cv menarik

Contoh CV yang Menarik untuk Melamar Kerja

Total
0
Shares

CV atau Curriculum Vitae (Disebut juga: Daftar Riwayat Hidup) merupakan salah satu komponen penting yang harus Anda sertakan dalam mengajukan surat lamaran kerja. Melalui Curriculum Vitae yang Anda buat, pimpinan perusahaan atau kepala Instansi akan mengetahui latar belakang yang Anda miliki. Sehingga membuat Curriculum Vitae yang menarik akan memberikan nilai tambahan tersendiri bagi Anda.

Ada berbagai contoh CV lamaran kerja yang bisa Anda temukan di internet. Salah satunya adalah pada website ini. Dimana pun Anda menemukan Curriculum Vitae, yang wajib Anda perhatikan adalah komponen yang terdapat di dalamnya.

Cara Membuat CV yang Menarik

Dalam membuat Curriculum Vitae yang baik, setidaknya harus ada lima komponen yang wajib ada di dalamnya. Hal ini sangat penting karena melalui Curriculum Vitae yang benar nantinya akan menjadi bahan pertimbangan apakah Anda layak diterima atau tidak. Berikut adalah tips membuat Curriculum Vitae yang menarik dan anti mainstream.

1. Cantumkan Personal Details

Hal yang paling utama disampaikan dalam membuat CV lamaran kerja adalah tentang identitas secara personal yang Anda miliki. Biasanya personal detail terdiri dari nama, tempat tanggal lahir, alamat email yang Anda miliki, alamat tempat tinggal dan juga nomor HP yang bisa dihubungi.

Melalui personal detail yang Anda sampaikan di dalam contoh CV lamaran kerja, maka akan diketahui secara sekilas tentang pribadi Anda. Misalnya mengetahui berapa usia Anda dan alamat domisili Anda.

2. Cantumkan Education Details

Selain personal details, yang harus Anda cantumkan di dalam membuat CV lamaran kerja adalah tentang riwayat pendidikan yang Anda tempuh. Untuk bidang pekerjaan khusus mengharuskan riwayat pendidikan sesuai dengan bidangnya. Misalnya untuk lowongan dokter maka harus sarjana kedokteran.

Melalui educations details ini, perusahaan akan mengetahui apakah riwayat pendidikan yang Anda miliki sesuai yang dibutuhkan atau tidak. Bahkan jika Anda berasal dari universitas yang bagus maka akan menambah nilai tersendiri.

3. Cantumkan Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja yang Anda miliki akan memberikan nilai tambahan pada saat melakukan penilaian terhadap diri Anda. Apalagi jika sebelumnya Anda memiliki riwayat kerja yang bagus tentunya akan semakin membuka peluang untuk diterima menjadi bagian dari perusahaan yang Anda inginkan tersebut.

Namun bagi Anda yang baru saja lulus atau fresh graduate, Anda tidak usah bersedih, karena ada beberapa perusahaan yang memberikan kesempatan kepada lulusan baru. Anda bisa mencantumkan pengalaman praktik yang Anda lakukan saat menempuh pendidikan.

4. Cantumkan Sertifikat

Kesempatan Anda akan semakin terbuka luas apabila Anda juga memiliki sertifikat keahlian khusus. Apalagi jika sertifikat yang Anda miliki tersebut sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan pada perusahaan.

Sertifikat ini akan memberikan nilai khusus pada penilaian terhadap diri Anda. Misalnya sertifikat keahlian komputer, ahli Bahasa Inggris dan lain sebagainya. dimana semua perusahaan menginginkan karyawannya memiliki kualitas yang bisa diandalkan.

5. Cantumkan Foto

Hal yang juga penting untuk dicantumkan di dalam membuat CV lamaran kerja adalah foto diri. Hal ini penting karena perusahaan akan melihat Anda secara langsung sebelum akhirnya dilakukan sesi wawancara.

Ada juga beberapa perusahaan yang menginginkan karyawannya memiliki penampilan yang menarik. Seperti pada posisi sales promotions biasanya harus memiliki penampilan yang menarik, sehingga foto yang menarik pun harus Anda miliki agar lebih meyakinkan.

PIKAT HATI HRD DENGAN CV BAHASA INGGRIS, LIHAT CONTOH: CV BAHASA INGGRIS DAN ARTINYA

Contoh CV yang Menarik

CV Lamaran kerja

Nah itulah beberapa tips yang harus Anda perhatikan dalam membuat CV lamaran kerja. Selain itu, untuk lebih menambah nilai dan juga agar terkesan berbeda atau anti mainstream, Anda bisa menggunakan layout yang menarik pula.

Anda bisa mendapatkan beberapa template CV yang anti mainstream di internet, misalnya Template CV Canva yang bisa anda akses secara gratis. Hal ini agar saat pertama kali melihat CV Anda sudah ada ketertarikan tersendiri karena berbeda dengan yang lainnya yang kebanyakan hanya berlatar putih.

Bagaimana menurut Anda? Mudah bukan? Nah agar lebih menambah pemahaman Anda, berikut ini adalah beberapa contoh CV lamaran kerja sebagai syarat utama lampiran surat lamaran kerja. Check these out!

Contoh CV Menarik untuk Fresh Graduate

Contoh CV lamaran kerja berikut biasanya dipakai bagi mereka yang baru saja menyelesaikan pendidikannya. CV ini tidak mencantumkan pengalaman kerja karena memang belum pernah memiliki pengalaman kerja.

BACA ARTIKEL TERKAIT: Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Fresh Graduate

Contoh CV Lamaran Kerja yang Menarik

Pada contoh CV lamaran kerja di bawah ini adalah mereka yang sudah memiliki pengalaman kerja. CV tersebut mencantumkan beberapa pengalaman kerjanya di beberapa perusahaan.

Contoh CV Kosong

Nah itulah beberapa contoh CV lamaran kerja yang menarik dan anti mainstream. Anda bisa membuat CV yang lebih menarik dari beberapa contoh di atas. Untuk masalah penggunaan template, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhannya. Jika memang pekerjaan yang Anda lamar bersifat resmi, sebaiknya menggunakan template yang simpel saja dan tidak mengandung terlalu banyak elemen yang tidak penting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
pidato persuasif

Kumpulan Contoh Pidato Persuasif

Contoh pidato persuasif merupakan salah satu dari jenis pidato yang ada di kehidupan sehari-hari. Pidato sendiri merupakan kegiatan berbicara di depan khalayak ramai. Pidato biasanya disampaikandalam event tertentu. Sebagai salah…
View Post