surat rekomendasi beasiswa

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa

Total
0
Shares

Untuk mendapatkan beasiswa di setiap lembaga pendidikan, instansi swasta, dan sebagainya. Tentu anda membutuhkan surat rekomendasi beasiswa.

Anda bisa memintanya pada dosen, guru, atau atasan tempat Anda bekerja.

Surat rekomendasi beasiswa merupakan bukti sah yang menunjukkan bahwa siswa atau mahasiswa yang bersangkutan memang benar-benar berhak untuk mendapatkan beasiswa.

Sebelum meminta surat rekomendasi beasiswa, Anda harus memastikan bahwa surat rekomendasi beasiswa telah disusun menggunakan format khusus yang baik dan benar.

Sebab, surat semacam ini tak jarang hanya berisi akan hal yang sifatnya umum.

Hal ini disebabkan karena kesibukan yang tinggi, sehingga pihak penulis surat telah memiliki semacam master untuk surat rekomendasi.

Nah, Anda bisa melihat format contoh surat rekomendasi beasiswa di bawah ini:

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa dalam Bahasa Indonesia

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa dalam Bahasa Indonesia

 

 

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa dalam Bahasa Inggris

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa dalam Bahasa Inggris

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa untuk Siswa SMA

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa untuk Siswa SMA

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa untuk Kuliah ke Luar Negeri

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa untuk Kuliah ke Luar Negeri

dalam sebuah surat rekomendasi beasiswa ke luar negeri, idealnya ada beberapa poin yang mestinya tertuang. Surat rekomendasi yang bagus minimal berisi tentang dua hal ini:

  • Statement bahwa mereka mengenal Anda selama sekian tahun dalam kapasitas yang spesifik. Contohnya sebagai dosen pembimbing atau partner penelitian, ataupun pemimpin proyek riset yang Anda terlibat di dalamnya.
  • Statement bahwa mereka mendukung rencana studi lanjutan Anda dan yakin akan kapabilitas yang Anda miliki. Akan lebih baik lagi jika disertai dengan alasan spesifik seperti misalnya Anda pernah mengambil mata kuliah yang diampu oleh beliau dan mendapatkan nilai yang memuaskan, atau Anda pernah terlibat dalam proyek riset yang dipimpin beliau dan berkontribusi secara signifikan.
  • Jika pembuat surat adalah atasan Anda di kantor, berilah tambahan pada akhir surat dengan pernyataan bahwa Anda akan diterima lagi ke institusi usai Anda merampungkan studi.

Berikut adalah contoh surat rekomendasi beasiswa yang ditulis oleh Dr. Tim Jennerjahn saat penulis blog melamar beasiswa ke New Zealand ASEAN Scholarships (NZAS) pada program studi doctoral Marine Science di Universitas Auckland, New Zealand.

Nah, itulah beberapa contoh surat rekomendasi beasiswa yang baik dan benar. Semoga bisa Anda jadikan inspirasi dalam menulis surat rekomendasi beasiswa.

Anda cukup mengubahnya sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan beasiswa tujuan dan saran dari dosen atau pengajar Anda.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Metamorfosis Kupu-kupu

Proses Metamorfosis Kupu-kupu

Metamorfosis Kupu-kupu – Hal apa yang ada di benak Anda ketika melihat kupu-kupu terbang di sekitar Anda? Tentunya Anda akan mengatakan wahhh cantiknya, atau wahhh bagus sekali, atau wah indah…
View Post