Contoh Latar Belakang Makalah

Contoh Latar Belakang Makalah dengan Susunan yang Baik

Total
0
Shares

Latar belakang dalam sebuah karya tulis ilmiah adalah menceritakan kembali latar belakang dari isi penelitian yang menjelaskan tentang alasan mengapa peneliti memilih judul penelitiannya.

Hal ini juga berlaku sama dengan latar belakang pada makalah. Dalam latar belakang makalah, peneliti harus bertindak seolah-olah menjadi seorang detektif yang mengamati lingkungan tempat kejadiannya.

Namun, latar belakang juga dapat mengacu pada beberapa aspek seperti krisis ekonomi, ideologi, pertahanan keamanan, dan juga sosial budaya. Jumlah halaman untuk menuliskan latar belakang dari penelitian berbeda-beda dan proporsional.

Artinya, tergantung dari seluruh hasil laporan dan penelitian tersebut. Akan tetapi, jangan sampai jumlahnya melebihi isi atau hasil penelitian itu sendiri.

Cara Membuat Latar Belakang Makalah

latar belakang makalah

Jadi, sebelum peneliti menentukan judul dari penelitian, maka sebaiknya temukan terlebih dahulu masalah di sekitar. Nantinya, masalah tersebut akan menjadi latar belakang ketika peneliti melakukan proses penelitiannya.

Berikut adalah tips agar latar belakang yang anda buat baik dan berkualitas:

1. Jadilah Seorang Pemburu Masalah

Untuk menentukan topik suatu masalah yang akan dijadikan makalah. Jadilah layaknya detektif atau seorang superhero yang senantiasa memburu setiap masalah yang ada. Intailah masalah-masalah di sekitar anda, semuanya membutuhkan sebuah pemecahan untuk masalahnya. Itulah yang nantinya akan dijadikan sebagai isi latar belakang makalah anda.

2. Temukan Fakta Masalahnya

Setelah mengintai beberapa masalah yang ada di sekitar, maka langkah selanjutnya adalah menemukan fakta masalahnya. Temukan fakta masalah yang real dan yang hanya sebatas isu atau opini. Hal ini memudahkan anda untuk memematakan suatu topik.

3. Menyimpulkan Fokus Masalah

Setelah anda berhasil memetakan berbagai masalah yang terjadi. Dan berhasil memisahkan antara fakta masalah dan isu atau opininya. Maka buatlah fokus masalahnya, petakan setiap masalah yang terjadi. Fokus masalah adalah akar dari permasalahan dan penyebab paling dominan dari masalah tersebut.

4. Menjelaskan Permasalahan

Setelah tiga point di atas. Maka buatlah isi latar belakang makalah tersebut dengan menjelaskan setiap permasalahannya. Dalam menjelaskan, anda bisa memulai dari masalah yang paling umum terlebih dahulu, kemudian mengerucut ke masalah yang lebih khusus. Atau sebaliknya, dari yang khusus lebih dulu, kemudian melebar ke masalah yang umum.

Berikut adalah contoh-contoh penulisan latar belakang dari berbagai karya tulis ilmiah seperti contoh latar belakang makalah, contoh latar belakang proposal, contoh latar belakang skripsi, dan contoh latar belakang laporan. Langsung saja, sila simak contohnya.

Contoh Latar Belakang Makalah

Contoh Latar Belakang Makalah

1. Latar Belakang Makalah Agama

2. Latar Belakang Masalah Makalah

3. Latar Belakang Makalah Observasi

4. Latar Belakang Makalah Pendidikan

Nah, itulah 4 contoh latar belakang masalah pada beberapa jenis karya ilmiah. Pelajari Juga Contoh Kata Pengantar Makalah. Semoga bermanfaat.

5 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Metamorfosis Kupu-kupu

Proses Metamorfosis Kupu-kupu

Metamorfosis Kupu-kupu – Hal apa yang ada di benak Anda ketika melihat kupu-kupu terbang di sekitar Anda? Tentunya Anda akan mengatakan wahhh cantiknya, atau wahhh bagus sekali, atau wah indah…
View Post