surat resign

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Total
0
Shares

Apakah Anda telah mendapatkan tempat pekerjaan baru yang lebih nyaman? Nah, bagi Anda yang ingin resign pada tempat pekerjaan yang sekarang, tentu harus menggunakan surat pengunduran diri kerja dari perusahaan.

Ya, hal tersebut diperlukan agar Anda lepas dari pekerjaan secara terhormat. Lebih dari itu, surat resmi ini juga bermanfaat agar Anda mendapatkan surat rekomendasi kerja, sehingga surat rekomendasi kerja ini bisa digunakan untuk melamar pekerjaan di tempat lain.

Akan tetapi, dalam membuat surat pengunduran diri kerja dari perusahaan tidak boleh dibuat sembarangan.

Mengingat surat tersebut ditujukan kepada atasan, tentu harus dengan penyampaian yang tepat agar tak meninggalkan kesan yang buruk, atau bahkan menjauhkan hubungan Anda dengan sesama rekan kerja atau kolagen lainnya.

Resign

Tips Membuat Surat Pengunduran Diri

Lalu bagaimana contoh surat pengunduran diri kerja dari perusahaan yang baik dan benar?

Untuk memberikan kesan yang baik ketika meninggalkan perusahaan, maka hendaknya surat pengunduran diri memuat hal-hal berikut ini:

1. Berikan Jeda Waktu

Ketika Anda hendak mengundurkan diri dari perusahaan, sebaiknya jangan terlalu mendadak dalam mengajukan surat pengunduran diri kepada atasan. Mengapa demikian?

Hal ini tentunya sangat penting bagi atasan atau perusahaan agar tetap dapat mengatur ritme kinerja serta mengatur ulang perencanaan tugas karyawan setelah Anda berhenti kerja.

Tak hanya itu saja, bila Anda mengajukan surat pengunduran secara mendadak, juga akan memberikan kesan yang buruk pada perusahaan.

Karena jika Anda mengeluarkannya secara mendadak, tentu perusahaan belum mempersiapkan bagaimana langkah yang akan diambil setelah Anda keluar.

Nah, adapun waktu pengajuan surat pengunduran diri yang baik adalah tidak kurang dari dua minggu sebelum tanggal pengunduran diri Anda berlaku.

Sehingga dalam hal ini, Anda harus mencantumkan kapan tanggal persis pengunduran yang akan dilakukan.

Lalu bagaimana jika Anda terpaksa harus mengundurkan diri dalam waktu yang cepat? Maka dalam penulisan selain mencantumkan permohonan maaf di contoh surat pengunduran diri kerja dari perusahaan, juga harus memohon maaf ketika menyerahkan surat.

Nah, ketika menyerahkan surat, juga sebisa mungkin Anda menjelaskan alasan yang paling tepat alasan mengapa Anda mengundurkan diri secara mendadak. Hal ini tentunya Agar perusahaan memahami kondisi Anda.

Atau lebih baik lagi ketika Anda mengundurkan diri secara mendadak, agar tetap memberikan kesan yang baik, bisa dengan melampirkan rancangan baru perusahaan.

Atau bahkan merekomendasikan karyawan baru yang memang kompeten dalam bidangnya. Hal ini tentunya akan meninggalkan kesan yang baik pada perusahaan.

2. Tidak Perlu Terlalu Detail

Dalam membuat contoh surat pengunduran diri kerja dari perusahaan jangan terlalu detail menulis keterangan.

Maksudnya adalah Anda tidak perlu mencantumkan alasan terlalu detail, atau bahkan mencantumkan apa rencana yang akan Anda lakukan selanjutnya setelah keluar perusahaan, atau bahkan gaji yang akan Anda dapatkan.

Intinya adalah jangan terlalu bertele-tele dalam menulis, apalagi yang tidak relevan dengan isi surat. Jadi, buatlah dengan bahasa yang baik dan benar, singkat, padat dan jelas.

3. Jangan Lupa Berterima Kasih

Ketika Anda bekerja di sebuah perusahaan, tentunya banyak kesan baik yang didapatkan. entah itu pengalaman kerja atau lainnya.

Nah, kaitannya dengan hal tersebut, tentunya dalam menulis contoh surat pengunduran diri kerja dari perusahaan juga harus menyampaikan rasa terima kasih dan tunjukkan bahwa Anda benar-benar mendapatkan banyak manfaat selama bekerja di perusahaan tersebut.

Resign

4. Tawarkan Bantuan

Ketika Anda mengundurkan diri dari perusahaan, tentu perusahaan akan mengalami masa transisi.

Nah, dalam surat pengunduran diri kerja dari perusahaan, Anda bisa menawarkan bantuan, misalnya ikut merencanakan ketika masa transisi, atau bahkan merekomendasikan orang lain sebagai pengganti.

Namun hal ini tentunya bisa dilakukan jika kondisi Anda memungkinkan untuk membantu.

5. Pertanyaan Penting

Saat Anda memutuskan melakukan pengunduran diri, tentu sebelumnya harus menyelesaikan terlebih dahulu berbagai persoalan terkait dengan perusahaan.

Misalnya uang kompensasi, gaji terakhir, asuransi, fasilitas perusahaan ataupun administrasi dan persyaratan lainnya.

Nah, agar semuanya bisa selesai dengan cepat, Anda bisa menanyakan sebelum mengajukan surat pengunduran diri kerja dari perusahaan. Atau Anda juga bisa menanyakan secara langsung di dalam surat pengunduran diri.

6. Berikan Informasi Kontak

Tips terakhir cara membuat contoh surat pengunduran diri kerja dari perusahaan adalah jangan lupa untuk mencantumkan kontak Anda yang bisa dihubungi. Yakni meliputi nomor telepon, alamat rumah, atau keterangan lainnya.

Apa tujuannya? Hal ini tentunya sangat penting jika sewaktu-waktu perusahaan menginginkan Anda kembali, atau bahkan ingin mengajak kerja sama.

Atau paling tidak, ketika teman sekantor Anda membutuhkan nomor agar tetap menjalin hubungan dengan baik.

Berkaitan dengan tips membuat surat pengunduran diri kerja dari perusahaan tersebut, sangat disarankan untuk Anda membaca kembali surat perjanjian kerja yang dulu pernah Anda dapatkan di masa awal kerja.

Pahami dengan teliti kemudian tanyakan ketika melakukan pengunduran diri. Dalam hal ini jangan sampai ada hak Anda yang tak ditunaikan oleh perusahaan, dan jangan sampai juga ada hak perusahaan yang belum Anda laksanakan.

Terlepas dari tips di atas, berikut ini contoh surat pengunduran diri kerja dari perusahaan yang baik dan benar!

Resign

Contoh Surat Pengunduran diri dari Perusahaan

Surat Pengunduran Diri

Bandung, 15 Maret 2019

Yth. Agung Hermawan

Direktur PT. Makmur Abadi

Jakarta

Dengan Hormat, saya yang bertanda tangan dibawah ini

Nama : Amar Mahmud

Jabatan : Manager Keuangan

Alamat : Jl. Mawar Melati, Jayalangka, Surabaya

No Tlp : 086765428019

Bersama surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan surat permohonan pengunduran diri dari perusahaan dengan alasan akan pindah domisili ke Sumatera Barat, sehingga tidak memungkinkan untuk tetap bekerja pada PT. Abadi Makmur. Namun, untuk menjaga agar perusahaan tetap bekerja dengan baik, saya rekomendasikan pengganti yang tertera di dalam lampiran.

Saya mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya jika selama menjalankan pekerjaan di perusahaan kurang maksimal atau bahkan melakukan suatu kesalahan, baik itu disengaja maupun tidak disengaja. Selain itu, saya juga mengucapkan banyak terima kasih atas segala bimbingan serta pengalaman kerja yang sangat berharga selama bekerja di perusahaan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat sebenar-benarnya dengan sadar serta tanpa paksaan dari pihak manapun. Saya harap kedepannya, PT. Abadi Makmur akan lebih maju serta memiliki banyak cabang yang tersebar di seluruh provinsi Indonesia termasuk Sumatera Barat, sehingga ketika saya mengabdi kembali di perusahaan. Atas segala doa dan dukungannya saya mengucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Amar Mahmud

Dengan demikian, yang terpenting dalam menulis contoh surat pengunduran diri kerja dari perusahaan adalah mengutarakan alasan dengan tepat mengapa pindah, mengucapkan permohonan maaf, mengucapkan terimakasih, serta bila perlu merekomendasikan pengganti.

Dan yang tak kalah penting, pastikan surat pengunduran diri yang diajukan tidak mendadak, agar perusahaan bisa menyiapkan masa transisi, terlebih lagi agar tak meninggalkan kesan yang buruk.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like