jenis ikan hias

Jenis Ikan Hias Terpopuler 2019

Total
0
Shares

Ikan hias adalah jenis ikan yang hidup di air tawar atau di air asin (baca : laut) yang tujuan utamanya untuk dipelihara sebagai hiasan, bukan untuk dikonsumsi.

Ikan hias sendiri jenis atau macamnya sangatlah banyak, baik yang dari air tawar atau air asin. baik yang asli komoditas tanah air maupun luar negeri.

Hampir 75% pemasok ikan hias air tawar di dunia berasal dari Indonesia, dan kurang lebih sekitar 363 jenis ikan hias air tawar dari Indonesia telah diekspor ke berbagai negara. Jadi bisa dibilang Indonesia adalah pusat dari bisnis ikan hias dunia.

Jenis Ikan Hias

Bagi kalian para Hiaser Mania (istilah penulis untuk menyebut para pecinta ikan hias) he he he …… Berikut ini kami cantumkan jenis ikan hias yang bisa dipelihara dirumah untuk menambah keindahan panorama versi Netsains.

1. Ikan Koi

ikan koi

Penjelasan

Nama Koi berasal dari bahasa Jepang yang berarti ikan karper. Lebih spesifik merujuk pada nishikigoi yang kurang lebih bermakna ikan karper yang bersulam emas atau perak. Di Jepang, koi menjadi semacam simbol cinta dan persahabatan.

Ikan Koi sendiri termasuk dalam kategori ikan mas. Jenis ikan koi dibedakan tergantung dari warna, pola dan ukurannya. Diantara unsur warnanya adalah putih, hitam, merah, kuning, biru, dan krem.

Jenis & Penjual

Diantara jenis ikan koi yaitu : Kohaku, Showa Sanshoku, Hi Utsuri, Sanke Taisho, Tancho, Shiro Utsuri, Asagi, Kujaku, Hariwake, Kumonryu, Soragoi dan lainya.

2. Ikan Guppy

IKAN GUPPY

Penjelasan

Ikan Guppy adalah salah satu spesies ikan hias air tawar yang juga populer di dunia. Karena mudahnya menyesuaikan diri dan beranak, dibanyak tempat di indonesia, ikan tersebut menjadi ikan liar yang ada di sungai-sungai.

Dalam perdagangan ikan hias, ikan tersebut dikenal sebagai guppy atau juga millionfish. dilain daerah ikan ini juga dikenal dengan berbagai macam nama lokal seperti : gepi (Betawi), bungkreung (Sunda), cethul (jawa) dan lainya.

Jenis & Penjual

Diantara jenis ikan guppy yaitu : Red Blonde, Grass Blue, Redlace Snakeskin, Metalik, Full Platinum, Cobra, Full Black Thailand, dan lainya.

3. Ikan Arwana

IKAN ARWANA

Penjelasan

Ikan Arwana adalah salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang, sirip dubur terletak jauh di belakang badan. Ikan tersebut adalah spesies asli sungai-sungai di negara Asia Tenggara khususnya Indonesia.

Jenis & Penjual

Diantara jenis ikan arwana yaitu : Red Tail Golden, Brasil (Silver Arowana), Banjar (Banjar Red Arowana), Super Red, Papua (Jardini Arowana), Batik (Myanmar Arowana), dan lainya.

4. Ikan Cupang

ikan cupang

Penjelasan

Ikan Cupang adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayah kekuasaanya.

Jenis & Penjual

Diantara jenis ikan cupang yaitu : plakat, alam, halfmoon, giant betta, akarensis, coccina, bellica, tasyaee, smaragdina, fancy dan lainya.

5. Ikan Louhan

ikan louhan

Penjelasan

Ikan Louhan merupakan salah satu ikan hias terkenal yang dipelihara di dalam akuarium karena warna sisik mereka yang hidup serta benjolan kepala mereka yang berbentuk khas berjuluk “benjol kelam”

Aslinya ikan tersebut hanya berhabitat di negara Malaysia dan Taiwan, namun saat ini banyak dipelihara oleh penggemar ikan hampir di seluruh dunia

Jenis & Penjual

Diantara jenis ikan louhan yaitu : Rainbow King, Strom, Kemalau, Super Red Texas, Super Red Synspillum, dan lainya.

6. Ikan Mas Koki

IKAN MAS KOKI

Penjelasan

Ikan yang berasal dari Asia Timur ini memang sangat popular di kalangan masyarakat. Ikan mas koki mempunyai keunikan dari tubuhnya, ikan tersebut memiliki warna dan bentuk badan yang indah. Selain itu, harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau sehingga siapapun bisa membelinya.

Jenis & Penjual

Diantara jenis ikan mas koki yaitu : Oranda, Rancu, Ryukin, Bubble Eye, Black Moor, Komet, Calico, Butterfly Tail dan lainya.

7. Ikan Oscar

IKAN OSCAR

Penjelasan

Ikan Oscar adalah ikan air tawar dari keluarga cichlid. Habitat Oscar biasanya banyak di temui di sungai yang bergerak lambat dan danau di wilayah Amazon.

Ikan Oscar juga salah satu jenis ikan hias legendaris yang sering dipelihara dalam aquarium dan seolah-olah dari masa kemasa tidak pudar kepopulerannya

Jenis & Penjual

Diantara jenis ikan oscar yaitu : Albino, Albino Red, Tiger Albino, gold, wild argentina, wild amazon, lemon, lutino red, veil tail dan lainya.

8. Ikan Manfish

ikan manfish

Penjelasan

Ikan hias manfish atau dikenal juga dengan ikan layang-layang adalah salah satu ikan hias akuarium air tawar yang indah dan sangat populer, gerakan ikan ini sangat tenang, bentuknya juga indah yang akan menambah banyak warna dan keindahan untuk isi Akuarium kita

Ikan hias yang berasal dari perairan Amazon ini tergolong kedalam famili chiclidae yang sudah melegenda di dunia ikan hias.

Jenis & Penjual

Diantara jenis ikan manfish yaitu : Marmer, Perak, Emas, Blushing, Dusky Blushing, Half dan lainya.

9. Ikan Cichlid

ikan Cichlid

Penjelasan

Cichlid merupakan jenis ikan hias yang mempunyai spesies lebih dari 2.000 jenis. Kamu bisa dengan mudah menemukan ikan cichlid di toko-toko ikan hias terdekat.

Jenis ikan cichlid pun beragam, memiliki berbagai bentuk tubuh yang berbeda pada setiap spesies. Baik dari segi ukuran, warna, dan pola kombinasi warna yang ada pada tubuhnya.

Jenis & Penjual

Diantara jenis ikan cichlid yaitu : Venustus, Trewavas Red, Red Empress, Malawi Eye Biter, Lemon, Livingstonii, Blue Moori dan lainya.

10. Ikan Terapi

ikan terapiPenjelasan

Ikan terapi adalah jenis ikan yang biasa dipergunakan manusia untuk terapi. Terapi ini biasanya berhubungan dengan kulit, entah itu untuk penyembuhan atau peremajaan.

Terapi ikan seperti ini sudah banyak diterapkan di beberapa tempat spa. Pelayanan spa atau terapi ikan termasuk dalam kategori pedicure atau perawatan kaki.

Biasanya ikan-ikan yang dipergunakan untuk terapi tersebut akan memakan kuli-kulit mati pada kaki. Sehingga setelah terapi kaki menjadi lebih sehat, nyaman dan lebih indah.

Jenis & Penjual

Diantara jenis ikan terapi yaitu : garra merah, garra panda, garra ruffa turcica dan lainya.

11. Ikan Blackghost

ikan Blackghost

Penjelasan

Ikan Black Ghost ini mempunyai nama Latin Apterontus albifrons, yang berasal dari Sungai Amazon serta Suriname. Ikan ini di kenal ole orang-orang dengan beragam sebutan. Sebutan yang pertama yaitu ” Si Bulu Ayam “, karena bentuk badannya yang mirip bulu ayam.

Ada pula sebutan ” Ikan Penari Balet ” lantaran gerakannya yang maju mundur serta jungkir balik dengan sangat lenturnya. Sebutan lainnya adalah ” Si Setan Hitam “, lantaran warna badannya yang condong berwarna hitam kusam dibagian tubuhnya serta dililit dengan warna putih dibagian pangkal ekornya.

Kekhasan yang lain dari ikan ini yakni kerap bersembunyi ditempat yang gelap pada saat siang hari, serta baru beraktivitas di saat malam hari.

Jenis & Penjual

Diantara jenis ikan blackghost yaitu : brown ghost, white ghost, black ghost dan lainya.

12. Ikan Discus

Ikan Discus

Penjelasan

Discus atau lebih dikenal dengan nama Ikan Discus adalah satu dari tiga spesies ikan air tawar cichlid yang berasal dari lembah Sungai Amazon. Discus adalah sejenis ikan akuarium yang popular di beberapa negara Asia

Jenis & Penjual

Diantara jenis ikan discus yaitu : Malboro, Blue Diamond, Gold Yellow, Leopard, Red Ribbon, Pearl Pigeon, Green dan lainya.

13. Ikan Komet

ikan komet

Penjelasan

Ikan Komet (Carassius auratus) merupakan ikan hias yang banyak memiliki penggemar di Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dengan seringnya diadakan kontes komet dengan peserta yang boleh dibilang sangat banyak.

Jenis ikan dengan telur diserakkan ini merupakan yang terbanyak. Ikan ini menempatkan telurnya di sembarang tempat, bisa di tanaman air atau di jatuhkan begitu saja di dasar perairan

Jenis & Penjual

Diantara jenis ikan komet yaitu : Merah Slayer, Sarasa, Shubunkin, Doubel Tail, Calico Shubunkin, Red Black dan lainya.

Itulah jenis ikan hias yang cocok untuk menjadi hiasan rumah kamu, tapi jangan lupa ….. dikasih makan yang cukup ya, hmmm, untuk pakan ikan yang murah.

Semoga artikel ini bermanfaat !

BACA JUGA :

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Metamorfosis Kupu-kupu

Proses Metamorfosis Kupu-kupu

Metamorfosis Kupu-kupu – Hal apa yang ada di benak Anda ketika melihat kupu-kupu terbang di sekitar Anda? Tentunya Anda akan mengatakan wahhh cantiknya, atau wahhh bagus sekali, atau wah indah…
View Post