Contoh Cover Latter Bahasa Inggris

Curi Perhatian HRD Dengan Contoh Cover Latter Bahasa Inggris

Total
0
Shares

Contoh Cover Latter Bahasa Inggris – Dalam dunia profesional, kemampuan dalam berbahasa Inggris menjadi hal yang diunggulkan dalam dunia kerja. Seseorang yang memiliki keterampilan berbicara Bahasa Inggris dianggap memiliki nilai plus.

Bahkan, banyak juga perusahaan maupun instansi yang saat ini menerapkan lamaran kerja dalam bentuk Bahasa Inggris atau disebut dengan cover letter dalam perekrutannya.

Untuk itu, tidak ada alasan lagi untuk kita mempelajari bahasa Internasional ini. Karena banyaknya perusahaan yang sudah menerapkan cover letter, oleh sebab itu kali ini akan dibahas mengenai cara membuat cover letter yang baik dan benar.

Selain itu, di sini juga sudah disediakan contoh surat cover letter Bahasa Inggris yang akan memudahkan Anda dalam penulisannya.

Kaidah Penulisan Cover Latter Bahasa Inggris

Nah, sebelum masuk ke penulisannya, berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan surat cover letter Bahasa Inggris yang harus Anda perhatikan.

1. Pembukaan

Dalam pembukaan ini, Anda harus mencantumkan kepada siapa surat ini akan ditujukan. Biasanya surat lamaran kerja ditujukan kepada HRD atau kepala manager atau disesuaikan dengan informasi yang didapatkan.

Setelah itu, cantumkan salam, nah karena ini adalah cover letter, maka Anda harus gunakan Dear sir/madam jika belum mengetahui dengan pasti surat tersebut ditujukan untuk siapa.

Namun, jika Anda sudah tahu kepada siapa surat tersebut akan ditujukan, maka gunakan dear Mr./Mrs/Ms yang dilanjutkan dengan nama orang yang bersangkutan.

2. Isi

Setelah pembukaan, maka hal kedua yang harus ada dalam cover letter adalah isi. Nah, bagian ini tidak boleh terlalu panjang.

Sebab keberadaan dari cover letter ini hanya dijadikan sebagai formalitas dan kadang tidak dilirik oleh pihak instansi.

Meskipun demikian, bukan berarti Anda bisa membuat cover letter ini dengan asal-asalan. Anda tetap harus menggunakan pemilihan kata yang tepat.

Dalam isi cover letter, Anda harus mencantumkan biografi singkat mengenai pendidikan, pengalaman kerja serta dari mana informasi tentang lowongan pekerjaan ini.

selain itu, Anda juga bisa mencantumkan kelengkapan data yang disertakan dalam amplop atau email seperti Curriculum Vitae, ijazah, portofolio dan masih banyak lainnya.

3. Penutup

Untuk bagian penutup sebenarnya tidak ada aturan khusus. yang paling penting adalah gunakan bahasa yang formal dan pastikan kalimat yang Anda gunakan mudah untuk dibaca dan dipahami. Pastikan pula Anda meminta rekomendasi kepada teman mengenai cover letter yang sudah dibuat apakah sudah sesuai atau belum.

Cover Latter

Kesalahan yang Sering Terjadi Dalam Penulisan Cover Letter

Ada banyak sekali contoh surat cover letter Bahasa Inggris yang ditulis oleh pelamar tidak sesuai. Padahal surat lamaran ini sangat penting yang dapat mempengaruhi diterima atau tidaknya seseorang saat melamar. Adapun beberapa kesalahan yang sering terjadi seperti di bawah ini.

Cover Letter Sering Dijadikan Sebagai Ajang Curhat Pelamar

Umumnya, cover letter ini terdiri atas 1 halaman saja yang berisikan hal-hal yang singkat namun jelas dan menyeluruh. Namun, banyak pelamar yang menjadikan cover letter sebagai ajang curhat.

Bahkan banyak pelamar yang menceritakan pengalamannya selama belum bekerja dan itu tidak ada hubungannya dengan posisi pekerjaan yang sedang dilamar.

Untuk itu, pastikan bahwa Anda menulis cover letter ini dengan benar. Jika ingin curhat, lebih baik tulis pada buku dairy saja.

Format yang Digunakan Tidak Tepat

Adapun format dalam membuat surat lamaran kerja adalah pembuka isi dan penutup. Nah, salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah beberapa pelamar melewatkan salah satu dari ketiga format wajib ini.

jika hal ini terjadi, maka secara otomatis cover letter yang dibuat tidak menjual dan sangat sulit untuk dipertimbangkan.

Untuk itu, pastikan Anda teliti dan lebih jeli lagi saat membuat cover letter. Pastikan pula semua komponen dalam format harus ada.

Memasukkan Kemampuan yang Tidak Sesuai Dalam Cover Letter

Kesalahan selanjutnya yang sering terjadi pada cover letter adalah pelamar yang memasukkan skill yang tidak sesuai. Ini karena cover letter dijadikan sebagai salah satu ajang untuk mencuri perhatian dari HRD.

Namun, masukkan saja skill yang emang berkaitan dengan pekerjaan yang ditawarkan. Jangan sampai anda memasukkan semua skill yang tidak ada kaitannya dengan jenis pekerjaan.

Sebab, yang diinginkan oleh HRD adalah apakah skill yang Anda miliki ini cocok dengan posisi kosong yang tersedia.

Cover Latter

Contoh Cover Latter

Untuk Anda yang penasaran seperti apa si contoh surat cover letter Bahasa Inggris yang benar. Di bawah ini akan disajikan banyak sekali kumpulan cover letter yang bisa dijadikan sebagai referensi. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Contoh dalam Bahasa Inggris

Palembang, April 11, 2019

Attention To : Human Resources Department Sejahtera Sentosa Selamanya

Jl. Budi Pekerti 15, Palembang

 

Dear Sir/Madam,

Based on the advertisement posted on palembanglowker.com on 1 april 2019, I found that your company is looking for a Full-Stack Developer. Through the skills and experiences listed below, I believe to be a strong candidate for this job.

Having the professional and academic experience in computer and software engineering, the field of programming and development industry has been familiar to mine. I’m a Computer Science graduate from Palembang University, majoring in Informatics System. I’ve worked as a freelance developer for two years after graduating, and as a Software Engineer for a startup company ShoppingYuk since 2015-2017.

I hope my past experience is intriguing enough. If you demand further details, please feel free to contact me on +628134578209. Thank you for your time. I am looking forward to hearing from you soon.

Sincerely,

Dinda Kanya Dewi

Arti dalam Bahasa Indonesia

Kepada Bapak/Ibu

Berdasarkan sebuah iklan yang tertera pada Pelembanglowker.com pada tanggal 1 April 2019, perusahaan Anda sedang membutuhkan seorang Full-Stack Developer. Berdasarkan keahlian dan pengalaman yang saya miliki, saya yakin saya dapat menjadi kandidat yang kuat dalam pekerjaan ini.

Saya juga memiliki pengalaman yang profesional serta akademis dalam teknisi komputer dan software, bidang programming dan pengembangan industri sudah saya kenali. Saya adalah lulusan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Palembang, jurusan sistem Informasi. Saya juga telah bekerja freelance sebagai developer selama 2 tahun setelah wisuda, dan menjadi software Engineer di perusahaan startup ShoopigYuk sejak 2015-1017.

Saya harap pengalaman yang saya miliki cukup menggugah. Untuk detail informasi lebih lanjut, silahkan hubungi +628134578209. Terima kasih untuk waktunya. Saya menunggu kabar dari Anda segera,

Salam.

 

Dinda Kanya Dewi

Dari contoh surat cover letter Bahasa Inggris di atas sudah menunjukkan bahwa informasi yang diberikan oleh pelamar sangat jelas dan detail. Selain itu, kalimat yang digunakan juga tidak berbelit-belit dan tepat sasaran. Nah, semoga adanya contoh surat cover letter Bahasa Inggris di atas bisa dijadikan acuan untuk Anda yang sedang berjuang untuk mendapatkan pekerjaan yang benefit.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Metamorfosis Kupu-kupu

Proses Metamorfosis Kupu-kupu

Metamorfosis Kupu-kupu – Hal apa yang ada di benak Anda ketika melihat kupu-kupu terbang di sekitar Anda? Tentunya Anda akan mengatakan wahhh cantiknya, atau wahhh bagus sekali, atau wah indah…
View Post