gabung pdf

Gabung PDF – 4 Cara Menyatukan File PDF dengan Mudah

Total
0
Shares

Cara Menyatukan File PDF – Dalam dunia digital, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya dokumen PDF. Apa sih itu PDF? PDF adalah kepanjangan dari Portable Document Format dimana ini adalah suatu berkas format yang dikembangkan Adobe System untuk mengirimkan dokumen dalam bentuk digital.

Dalam format dokumen PDF ini di dalamnya menampilkan file 2D yang isinya adalah teks, gambar maupun grafik vektor 2D. Keberadaan dari dokumen PDF dewasa ini sudah sangat umum digunakan. Bahkan berbagai e-book dan dokumen digital lain sudah menggunakan format dokumen ini.

Namun, jenis dokumen ini masih memiliki kekurangan dimana PDF tidak bisa diubah dengan mudah seperti dokumen word. Lantas, bagaimana cara menggabungkan file PDF? Padahal proses penggabungan file ini sangat sering digunakan orang.

Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu

Nah, untuk menjawab pertanyaan Anda, kali ini akan dibahas bagaimana sih cara menggabungkan file PDF yang beraneka macam. Untuk Anda yang sudah penasaran bagaimana caranya, yuk simak selengkapnya di bawah ini.

1. Gabung PDF dengan Adobe Acrobat

Adobe Acrobat

Cara pertama yang bisa digunakan untuk menggabungkan file PDF adalah dengan menggunakan Adobe Acrobat. Nah Adobe Acrobat ini merupakan software dari Adobe System yang digunakan untuk membuat serta mengedit file PDF. Dengan menggunakan program ini, Anda bisa menggabungkan beberapa file PDF sekaligus.

Cara menggabungkan file PDF :

  • Instal terlebih dahulu Adobe Acrobat pada komputer Anda. Jangan lupa untuk pilih versi standar dan bukan versi trialnya. Namun, beberapa komputer juga biasanya sudah dilengkapi Adobe Acrobat, namun tidak ada salahnya jika Anda menginstal yang baru.
  • Setelah berhasil diinstal, maka langkah selanjutnya adalah buka software Adobe Acrobat dan klik create pada menu toolbar utama. Jika Anda tidak menemukan tombol creat, Anda bisa menemukannya dengan membuka view yang ada pada toolbar. Jika sudah, pilih tombol task lalu lanjutkan memilih show all task buttons.
  • Setelah itu, pilih menu files into a single PDF pada menu creat. Nah, menu ini digunakan untuk menggabungkan beberapa dokumen menjadi satu PDF.
  • Jika sudah, klik browser di windows yang nanti akan muncul pada dekstop komputer Anda. Jika sudah carilah dokumen yang akan digabungkan menjadi satu PDF. Klik ok maka dokumen yang akan digabungkan akan tersalin pada kotak putih yang terletak di sebelah kanan.
  • Sesuaikan dokumen yang dipilih sesuai dengan urutan yang ada, adapun caranya dengan menggunakan tombol remove, move up, dan juga move down untuk merapikan. Jangan lupa untuk hilangkan tanda centang di sebelah tulisan Include All open PDF files jika Anda tidak ingin menggunakan file PDF yang sebelumnya.
  • Setelah urut, maka klik kombine files dan klik oke.

Selesai, seperti itu cara menggabungkan file PDF dengan menggunakan Adobe Acrobat. Cukup mudah untuk diikuti bukan? Baca Cara Mengubah PDF ke Word

2. Cara Menyatukan File PDF dengan Nitro PDF

nitro pdf

Cara menyatukan file PDF yang kedua dengan menggunakan software Nitro PDF. Jadi, software ini memang dikhususkan untuk mengedit serta membuat file PDF. Hanya saja aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar, sehingga saat Anda mengunduhnya harus membelinya.

Meskipun demikian, cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Mau tahu bagaimana caranya? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Menyatukan File PDF :

  • Unduhlah terlebih dahulu Nitro PDF pada komputer Anda. Unduh aplikasi versi trial agar bisa digunakan selama 14 hari. Nah, jika masa percobaan sudah habis, maka Anda harus membelinya jika ingin menggunakannya kembali.
  • Setelah berhasil diunduh, langkah selanjutnya adalah dengan membuka aplikasi ini pada komputer Anda.
  • Setelah itu, pilih dokumen mana saja yang akan digabungkan dalam bentuk PDF. Jika sudah tekan tombol Shift + klik kiri ada semua dokumen yang sudah Anda pilih. Jangan lupa untuk pindahkan dokumen tersebut pada folder baru agar lebih mudah saat mencarinya.
  • Masuk kembali ke aplikasi Nitro PDF dan bukalah folder yang sudah berisi dokumen yang akan digabungkan. Caranya adalah dengan memilih menu Combine Files in Nitro PDF.
  • Jika sudah jangan lupa untuk rapikan file dengan menyortirnya sesuai dengan urutan. Agar lebih mudah, Anda bisa gunakan tombol move up atau move down untuk menaik turunkan dokumen.
  • Jangan lupa untuk pilih kualitas dokumen terbaik di make PDF Files dan kalau bisa pilih Print Ready (Larger File Size).
  • Jangan lupa untuk save agar PDF yang sudah Anda gabungkan dapat tersimpan dengan sempurna. Jika sudah klik create dan jadi deh.

Sangat mudah dan praktis bukan? Hanya saja aplikasi ini berbayar, jadi jika Anda ingin menggunakannya terus-menerus harus membelinya. Baca Cara Mengubah Word ke PDF

3. Menggabungkan File PDF Online

Langkah selanjutnya yang bisa Anda coba untuk menggabungkan file PDF secara online adalah dengan menggunakan smallPDF.com. Selain untuk combine PDF, Small PDF juga bisa untuk kompres PDF dan edit file PDF seperti tutorial pada artikel sebelumnya.

Cara menggabungkan file PDF online :

  • Langkah pertama adalah masuklah ke browser yang ada pada perangkat komputer Anda. Jika sudha, kunjungi smallPDF.com, pilih Merge PDF gabung pdf 1
  • Setelah itu, pilih dokumen anda yang ingin digabungkan gabung pdf 2
  • Langkah selanjutnya adalah dengan menyunting berkas yang akan digabungkan sesuai dengan urutan yang Anda inginkan
  • Jika sudah, klik tombol warna biru Merge PDF yang terletak di bagian bawah kanan. Tunggu proses combine PDF selesai, setelah selesai file siap didownload gabung pdf 3

4. Menggabung dengan PDF Element 6

PDFelement 6

Ada lagi cara menggabung file PDF yang bisa Anda coba yakni dengan menggunakan PDFelement 6. Aplikasi praktis ini dapat digunakan untuk mengedit sekaligus menggabungkan PDF. Mau tahu bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara menggabung file PDF :

  • Langkah pertama adalah dengan mengunduh terlebih dahulu aplikasi PDFelement 6 pada komputer milik Anda.
  • Setelah aplikasi berhasil diunduh, langkah selanjutnya adalah dengan masuk ke aplikasi tersebut.
  • Jika Anda ingin menggabungkan file PDF, maka yang harus dilakukan adalah dengan memilih fitur combine PDF.
  • Pilihlah file yang ingin Anda gabungkan dengan cara klik browser dan cari filenya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cara drag and drop file PDF yang ingin digabungkan menjadi satu.
  • Jika sudah dipilih, klik next untuk melanjutkan tahap selanjutnya.
  • Di sini Anda harus menunggu beberapa detik dalam proses penggabungan file PDF yang diinginkan.
  • Selesai deh, sangat mudah bukan menggabungkan file PDF dengan menggunakan PDFelement 6? Jadi, tahapan di sini sangat sederhana dan tidak serumit aplikasi penggabung PDF yang lainnya.

Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan salah satu aplikasi di atas sebagai cara menyatukan file PDF? Nah, setiap cara di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda hanya perlu mencoba aplikasi manakah yang dirasa paling cocok dan mudah untuk digunakan.

Jika Anda ingin aplikasi yang berkualitas untuk penggabungan file yang diinginkan, sepertinya urutan pertama dan kedua adalah yang paling tepat. Sebab kedua aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang paling sering digunakan.

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Pengertian Komputer

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Sebagian besar dari Anda mungkin termasuk orang-orang yang aktif menggunakan komputer setiap harinya. Akan tetapi sudah tahukan Anda apa pengertian komputer? Komputer sendiri merupakan suatu perangkat elektronik yang bisa digunakan…
View Post