kompres foto

Cara Kompres Foto – Mengecilkan Ukuran Foto Sesuai Keinginan

Total
0
Shares

Cara Kompres Foto / Mengecilkan Ukuran Foto – Size Foto yang terkadang terlalu besar memang cukup merepotkan. Ya, foto akan memenuhi ruang penyimpanan sehingga beberapa file lain terkadang harus dihapus.

Selain itu, ukuran foto yang terlalu besar juga membuat Anda tidak bisa melakukan upload foto sesuai dengan ketentuan. Oleh karena itu, mengetahui cara mengecilkan ukuran foto menjadi penting.

Nah, dengan memperkecil ukuran foto tersebut, tentu saja Anda akan mendapatkan beberapa manfaat, salah satunya adalah ruang penyimpanan yang cenderung lebih aman dan tidak mudah penuh.

Selain itu, proses upload foto baik di media sosial atau platform lain sesuai kebutuhan menjadi lebih mudah dan cepat serta hemat kuota.

Berbincang tentang cara kompres foto, ada beberapa cara yang bisa Anda jadikan opsi. Dengan adanya beberapa cara tersebut, tentu Anda bisa memilih mana cara yang paling mudah untuk resize ukuran foto sesuai keinginan.

4 Cara Mengecilkan Ukuran Foto

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada beberapa cara untuk mengecilkan size foto yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan ukuran foto yang sesuai dengan keinginan Anda. Nah, dalam hal ini, kita akan membahas beberapa cara compress foto tersebut menggunakan beberapa aplikasi dan cara lain melalui smartphone.

Apa saja cara yang bisa digunakan? Cek poin di bawah ini.

1. Memperkecil Ukuran Foto dengan RIOT

riot resize foto

RIOT atau yang disebut sebagai Radical Image Optimization Tool adalah salah satu alat editing foto gratis yang bisa Anda gunakan untuk memperkecil ukuran foto. Tampilan aplikasi ini sangat user friendly sehingga akan sangat mudah untuk digunakan meskipun Anda adalah pengguna baru.

Selain itu, software ini juga sangat cepat, ringan dan mudah digunakan. Dengan sifatnya tersebut, software ini bisa dikatakan anti lag meskipun dibuka dengan perangkat yang memiliki spesifikasi biasa saja. Nah, dengan RIOT, Anda juga bisa memilih jenis file output foto, seperti JPG, GIF atau PNG.

Nah, untuk memperkecil ukuran foto menggunakan RIOT, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Beberapa langkah tersebut adalah sebagai berikut:

  • Download dan install RIOT pada perangkat
  • Buka aplikasi RIOT tersebut
  • Klik open untuk memilih foto yang hendak diubah ukurannya
  • Pilih jenis file untuk output, seperti JPG, GIF dan PNG
  • Sesuaikan kualitas dari foto yang diinginkan dengan memilih pada menu quality atau membiarkannya dengan setelan default
  • Sesuaikan ukuran foto yang diinginkan berdasarkan kebutuhan
  • Terakhir, klik save dan foto tersebut sudah berubah ukurannya menjadi lebih kecil
  • Selesai.

2. Kompres Foto dengan Caesium

kompres foto

Aplikasi lain yang bisa digunakan sebagai aplikasi kompres foto adalah Caesium. Ini adalah salah satu aplikasi yang bisa dibuka dengan laptop dan bisa diandalkan untuk melakukan editing, terutama untuk kompres ukuran foto Anda.

Nah, apa yang menarik dari aplikasi ini adalah sifatnya yang offline di mana Anda tidak perlu menggunakan jaringan internet saat mengoperasikannya. Selain itu, beberapa kalangan mengatakan bahwa aplikasi ini bisa mereduksi ukuran foto hingga rasio 90%.

Anda juga bisa mengatur secara manual rasio size foto sehingga kualitas foto tetap bisa terjaga sesuai dengan keinginan.

Lantas, Bagaimana cara kompres foto menggunakan aplikasi ini? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

  • Download dan install software Caesium terlebih dahulu
  • Buka software yang sudah di instal hingga selesai
  • Tambahkan foto yang akan diedit dan dikurangi dengan menekan tombol add
  • Setelah itu, atur rasio dari kualitas foto yang hendak dihasilkan. Semakin kecil kualitas, maka ukuran foto yang Anda miliki juga akan semakin kecil.
  • Centang menu same for all jika Anda ingin menambahkan foto lebih dari satu dengan aturan rasio yang sama.
  • Tentukan destinasi folder untuk menyimpan foto yang sudah mengalami proses editing tersebut
  • Jika semua aturan sudah diatur sedemikian rupa sesuai dengan keinginan, klik tombol compress dan tunggu proses hingga selesai
  • Setelah beberapa saat, proses tersebut akan selesai dan muncul detail foto yang dihasilkan
  • Untuk membuka folder hasil dari proses editing tersebut, klik kanan dan pilih open destination folder.

3. Aplikasi ImageOptim

mengecilkan ukuran foto

Dua aplikasi dan software di atas hanya bisa digunakan untuk laptop dengan OS Windows. Nah, jika Anda memiliki laptop dengan OS Mac, maka ImageOptim bisa menjadi aplikasi andalan yang bisa Anda pilih. Ini adalah aplikasi editing foto yang cocok untuk para pengguna MacBook.

Apa yang menarik dari aplikasi ini adalah sifatnya yang ringan dan tidak susah untuk digunakan. Menu software tertata dengan rapi dan memiliki tampilan yang user friendly sehingga Anda akan mudah menggunakan software tersebut meskipun Anda seorang pemula.

Untuk mengecilkan ukuran foto menggunakan software ini, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, seperti:

  • Download dan install software ImageOptim
  • Buka software tersebut setelah proses instalasi selesai
  • Drag dan drop gambar atau foto yang ingin dikurangi ukurannya
  • Simpan foto ke folder yang dikehendaki
  • Selesai.

4. Photo Compress 2.0

kompres size foto

Photo Compress 2.0 dapat dijadikan salah satu pilihan cara compress foto dengan menggunakan smartphone. Memang, ada cukup banyak aplikasi photo editing yang bisa digunakan, namun aplikasi ini menawarkan menu yang lengkap dan penggunaan yang lebih simple sehingga Anda bisa mengurangi ukuran foto dengan mudah dan cepat.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda hanya perlu mengunduhnya di Play Store. Nah, aplikasi ini masuk dalam salah satu aplikasi favorit yang sudah banyak diunduh oleh pengguna Android di berbagai tempat. Selain itu, aplikasi ini juga gratis sehingga Anda tidak perlu keluar biaya untuk mendapatkannya.

Nah, terkait cara mengecilkan ukuran foto dengan menggunakan aplikasi ini, simak beberapa ulasan di bawah ini.

  • Buka aplikasi Photo Compress 2.0 yang sudah diinstal sebelumnya
  • Setelah aplikasi terbuka, maka akan muncul dua opsi yang berbeda. Opsi tersebut adalah mengambil foto dari galeri yang sudah tersimpan atau mengambil dari kamera. Nah, untuk kemudahan, Anda bisa memilih foto dari galeri smartphone Anda.
  • Pilih foto yang sudah ditentukan. Setelah itu, Anda akan mendapatkan dua opsi yang berbeda, yakni custom compress dan quick compress. Custom compress adalah proses mengecilkan ukuran foto di mana Anda bisa mengatur sendiri rasio berkurangnya ukuran dan kualitas foto tersebut.

Sedangkan quick compress adalah proses mengecilkan ukuran gambar dengan aturan bawaan yang sudah disediakan oleh aplikasi. Pilihan kedua ini lebih cepat untuk memperkecil ukuran file foto.

  • Nah, pilih saja menu kompres tersebut sesuai kebutuhan.
  • Setelah proses mengecilkan ukuran foto tersebut selesai, langkah dalam cara mengecilkan ukuran foto selanjutnya adalah memilih menu penyimpanan. Dalam hal ini, Anda akan mendapatkan dua opsi berbeda, yakni replace and exit dan exit.
  • Replace and exit akan memudahkan Anda menyimpan hasil edit dan foto baru akan menggantikan foto lama. Sedangkan exit akan menyimpan foto baru tanpa menggantikan foto lama.

Nah, demikian beberapa cara mengecilkan ukuran foto yang bisa Anda gunakan dengan detail yang berbeda. Pilih cara yang menurut Anda paling mudah. Semoga membantu. Baca Menyambut Dampak Gelombang Bisnis E-Book

2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Pengertian Komputer

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Sebagian besar dari Anda mungkin termasuk orang-orang yang aktif menggunakan komputer setiap harinya. Akan tetapi sudah tahukan Anda apa pengertian komputer? Komputer sendiri merupakan suatu perangkat elektronik yang bisa digunakan…
View Post