Abstrak Skripsi

Contoh Abstrak Makalah dan Karya Ilmiah

Total
0
Shares

Beberapa orang mungkin sering kali enggan membaca makalah atau karya ilmiah lainnya seperti skripsi atau paper lantaran jumlah halamannya yang terlalu banyak. Nah bagi Anda yang mengalami hal serupa, mungkin makalah abstrak bisa jadi alternative.

Apa itu abstrak dalam makalah? Abstrak dalam makalah adalah suatu ringkasan yang akan mengulas sebuah tema secara to the point dan pastinya singkat padat dan jelas pada sebuah makalah. Dengan begitu pembaca tidak akan merasa bosan atau malas membaca apa yang disampaikan.

Cara Membuat Abstrak Makalah

cara membuat makalah

Lalu bagaimanakah cara menulis abstrak yang benar? Berikut panduannya.

1. Judul Makalah

Untuk membuat pembaca langsung tertarik dengan tulisan Anda, cara pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan membuat judul makalah semenarik mungkin. Buat judul yang mengundang rasa penasaran pembaca. Namun pastikan jika rangkaian kata demi kata pada judul makalah abstrak yang Anda buat harus mengandung inti pembahasan.

2. Latar Belakang Makalah

Pada bagian ini, perlu ditekankan “mengapa” Anda memilih topik tersebut untuk diangkat. Pastikan Anda menjelaskan alasan mengapa topik tersebut diangkat. Nah karena tulisan yang Anda buat memang begitu singkat, Anda dapat menggunakan alasan yang simple namun tetap mengarah pada jawaban yang jelas.

3. Metode Penelitian, Variabel, Sumber Data Serta Pendukung Lain

Agar tulisan yang Anda buat lebih meyakinkan, sebaiknya cantumkan metode penelitian, sumber data, variabel serta pendukung lainnya.

4. Gambaran Makalah Abstrak

Pada bab ini Anda bisa menjelaskan secara singkat gambaran masalah yang dibahas. Gunakan kata bagaimana, dimana, kapan dan sebagainya untuk memberikan gambaran yang lengkap namun tetap singkat.

5. Simpulan Makalah Abstrak

Layaknya makalah pada umumnya, simpulan juga sangat dibutuhkan pada karya tulis ini. Anda bisa memberikan kesimpulan dari topik yang dibahas lengkap dengan saran atau solusi terkait masalah tersebut.

6. Kata Kunci

Bisa dikatakan kata kunci merupakan bagian yang membedakan makalah abstrak dengan tulisan lainnya. Anda bisa memilih 3 kata untuk dijadikan sebagai kata kunci yang nantinya akan digunakan pada pembahasan makalah abstrak. Letak kata kunci sendiri berada di bagian bawah kesimpulan.

Contoh Abstrak Makalah Kesehatan

BACA JUGA: Contoh Abstrak Karya Ilmiah Singkat | Contoh Penutup Makalah

Contoh Abstrak dalam Makalah Ilmiah

BACA JUGA: Contoh Latar Belakang Makalah

Contoh Abstrak Makalah Pendidikan

Baca Juga: Contoh Daftar Isi Makalah

Selamat mencoba beberapa pandan dan cara yang sudah disebutkan tadi, semoga informasi di atas dapat membantu.

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Metamorfosis Kupu-kupu

Proses Metamorfosis Kupu-kupu

Metamorfosis Kupu-kupu – Hal apa yang ada di benak Anda ketika melihat kupu-kupu terbang di sekitar Anda? Tentunya Anda akan mengatakan wahhh cantiknya, atau wahhh bagus sekali, atau wah indah…
View Post