Contoh Kata Pengantar Proposal

Contoh Kata Pengantar Proposal

Total
0
Shares

Ketika Anda ingin menulis sebuah karya tulis, baik makalah, skripsi, novel, proposal atau lain sebagainya, kata pengantar adalah satu bagian yang tak boleh dilewatkan. Mengapa demikian? Sebab selain sebagai pelengkap karya tulis, pada bagian kata pengantar juga dituliskan rasa syukur serta harapan dari penulis.

Selain itu, kata pengantar juga biasanya berisikan tentang ucapan terimakasih, tujuan atau manfaat dari penulis maupun kritik dan saran yang membangun. Pada bagian puncak atau akhir kata pengantar uga akan disematkan tema juga isi makalah yang ditulis.

Cara Membuat Kata Pengantar Proposal yang Baik

kata pengantar proposal

Lalu bagaimana struktur kata pengantar yang baik dan rapi? Berikut panduan lengkapnya.

1. Pembuka

Pada bagian pembuka atau paragraf pertama hingga paragraf kedua, umumnya berisi tentang ucapan syukur dari penulis atau tim penyusun yang telah menyelesaikan karya tulisnya. Di Indonesia sendiri umumnya pembuka akan digunakan sebagai bagian yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama masing-masing.

Selanjutnya diteruskan dengan ucapan terimakasih pada orang-orang yang berperan terhadap selesainya penulisan karya tulis tersebut. Untuk urutannya sendiri biasanya disesuaikan dengan seberapa besar peran orang tersebut dalam penyelesaian karya tulis tersebut.

2. Isi

Masuk pada bagian isi, biasanya akan dibahas mengenai gambaran topik atau isi karya tulis tersebut. Umumnya akan dimulai dengan menyebut judul karya tulis yang dibuat. Selanjutnya akan menjelaskan sedikit tentang pembahasan dan bagaimana tulisan tersebut dibuat, khususnya pada bagian isi karya tulis.

Sebaiknya dalam penjelasan tersebut Anda tidak menuliskan isi terlalu detail, sebab hal ini bisa membuat kata pengantar terlalu panjang dan tidak sesuai prosedur seharusnya. Cukup jelaskan secara singkat dan intinya saja, sebab tujuannya hanya untuk membuat pembaca memiliki gambaran terkait karya tulis yang dibuat.

3. Penutup

Di bagian akhir atau pada bagian penutup, penulis akan menuliskan permohonan maaf serta harapan dari karya tulis yang telah diselesaikannya tersebut.

Permohonan maaf ini biasanya lebih tertuju pada pembaca jikalau di kemudian hari menemukan kesalahan dari karya tulis tersebut. Seperti yang Anda ketahui, setiap orang tentu tak akan luput dari kekurangan sehingga tak ada salahnya untuk memohon maaf di awal.

Kemudian untuk harapan bisa diisikan tentang beberapa pandangan lebih lanjut dari tema yang diangkat pada karya tulis tersebut. Dengan harapan besar jika tema tersebut akan kembali diangkat menjadi karya tulis baru yang memiliki sudut pandang berbeda.

Contoh Kata Pengantar Proposal

Contoh Kata Pengantar Proposal

Dengan struktur yang rapi dan tertata, diharapkan bagian paling awal dari sebuah karya tulis ini sudah bisa menarik perhatian pembaca. Untuk mendapat gambaran lebih detail, Anda juga bisa belajar cara membuat kata pengantar makalah, juga perhatikan berikut ini.

  • Pastikan Anda menggunakan bahasa yang sopan, mengingat isi dari kata pengantar sendiri berupa ucapan terima kasih, permohonan maaf dan juga harapan.
  • Semua bagian ditulis secara urut mulai dari bagian pembuka atau ucapan terima kasih, kemudian penjelasan singkat tentang topik/tema karya tulis dan lanjut ke bagian penutup.
  • Penyampaian juga bisa dilakukan secara santai sehingga maksud dan tujuan penulis dari kata pengantar tersebut bisa sampai ke pembaca dengan baik

Nah berikut ini adalah beberapa contoh penulisan kata pengantar proposal.

1. Kata Pengantar Proposal Usaha

2. Kata Pengantar Proposal Skripsi

3. Kata Pengantar Proposal Permohonan Dana

Bagaimana, sudah memiliki gambaran untuk menulis kata pengantar pada proposal yang hendak Anda buat? Jangan sungkan untuk memperbanyak referensi untuk mendapatkan gambaran yang lebih detail. Serta tak ada salahnya untuk memperbanyak berlatih dan mengasah pengolahan bahasa Anda sehingga bagian kata pengantar dapat dibuat dengan sempurna.

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
pidato persuasif

Kumpulan Contoh Pidato Persuasif

Contoh pidato persuasif merupakan salah satu dari jenis pidato yang ada di kehidupan sehari-hari. Pidato sendiri merupakan kegiatan berbicara di depan khalayak ramai. Pidato biasanya disampaikandalam event tertentu. Sebagai salah…
View Post