Mengubah word ke pdf

Cara Mengubah PDF ke Word dan Word ke PDF

Total
0
Shares

Tutorial kali ini membahas cara mengubah PDF ke Word atau sebaliknya, yaitu Word ke PDF. Kebutuhan sebuah file atau dokumen memang terkadang tidak sesuai dengan apa yang kita miliki.

File PDF yang kita miliki terkadang tidak digunakan karena kebutuhannya adalah file berbentuk word. Atau sebaliknya, saat kita sudah memiliki dokumen berbentuk word, ternyata yang dibutuhkan adalah PDF.

Karena alasan inilah kita perlu mengetahui bagaimana cara convert pdf ke word atau sebaliknya, yaitu mengubah word ke pdf. Tak hanya itu, mungkin anda juga butuh cara gabung PDF / cara kompres PDF.

Di bawah ini adalah beberapa cara singkat untuk merubah pdf ke word atau sebaliknya:

Cara Mengubah PDF ke Word

Dalam artikel ini ada dua panduan untuk convert file pdf. Yang pertama adalah tutorial merubah file yang berbentuk PDF menjadi berbentuk Word. Di sini kami hanya memberikan dua cara yang menurut kami paling mudah dan umum digunakan:

1. Convert PDF Ke Word Tanpa Software

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk mengubah PDF ke Word adalah tanpa menggunakan software apapun. Jadi, di sini Anda tidak perlu ribet mengunduh aplikasi pengubah PDF.

Dalam hal ini, Anda hanya perlu memanfaatkan media online dengan cara mengunjungi situs convertonlinefree. Nah di situs tersebut Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Bagaimana cara convert-nya?

Cara Convert pdf Ke word secara online

  • Kunjungi alamat situs convertonlinefree.com
  • Setelah Anda masuk, klik “PDF to Word” atau sesuai dengan apa yang Anda inginkan karena itu sama saja Convert PDF to Word
  • Setelah itu, klik “browse” pada pilihan “PDF To Docx” atau “PDF To Doc”, di sini Anda akan disuruh untuk memilih PDF apa yang ingin di convert menjadi Word agar nantinya lebih mudah untuk diedit saat digunakan Pilih file pdf
  • Jika sudah menentukan PDF yang mana, langkah selanjutnya adalah dengan klik “convert” lalu proses ini akan dimulai. Di sini nantinya akan muncul pop up dan silahkan download hasil convert PDF tersebut lalu klik “OK”.

Selesai, sangat mudah bukan untuk dicoba. Selain itu langkahnya juga tidak ribet dimana Anda tidak harus mengunduh aplikasi pengubah PDF.

2. Mengubah PDF ke Word dengan MS Office

Kabar gembira untuk Anda yang menggunakan Microsoft Office 365 (2013, 2016, 1019) mengapa? Sebab dengan menggunakan komputer ini Anda tidak perlu mengunduh software untuk mengubah PDF ke Word.

Sebab, software ini sudah dilengkapi dengan fitur yang bisa digunakan untuk mengubah PDF langsung di MS Word. Mau tahu bagaimana cara mengubah PDF ke Word dengan menggunakan MS Office?

Cara untuk Mengubah PDF ke Word dengan MS Office

  • Pertama Anda harus buka Microsoft Office terlebih dahulu
  • Setelah di buka, klik menu file dan pilih open lalu buka file PDF yang akan diubah menjadi Word ubah pdf 1
  • Nanti akan muncul pop up sebagai peringatan, langsung saja klik OK. Dalam hal ini Anda harus menunggu proses convert dokumen hingga benar-benar selesai ubah pdf ke word 2ubah pdf ke word 3
  • Jika proses convert sudah selesai, jangan lupa menyimpan hasilnya dengan klik menu file lalu klik save AS dan pilih format dokumennya menjadi docx.

Sangat mudah bukan? Ada lagi keuntungan yang Anda dapatkan dengan menggunakan cara ini adalah Anda bisa langsung menggunakannya sebelum menyimpan. Namun, Anda juga perlu tahu, untuk file PDF yang ukurannya lebih dari 100 MB maka proses untuk membukanya sedikit lama, jadi mohon bersabar. Baca Gabung PDF – 4 Cara Menyatukan File PDF dengan Mudah

Cara Mengubah Word ke PDF

Setelah mengetahi cara convert pdf ke word, sekarang kita lanjut ke cara convert word ke pdf. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara yang ada di atas. Hanya kebalikannya saja.

Namun untuk yang belum pernah mencobanya kebanyakan akan bingung. Tenang, di sini kami akan memberikan tutorialnya seringkas dan semudah mungkin untuk bisa dipahami.

Cobalah salah satu cara berikut ini:

1. Convert Word ke PDF dengan Ms Word

Cara kedua yang bisa Anda gunakan untuk convert Word ke PDF adalah dengan langsung menggunakan Microsoft Word. Nah, di sini Microsoft Word yang bisa digunakan adalah untuk versi Microsoft Word 2007 ke atas. Namun, untuk Microsoft 2007, Anda harus menginstal terlebih dahulu Add-in Microsoft Save as PDF or XPS.

Cara Convert Word ke PDF

  • Langkah pertama adalah buka file yang ingin Anda convert menjadi PDF dengan menggunakan Microsoft Word Ubah word ke pdf
  • Selanjutnya klik menu file, lalu pilih Save As. Nah, nanti akan ada opsi dimana Anda harus menentukan format file yang akan disimpan pada kolom save as type. Karena Anda ingin mengconvertnya menjadi PDF, maka pilihlah format PDF jangan yang lainnya word ke pdf
  • Jangan lupa untuk beri tanda centang pada opsi open file after publisher jika Anda ingin file ini dapat digunakan secara otomatis. Namun, jika Anda lupa tidak mencentangnya juga tidak apa-apa.
  • Jika sudah, maka langkah selanjutnya dengan pilih save dan tunggulah beberapa menit untuk menunggu proses converting. Ingat, semakin besar ukuran file yang akan diubah, maka akan semakin lama pula waktu yang digunakan untuk menunggu, jadi Anda mohon bersabar.
  • Sudah deh, file Word sudah berhasil diubah menjadi PDF.

Sangat mudah bukan? Cara ini bisa dilakukan secara offline jadi Anda tidak perlu khawatir harus mendownload aplikasi atau menyambungkannya dengan internet.

2. Ubah Word ke PDF dengan LibreOffice

Cara selanjutnya untuk ubah Word ke PDF adalah dengan menggunakan software LibreOffice. Jadi, LibreOffice ini merupakan salah satu software yang bisa digunakan secara gratis. Nah, yang menarik dari software ini adalah kemudahannya saat digunakan.

Cara Ubah Word ke PDF

  • Download terlebih dahulu LibreOffice pada komputer Anda (Link langsung menuju ke halaman download)
    Download libreoffice
    LibreOffice Versi 6.3.1
  • Jika sudah berhasil di download, langkah selanjutnya adalah dengan menjalankannya
    download libreoffice
    LibreOffice Versi 6.2.7
  • Pilihlah menu open kemudian carilah dokumen Word yang ingin Anda ubah menjadi PDF
  • Setelah file berhasil dibuka, maka langkah selanjutnya pilih icon export yang terletak di menu bar dan beri nama file tersebut lalu disimpan.

Selesai, cara mengubah Word ke PDF dengan menggunakan software ini bukankah sangat mudah dan cepat. nah, cara ini juga dilakukan secara offline, jadi Anda tidak harus menghubungkan komputer dengan internet.

3. Mengubah Word ke PDF dengan FreePDFconvert

Hampir sama seperti website sebelumnya, freePDFConvert sangat berguna dalam mengubah segala bentuk file ke PDF atau sebaliknya. File yang bisa diubah seperti Excel ke PDF, Word ke PDF, Open Office ke PDF, dan juga masih banyak lagi. Anda juga bisa menggunakan situs ini untuk menghapus halaman yang tidak dibutuhkan di PDF.

Cara Mengubah Word ke PDF

  1. Buka browser komputer atau laptop anda dan kunjungi situs freePDFconvert. Pilih meni Word ke PDF (Link langsung menuju ke halaman convert)
  2. Lalu anda bisa klik pada “Pilih Dokumen Word” yang ada di layar pilih dokumen word
  3. Pilihlah dokumen yang akan anda ubah dan tunggu proses upload
  4. Setelah upload, maka akan otomatis dikonversi oleh situs memproses word ke pdf
  5. Jika file sudah selesai dikonversi, maka anda bisa menyimpannya dengan klik “Unduh” Unduh file pdf
  6. Bagi anda yang ingin melakukan hal ini kembali, maka anda harus menunggu selama 60 menit kembali.

Selesai, sangat mudah dan praktis bukan, namun untuk menggunakan cara ini berarti komputer Anda harus terhubung dengan internet. Selain itu, semakin besar file yang akan di-convert, maka akan semakin lama pula waktu Anda harus menunggu. Baca Cara Kompres PDF – Mengecilkan Ukuran File PDF Sesuai Keinginan

2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Pengertian Komputer

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Sebagian besar dari Anda mungkin termasuk orang-orang yang aktif menggunakan komputer setiap harinya. Akan tetapi sudah tahukan Anda apa pengertian komputer? Komputer sendiri merupakan suatu perangkat elektronik yang bisa digunakan…
View Post