Tujuan Komunikasi Interpersonal

Teori Komunikasi Massa dan Fungsinya dalam Bersosial

Total
0
Shares

Teori Komunikasi Massa – Dalam kehidupan sehari-hari, pastinya Anda tidak jauh dengan yang namanya komunikasi. Ya, dengan saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya, hal tersebut bisa membantu Anda untuk bisa mendapatkan informasi apapun dari pihak lainnya.

Tahukah Anda, Jika komunikasi ini sendiri terdiri dari berbagai macam jenis. Salah satunya yakni komunikasi massa. Nah, apa yang dimaksud dengan komunikasi massa itu sendiri? Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada pengertian dari komunikasi massa.

Teori Komunikasi Massa

pengertian komunikasi massa

Sebuah teori paling singkat tentang komunikasi massa dikemukakan oleh John R. Bittner. Dimana beliau menjelaskan bahwa komunikasi massa ialah sebuah pesan yang dikomunikasikan lewat media massa yang ada kepada sebagian besar orang.

Beliau juga menuturkan bahwa komunikasi massa merupakan produksi serta distribusi dengan berlandaskan teknologi dan lembaga dari arus pesan yang saling berkaitan dan paling luas dimiliki oleh orang dalam masyarakat industri.

Sedangkan, teori komunikasi massa yang dikemukakan oleh Meletze adalah sebuah bentuk komunikasi yang mana menyampaikan sebuah pernyataan dengan cara terbuka dan lewat media. Teknis penyebaran yang dilakukan tidak langsung serta satu arah pada publik yang tersebar.

Bahkan, Jalaludin juga menjelaskan bahwa komunikasi massa merupakan jenis komunikasi yang ditujukan kepada beberapa orang. Terdapat banyak sekali teori komunikasi massa ini oleh para ahli. Pada intinya, komunikasi tersebut dilakukan untuk menyebarkan sebuah berita kepada masyarakat lewat media massa.

Nah, setelah Anda memahami pengertian komunikasi massa yang satu ini, pastinya Anda sudah semakin paham bukan? Akan tetapi, untuk bisa membedakan jenis komunikasi tersebut dengan jenis komunikasi yang lainnya, tampaknya Anda juga harus paham tentang berbagai macam karakteristik yang dimilikinya.

Tentu saja, karakteristik yang dimiliki oleh komunikasi satu ini berbeda dengan jenis komunikasi yang lainnya. Adapun berbagai macam karakteristik komunikasi massa yang wajib untuk Anda ketahui.

Karakteristik Komunikasi Massa

ciri komunikasi massa

1. Umpan Balik yang Tertunda

Salah satu karakteristik komunikasi massa yang cukup menonjol ialah adanya umpan balik yang tertunda (delayed). Hal ini terjadi karena proses proses tatap muka yang tidak terjadi secara langsung antara komunikator dan komunikan..

Sementara itu, feedback dari komunikan itu sendiri bisa dilakukan melalui email, sms, pesawat telepon, media sosial dan masih banyak yang lainnya (hal inilah yang dikatakan sebagai tertunda atau terjadi secara tidak langsung).

2. Bersifat Satu Arah

Nah, karakteristik lainnya yang harus Anda ketahui tentang komunikasi yang satu ini ialah bersifat satu arah. Meskipun antara komunikator dan komunikan berperan aktif satu sama lain, akan tetapi keduanya tidak saling berkomunikasi secara langsung atau berdialog. Karena hal inilah yang membuat komunikasi massa bersifat satu arah.

3. Hubungan Non Pribadi

Adanya hubungan non pribadi ini dalam komunikasi massa sebagai akibat dari adanya teknologi yang menyebarkan informasi secara masal. Tak hanya itu, syarat-syarat dari peranan komunikator yang bersifat umum pun menjadi hubungan non pribadi terjadi.

4. Terjadi Secara Serempak

Karakteristik umum dan dapat dipahami dengan mudah ialah terjadi secara serempak. Hal ini bisa saja terjadi dalam sebuah komunikasi yang dilakukan oleh komunikator lewat media massa seperti televisi, radio dan lain sebagainya. dimana, orang yang melihat ataupun mendengarnya berasal dari berbagai daerah dan terjadi secara serempak.

5. Komunikasi Heterogen

Karakteristik lainnya yang harus dipahami tentang komunikasi massa ini ialah komunikasi yang bersifat heterogen. Yang dimaksud dengan komunikasi heterogen ini adalah sebuah komunikasi yang disatukan oleh suatu minat yang sama sehingga dapat membentuk suatu tingkah laku yang sama.

Tak hanya itu, komunikasi yang satu ini juga bisa menyatukan beberapa orang dengan tujuan yang sama, dimana orang-orang tersebut dapat saling mengenal, berinteraksi secara terbatas bahkan tidak terorganisasikan.

6. Pesan Umum

Karakteristik berikutnya ialah pesan umum yang dimiliki oleh komunikasi massa ini. Dimana, pesan umum yang disampaikan kepada masyarakat ialah terbuka dan ditujukan untuk semua orang.

Berbagai macam media seperti televisi, radio, ataupun media cetak tidak bisa dikatakan sebagai komunikasi massa apabila hanya digunakan untuk kepentingan pribadi atau lingkungan organisasi.

7. Komunikasi Lembaga

Nah, untuk komunikasi lembaga ini bisa dikatakan sebagai ciri utama dari sebuah komunikasi massa. Dimana, komunikator dari bentuk komunikasi tersebut telah mengatasnamakan lembaga.

Komunikator adalah seorang individu yang menjadi bagian dari sebuah tim ataupun sistem. Contohnya yakni wartawan, presenter, penulis berita, penyiar dan lain sebagainya menyampaikan sebuah berita atas nama lembaga.

Itu dia berbagai macam karakteristik yang dimiliki oleh sebuah komunikasi massa. Namun, tak hanya karakteristiknya saja yang harus Anda pahami dengan baik dan benar. Anda juga harus memahami dengan baik apa saja fungsi yang dimiliki oleh komunikasi massa ini.

Fungsi dari komunikasi tersebut ternyata memiliki beberapa versi yang dijelaskan oleh beberapa ahli. Berikut ini beberapa fungsi komunikasi massa yang harus Anda pahami dengan baik.

Fungsi Komunikasi Massa

fungsi komunikasi masa

1. Fungsi Menurut UU No. 40/1999 Tentang Pers

  • Menyampaikan informasi (to inform)
  • Mendidik (to educate)
  • Menghibur (to entertain)
  • Melakukan pengawasan sosial (social control).

2. Fungsi Menurut Wilbur Schramm

– Doceder

Fungsi yang satu ini menjelaskan bahwa komunikasi massa ditujukan untuk men-decode lingkungan yang ada di sekitarnya, mengawasi terjadinya sebuah persetujuan, mengawasi akan timbulnya sebuah bahaya, serta efek dari sebuah hiburan.

– Interpreter

Komunikasi massa ini berfungsi untuk menginterpretasikan berbagai macam hal yang di-decode, hal inilah yang sangat membantu untuk mengambil sebuah kebijakan terhadap suatu efek, menjaga keberlangsungan interaksi yang terjadi antar anggota masyarakat dalam menikmati sebuah kehidupan.

– Encoder

Fungsi terakhir yang dijelaskan oleh Scrhamm adalah encoder. Nah, apa yang dimaksud dengan fungsi satu ini? Encoder berguna untuk meng-encode berbagai macam pesan yang mana digunakan untuk memelihara hubungan dengan masyarakat luas.

Tak hanya itu, hal ini juga berfungsi untuk kebudayaan baru untuk berbagai macam anggota masyarakat secara luas.

Dengan dijelaskannya berbagai macam fungsi komunikasi massa ini, diharapkan Anda bisa paham betul tentang guna sebuah komunikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Nah, selain beberapa hal yang sudah disebutkan diatas, ternyata Elizabeth Noelle Neuman (1983:92) juga menjelaskan apa yang 4 tanda pokok tentang komunikasi satu ini.

Berikut 4 tanda pokok yang dijelaskan oleh Elizabeth Noelle Neuman tentang sebuah komunikasi massa.

  1. Komunikasi massa memiliki sifat tidak langsung
  2. Komunikasi massa bersifat terbuka
  3. Komunikasi massa bersifat satu arah
  4. Komunikasi massa mempunyai publik yang secara geografis tersebar ke seluruh daerah.

Tanpa adanya sebuah komunikasi massa tentu saja, berbagai macam informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat tidak akan sampai dengan mudah. Selain itu, pemanfaatan berbagai macam media yang ada membuat komunikasi yang satu ini sebagai salah satu komunikasi yang cukup praktis untuk menyampaikan sebuah pesan atau informasi kepada khalayak luas dalam satu waktu tanpa harus merasa kerepotan atau kesulitan.

Baca Juga:

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Metamorfosis Kupu-kupu

Proses Metamorfosis Kupu-kupu

Metamorfosis Kupu-kupu – Hal apa yang ada di benak Anda ketika melihat kupu-kupu terbang di sekitar Anda? Tentunya Anda akan mengatakan wahhh cantiknya, atau wahhh bagus sekali, atau wah indah…
View Post