persebaran flora dan fauna di Indonesia

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Total
3
Shares

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan flora dan fauna. Persebaran flora dan fauna di Indonesia juga sangat luas dan macam-macam ragam jenisnya.

Apa sebenarnya flora dan fauna itu? Jika dilihat secara sederhana berdasarkan pengertiannya, flora adalah tanaman atau tumbuhan, sedangkan fauna adalah binatang atau hewan.

Sedangkan pengertian flora dan fauna secara umum, flora adalah semua jenis tumbuhan yang hidup di muka bumi. Sedangkan fauna adalah semua jenis hewan yang hidup di bumi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan tumbuhan dan hewan di dalamnya.

Di dunia ini, keberadaan flora dan fauna sangatlah banyak, bahkan dengan keberadaannya ini jumlahnya tidak dapat terhitung. Ada banyak sekali jenis flora atau tumbuhan dimulai dari tumbuhan yang kecil hingga tumbuhan yang besar.

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

persebaran flora dan fauna di Indonesia

Berdasarkan pengertian flora dan fauna di atas, kita sudah tahu bahwa Indonesia memiliki banyak sekali flora dan fauna di dalamnya. Persebaran flora dan fauna yang ada di Indonesia dipengaruhi oleh aspek geografi.

Bahkan, para pakar zoologi terdapat kemiripan tipe flora dan fauna yang berada di Indonesia dengan negara lainnya. Sebut saja seperti Indonesia Timur dimana flora dan faunanya sangat mirip dengan flora dan fauna yang berada di benua Australia. Selain itu, banyak pula flora dan fauna di Indonesia yang memiliki kemiripan dengan flora fauna yang ada di Asia Tenggara.

Berdasarkan persebaran flora dan fauna yang ada di Indonesia. Flora dan Fauna ini dibedakan menjadi 3 kawasan yakni Indonesia bagian barat, Indonesia bagian timur dan indonesia bagian peralihan atau Wallace.

Persebaran flora dan fauna ini juga dipisahkan oleh sebuah garis yang disebut dengan Garis Lydekker dan Garis Webeer. Adapun persebaran flora dan fauna ini adalah sebagai berikut.

Persebaran Fauna

persebaran fauna

– Indonesia Bagian Barat

Wilayah Indonesia bagian barat meliputi beberapa daerah seperti Kalimantan, Bali, Sumatera dan Jawa. Adapun beberapa jenis fauna yang berasal dari kawasan Indonesia barat adalah macan tutul, gajah, harimau, orang utan, lutung, beruang madu, burung jalak bali, merak hijau, wau-wau, badak hawa serta banteng.

– Indonesia Bagian Timur

Wilayah Indonesia bagian timur ini dibatasi oleh Garis Leydekker yang terdiri atas Papua dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Adapun jenis fauna ini adalah burung cendrawasih ekor pita, kupu-kupu sayap burung, kasturi raja, walabi kecil, burung kasuari gelambir ganda, ular sanca hijau, dan burung kakatua raja.

– Kawasan Peralihan

Adapun wilayah Indonesia yang berada di wilayah peralihan ini seperti Maluku, Sulawesi, Lombok dan juga Sumbawa. Adapun kawasan ini dibatasi oleh garis lydekker di bagian timur dan dibatasi dengan Garis Wallave di bagian barat.

Adapun di antara kedua garis ini terdapat Garis Webeer yang letaknya berada di timur pulau Sulawesi.

Adapun jenis fauna yang ada di kawasan peralihan seperti kuskus, kupu-kupu Sulawesi, soa-soa, beruang, anoa dataran rendah, kakatua putih, komodo dan masih banyak lainnya.

Persebaran Flora

persebaran flora

Persebaran flora yang ada di Indonesia ini dibagi menjadi tiga wilayah yakni Indonesia bagian timur, Indonesia bagian barat dan indonesia bagian tengah. Adapun persebarannya adalah sebagai berikut:

– Indonesia Bagian Timur

Salah satu ciri-ciri flora yang berada di kawasan ini adalah memiliki kemiripan dengan flora yang berada di Australia. Sedangkan persebaran flora yang berada di wilayah timur lebih cenderung tumbuh di wilayah semak belukar. Adapun salah satu contoh flora yang hidup di kawasan ini seperti tanaman ficus famili beringin dan juga pohon matoa.

– Indonesia Bagian Barat

Flora yang berada di wilayah ini sangatlah beragam dimana di daerah ini memiliki kawasan mangrove di sekitar pantainya. Adapun hutan di wilayah bagian timur juga sangat hijau yang memiliki banyak sekali jenis kayu yang sangat bermanfaat bagi manusia.

– Indonesia Bagian Tengah

Di wilayah tengah ini flora yang hidup lebih seragam karena hanya terdiri dari satu jenis tumbuhan saja sehingga hutannya tampak sama. Adapun salah satu contoh flora yang hidup di wilayah ini seperti pinus, cemara dan juga palma.

Ragam Flora dan Fauna di Indonesia

Sama halnya dengan hewan, ada banyak sekali jenis binatang dimulai dengan binatang yang tinggal di lautan, binatang pemakan tumbuhan, pemakan daging, pemakan segala, dan masih banyak jenis binatang lainnya.

Bahkan, dari beragamnya flora dan fauna tersebut, ada flora yang disebut dengan flora endemik. Aa itu flora endemik?

Flora Endemik

Flora endemik merupakan sekelompok atau sekumpulan jenis tumbuhan yang hanya hidup di tempat tertentu saja. flora ini juga tersebar di berbagai wilayah di dunia. di Indonesia sendiri, flora endemik bisa berada di daerah jawa, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera maupun lainnya.

Flora endemik yang ada di suatu daerah tertentu tidak akan bisa ditemukan di daerah yang lain. mengapa bisa demikian? Sebab, beberapa daerah memiliki iklim, suhu udara serta tingkat kesuburan yang berbeda.

Padahal hal tersebut memengaruhi pertumbuhan dari si flora endemik tersebut. Karena kemampuannya yang hanya bisa tumbuh di satu tempat saja, maka flora endemik menjadi salah satu jenis flora yang spesial di muka bumi ini.

Persebaran Flora Endemik

carica dieng

Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali flora endemik yang tersebar di berbagai wilayah. Misalnya saja untuk flora endemik pulau Jawa ada bunga melati. Selain bunga melati, pulau Jawa juga memiliki sebuah daratan tinggi dengan nama Dieng dimana di sana terdapat flora endemik yang disebut dengan carica.

Carica Dieng

Apa itu carica? Jadi, carica ini merupakan sebuah tumbuhan yang bentuknya seperti pohon pepaya. Buah yang dihasilkan oleh tumbuhan ini juga berbentuk buah pepaya, hanya saja ukurannya sangat kecil.

Hal yang menjadikan tumbuhan ini unik adalah, ia tidak dapat hidup di tempat yang lain meskipun sama-sama dataran tinggi Dieng. Untuk wilayah dataran tinggi Dieng yang sudah ke daerah bawah jika ditanami carica maka ia tidak akan berbuah. Biasanya, hasil dari flora endemik ini dibuat menjadi manisan yang enak.

Bunga Merah

Sedangkan flora endemik lain juga berada di wilayah Papua, flora ini disebut dengan bunga merah. Ada pula flora endemik yang berada di wilayah Kalimantan seperti bunga Raflesia Arnoldi dan masih banyak flora endemik lainnya.

Fauna Endemik

Tidak hanya ada flora endemik saja, namun di beberapa wilayah juga ada fauna endemik. Yang artinya fauna tersebut hanya berada di setiap daerah saja.

Beberapa contoh fauna endemik seperti burung Cendrawasih yang berasal dari Papua, badak bercula satu yang berasal dari Jawa dan juga harimau Sumatera yang berasal dari Sumatera.

Hal ini dipengaruhi oleh letak geografis wilayah yang ada di Indonesia. Seperti hewan yang ada di Indonesia memiliki kemiripan dengan hewan yang ada di Asia Tenggara, Australia, dan Oriental.

Melestarikan Flora dan fauna

reboisasi

Pengertian flora dan fauna di atas mengajarkan bahwa Indonesia memiliki keberagaman flora dan fauna. Bahkan keberadaannya yang tidak terhitung membuat negara ini menjadikan negara ini sangat indah.

Sayangnya, saat ini banyak sekali flora dan fauna yang sudah jarang untuk ditemui. Hal ini terjadi karena populasinya yang sudah mulai mengurang bahkan sudah punah.

Kepunahan flora dan fauna yang ada di Indonesia juga dipengaruhi oleh ulah manusia seperti perburuan liar dan juga pembakaran hutan. Aktivitas tersebut dilakukan untuk memenuhi kepentingan sendiri karena flora dan fauna yang langka biasanya memiliki harga yang fantastis.

Tidak hanya itu saja, bahkan banyak para petani yang melakukan pembakaran hutan hanya untuk dijadikan sebagai tempat pertanian. Padahal hal tersebut mengganggu habitat asli dari flora dan fauna, sehingga banyak yang mati dan berpindah tempat.

Upaya Pelestarian Flora dan Fauna di Indonesia

Adanya fenomena ini menyadarkan kita semua betapa perlu dan pentingnya melestarikan flora dan fauna. Adapun upaya untuk melestarikan flora dan fauna di Indonesia adalah sebagai berikut:

Membangun Cagar Alam dan Suaka Marga Satwa

Membangun tempat-tempat yang digunakan untuk menjaga kelestarian flora dan fauna. Cagar alam menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk pencegahan punahnya flora dan fauna.

Selain cagar alam, pemerintah juga bisa membangun banyak suaka margasatwa dimana langkah ini adalah salah satu langkah yang tepat untuk melestarikan flora dan fauna.

Membangun Tempat Rehabilitasi Sebagai Penangkaran

Membangun pusat rehabilitasi yang digunakan sebagai tempat penangkaran flora dan fauna. Adapun beberapa pusat rehabilitasi dan penangkaran yang ada di Indonesia seperti:

  • Pusat rehabilitasi orang utan yang berada di Bahorok, tanjung Puting, Sumatera.
  • Pusat rehabilitasi babi rusa dan anoa yang ada di Sulawesi.
  • Daerah hutan Wanariset Samboja di Kutai, Kalimantan Timur.

Pembangunan dengan Tema Peduli Lingkungan

Melakukan berbagai pembangunan dengan tema peduli alam. Adapun pembangunan yang dilakukan harus memperhatikan keseimbangan antara alam, manusia dan lingkungannya. Jangan sampai pembangunan yang dilakukan merusak habitat asli dari flora dan fauna yang ada.

Melakukan Berbagai Tindakan Pendukung

Melakukan usaha untuk melestarikan hutan misalnya:

  • Melakukan reboisasi, atau tebang pilih tanam.
  • Mencegah terjadinya pencurian kayu di hutan secara liar.
  • Menghijaukan kembali hutan.
  • Memperbaiki lingkungan hutan.
  • Membuat undang-undang yang tegas bagi perusak hutan.

Menetapkan Jenis Flora dan Fauna yang Dilindungi

Menetapkan berbagai jenis flora dan fauna yang harus dilindungi misalnya saja seperti biawak, bekantan, soa-soa, tapir, anoa, sarudung, sing puar, pesuing, bajing tanah, siamang, landak semut irian, kelinci liar, orang utan, menjagan, ikan duyung gajah, kambing hutan, tair, macan dahan kuwuk dan masih banyak lainnya.

Selain itu, dalam upaya melestarikan hewan pemerintah juga perlu mengawasi perdagangan hewan liar, melindungi hewan terlindungi dari perburuan liar, mengembalikan hewan ke habitat aslinya.

Melestarikan Biota Air

Melakukan usaha untuk melestarikan biota air misalnya:

  • Melarang para nelayan menangkap ikan secara ilegal yakni seperti melakukan pengeboman.
  • Menjaga kelestarian terumbu karang.
  • Tidak membuang sampah ke lautan.
  • Menanam terumbu karang ke dalam laut.
  • Tidak menangkap binatang laut yang dilindungi
  • Membuat peraturan yang tegas bagi kapal tongkang untuk tidak memasuki wilayah konservasi terumbu karang.
  • Melindungi benih ikan dari gangguan penangkapan liar.

Meskipun kemajuan teknologi selalu mengalami perkembangan, namun hal ini berbanding terbalik dengan kondisi flora dan fauna di dunia. dengan semakin beragamnya aktivitas manusia ternyata hal ini memberikan dampak negatif bagi kelangsungan hidup flora dan fauna.

Dari pengertian flora dan fauna di atas seharusnya kita sadar betapa pentingnya flora dan fauna untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Sudah sepatutnya manusia sadar dan tidak egois dimana hanya mementingkan kepentingan sendiri tanpa memperhatikan kelangsungan hidup makhluk hidup lain di muka bumi ini.

Baca Juga:

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Metamorfosis Kupu-kupu

Proses Metamorfosis Kupu-kupu

Metamorfosis Kupu-kupu – Hal apa yang ada di benak Anda ketika melihat kupu-kupu terbang di sekitar Anda? Tentunya Anda akan mengatakan wahhh cantiknya, atau wahhh bagus sekali, atau wah indah…
View Post