arti logo pramuka

Arti Logo Pramuka, Pengertian dan Penjelasannya

Total
0
Shares

Lambang atau logo Pramuka pada dasarnya adalah tanda maupun simbol, yang digunakan sebagai salah satu pengenal dari organisasi gerakan Pramuka dengan bentuk wujud tetap. Pencipta dari Lambang Pramuka sendiri adalah seorang pegawai tinggi dari Departemen Pertanian, dimana beliau juga merupakan tokoh Pramuka. Siapa lagi kalau bukan Soenardjo Atmodipurwo.

Lambang Pramuka berbentuk Bayangan (silhouette) tunas kelapa. Sedangkan pemaparan mengenai arti dari Pramuka tersebut ditetapkan ke dalam ketentuan Kwarnas dengan Nomor 06/KN/72 tentang makna lambang Pramuka yang mana sudah mendapatkan hak paten. Langsung saja di bawah ini ada ulasan dari logo Pramuka dan penjelasannya.

Arti Logo Pramuka di Indonesia

Arti logo pramuka di Indonesia

1. Tunas Kelapa

Tunas buah kelapa merupakan gambar yang dipakai sebagai lambang dari gerakan Pramuka sebab buah kelapa di dalam keadaan tumbuh diberi nama dengan “Cikal”. Istilah “Cikal Bakal” Indonesia yang mana penduduk asli pertama sudah menurunkan pada generasi baru. Jadi buah kelapa atau Nyiur yang hidup memiliki makna kiasan dimana setiap Pramuka adalah inti dari kelangsungan hidup Indonesia.

2. Buah Kelapa

Buah Kelapa juga bisa bertahan lama di dalam kondisi dan keadaan apapun serta bagaimanapun. Dengan begitu lambang tersebut memberikan arti kiasan bahwasanya setiap Pramuka merupakan seorang Rohaniah serta jasmani sehat, selalu kuat, ulet, dan juga memiliki tekad besar untuk menghadapi semua tantangan di dalam kehidupan.

Selain itu logo Pramuka dan penjelasannya dari buah kelapa juga bisa diartikan bahwasanya seorang Pramuka mampu menempuh semua ujian yang mana diberikan untuk mereka. Mereka harus mampu menyelesaikan semua tantangan yang ada dalam kehidupan sebagai pengabdian untuk bangsa serta tanah air.

3. Kelapa Mampu Hidup Dimana Saja

Kelapa ternyata juga bisa tumbuh dimana saja. Hal ini pun menjadi bukti besarnya upaya untuk menyesuaikan diri pada keadaan yang ada di sekelilingnya. Dengan begitu bisa melambangkan dimana setiap anggota dari Pramuka bisa menyesuaikan dirinya di dalam kehidupan masyarakat dimana pun dia berada serta dalam keadaan seperti apapun juga.

4. Kelapa Bisa Tumbuh Tinggi ke Atas

Kelapa tumbuh lurus menjulang tinggi ke arah atas. Selain itu juga menjadi salah satu pohon paling tinggi yang terdapat di indonesia. Hal ini memberikan gambaran bahwasanya logo Pramuka, dan penjelasannya melambangkan setiap anggota Pramuka mempunyai cita-cita tinggi serta lurus dimana menjadi pribadi yang mulia serta jujur.

Bahkan seorang Pramuka juga harus tetap tegak untuk tidak mudah menyerah meskipun terombang-ambingkan banyak hal.

5. Sekalipun Serabut Akar dari Kelapa Sangat Kuat

Akar dari pohon kelapa tumbuh kuat serta erat di dalam tanah. Dengan begitu lambang ini memberikan arti sebuah tekad serta keyakinan Pramuka yang mana berpegang dengan dasar-dasar serta landasan-landasan baik, benar, kuat serta nyata. Tekad nantinya digunakannya dalam memperkuat diri dalam meraih cita-cita,

6. Kelapa Menjadi Pohon yang Serba Guna

Dari bagian ujung akar sampai bagian ujung daun dari kelapa mempunyai manfaat. jadi lambang dari Pramuka memberikan kiasan, bahwasanya semua anggota Pramuka adalah manusia berguna, dan memberikan bukti diri serta kegunaannya atas kepentingan dari tanah air, bangsa serta negara Republik Indonesia.

Di atas adalah logo Pramuka dan penjelasannya yang ada di Indonesia. Selain itu juga ada logo atau lambang dari Pramuka di dunia yang dikenal dengan “World Organization Scout’s Of Movement” atau WOSM. WOSM sendiri merupakan organisasi kepanduan yang ada di dunia pada luar pemerintahan dimana melindungi Organisasi dari kePramukaan seluruh dunia.

Di tahun 1920 WOSM mulai didirikan Bapak Pandu Sedunia, yakni Lord Baden Powell dengan pusat kantor di Genewa, Swiss. WOSM sendiri memiliki tujuan membimbing para kelompok muda atas dasar pada “Janji Pramuka” dan juga “Hukum Pramuka” sebagai salah satu sarana untuk mendukung serta membangun dunia. Berikut ini adalah penjelasan singkat dari lambang tersebut.

Arti Logo Pramuka Dunia

Arti logo pramuka dunia

1. Kompas

Kompas menandakan peringatan agar setiap anggota dari Pramuka bisa dipercaya dalam menjalankan segala hal yang bisa diibaratkan dengan sebuah kompas. Kompas sendiri selalu menunjukkan arah tepat, serta tetap melindungi harapan yang mana fungsinya adalah sebagai penunjuk jalan.

2. Trefoil atau Bunga

Dalam lambang Pramuka dunia terdapat gambar bunga dengan tiga ujung, yang mana memberikan simbol bahwasanya kepanduan mempunyai tiga asas maupun janji. Di Indonesia sendiri janji tersebut dikenal dengan Trisatya.

3. Dua Bintang

Logo Pramuka dan penjelasannya dari gambar dua bintang memberikan gambaran dari simbol anggota Pramuka maupun seorang Pandu harus selalu berusaha agar dapat memberikan penerangan untuk selalu menolong menggunakan Ilmu pengetahuan.

4. Tali Melingkar

Tali melingkar yang ada di logo ujungnya dibuat simpul mati. Hal ini pun menjadi tanda bahwa semua pandu yang ada di seluruh dunia harus bisa menjalin persahabatan dan juga persaudaraan sesama serta bermasyarakat.

5. Warna Putih

Warna putih sendiri memberikan lambang bahwa anggota Pramuka harus selalu berhati suci dan juga bersih.

6. Warna Ungu

Warna ungu dalam logo Pramuka dunia adalah warna dasar yang mana memiliki arti setiap anggota Pramuka harus mempunyai keterampilan, bersikap kepemimpinan dan juga senang untuk membantu orang lain.

Seorang pembina tentunya wajib mengetahui semua kebutuhan yang ada untuk dirinya sendiri serta anggotanya. Jika Anda termasuk salah satu pembina Pramuka maka sebaiknya harus peka serta sadar akan keadaan yang ada di sekitarnya. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan memahami akan adanya tanggung jawab melalui pembina.

Menjadi Pembina Pramuka yang Baik

Pembina pramuka

1. Paham akan Tanggung Jawab

Bukan tidak mungkin ada pembina yang “asal-asalan” saat mengajarkan materi tentang kepramukaan ke anggotanya. Padahal, hal tersebut tentu bukan sesuatu yang bisa dibenarkan, sebab seharusnya pembina harus memahami mengenai tanggung jawab yang diemban sebagai seorang pembina.

Tanggung jawab paling penting sebagai pembina yakni mewujudkan anggota jadi orang dengan perilaku baik, berwatak serta berjiwa Pancasila dan anggota masyarakat baik. Bertanggung jawab yang dimaksud di sini adalah tanggung jawab pada Tuhan, masyarakat, lingkungan serta diri sendiri.

2. Bisa Menciptakan Kegiatan yang Baik

Anda harus bisa menciptakan kegiatan menarik dan hal utama yang perlu diperhatikan yakni menciptakan kegiatan baik serta menarik. Caranya adalah dengan menempatkan anggota di subjek dan bukan objek.

Oleh sebab itu, mulai dengan mengajak anggota agar mau menciptakan kegiatan menarik yang disesuaikan dengan keinginan dari mereka sendiri, sehingga kegiatan pun akan jadi menantang. Selain itu, anggota Pramuka juga dapat ikut serta dalam belajar saat melakukan kegiatan. Kini Anda bisa jadi pembina Pramuka yang mampu memberikan materi tanpa harus menggurui.

Nah di atas tadi adalah uraian mengenai logo Pramuka dan penjelasannya. Selain logo di untuk Indonesia, Anda juga perlu mengenal dan memahami lambang Pramuka dunia, karena lambang tersebut nantinya akan cukup sering Anda temukan. Masing-masing logo tentunya memiliki makna tersendiri yang mana bisa jadi pedoman untuk semua anggota.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Metamorfosis Kupu-kupu

Proses Metamorfosis Kupu-kupu

Metamorfosis Kupu-kupu – Hal apa yang ada di benak Anda ketika melihat kupu-kupu terbang di sekitar Anda? Tentunya Anda akan mengatakan wahhh cantiknya, atau wahhh bagus sekali, atau wah indah…
View Post