letak geografis indonesia

Letak Geografis Indonesia Beserta Pengaruh dan Dampaknya

Total
0
Shares

Letak Geografis Indonesia – Indonesia merupakan salah satu negara yang terletak di benua Asia khususnya Asia Tenggara. Sebagai warga negara Indonesia, sudah sepantasnya kita tahu dimana dan bagaimana letak geografis negara ini.

Sebab, pengetahuan tentang letak geografis Indonesia sangat penting, terlebih jika Anda bertemu dengan orang dijalan dan menanyakan hal tersebut lalu menjawab tidak tahu, bukankah hal ini sangat memalukan.

Anak SD yang berumur 7-12 tahun saja tahu masa Anda tidak tahu letak geografis Indonesia. Oleh sebab itu, kali ini kita akan membahas tentang letak geografis dari negara tercinta ini.

Hal ini dapat dijadikan sebagai salah satu pengetahuan dan wawasan, terlebih jika anak memiliki PR yang berkaitan dengan letak geografis, tentunya Anda harus bisa membantunya.

Apa Itu Letak Geografis?

Letak Geografis Indonesia di Peta Dunia

Berdasarkan pengertiannya, letak geografis merupakan letak keberadaan Indonesia di bumi. Untuk mengetahui letak geografis Indonesia bisa dilakukan dengan banyak cara yakni dengan menggunakan peta dunia, atlas dunia maupun dengan menggunakan globe.

Dari ketiga media tersebut, Anda bisa tahu dimanakah letak dan posisi negara Indonesia itu berada. Berdasarkan peta, globe dan atlas menunjukkan bahwa Indonesia ini terletak di antara benua dan dua samudera.

Benua apakah tersebut? Benua ini adalah benua Australia dan benua Asia. Sedangkan kedua samudera tersebut adalah samudera Hindia dan samudera pasifik.

Dengan letak geografis tersebut, bisa dikatakan bahwa letak Indonesia berada di posisi silang pantai disebut dengan World Cross Position.

Karena posisi inilah membuat Indonesia menjadi salah satu jalur lalu lintas dunia. Hal ini juga yang banyak orang di negara lain menyebut lokasi Indonesia berada di letak yang strategis.

Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Karena letaknya yang geografis inilah mengakibatkan Indonesia menjadi:

  1. Indonesia sangat ramai karena berada di persilangan lalu lintas dunia sehingga sangat menguntungkan jika ditinjau dari bidang ekonominya.
  2. Akibat letak geografis ini Indonesia juga memiliki 3 iklim yakni iklim muson (musim) iklim laut dan juga iklim panas (tropis). Iklim muson yang terjadi pada Indonesia akibat adanya pengaruh angin musim yang bertiup dengan pergantian arah setiap setengah tahun sekali.

Apabila angin bertiup dari barat daya yang bersifat basah, maka musim hujan akan terjadi di Indonesia tepatnya pada bulan Oktober hingga bulan April.

Sementara jika angin ini bertiup dari arah timur laut memiliki sifat kering yang berarti Indonesia akan mengalami musim kemarau pada bulan April hingga bulan Oktober.

Adapun kilim panas atau tropis di Indonesia mengakibatkan Indonesia menjadi panas. Hal ini juga didukung dengan keberadaan Indonesia yang berada di garis khatulistiwa.

Sedangkan iklim laut ini terjadi karena kondisi Indonesia yang berada diantara laut dan samudera. Akibat iklim laut ini mengakibatkan iklim penghujan yang terjadi di Indonesia.

Batas Indonesia dengan Negara Lain

Berdasarkan letak geografis Indonesia, Indonesia memiliki batas dengan negara lain. Batas geografis ini adalah sebagai berikut:

  • Sebelah utara berbatasan dengan negara Singapura, Malaysia dan Pilliphina
  • Sebelah selatan berbatasan dengan negara Australia
  • Sebelah Timur berbatasan dengan negara Papua Nugini
  • Sebelah barat berbatasan dengan Samudera Hindia.

Dampak Letak Geografis Indonesia

Dampak letak astronomis indonesia

Keberadaan Indonesia di muka bumi disebut dengan letak geografis. Nah, berdasarkan letak geografisnya, Indonesia terletak diantara dua benua dan dua samudera seperti yang sudah disebutkan di atas.

Hal inilah yang mengakibatkan Indonesia memiliki sisi keuntungan yakni pada bidang perdagangan. Indonesia sendiri adalah salah satu negara yang merupakan bagian dari Benua Asia. Adapun letaknya berada di Asia Tenggara atau disebut pula dengan nama ASEAN.

ASEAN merupakan sebuah organisasi Internasional yang terdiri dari 11 negara di dalamnya yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Brunei Darussalam, Myanmar, Vietnam, Timor Leste dan juga Kamboja.

Keuntungan Letak Geografis Indonesia

Dengan letaknya yang strategis ini, sebenarnya Indonesia memiliki banyak keuntungan. Dengan keuntungan ini semoga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia dalam meningkatkan kesejahteraan serta kemakmuran bangsa.

Indonesia juga bertetangga dengan negara di Asia lain yang sedang menggali pertumbuhan di bidang ekonomi yakni negara Cina, Thailand dan juga India.

Dengan letaknya yang berada di wilayah pedagangan membuat Indonesia menjadi salah satu lokasi perdagangan Internasional bagi negara yang maju maupun berkembang.

Dengan letak geografis Indonesia ini menjadikan masyarakat Indonesia termasuk orang yang sangat beruntung. Sebab, kebudayaan asing dapat mudah diterima di Indonesia sebagai salah satu akulturasi budaya yang menerima tanpa membuang budaya sendiri.

Masuknya Kebudayaan Asing Ke Indonesia

Salah satu kebudayaan negara lain yang berkembang di Indonesia adalah kebudayaan Cina. Berbagai kebudayaan Cina yang ada di Indonesia dimulai dengan alat musik, hari perayaan, kuliner, pakaian dan masih banyak lagi.

Bakan hal ini juga tersebar di seluruh penjuru pulau Jawa.‘Selain Cina kebudayaan negara Asing yang berkembang di Indonesia adalah kebudayaan Arab. Salah satu kebudayaan negara Arab yang masih ada hingga saat ini adalah pengaruh Agama Islam.

Indonesia juga merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia Lho. Meskipun ada banyak sekali negara kepulauan lain di dunia seperti Pilliphina, Maladewa dan Juga Jepang. Akan tetapi, negara tersebut masih kalah dengan Indonesia.

Sebab, jumlah pulau yang ada di Indonesia kurang lebih 17.000 pulau yang terbentang dimulai dari Sabang Hingga merauke.

Hal ini juga yang mengakibatkan negara ini unik dengan keberagaman adat istiadat, suku, ras hingga budaya. Hal ini juga yang mengakibatkan Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata yang sangat indah.

Keindahan Alam yang Luar Biasa

Misalnya saja seperti Bali, pulau ini sangat terkenal di berbagai belahan dunia karena keindahan alamnya. Bahkan, banyak orang di negara lain yang tidak mengetahui Indonesia namun tahu dan pernah mengunjungi Bali.

Hal ini menunjukkan bahwa keindahan bali sangat luar biasa di mata dunia. dalam setiap harinya, terdapat ratusan turis yang mampir untuk melancong dan menikmati suasana indah di Bali.

Selain menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa, Bali juga menawarkan kebudayaan yang masih tetap terjaga. Hal inilah yang membuat orang asing di dunia merasa terkagum-kagum.

Selain dari segi pariwisata, Indonesia juga memiliki laut yang luas dengan ikan yang melimpah. Hal inilah yang membuat sektor perikanan di Indonesia harus diperhatikan.

Bahkan, jika sektor perikanan ini dapat dikelola dengan baik, mungkin Indonesia bisa menjadi salah satu negara yang diperhitungkan di dunia.

Dengan banyaknya pulau yang ada di Indonesia juga membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang subur.

Hal ini juga didukung dengan iklim tropis yang dimiliki oleh Indonesia yang membuat tanahnya dapat ditanami jenis tanaman apapun.

Tidak sampai di situ saja, namun Indonesia juga kaya akan sumber daya alam. Berbagai macam sumber daya alam bisa ditemukan di Indonesia dimulai dengan tambang batu bara, tambang emas, minyak bumi dan masih banyak lainnya.

Seharusnya dengan kekayaan alam yang melimpah ini menjadikan negara ini sebagai negara maju. Namun, karena pengelolaan yang kurang tepat serta pola pikir masyarakat Indonesia yang belum semaju negara lain membuat negara ini terus menjadi negara yang berkembang.

Sayangnya, banyaknya kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia juga mengakibatkan lingkungan dan alam Indonesia banyak yang rusak. Misalnya saja seperti bekas galian tambang yang tidak direklamasi ulang, sehingga meninggalkan lubang yang besar dan tanah menjadi tandus.

Kekurangan Letak Geografis Indonesia

Dengan letak geografis Indonesia yang strategis inilah menjadikan Indonesia menjadi salah satu negara yang sering terkena ancaman dari negara lain.

Hal ini dibuktikan dengan sebelum Indonesia merdeka ada banyak sekali negara Asing yang ingin menguasai Indonesia karena ingin mengeruk kekayaan alamnya.

Meskipun saat ini Indonesia sudah merdeka, namun ancaman-ancaman tersebut masih sering datang terutama di wilayah perbatasan.

Rakyat Indonesia di sekitar perbatasan sering mengalami konflik dengan negara lain karena melanggar batas tanpa izin.

Sebenarnya, masalah ini terjadi karena kurangnya koordinasi pemerintah dengan masyarakat setempat. Dekatnya wilayah berbatasan dengan negara lain membuat banyak orang Indonesia tertarik bekerja dan mencari nafkah di negara perbatasan.

Padahal pekerjaan tersebut dilakukan tanpa adanya surat izin. Hal inilah yang sering mengakibatkan konflik antara negara. Tidak hanya itu, kelemahan lain yang dimiliki oleh Indonesia karena letak geografisnya juga terjadi dalam hal pemerataan pembangunan.

Wilayah yang dekat dengan Ibu Kota cenderung mengalami pembangunan yang pesat dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi.

Lain halnya dengan wilayah yang jauh dari Ibu Kota, kebanyakan pembangunan yang terjadi kurang merata. Bahkan akses jalan kadang banyak yang terputus.

Banyak pula masyarakat Indonesia yang harus menempuh perjalanan sangat jauh melewati hutan-hutan hanya untuk menuju pusat kota. Sedangkan di wilayah Ibu Kota alat transportasi semakin canggih dan cepat.

Dimana Letak Geografis Indonesia?

Letak-Geografis-Indonesia

– Diapit Oleh Dua Benua

Jika dilihat dari letak geografisnya, Indonesia sendiri terletak diantara dua benua yakni benua Asia dan benua Australia.

Dengan posisi yang seperti ini memberikan keuntungan kepada Indonesia karena Indonesia menjadi tempat lalu lintas dunia. Dengan letaknya yang seperti ini juga berpengaruh terhadap cuaca dan iklimnya.

– Diapit Oleh Dua Samudera

Selain diapit oleh dua benua, Indonesia juga diapit oleh dua Samudera yakni Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Dengan letaknya yang berada di dua samudera membuat musim yang ada di Indonesia hana dua yakni musim kemarau dan musim penghujan.

Sayangnya, keberadaan musim ini mengakibatkan proses penentuan musim kemarau dan penghujan sulit untuk ditebak waktunya. Sehingga saat terjadi peralihan musim terjadilah musim pancaroba dimana hal ini biasanya akan berakibat pada kesehatan manusia.

Selain itu, pengaruh ini juga mengakibatkan Indonesia memiliki keberagaman budaya baik dalam bidang peradaban, seni, bahasa dan juga agama.

Selain itu, dengan letaknya yang geografis juga menjadikan Indonesia sebagai jalur perdagangan antara negara. Hal inilah yang menjadi salah satu keuntungan Indonesia terutama dalam bidang ekonomi.

Dari informasi letak geografis Indonesia ini sebenarnya memberikan banyak sekali keuntungan kepada Indonesia. Hana saja, banyaknya keuntungan tersebut masih belum dimanfaatkan secara maksimal oleh Indonesia.

Padahal, jika keuntungan dari letak geografis ini dikelola dengan benar, bisa jadi Indonesia menjadi salah satu negara yang maju, rakyatnya sejahtera, makmur dan memiliki nilai di mata dunia. Semoga Informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

BACA ARTIKEL TERKAIT:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Metamorfosis Kupu-kupu

Proses Metamorfosis Kupu-kupu

Metamorfosis Kupu-kupu – Hal apa yang ada di benak Anda ketika melihat kupu-kupu terbang di sekitar Anda? Tentunya Anda akan mengatakan wahhh cantiknya, atau wahhh bagus sekali, atau wah indah…
View Post