ambivert

Biar Tidak Salah Paham, Ini Pengertian Ambivert dan 10 Cirinya

Total
0
Shares

Pengertian Ambivert – Jika diamati lebih cermat, mungkin Anda sering kali menjumpai seseorang dengan kepribadian yang begitu ramah dan mudah bersosialisasi namun juga senang menyendiri.

Dimana kondisi ini merupakan salah satu ciri seseorang dengan kepribadian ambivert.

Ya, di dunia ini setidaknya ada 3 jenis kepribadian yaitu introvert, ekstrovert dan ambivert. Nah salah satu yang cukup ditemui ialah kepribadian ambivert.

Pengertian Ambivert

Ambivert sendiri merupakan kepribadian manusia yang ada di tengah-tengah introvert dan ekstrovert yang seimbang.

Dengan begitu mereka yang memiliki kepribadian ambivert akan lebih muda nyaman dengan kondisi apapun. Baik ketika dalam keramaian ataupun ketika sedang sendirian.

Umumnya orang yang memiliki kepribadian ambivert akan lebih fleksibel dalam melakukan aktifitasnya, tentu dengan pengelolaan kepribadian yang baik.

Sayangnya banyak orang yang menganggap mereka yang memiliki kepribadian ambivert ialah mereka yang mempunyai kepribadian ganda.

Dalam hal ini mereka yang memiliki “kepribadian ganda” bisa menjadikan dirinya menjadi seseorang yang baik atau bahkan sebaliknya.

Oleh sebab itu mereka yang memiliki kepribadian ini harus pandai mengelola kepribadiannya.

Ciri-Ciri Orang Dengan Kepribadian Ambivert

Selama ini, pengukuran kepribadian seseorang sering kali dilakukan secara kaku. Yaitu dengan hanya berpacu pada satu sektor atau satu ciri saja.

Padahal jika dilihat lebih dalam, untuk bisa mengetahui kepribadian seseorang ada banyak ciri yang bisa dilihat.

Termasuk mereka yang memiliki kepribadian ambivert, secara umum mereka memiliki ciri sebagai berikut.

1. Mudah Merasa Nyaman Saat di Keramaian

Mudah Merasa Nyaman Saat di Keramaian

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika mereka yang memiliki kepribadian ambivert umumnya akan lebih mudah merasa nyaman di kondisi apapun.

Termasuk ketika mereka berada di keramaian pun mereka akan cenderung lebih mudah masuk ke zona nyamannya.

Bahkan ketika melihat sekali dua kali saja, mungkin Anda akan sukar membedakan manakah orang dengan kepribadian ambivert dan ekstrovert, sebab keduanya akan sangat cepat merasa dalam keramaian.

Namun yang sedikit membedakan antara kepribadian ekstrovert dan ambivert disini adalah cara menyikapi keramaian tersebut.

Jika biasanya orang dengan kepribadian ekstrovert akan memulai pembicaraan di tengah keramaian, namun mereka yang ambivert hanya akan menikmati keramaian tersebut tanpa berperan banyak dalam membentuk suasana yang ramai.

2. Memiliki Waktu Sendiri yang Tak Kalah Banyaknya

Memiliki Waktu Sendiri yang Tak Kalah Banyaknya

Selain mudah untuk masuk ke dalam lingkungan ramai atau dalam keramaian, mereka yang memiliki kepribadian ambivert juga membutuhkan waktu sendiri yang cukup banyak.

Jadi disini antara waktu untuk dihabiskan dalam keramaian dan waktu yang dibutuhkan untuk menyendiri sama banyaknya.

Biasanya mereka akan mudah lelah ketika terlalu banyak melakukan interaksi dengan orang lain, terutama jika kondisi lingkungan benar-benar ramai.

Maka dari itu mereka membutuhkan waktu sendiri untuk mengembalikan mood serta kondisi tubuhnya seperti sedia kala.

3. Fokus Pada Pembicaraan yang Spesifik

Fokus Pada Pembicaraan yang Spesifik

Jika dilihat dari cara bersosialisasinya, seseorang dengan kepribadian ambivert tampaknya tak pernah lelah dengan segala macam pembicaraan. Bahkan ketika pembicaraan tersebut tidak penting atau hanya basa-basi semata.

Namun lain halnya dengan seseorang yang memiliki kepribadian ambivert, dimana mereka tidak terlalu tertarik dengan pembicaraan yang tak penting.

Mereka cenderung hanya tertarik dengan pembicaraan yang spesifik atau lebih merujuk pada topik tertentu.

Biasanya seseorang ambivert akan mudah tertarik pada pembicaraan mengenai filosofi sebuah kehidupan.

4. Kepribadian Menyesuaikan Lawan Bicara

Kepribadian Menyesuaikan Lawan Bicara

Satu kelebihan yang hanya dimiliki mereka ambivert ialah dapat menyesuaikan situasi dengan lawan bicaranya.

Jadi ketika seorang ambivert sedang berhadapan atau berinteraksi dengan seorang introvert maka mereka akan menyesuaikannya, yaitu dengan memulai percakapan ringan.

Begitu juga ketika mereka sedang berinteraksi dengan seorang ekstrovert, mereka juga akan mudah menyesuaikan keadaan, yaitu dengan lebih banyak mendengarkan apa yang dibicarakan ekstrovert.

5. Tidak Pandai Membuat Pilihan

Tidak Pandai Membuat Pilihan

Ketika ambivert dihadapkan dengan dua pilihan atau dua kondisi, mereka akan cukup kesulitan untuk menentukan pilihannya.

Hal ini dikarenakan mereka memiliki banyak pertimbangan yang justru membuatnya lebih bingung.

Alhasil ketika harus memilih dalam waktu cepat, tak sedikit diantara mereka yang melakukan kesalahan pada pilihannya. Dalam artian, fokus mereka juga masih terbagi dengan apa yang tak dipilih.

6. Multi-Tasking

Multi-Tasking

Satu sisi menarik lagi yang dimiliki seseorang ambivert, yaitu mereka adalah individu yang multi-tasking.

Jadi ketika mereka fokus bekerja, hebatnya mereka bukan hanya bisa fokus dalam satu subjek saja tapi lebih dari satu subjek.

Lalu bagaimana dengan hasil pekerjaannya? Sesuai dengan kemampuan, meski mereka melakukan beberapa kegiatan sekaligus tapi semuanya dilakukan dengan maksimal.

7. Dapat Bekerja Sama atau Pribadi

Dapat Bekerja Sama atau Pribadi

Bukan hanya multitasking, ambivert juga sangat pandai menyesuaikan kondisi pekerjaan, dimana mereka bisa bekerja sama dengan baik tapi juga pandai dalam melakukan pekerjaan sendiri.

Hal ini tentu berbeda jauh dengan ekstrovert yang cenderung lebih hebat dalam pekerjaan kelompok. Sedangkan introvert yang cenderung lebih menonjol ketika bekerja sendiri.

8. Pandai Dalam Memimpin Kelompok

Pandai Dalam Memimpin Kelompok

 

Walaupun mereka tidak terlalu aktif seperti ekstrovert, namun seseorang dengan kepribadian ambivert justru lebih pandai atau lebih bisa diandalkan untuk memimpin sebuah kelompok.

Mereka bisa menyesuaikan keadaan dan orang-orang disekitarnya dengan baik.

Dengan begitu ketika menjadi seorang pemimpin mereka akan cenderung mudah mendengarkan pendapat orang lain tapi juga akan bersifat tegas ketika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan ketentuan.

Hanya saja untuk masalah perencanaan mereka memang membutuhkan orang lain yang bisa membimbingnya agar tak salah mengambil keputusan.

9. Pendengar yang Baik

Pendengar yang Baik
Ambivert

Buat Anda yang memiliki teman atau sahabat dengan kepribadian ambivert, mungkin ini menjadi sebuah kelebihan tersendiri. Dimana Anda tak harus bingung mencari teman curhat yang sesuai.

Mereka yang memiliki kepribadian ambivert adalah pendengar yang baik. Bahkan mereka juga tak segan untuk memberikan solusi yang tak berpihak pada salah satu pihak.

Jadi mereka juga bisa bersifat netral ketika dihadapkan pada sebuah permasalahan. Dalam hal ini lebih spesifik pada masalah pribadi seseorang ya.

10. Moody

Moody

Di balik segala kelebihan yang dimiliki ambivert, mereka juga memiliki kekurangan yaitu moody.

Ya dengan kondisi dimana mereka harus menyesuaikan diri dengan baik maka tak heran jika moodnya sering berubah tanpa permisi. Untuk mengatasi hal ini, akhirnya mereka membutuhkan waktu untuk sendiri.

Tanpa harus melakukan banyak interaksi dengan orang yang seharusnya bisa mengembalikan moodnya, mereka sudah bisa kembali menata moodnya dengan baik.

So yang harus dilakukan untuk menjaga moodnya hanya dengan membagi rata antara kehidupannya di lingkungan ramai dengan kehidupannya untuk menikmati waktu sendirian.

Dari pengertian ambivert dan 10 ciri di atas, apakah Anda yakin jika Anda termasuk salah seorang ambivert?

Nah jika disimpulkan mereka memiliki setidaknya 2 kelebihan utama, yaitu mudah beradaptasi dan komunikator yang baik.

Hanya saja juga punya kekurangan yaitu emosi yang kurang stabil sehingga dibutuhkan tenaga ekstra untuk menjadikan dirinya baik-baik saja dalam segala kondisi atau lingkungan. Inilah penjelasan singkat dari pengertian ambivert.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Metamorfosis Kupu-kupu

Proses Metamorfosis Kupu-kupu

Metamorfosis Kupu-kupu – Hal apa yang ada di benak Anda ketika melihat kupu-kupu terbang di sekitar Anda? Tentunya Anda akan mengatakan wahhh cantiknya, atau wahhh bagus sekali, atau wah indah…
View Post