lapisan atmosfer

Susunan Lapisan Atmosfer Bumi dan Fungsinya

Total
0
Shares

Lapisan Atmosfer Bumi – Tahukah Anda, bumi yang kita tinggali ini dikelilingi oleh sebuah lapisan gas yang besar dan luas dengan nama lapisan atmosfer. Lapisan ini mengelilingi bumi dengan jarak 0 hingga 800 km ke atasnya.

Lapisan atmosfer ini berbentuk gas dimana terdiri dari berbagai macam lapisan yang memiliki fungsi dan peranan yang berbeda-beda.

Selain itu, adanya lapisan ini juga menghasilkan beberapa fenomena yang sering terjadi di bumi misalnya saja seperti terjadinya proses ionisasi, adanya aurora, terjadinya muatan listrik dan berbagai fenomena alam lainnya.

Lapisan atmosfer juga sering disebut dengan lapisan pelindung planet. Sebab bentuknya yang berupa kumpulan gas dan mengelilingi bumi ini akan menjaga benda luar angkasa yang jatuh ke bumi.

Dengan adanya lapisan ini, maka benda luar angkasa tersebut akan hancur terlebih dahulu sebelum masuk ke permukaan bumi.

Lapisan Atmosfer dan Fungsinya

lapisan atmosfer

Bicara soal fungsinya, ternyata adanya lapisan atmosfer memiliki fungsi khusus dimana ia berguna untuk melindungi bumi serta menjaga cuaca, kestabilan suhu hingga kelembaban udara yang ada di bumi.

Adanya atmosfer juga memiliki peranan dalam menyeimbangkan serta menstabilkan keadaan yang ada di luar bumi. Misalnya, pada saat matahari memancarkan sinarnya ke bumi, maka sinar ini akan diubah oleh lapisan atmosfer sehingga panas yang sampai ke bumi tidak terlalu ekstrim.

Tidak sampai di situ saja, fungsi dari atmosfer juga melindungi bumi dari benturan berbagai benda langit yang berjatuhan ke tata surya. Dengan demikian sistem tata surya akan terlindungi dari berbagai batuan meteor yang bebas berjalan-jalan.

Karena fungsinya yang begitu penting inilah membuat lapisan atmosfer juga sangat penting. Oleh sebab itu jika lapisan ini sampai rusak dan berlubang, maka hal ini akan berdampak terhadap kelangsungan makhluk hidup yang ada di muka bumi ini.

Di antara yang dapat merusak lapisan atmosfer ini adalah pencemaran udara, efek rumah kaca, dan pemanasan global. Oleh karenanya kita perlu menjaga alam kita dari pencemaran lingkungan dan kerusakan lingkungan yang dapat merusak atmosfer.

Susunan Lapisan Atmosfer Bumi

Diagram lapisan atmosfer bumi

Nah, seperti yang sudah sedikit di ulas di atas, lapisan atmosfer ini terbagi menjadi beberapa lapisan yang memiliki fungsi sendiri-sendiri. Mau tahu apa saja macam lapisan tersebut? Yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

1. Lapisan Troposfer

Bisa dikatakan bahwa lapisan troposfer merupakan lapisan atmosfer yang paling dekat dengan bumi. Mengapa demikian? Sebab, lapisan ini berjarak 0-12 km dari permukaan bumi saja.

lapisan ini juga disebut sebagai lapisan paling dasar. Karena letaknya yang paling dekat dengan bumi membuat lapisan ini yang paling menjaga bumi dari kestabilan. Adapun fungsi dari lapisan ini adalah sebagai berikut:

– Munculnya Fenomena Alam

Karena letaknya yang paling dekat dengan bumi inilah membuat sering terjadinya fenomena alam yang bermunculan.

Misalnya saja seperti munculnya angin kencang yang dapat mengakibatkan hujan, kerusakan hujan, berawan, hingga munculnya halilintar.

Pada lapisan ini juga banyak terjadi interaksi manusia seperti adanya pesawat terbang, helikopter, layang-layang dan masih banyak lainnya,

– Suhu yang Berbeda-Beda

Akibat bentuk bumi yang bulat namun letaknya seperti orang yang rukuk membuat lapisan troposfer ini berbeda-beda.

Misalnya saja daerah kutub dengan permukaan bumi yang hanya memiliki ketinggian 8 km dengan troposfer membuat suhu kelembabannya menjadi kurang lebih -46 derajat Celcius.

Lain hanya permukaan bumi yang memiliki jarak 12 km dengan troposfer suhu yang dimiliki kurang lebih -50 derajat celcius.

Dan hal ini akan jauh berbeda dengan kawasan garis khayal ekuator dan khatulistiwa yang memiliki ketinggian dengan troposfer 16 km memiliki suhu -50 derajat celcius.

Hal inilah yang mengakibatkan suhu permukaan bumi berbeda-beda.

– Perbatasan dengan Tropopause

Dalam lapisan atmosfer ada salah satu lapisan penyeimbang antara troposfer dengan atmosfer yang disebut dengan tropopause. Lapisan pembatas ini sering disebut juga dengan lapisan kontan.

Sayangnya, pada lapisan ini sudah tidak ada lagi oksigen dan karbondioksida di dalamnya. Sehingga secara otomatis makhluk hidup yang berada di lapisan ini tidak dapat tinggal lama-lama kecuali membawa tabung oksigen sendiri untuk bernapas.

– Sub Lapisan Troposfer

  1. Terdapat lapisan air yang berada di jarak 0-1 km dari permukaan bumi.
  2. Terdapat lapisan konvensi yang berada pada jarak 1 km hingga 8 kilo meter dari permukaan bumi
  3. Terdapat lapisan tropopause yang berada pada jarak 8 hingga 12 kilometer dari permukaan bumi.

2. Lapisan Stratosfer

Lapisan Stratosfer merupakan lapisan kedua yang terdekat dengan bumi. Lapisan ini berada di atas sub tropopause. Adapun letaknya sendiri berada di atas ketinggian 12 kilometer hingga 60 kilo meter dari permukaan bumi.

Pada lapisan stratosfer inilah terdapat sebuah lapisan yang sangat terkenal dengan nama lapisan ozon. Tahu sendiri bahwa beberapa tahun ini lapisan ozon sangat gencar dibicarakan.

Hal ini karena keadaannya yang mulai berlubang yang disebabkan karena dampak pemanasan global. Adapun karakteristik dari lapisan stratosfer adalah sebagai berikut:

– Terdapat Lapisan Ozon (O3)

Seperti yang sudah diulas sedikit di atas bahwa pada lapisan atmosfer ini terdapat sebuah lapisan yang sangat penting dengan nama lapisan ozon.

Lapisan ini sendiri terletak pada ketinggian 35 kilo meter dari permukaan bumi. Pada lapisan inilah terjadi adanya perbedaan temperatur dan tekanan.

Keberadaan dari lapisan ozon sangat penting baik bagi bumi maupun makhluk hidupnya. Pasalnya, lapisan ini memiliki fungsi untuk melindungi bumi dari bahayanya radiasi yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.

Sayangnya, akhir-akhir ini lapisan ozon mulai bolong dan hal ini dapat berdampak pada meningkatnya risiko kanker kulit dan penyakit lainnya.

– Terdapat Lapisan Stratopause

Lapisan stratopause merupakan sub lapisan yang membatasi antara lapisan stratosfer dengan lapisan mesosfer. Lapisan ini memiliki temperatur yang lebih konstan dibandingkan dengan lapisan sebelumnya.

Adapun letaknya sendiri berada di ketinggian 50 kilo meter dari permukaan bumi. Pada lapisan ini juga memiliki subuh 5 derajat celcius.

– Sub Lapisan Strotosfer

  1. Lapisan isothrem
  2. Lapisan panas
  3. Lapisan campuran teratas.

3. Lapisan Mesosfer

Lapisan mesosfer merupakan lapisan atmosfer yang letaknya berada di atas lapisan sratosfer. Lapisan ini berada pada ketinggian 60 hingga 80 kilo meter dari permukaan bumi. Berikut ini adalah karakteristik lapisan mesosfer yang harus Anda tahu:

– Sebagai Pelindung Bumi

Fungsi utama dari lapisan mesosfer adalah untuk melindungi bumi dari jatuhnya benda langit. Pada lapisan ini, benda langit yang jatuh ke bumi akan terbakar sehingga akan berubah menjadi abu saat tiba di permukaan bumi.

– Cuaca dan Temperatur

Adapun cuaca dan temperatur pada lapisan ini cukup ekstrim yakni -50 derajat celcius hingga 70 derajat celcius.

– Terdapat Lapisan Mesopause

Lapisan mesopause sendiri merupakan sebuah lapisan pembatas antara lapisan mesosfer dengan lapisan termosfer.

4. Lapisan Termosfer

Lapisan termosfer merupakan lapisan atmosfer keempat dimana ia berada pada ketinggian 80 hingga 100 kilometer di atas permukaan bumi. Jika Anda pernah melihat aurora, di lapisan inilah aurora terbentuk. Adapun karakteristik lapisan termosfer adalah sebagai berikut:

– Tempat Munculnya Aurora

Aurora atau pelangi yang cantik dan indah akan muncul pada lapisan atmosfer ini. ini karena pada lapisan ini terjadi proses ionisasi antara atom dengan molekulnya.

Sehingga hal ini mengakibatkan munculnya reaksi yang mengakibatkan pengurangan dan penambahan elektron cahaya warna-warni yang ada di angkasa.

Nah, hal inilah yang mengakibatkan munculnya pelangi di langit yang begitu indah. Adapun aurora ini akan sangat terlihat jelas di kawasan kutub utara dan kutub selatan.

– Temperatur dan Suhu

Adapun keadaan suhu dan temperatur yang berada di lapisan ini adalah 40 derajat Celcius hingga 1.232 derajat celcius. Sebuah suhu yang cukup panas.

5. Lapisan Ionosfer

Lapisan atmosfer selanjutnya yang merupakan lapisan kelima adalah lapisan ionosfer. Lapisan ini menjadi lapisan atmosfer terjauh nomor dua dimana letaknya berada pada ketinggian 100 kilo meter hingga 800 kilo meter dari permukaan bumi.

Pada lapisan ini akan terjadi proses ionisasi pada semua molekul atom. Hal ini juga yang membuat lapisan ini dinamakan dengan lapisan ionosfer. Adapun karakteristik dari lapisan ini adalah sebagai berikut.

– Bermuatan Listrik

Ciri utama dari lapisan ini adalah mengandung aliran listrik karena proses ionisasi.

– Adanya Gelombang Radio

Di lapisan ini juga terjadi pemantulan gelombang radio yang berasal dari bumi. Adapun gelombang radio ini disebut dengan gelombang panjang dan gelombang pendek.

Letak dari gelombang itu berada di sub lapisan kennelly dan sub lapisan appleton. Letak dari sub lapisan ini berada pada ketinggian 100 kilo meter hingga 400 kilo meter dari atas permukaan bumi.

– Sub Lapisan Ionosfer

  1. Lapisan Kennelly Heavyside atau disebut juga dengan lapisan E. Lapisan ini terletak pada ketinggian 200 kilo meter hingga 200 kilometer dari permukaan bumi.
  2. Lapisan Appleton atau disebut pula dengan lapisan F. Letak lapisan ini berada pada ketinggian 200 kilo meter hingga 400 kilo meter dari permukaan bumi.
  3. Lapisan atom yang terletak pada ketinggian 400 kilo meter hingga 800 kilo meter dari permukaan bumi.

6. Lapisan Ekosfer

Lapisan eksosfer merupakan lapisan atmosfer terluar, terakhir yang melindungi bumi. Lapisan ini juga merupakan lapisan yang paling jauh dengan permukaan bumi. Adapun letaknya sendiri berada pada ketinggian 800 kilo meter hingga 3.260 kilo meter dari permukaan bumi.

Nah, pada lapisan inilah akan terjadi interaksi antara gas-gas yang berada di lapisan bumi dan juga gas yang membentuk lapisan atmosfer bumi. Pada lapisan ini gaya gravitasi semakin berkurang, karena letaknya yang semakin jauh dengan bumi.

Sebagai pelindung paling luar, lapisan inilah yang pertama kali menerima apabila ada benda luar angkasa yang akan mendekati bumi.

Kandungan Lapisan Atmosfer

Lapisan atmosfer sendiri terbentuk dari kumpulan gas-gas dimana setiap gas memiliki kandungan yang berbeda antara lain adalah sebagai berikut:

  • Gas argon sebesar 0,9 %
  • Gas oksigen sebesar 20,97 %
  • Gas nitrogen sebesar 78,17 %
  • Gas karbondioksida sebesar 0,0357%.

Dengan melihat penjelasan di atas menjadikan kita paham bahwa bumi yang kita cintai ini memiliki sebuah pelindung yang sangat penting.

Apa jadinya jika tidak ada lapisan atmosfer, mungkin bumi ini akan hancur dengan mudah karena sudah.

Oleh sebab itu, jagalah lapisan atmosfer bumi untuk menyelamatkan anak cucu kita di masa yang akan datang. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat diamalkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
pidato persuasif

Kumpulan Contoh Pidato Persuasif

Contoh pidato persuasif merupakan salah satu dari jenis pidato yang ada di kehidupan sehari-hari. Pidato sendiri merupakan kegiatan berbicara di depan khalayak ramai. Pidato biasanya disampaikandalam event tertentu. Sebagai salah…
View Post