surat permohonan izin

Contoh Surat Permohonan Izin dan Kaidah Penulisannya

Total
0
Shares

Mendengar istilah surat tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda. Surat merupakan sarana yang digunakan untuk menyampaikan sebuah informasi dari satu pihak ke pihak yang lain. Surat ini bisa bersifat secara pribadi atau mewakili kelompok atau golongan.

Media surat ini pernah populer di era tahun 1980. Pada saat itu, surat menjadi salah satu sarana komunikasi yang bisa diandalkan untuk bisa melakukan komunikasi baik jarak dekat maupun jarak jauh.

Namun seiring perkembangan zaman dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, surat menyurat sudah tidak lagi digunakan karena dianggap tidak efektif karena untuk bisa menerima pesan harus membutuhkan waktu yang lama.

Sebenarnya, surat tidak seutuhnya ditinggalkan. Hanya saja bentuknya yang sudah berbeda. Jika dahulu surat tertulis dalam sebuah kertas.

Kini surat sudah dalam bentuk digital atau elektronik yang pengirimannya hanya membutuhkan beberapa detik saja.

Namun terlepas dari semua kemajuan teknologi tersebut, surat masih digunakan hingga sekarang. Seperti contoh surat permohonan izin.

Surat ini masih tertulis dalam bentuk kertas meskipun ada pula yang dikirimkan melalui surat elektronik atau email.

Namun meskipun demikian, penulisan dan kaidah-kaidah yang digunakan dalam penulisan surat permohonan izin ataupun jenis surat resmi lainnya tetaplah sama.

contoh surat permohonan izin

Kaidah Penulisan Surat Permohonan Izin

Secara umum terdapat beberapa kaidah yang harus ada di dalam sebuah surat resmi. Antara lain adalah memiliki kop surat.

Kop surat ini berfungsi untuk menunjukkan identitas pengirim, seperti nama perusahaan atau kelompok yang diwakili, alamat, nomor telepon dan lain sebagainya.

Selanjutnya adalah memiliki nomor surat, perihal dan juga lampiran. Surat resmi biasanya diawali dengan salam pembuka dan diakhiri dengan salam penutup dengan memakai bahasa yang formal atau resmi.

Selain itu menggunakan format yang baku serta terakhir biasanya dibubuhi dengan stempel atau cap dari lembaga resmi.

Sebenarnya surat tidak hanya dalam bentuk surat resmi. Ada berbagai jenis surat yang ada di dunia.

Untuk lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini tentang pengertian surat oleh para ahli, pembagian jenis-jenis surat termasuk didalamnya surat permohonan izin beserta contohnya.

Pengertian Surat Menurut Beberapa Ahli

Sebelum membahas terlalu jauh bagaimana contoh surat permohonan izin, tidak ada salahnya jika Anda mengenal apa itu pengertian surat.

Secara umum surat merupakan salah satu sarana yang digunakan untuk berkomunikasi dari satu pihak kepada pihak yang lainnya.

Isi surat biasanya meliputi sebuah informasi, pernyataan, pemberitahuan, permohonan, perintah dan lain sebagainya. Sedangkan pengertian surat menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Pratama

Surat merupakan sebuah alat atau sarana yang difungsikan untuk mengambil informasi juga pernyataan dengan secara tertulis dari pihak yang satu ke pihak yang lainnya, baik itu dilakukan atas nama sendiri, jabatan yang disandang dari suatu instansi perusahaan ataupun juga sebuah organisasi. (1997)

2. YS. Mario

Surat merupakan suatu alat komunikasi tertulis atau sarana yang digunakan untuk dapat menyampaikan suatu informasi ataupun juga pernyataan dengan secara tertulis dari pihak satu ke pihak lain. (2000)

3. Yose Rizal

Surat merupakan alat yang digunakan untuk dapat menyampaikan maksud dengan secara tertulis atau sebagai salah satu jenis komunikasi tulisan. (2003)

4. Agus Sugiarto

Surat merupakan sebuah dengan sarana komunikasi yang dipakai untuk dapat menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain.

Dengan kata lain, surat tersebut merupakan alat komunikasi tertulis untuk dapat menyampaikan sebuah pesan kepada pihak lain yang memiliki persyaratan khusus yaitu penggunaan kertas, penggunaan bentuk/ model, pemakaian notasi serta juga kode, penggunaan bahasa yang khas dan juga pencantuman tanda tangan. (2005)

Fungsi Surat

Secara umum, surat memiliki fungsi sebagai berikut:

1. Sarana Permohonan

Melalui sebuah surat, Anda bisa menyampaikan sebuah permintaan atau permohonan kepada pihak yang Anda inginkan.

Salah satunya adalah contoh surat permohonan izin atau surat permohonan bantuan. Surat permohonan ini seringnya berbentuk surat resmi, sekalipun mewakili individu ataupun golongan.

2. Sarana Pemberitahuan

Fungsi surat selanjutnya adalah sebagai sarana pemberitahuan. Misalnya surat pemberitahuan dari pihak sekolah tentang laporan pembangunan dan lain sebagainya.

surat pemberitahuan ini seringnya juga dalam bentuk surat resmi. Meskipun ada pula yang bersifat tidak resmi misalnya surat undangan hajatan, pernikahan dan lain sebagainya.

3. Menyampaikan Ide atau Buah Pikiran

Melalui surat, Anda juga bisa menyampaikan sebuah gagasan. Misalnya surat untuk presiden, gubernur atau orang yang Anda inginkan. Surat ini sebaiknya menggunakan bahasa yang resmi dan sopan.

4. Sebagai Alat Pengingat

Selain beberapa fungsi di atas, surat juga berperan sebagai alat pengingat. Misalnya surat peringatan sebuah acara penting. Sehingga melalui surat tersebut seseorang bisa mengingat peristiwa yang harus diingatnya.

5. Sebagai Bukti Historis

Salah satu fungsi penting surat adalah sebagai sebuah dokumen penting, misalnya sebagai bukti historis.

Masih ingatkah Anda dengan peristiwa G 30 S PKI yang melahirkan surat perintah sebelas maret yang menjadi salah satu bukti historis dari sebuah sejarah bangsa Indonesia.

contoh surat permohonan izin

Jenis-jenis Surat

Secara umum berdasarkan bahasa yang digunakan, bentuk dan isi, surat dibedakan menjadi 3 jenis. Yaitu surat pribadi, surat dinas dan juga surat niaga.

Sedangkan menurut pemakaiannya, surat dibedakan menjadi surat pribadi, surat dinas dan juga surat resmi.

Surat pribadi biasanya digunakan untuk kepentingan yang bersifat pribadi. Namun penggunaan surat pribadi saat ini sudah mulai terkikis dengan kemunculan berbagai aplikasi chat yang lebih mudah dan praktis.

Surat pribadi biasanya tidak memiliki kop surat, bahasa yang dipakai lebih santai dengan format yang bebas.

Sedangkan untuk surat resmi, biasanya memiliki kop surat, memiliki salam pembuka dan penutup, dan memiliki cap atau stempel dari lembaga terkait.

Misalnya adalah contoh surat permohonan izin, biasanya memiliki kop surat, salam pembuka penutup dan juga stempel pada bagian bawahnya.

Contoh Surat Permohonan Izin

Pada sebuah kondisi tertentu terkadang mengharuskan Anda untuk membutuhkan bantuan orang lain.

Misalnya ketika Anda harus menyelenggarakan sebuah kegiatan dan harus menggunakan gedung, lapangan atau halaman terlebih dahulu sebaiknya Anda membuat surat permohonan izin.

Surat permohonan izin ini meliputi banyak hal, surat permohonan izin melakukan kegiatan, surat permohonan izin menggunakan peralatan, surat permohonan izin menggunakan tempat dan masih banyak yang lainnya.

Nah untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa contoh surat permohonan izin dalam berbagai kegiatan.

Surat Permohonan Izin Menggunakan Lapangan

Wonosobo, 23 april 2019

Nomor : 41/PKS/KTRRW13/V-17

Hal : Permohonan Izin

Lampiran 1 Berkas proposal

 

Kepada

Bapak Ketua RW 09

Di tempat

Assalamualaikum Wr.Wb.

Dengan Hormat,

Segala puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang sudah memberikan rahmat kepada kita semua. Shalawat serta salam kita junjungkan ke pada nabi agung kita Nabi Muhammad SAW.

Dalam acara hari ulang tahun Indonesia yang ke 77, di sini kami ingin menggelar acara lomba dan pentas dangdut untuk seluruh anggota masyarakat dusun Jambean guna untuk meramaikan acara ulang tahun hari kemerdekaan indonesia dan menyambung tali persaudaraan agar lebih mempererat tali silaturahmi. Acara tersebut akan dilaksanakan pada:

Hari/ Tanggal : Senin, 24 Agustus 2019

Waktu : 08.00 sampai selesai

Tempat : Lapangan Kemiri RT 01 RW 09 Kelurahan Kalibeber

Dengan ini saya ketua panitia pelaksana dari acara kegiatan ini ingin memohon izin untuk memakai lapangan sampai selesai guna untuk memperlancar acara supaya berjalan dengan baik.

Demikian saya sampaikan permohonan ini. dengan harapan yang besar kami meminta agar permohonan ini di kabulkan supaya acara yang akan kami adakan dapat terlaksana dengan baik. Atas dukungan serta perhatian yang diberikan Bapak, Kami selaku panitia mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Sekretaris Karang Taruna Ketua Karang Taruna

Murena Ulfarina Sukatmi

contoh surat permohonan izin

Surat Permohonan Izin Tidak Mengikuti Kuliah

Wonosobo, 29 april 2019

Perihal : Permohonan Izin Tidak Mengikuti Kegiatan Kuliah

Lampiran : 1 Lembar

Yth. Bapak Nicholas Saputra, M.Ars

Di Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Universitas Sains Al qur’an Wonosobo

Di Wonosobo

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini adalah:

Nama : Dhoriefah Niswah El Fidaa

Kelas : IA Teknik Sipil

Memberitahukan bahwa saya tidak dapat mengikuti mata kuliah Teknik Arsitektur dan bangunan yang Bapak berikan dikarenakan saya sedang sakit.

Permohonan izin ini saya ajukan sesuai dengan hasil pemeriksaan dokter yang tertera pada surat keterangan sakit dari dokter yang saya lampirkan bersama dengan surat permohonan izin ini.

Di dalam surat keterangan sakit tersebut bahwasanya dokter menjelaskan bahwa saya harus beristirahat dan tidak mengikuti mata kuliah terlebih dahulu untuk waktu yang telah ditentukan. Sedangkan untuk tugas yang bapak berikan pada minggu lalu sudah saya titipkan melalui teman saya.

Demikian surat permohonan izin ini saya buat, mohon kiranya untuk bisa dimaklumi. Atas perhatian dan pemberian izin yang diberikan oleh Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Dhoriefah Niswah El Fidaa

contoh surat permohonan izin

Surat Permohonan Izin Menyelenggarakan Kegiatan

ORGANISASI INTRA SEKOLAH (OSIS)

SMA NEGERI 7 Kota Wonosobo

Jl. Teratai Merah Muda No. 102-104 Wonosobo 67033

Tlp. 022-690210 Fax. 022-690211

Wonosobo, 29 April 2019

Nomor : 22/OS60/SU/9/19

Sifat : Penting

Lampiran : 1 Berkas Proposal

Hal : Permohonan Izin Kegiatan

Yth. Kepala SMA Negeri 7 kota Wonosobo

Di tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dengan hormat,

Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, dan semoga kita selalu dalam limpahan iman kepada-Nya. Shalawat dan sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi besar Muhammad SAW hingga akhir zaman.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun SMA Negeri 7 kota Wonosobo yang ke 25, kami bermaksud mengadakan acara syukuran bagi seluruh warga SMA Negeri 7 kota Wonosobo guna mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan solidaritas warga SMA Negeri 7 kota Wonosobo yang akan diadakan pada:

Hari/Tanggal : Senin 3 Mei 2019

Waktu : 09.00-Selesai

Tempat : Gedung Olah Raga SMA Negeri 7 kota Wonosobo

Oleh karena itu, kami selaku panitia pelaksana kegiatan bermaksud memohon izin untuk mengadakan kegiatan tersebut agar acara kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Demikian permohonan ini kami sampaikan. Besar harapan kami agar permohonan izin ini dikabulkan sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik. Atas perhatian dan dukungan Bapak, kami ucapkan terimakasih.

Wasalamualaikum Wr. Wb.

Hormat Kami,

Ketua OSIS SMA Negeri 7 kota Wonosobo

Membuat contoh surat permohonan izin ternyata mudah bukan? Dari beberapa ulasan yang dijelaskan di atas.

Tentunya Anda sudah memiliki wawasan tentang bagaimana cara untuk membuat surat permohonan izin.

Yang terpenting adalah gunakan bahasa yang resmi dan sopan dan sesuaikan dengan kaidah yang berlaku.

Jangan lupa bahwa apa yang disampaikan di dalam surat tersebut benar adanya dan dapat dipertanggung jawabkan.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
pidato persuasif

Kumpulan Contoh Pidato Persuasif

Contoh pidato persuasif merupakan salah satu dari jenis pidato yang ada di kehidupan sehari-hari. Pidato sendiri merupakan kegiatan berbicara di depan khalayak ramai. Pidato biasanya disampaikandalam event tertentu. Sebagai salah…
View Post