surat permohonan bantuan dana

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana

Total
0
Shares

Surat permohonan bantuan merupakan salah satu contoh surat permohonan. Surat permohonan itu sendiri adalah sebuah surat yang menyatakan permintaan atau permohonan kepada pihak lain dalam suatu hal.

Baik surat permohonan kerja, surat permohonan bantuan, surat permohonan izin, surat permohonan bantuan dana dan lain sebagainya.

Surat permohonan ini ada yang bersifat tidak resmi maupun bersifat resmi. Untuk surat permohonan yang bersifat resmi.

Biasanya ditujukan kepada suatu instansi pemerintahan atau sebuah perusahaan. Sementara surat permohonan yang bersifat tidak resmi adalah yang bersifat pribadi.

Secara umum, surat permohonan biasanya ditujukan kepada yang lebih tinggi dari yang memiliki kedudukan yang lebih rendah.

Misalnya contoh surat permohonan bantuan kepada Bupati dari sebuah kelompok masyarakat, dan masih banyak yang lainnya.

contoh surat permohonan bantuan

Tujuan Surat Permohonan

Sesuai dengan nama yang dimiliki, surat permohonan bertujuan untuk bisa menerima sesuatu yang diinginkan dari pihak yang dituju.

Surat permohonan tersebut dibuat secara sungguh-sungguh agar bisa disetujui oleh pihak yang diinginkan.

Misalnya surat permohonan izin, surat permohonan dana, surat permohonan bantuan dan lain sebagainya.

Tips Membuat Surat Permohonan

Nah setelah Anda mengenal pengertian, maksud dan tujuan dari surat permohonan, langkah selanjutnya adalah mulai membuat surat permohonan.

Namun sebelum membuat surat permohonan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat permohonan.

Berikut ini adalah langkah membuat surat permohonan agar diterima. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya berikut ini!

1. Gunakan Bahasa yang Baku atau Formal

Meskipun surat permohonan ada yang bersifat tidak resmi atau tidak ditujukan kepada instansi pemerintah.

Akan lebih baik jika surat permohonan yang Anda buat dengan menggunakan bahasa yang resmi atau baku. Hal ini bertujuan agar lebih menghormati kepada yang menerimanya.

Selain itu, bahasa yang baku akan menunjukkan bahwa Anda serius dalam melakukan permohonan tersebut.

Apabila bahasa yang digunakan bahasa santai atau bahkan bahasa gaul tentunya surat Anda akan diragukan kebenarannya. Sehingga peluang untuk ditolak akan lebih besar.

Berbeda jika Anda menggunakan bahasa yang baku atau formal, maka akan jauh lebih sopan dan terhormat.

Baik menghormati diri Anda sendiri maupun pihak lain yang ditujukan. Selain itu, bahasa baku juga lebih mudah dimengerti.

2. Gunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Di dalam membuat surat permohonan baik contoh surat permohonan bantuan dana maupun kerjasama, sebaiknya menggunakan bahasa yang baik dan benar.

Bahasa yang baik adalah bahasa yang mudah dipahami dan tidak berbelit-belit. Singkat, padat dan jelas.

Bahasa yang benar adalah bahasa yang sesuai dengan aturan yang berlaku. Karena kebanyakan surat permohonan bersifat resmi maka sebaiknya menggunakan bahasa formal sesuai yang sudah dijelaskan di atas.

3. Perhatikan Format Penulisan

Dalam menulis surat permohonan, gunakan format penulisan yang rapi. Dengan bentuk surat yang rapi dan enak dibaca.

Tentunya pihak yang dituju akan semakin yakin dengan apa yang Anda sampaikan. Dan kemungkinan besar untuk menyetujui apa yang diinginkan.

Format penulisan yang biasa digunakan adalah dengan memakai rata kanan kiri, jenis font Times New Roman, dengan ukuran huruf 12 dan spasi 1,5. Dengan format yang demikian tulisan Anda akan tampak lebih rapi.

4. Identitas yang jelas

Agar surat Anda tidak diragukan oleh pihak yang tertuju, maka jangan lupa untuk menjelaskan identitas Anda.

Disini adalah Anda atau kelompok Anda. Jelaskan siapa kelompok Anda, dimana alamatnya dan lain sebagainya. atau biasanya sudah tertera secara jelas dalam kop surat.

5. Maksud dan Tujuan yang Jelas

Dalam membuat surat permohonan sebaiknya menyampaikan maksud dan tujuan secara jelas. Jika pada contoh surat permohonan bantuan dana.

Maka sebaiknya menyampaikan besaran dana yang dibutuhkan secara jelas. Dan alokasinya kemana saja disampaikan secara jelas.

Hal ini bertujuan agar meyakinkan kepada pihak yang dituju. Dengan gambaran yang jelas maksud dan tujuan dari surat permohonan Anda.

Maka pihak yang menerima surat permohonan tersebut bisa segera memberikan jawaban apakah ditolak atau diterima.

6. Cantumkan Tanda Tangan dan Nama yang Jelas

Pada akhir surat permohonan jangan lupa untuk mencantumkan nama terang dan tanda tangan dari pihak Anda atau pihak yang bertanggung jawab atas kegiatan tersebut.

Misalnya ketua panitia, Kepala Desa, Kepala Sekolah dan lain sebagainya. hal ini penting karena sebagai tanda untuk meyakinkan pihak yang menerimanya.

7. Berdoa

Terakhir, setelah Anda mengajukan surat permohonan baik permohonan kerja sama maupun permohonan bantuan, adalah berdoa. Semoga surat permohonan Anda diterima. Karena tidak ada yang tidak mungkin dengan kekuatan doa.

contoh surat permohonan bantuan

Contoh Surat Permohonan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwasanya terdapat berbagai jenis dari surat permohonan, contoh surat permohonan bantuan, surat permohonan izin, surat permohonan kerja dan lain sebagainya.

untuk mengajukan surat permohonan tersebut harus dibuat dengan bersungguh-sungguh agar permohonan tersebut bisa disetujui. Nah untuk lebih jelasnya berikut ini adalah contoh surat permohonan.

Surat Permohonan Bantuan Kerja Sama

PT. Anugerah Cinta Sejahtera

Jalan Yos Sudarso No 5 Yogyakarta

Telp (0274) 89765787

Kode Pos 88765

Nomor : 13/5343/DGT/2019 Yogyakarta 4 April 2019

Lampiran : Proposal Kegiatan

Perihal : Permohonan Bantuan Kerjasama

Yth. Direktur PT Cinematik Bahagia

Jalan Suka Maju No 90 Yogyakarta

Dengan Hormat,

Melalui Surat ini Pihak PT. Anugerah Cinta Sejahtera menawarkan kerja sama dengan PT. Cinematik Bahagia untuk menjadi partner dalam kegiatan penjualan yang Kami lakukan, berupa:

  1. Perlengkapan Import Permainan Anak Laki-Laki
  2. Pakaian Import Anak Laki-laki

Kami menawarkan kerjasama kepada perusahaan yang Anda pimpin untuk menjadi rekan marketing utama di perusahaan Kami. Dengan kompensasi pembagian keuntungan dengan jumlah yang bisa didiskusikan secara bersama.

Demikian surat permohonan bantuan kerja sama Kami buat. Semoga bisa dipertimbangkan. Atas perhatian dan kerjasamanya Kami ucapkan Terima Kasih.

Hormat Kami,

PT. Anugerah Cinta Sejahtera

Surat Permohonan Bantuan Dana Untuk Kegiatan Seni

Panitia SMANSA Festival

SMA Negeri 1 Wonosobo

Nomor : 02/SF/XII/2019

Lampiran : Proposal Kegiatan

Perihal : Permohonan Bantuan Dana

 

Yth. Direktur PT Anugerah Cinta Sejahtera

Jalan Kartini Nomor 34

Wonosobo 59463

Dengan Hormat,

Sehubung akan diadakannya kegiatan SMANSA Festival SMA Negeri 1 Wonosobo, Kami selaku Panitia Acara dan Sekolah menyelenggarakan Festival Musik dan Kesenian yang Kami beri nama SMANSA Festival yang akan dilaksanakan pada:

Hari Tanggal : Jumat 4 April 2019

Waktu : 16.00- 23.00 WIB

Tempat : Gedung Sasana Adipura wonosobo

Acara : SMANSA FESTIVAL

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, panitia mengharapkan adanya partisipasi masyarakat dalam apresiasi musik dan kesenian yang ada di Wonosobo. Kegiatan ini merupakan salah satu sarana untuk mengembangkan minat dan bakat dan seni dan musik.

Dalam pelaksanaan acara tersebut, panitia membutuhkan dana yang cukup besar. Oleh karena itu, Kami memohon bantuan dari Bapak/Ibu untuk memberikan bantuan dana dikarenakan panitia masih membutuhkan dana yang cukup besar untuk operasional acara tersebut.

Demikian surat permohonan bantuan dana ini Saya Sampaikan. Atas perhatian dan bantuan dari Bapak/Ibu, Saya ucapkan Terima Kasih.

Ketua Panitia

Dhoriefah Niswah El Fidaa

Mengetahui,

Kepala SMA N 1 Wonosobo

Dila Arini, M.Pd

contoh surat permohonan bantuan

Surat Permohonan Bantuan Dana Untuk Kegiatan Keagamaan

Panitia Peringatan Isra’Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1440 H

Nomor : 123/V/2017

Lampiran : 1 (satu) Buah Proposal

Perihal : Permohonan Bantuan Dana Kegiatan Peringatan 1 Muharam

 

Kepada Yth,

Seluruh Warga Desa Kalibeber

di

Tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Teriring rasa syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya. Shalawat serta salam pada suri tauladan kita Nabi Muhammad SAW.

Berkenaan dengan akan diadakannya kegiatan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1440H yang akan jatuh pada tanggal 21 September 2019 mendatang, yang mana kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan Desa Kalibeber. Kami selaku panitia sadar bahwa kegiatan ini masih banyak yang perlu dipersiapkan, sehingga membutuhkan bantuan dari semua warga Desa Kalibeber.

Kegiatan ini kami perkirakan akan menelan biaya sebesar Rp. 15.000.000 (Lima Belas Juta Rupiah). Dan atas instruksi ketua dan jajaran pengurus cabang kami atas nama panitia peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1440 H memohon bantuan dana kepada seluruh warga Desa …. masing-masing warga minimal Rp. 50.000.00,- ( Lima Puluh Ribu Rupiah ).

Pembayaran dana bantuan diberikan kepada masing-masing koordinator wilayah dilakukan sebelum tanggal 18 September 2019 mendatang dan diserahkan ke bendahara halal bihalal selambat-lambatnya tanggal 20 September 2019.

Demikian Surat Permohonan Dana Bantuan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1440H ini, atas sumbangan dan kerjasamanya kami ucapkan banyak terima kasih.

Wassalamualaikum wr. wb.

Desa Kalibeber 15 September 2019

 

Mengetahui

Ketua Panitia

Dhoriefah Niswah el Fidaa

contoh surat permohonan bantuan

Surat Permohonan Bantuan Dana Pembangunan Masjid

Panitia Pengembangan Bangunan

Masjid Al Hikmah Kalibeber

Kelurahan Kalibeber Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo

Nomor : 013/Panpel/ Masjid Alhikmah/ I/ 2019

Lampiran : 1 Buah Proposal

Perihal : permohonan Bantuan Dana

 

Yth. Bapak Gubernur Jawa Tengah

Di Jawa Tengah

Assalamu’alaikaum wr wb

Dengan Hormat,

Teriring rasa syukur Kami Panjatkan ke hadirat Allah SWT atas berkat dan rahmat-Nya kepada kita Semua. Shalawat dan salam senantiasa Kami haturkan ke junjungan Nabi Besar Muhammad SAW pemimpin Umat Sejati.

Sehubung dengan dimulainya pengembangan bangunan Masjid Al Hikmah desa Kalibeber Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo oleh Panitia Pengembangan Bangunan pada bulan Maret 2019 sampai dengan selesai yang bertempat di Masjid al hikmah kelurahan Kalibeber kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo.

Maka, dengan ini Kami mengajukan permohonan bantuan dana kepada Gubernur Jawa Tengah demi terselenggaranya niat Kami untuk mengembangkan bangunan masjid Al Hikmah sehingga lebih baik dan berdaya guna bagi kegiatan masyarakat.

Demikian surat permohonan bantuan dana ini Kami buat. Atas perhatian dan bantuan yang diberikan, Kami ucapkan Terima Kasih. Semoga Amal Ibadah Kita diterima oleh Allah SWT.

Wassalamuailaikum wr wb

Wonosobo, 30 MARET 2019

Tanda Tangan

Sekretaris Ketua Panitia

Mengetahui

Lurah Desa Kalibeber

Tanda Tangan dan Nama Terang

Nah itulah beberapa contoh surat permohonan bantuan yang bisa Anda gunakan untuk membuat surat permohonan bantuan sesuai dengan keperluan Anda. Dengan niat yang serius dan bersungguh-sungguh niscaya tidak akan ada hasil yang menghianati usaha.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Metamorfosis Kupu-kupu

Proses Metamorfosis Kupu-kupu

Metamorfosis Kupu-kupu – Hal apa yang ada di benak Anda ketika melihat kupu-kupu terbang di sekitar Anda? Tentunya Anda akan mengatakan wahhh cantiknya, atau wahhh bagus sekali, atau wah indah…
View Post