaran udara

Mengingat betapa bahayanya pencemaran udara yang ada di sekitar Anda, maka semuanya harus ikut serta dalam menanggulanginya.

Kaitannya dengan hal ini terdapat banyak hal yang dapat Anda lakukan sebagai salah satu cara untuk menanggulangi udara yang tercemar. Beberapa cara tersebut adalah berikut ini

– Pendidikan Cinta Alam dan Lingkungan

Supaya pencemaran udara dapat ditanggulangi, maka keseluruhan komponen dalam masyarakat wajib ikut serta untuk prosesnya.

Oleh karenanya, pendidikan tentang cinta alam dan lingkungan sangat diperlukan, utamanya untuk mereka yang saat ini masih menjalani proses pendidikan.

Hal ini disebabkan beberapa tahun yang akan datang, merekalah adalah sosok yang akan melindungi bahkan juga menjaga semua permukaan bumi ini.

– Penguatan Bidang Hukum dan Peraturan

Tidak semua orang memiliki kesadaran diri lewat pendidikan. Ada kalanya, bisa jadi ada beberapa orang yang hanya takut pada hukum maupun peraturan. Oleh sebab itu, terkadang hukum mengenai pencemaran udara harus mulai untuk dikuatkan.

Hal tentunya sangat penting dengan tujuan untuk menjaga kesehatan lingkungan hidup utamanya adalah udara yang mana setiap hari terus menerus akan dibutuhkan.

Di atas tadi adalah beberapa penjelasan singkat mengenai pencemaran udara dan beberapa hal lainnya yang saling berkaitan. Udara adalah hal yang sangat penting dan vital.

Jadi jika Anda memang ingin bumi sebagai tempat untuk Anda tinggal selalu bersih dan nyaman mulai dari sekarang menjaga bumi tersebut.

Jika bukan Anda yang memulai siapa lagi. Kontribusi bersama akan sangat dibutuhkan dalam hal ini. Selamat mencoba.

Baca Juga:

3 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
pidato persuasif

Kumpulan Contoh Pidato Persuasif

Contoh pidato persuasif merupakan salah satu dari jenis pidato yang ada di kehidupan sehari-hari. Pidato sendiri merupakan kegiatan berbicara di depan khalayak ramai. Pidato biasanya disampaikandalam event tertentu. Sebagai salah…
View Post