bagian mata

Anatomi Bagian Mata dan Penjelasannya

Total
3
Shares

Anatomi Bagian Mata – Mata merupakan salah satu panca indera yang digunakan untuk melihat. Hal inilah yang menjadikan mata menjadi organ vital yang sangat dibutuhkan oleh manusia.

Tentu saja, untuk bisa melihat dengan jelas, ada beberapa bagian yang ada di dalam mata yang turut serta membantu dalam proses penglihatan.

Mungkin, sebagian dari Anda mengira bahwa mata hanya terdiri dari bola mata saja. Akan tetapi, tahukah Anda jika mata ternyata terdiri dari beberapa bagian yang cukup kompleks.

Setiap bagian dari mata tersebut tentu saja memiliki fungsi masing-masing yang dapat membantu Anda untuk bisa melihat dengan jelas.

Untuk memberikan penjelasan yang lebih lengkap, berikut ini ada bagian mata dan fungsinya. Kira-kira, apa saja bagian mata yang membantu manusia untuk bisa melihat sesuatu dengan jelas? Berikut ini penjelasannya.

Anatomi Bagian Mata

anatomi bagian mata

Sebenarnya, organ mata ini dibagi menjadi dua bagian yakni bagian luar dan bagian dalam. Untuk bagian luarnya sendiri, terdiri atas kelopak mata, bulu mata serta alis.

Beberapa bagian mata tersebut berfungsi sebagai proteksi untuk menangkal keringat, debu atau benda asing lainnya agar tidak mudah masuk ke mata.

Sedangkan, untuk bagian dalamnya sendiri berguna untuk mengolah cahaya dan membawanya ke otak dan mengubahnya menjadi penglihatan.

Nah, apa sajakah bagian-bagian mata tersebut? Dan apa saja fungsi yang dimilikinya?

1. Kornea

Bagian mata dan fungsinya yang pertama yakni ada kornea. Kornea ini sendiri berada di lapisan terluar dan merupakan bagian bening yang memiliki sifat tembus pandang.

Bagian mata yang paling luar tersebut memiliki fungsi yaitu sebagai tempat pertama kali masuknya cahaya ke mata sebelum ditransfer ke beberapa sel yang ada di dalamnya.

Jika Anda melihat dan memperhatikan mata seseorang, maka Anda akan melihat sebuah bagian seperti bola hitam. Bagian tersebut disebut dengan pupil.

Tak hanya itu, Anda juga akan melihat bagian yang berwarna cokelat, abu-abu ataupun biru tergantung dengan faktor genetik yang dimiliki oleh seseorang.

Bagian tersebut disebut dengan iris. Untuk kornea ini sendiri berguna untuk menutupi bagian pupil dan iris.

2. Pupil

Di bagian yang kedua ada pupil. Apa yang disebut dengan pupil dan bagaimana bentuknya? Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat pada pembahasan sebelumnya.

Pupil adalah bagian mata yang berbentuk lingkaran hitam pada bola mata. Pupil ini digunakan sebagai tempat masuknya cahaya ke dalam mata.

Lalu, apa fungsi yang dimiliki oleh pupil itu sendiri? Ternyata pupil berfungsi sebagai tempat untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk ke dalam mata Anda.

Seperti contoh, jika mata Anda terpapar sinar matahari, maka secara otomatis pupil akan mengecil dan membuat cahaya yang masuk ke dalam mata tidak begitu banyak.

Begitupun sebaliknya, jika Anda berada di suatu tempat yang gelap, maka secara otomatis pupil Anda akan membesar agar Anda dapat melihat dengan jelas.

3. Iris

Bagian selanjutnya ialah iris. Iris adalah bagian yang berada di sekitar pupil dan memiliki warna. Apabila Anda memperhatikan mata seseorang, maka pada bagian tengahnya akan ada lingkaran yang memiliki warna. Nah, lingkaran tersebutlah yang disebut dengan iris.

Setiap orang memiliki iris yang berbeda-beda. Ada yang berwarna cokelat, abu-abu, biru dan lain sebagainyabergantung pada faktor genetic orang tersebut. Nah, fungsi dari iris inilah yang akan memberikan warna pada mata. Tak ayal, jika iris juga disebut dengan “selaput pelangi”.

4. Retina (Selaput Jala)

Bagian berikutnya adalah retina. Retina juga disebut dengan selaput jala. Lalu, apa yang dimaksud dengan retina itu sendiri dan fungsi apa yang dimilikinya?

Retina merupakan lapisan yang terdapat di dalam mata dengan ukuran yang sangat tipis. Retina ini sendiri juga sangat peka terhadap datangnya cahaya.

Untuk fungsi dari retina sendiri ialah untuk menangkap bayangan benda. Di dalam retina ada sebuah reseptor cahaya. Dimana, nama dari reseptor cahaya tersebut ialah sel batang (basilus) serta sel kerucut (konus).

Akan tetapi, pada bagian belakang retina tidak memiliki bagian tersebut sehingga, ketika ada sebuah bayangan yang jatuh ke bagian belakang retina, Anda tidak bisa melihatnya. Bagian tersebut disebut dengan titik buta.

5. Sklera (Selaput Mata)

Sklera atau yang disebut dengan selaput mata merupakan bagian dinding putih dari mata itu sendiri. Fungsi dari sklera tersebut ialah untuk melindungi struktur yang ada di mata serta membantu mempertahankan bentuk mata itu sendiri.

6. Lensa Mata

bagian mata dan fungsinya yang keenam adalah lensa mata. Lensa mata sendiri merupakan bagian yang memiliki sifat lunak serta transparan. Letak dari lensa mata tersebut ialah di belakang iris.

Lensa mata berfungsi sebagai tempat untuk mengumpulkan serta memfokuskan cahaya supaya bayangan dari suatu benda bisa jatuh pada tempat yang tepat. Nah, satu yang unik dari lensa mata ini sendiri ialah daya akomodasi yang dimilikinya.

7. Saraf Optik

Bagian selanjutnya ialah saraf optik. Apa fungsi yang dimiliki oleh sebuah saraf optik? Fungsi dari saraf optik ialah untuk meneruskan informasi visual suatu benda yang diterima dari retina kemudian meneruskannya ke otak.

Dengan adanya saraf optik ini, manusia bisa mengetahui bagaimana bentuk dari suatu benda yang dilihat. Dengan fungsi yang dimilikinya, tidak terbayang bukan jika saraf optik yang satu ini mengalami kerusakan?

8. Koroid

Bagian berikutnya yang terdapat di dalam mata ialah koroid. Apa yang dimaksud dengan koroid dan apa fungsi yang dimilikinya? koroid merupakan dinding mata dan fungsi yang dimilikinya ialah untuk menyuplai oksigen serta nutrisi bagi bagian-bagian mata lainnya, khususnya yakni retina.

Pada umumnya, koroid ini berwarna cokelat kehitaman ataupun hitam. Warna yang dimiliki oleh koroid tersebut tentu saja bukan tanpa tujuan. Fungsi dari adanya warna pada koroid supaya cahaya yang datang tidak bisa dipantulkan kembali.

9. Titik Buta

Bagian berikutnya yakni titik buta. Apa fungsi yang dimiliki oleh titik buta? Fungsi yang dimiliki oleh bagian tersebut ialah untuk meneruskan serta membelokkan berkas saraf untuk bisa diteruskan ke otak.

Pada bagian titik buta yang satu ini tidak ada satu sel pun yang peka dengan rangsangan cahaya. Hal ini artinya, apabila ada bayangan yang jatuh pada bagian titik buta, maka Anda tidak akan bisa melihatnya.

Nah, dengan berbagai macam penjelasan tentang bagian mata dan fungsinya tersebut, semoga bisa memberikan ilmu baru bagi diri Anda sendiri. Ternyata, dengan adanya penjelasan di atas hal ini menandakan bahwa bagian mata tidak sesederhana yang Anda pikir.

Bahkan, berbagai macam bagian mata cukup kompleks serta memiliki fungsi masing-masing dan saling berkaitan satu dengan yang lainnya.

Tidak terbayang bukan jika ada salah satu bagian mata yang rusak? Maka hal tersebut bisa membuat penglihatan Anda menjadi tergangg.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Mata sehat

Tentu, untuk menjaga bagian mata tersebut agar tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar kesehatan mata tetap bisa terjaga dengan baik.

Lalu, cara apa saja yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata? Berikut ini penjelasannya.

– Latihan Mata

Mata yang terlalu lelah ternyata bisa menimbulkan berbagai macam masalah, salah satunya yakni membuat penglihatan mata menjadi berkurang dan kabur.

Biasanya, penyebab dari mata lelah ini sendiri ialah mata yang terlalu banyak melihat ke layar komputer, handphone, kurang tidur dan masih banyak yang lainnya.

Lalu, cara apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut? Salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan membuatnya menjadi lebih rileks.

Nah, agar mata Anda menjadi lebih rileks, berikut cara yang bisa dilakukan. Cobalah untuk memfokuskan mata Anda terhadap objek dengan jarak yang dekat.

Setelah itu, pindahkan fokus mata Anda ke objek lainnya dengan jarak yang lebih jauh. Ulangi cara tersebut sampai beberapa kali sehingga mata Anda bisa menjadi lebih rileks.

Cara berikutnya ialah dengan duduk dengan tenang, kemudian letakkan siku pada bagian pinggul. Setelah itu, tutup mata Anda kemudian tutup lagi dengan menggunakan telapak tangan.

Setelah itu, jauhkan telapak tangan Anda selama 10 detik. Buka mata Anda, dan ulangi cara tersebut seperlunya.

– Jangan Melihat Cahaya Secara Langsung

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata ialah dengan tidak melihat cahaya yang terlalu terang secara langsung.

Seperti halnya ketika Anda melihat matahari secara langsung, maka hal tersebut akan membuat mata menjadi lebih mudah rusak dan terkena berbagai macam gangguan.

– Hindari Membaca di Tempat Redup

Apabila Anda membaca di tempat atau ruangan dengan cahaya yang terlalu redup, maka hal tersebut bisa membuat mata Anda menjadi lebih tegang dan membuatnya menjadi lebih mudah lelah.

Jika otot-otot yang ada di sekitar mata sudah mulai tegang, Anda harus langsung istirahat untuk membuat otot yang ada di sekitar mata menjadi lebih rileks.

– Gunakan Kacamata di Waktu yang Tepat

Bagi Anda yang sering berinteraksi dengan gadget ataupun komputer, sangat penting untuk menggunakan kacamata anti radiasi. Hal ini untuk mencegah masuknya radiasi komputer ke mata yang bisa merusak mata.

Tak hanya itu, ternyata pengguna kacamata hitam anti radiasi juga sangat penting. Radiasi dari sinar matahari juga bisa merusak mata.

Untuk Anda yang bekerja di sekitar berbagai macam bahan kimia serta partikel udara yang berbahaya, pastikan bahwa Anda menggunakan kacamata yang tepat dan sesuai dengan prosedur.

– Mengurangi Penggunaan Tetes Mata

Mungkin sebagian dari Anda akan berpikir bahwa tetes mata merupakan obat yang tepat untuk mengatasi mata merah akibat kelelahan, paparan debu dan yang lain sebagainya.

Akan tetapi, jika digunakan sesering mungkin hal tersebut malah akan menimbulkan masalah lainnya seperti kerusakan pada mata.

– Mengonsumsi Makanan yang Baik Untuk Mata

Untuk bisa menjaga kesehatan mata, ternyata tidak hanya bisa dilakukan dengan menjaga dari luar saja. Akan tetapi, Anda juga harus merawatnya dari dalam dengan cara mengonsumsi berbagai macam makanan sehat.

Wortel menjadi salah satu makanan yang kaya akan beta karoten dan sangat baik untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Beta karoten ini adalah antioksidan yang mana akan sangat membantu untuk mengurangi resiko seperti degenerasi manula. Selain wortel, Anda bisa mengonsumsi sayuran atau buah-buahan lainnya yang kaya akan nutrisi.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap menjaga kesehatan mata. Demikian pembahasan mengenai bagian mata dan fungsinya serta cara untuk menjaga kesehatan mata. Semoga bermanfaat.

BACA ARTIKEL TERKAIT:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Metamorfosis Kupu-kupu

Proses Metamorfosis Kupu-kupu

Metamorfosis Kupu-kupu – Hal apa yang ada di benak Anda ketika melihat kupu-kupu terbang di sekitar Anda? Tentunya Anda akan mengatakan wahhh cantiknya, atau wahhh bagus sekali, atau wah indah…
View Post