Latar belakang proposal skripsi

Contoh Latar Belakang Proposal Skripsi

Total
0
Shares

Dalam sebuah proposal skripsi, latar belakang menjadi hal yang wajib ada. Latar belakang ini berisi tentang sebuah teks yang menceritakan kembali mengapa si penulis mengambil judul tersebut. Dalam sebuah latar belakang, berisi tentang berbagai macam hal. Seperti ekonomi, sosial budaya, krisis ideologi, pertahanan dan keamanan serta yang lain sebagainya.

Cara Membuat Latar Belakang Proposal Skripsi

membuat proposal skripsi

Untuk membuat sebuah latar belakang yang baik tentu saja tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Meski saat ini sudah ada banyak sekali contoh latar belakang proposal yang dapat Anda temukan dengan mudah, namun mengetahui cara membuat sebuah latar belakang yang baik merupakan hal yang wajib bagi Anda.

Tentu saja, setiap proposal memiliki isi dan tujuan berbeda-beda. Bagi Anda yang ingin membuat sebuah latar belakang yang baik dan benar, berikut ada beberapa langkah yang harus Anda perhatikan.

1. Menemukan Masalah di Lingkungan Sekitar

Tidak sedikit orang yang akan membuat proposal bingung dengan judul yang akan dipilihnya. Padahal, langkah pertama untuk membuat sebuah proposal yang baik bukanlah memikirkan judulnya terlebih dahulu. Menemukan permasalahan yang ada di sekitar Anda justru akan mempermudah Anda untuk menyelesaikan sebuah proposal terutama untuk proposal skripsi.

Oleh karena itu, carilah sebuah data yang sesuai kemudian Anda bisa menemukan judul yang Anda inginkan. Dengan demikian, ini akan menjadi lebih mudah untuk membuat sebuah latar belakang yang baik.

2. Mencari Data Pendukung

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan untuk membuat sebuah latar belakang ialah dengan mencari data pendukung. Nah, apa yang dimaksud dengan poin yang satu ini? Setelah Anda menemukan sebuah masalah yang sedang terjadi di lingkungan sekitar, maka langkah selanjutnya ialah dengan mencari data pendukung.

Untuk data pendukung yang satu ini dapat berupa nilai, hasil wawancara atau yang lain sebagainya. Anda juga bisa memasukkan data pendukung yang satu ini kedalam sebuah latar belakang untuk memperkuat alasan Anda mengapa memilih untuk membahas masalah yang satu ini.

3. Mencari Solusi

Tak hanya membahas masalah yang kiranya sedang terjadi di lingkungan sekitar Anda saja. Namun, untuk bisa membuat sebuah latar belakang yang baik Anda juga harus mencari solusi dari permasalahan yang sedang Anda bahas tersebut.

Agar Anda bisa membuat sebuah solusi yang baik, alangkah baiknya jika Anda menggunakan beberapa teori yang berkaitan dengan masalah tersebut. Lebih bagus lagi apabila juga menggunakan beberapa penelitian terdahulu yang juga membahas masalah yang sama. Carilah beberapa referensi mengenai model, metode, media atau yang lainnya untuk mencari sebuah solusi.

4. Menyimpulkan Untuk Hipotesis Sementara

Nah, langkah terakhir dalam menentukan sebuah latar belakang yang baik ialah dengan membuat sebuah kesimpulan sementara atau hipotesis. Untuk kesimpulan yang satu ini digunakan sebagai landasan dalam melakukan sebuah penelitian yang harus Anda lakukan.

Contoh Latar Belakang Proposal Skripsi

Contoh Latar Belakang Proposal Skripsi

Bagaimana? Apakah Anda sudah paham dengan beberapa poin tentang langkah-langkah cara membuat sebuah latar belakang proposal yang benar? Tentu saja, untuk membuat sebuah latar belakang tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Meski saat ini Anda bisa menemukan dengan mudah berbagai macam contoh latar belakang proposal di internet atau di beberapa proposal lainnya, namun Anda juga harus mengetahui cara membuat sebuah latar belakang yang baik dan benar.

Akan tetapi, sebagai referensi, di bawah ini akan diberikan beberapa contoh latar belakang proposal yang bisa Anda baca. Berikut contohnya:

Di atas merupakan contoh latar belakang proposal yang bisa Anda jadikan referensi untuk membuat sebuah latar belakang proposal yang baik dan benar. Sebenarnya, untuk membuat sebuah latar belakang proposal bukanlah hal yang sulit untuk Anda lakukan. Agar bisa membuat sebuah latar belakang yang baik tentu saja, Anda harus memperhatikan beberapa langkah yang sudah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat.

Pelajari Juga:

3 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Metamorfosis Kupu-kupu

Proses Metamorfosis Kupu-kupu

Metamorfosis Kupu-kupu – Hal apa yang ada di benak Anda ketika melihat kupu-kupu terbang di sekitar Anda? Tentunya Anda akan mengatakan wahhh cantiknya, atau wahhh bagus sekali, atau wah indah…
View Post